FAUNA       SEJARAH       HIBURAN    •     Cari Artikel →

Scrin, Serangga-Serangga Logam yang Haus Kekayaan Bumi




(Sumber)

Para penggemar game komputer - khususnya genre strategi atau RTS - pasti tahu soal game berseri Command & Conquer alias C&C (sering juga disebut C&C versi Tiberian atau C&C orisinal untuk membedakannya dari game C&C versi lain). Sejak kemunculan pertamanya tahun 1995, game itu telah menarik perhatian banyak orang dengan konsep permainan & ceritanya yang rumit soal perebutan mineral misterius bernama Tiberium. Salah satu pihak dalam game tersebut yang juga berkonflik karena Tiberium adalah Scrin, suatu kelompok alien yang memiliki fisik mirip serangga logam. Nah, Scrin inilah yang akan dibahas dalam artikel kali ini.



SEJARAH (VERSI DUNIA NYATA)

Ide bahwa akan ada pihak alien yang akan ditampilkan di salah satu seri C&C sebenarnya sudah direncanakan sejak seri pertamanya yang dirilis pada tahun 1995. Alasannya tidak lain karena mineral Tiberium sebagai poros cerita berasal dari luar angkasa sehingga diperlukan suatu pihak yang berasal dari luar angkasa juga untuk bisa menjelaskan asal muasal mineral ini. Scrin adalah pihak yang dimaksud. Di dalam game, beberapa teknologi dari kubu Nod juga diperlihatkan berasal dari teknologi alien.

Ada 3 orang yang bertanggung jawab atas desain dari unit-unit Scrin : Matt Bitton sebagai pengarahnya serta Gloria Shih & Michael Zimmermann sebagai artis yang membuat gambar konsepnya. Menurut Bitton, ia menginginkan Scrin memiliki desain sebagai makhluk yang memiliki bentuk antara mesin & makhluk hidup sehingga orang yang melihatnya tidak bisa memastikan apakah unit-unit Scrin aslinya merupakan makhluk hidup atau robot. Mereka juga berusaha agar unit-unit pasukan Scrin tidak terlihat mirip dengan makhluk yang ada di film-film fiksi ilmiah lain.

Unit Mechapede yang bentuknya
seperti kaki seribu. (Sumber)
Unit-unit yang ada di Scrin sendiri kebanyakan berwarna kebiruan terang dengan bentuk yang bervariasi, namun kebanyakan memiliki bentuk yang mencerminkan Arthropoda (serangga & hewan kecil berkaki banyak) dengan sentuhan robotik sehingga unit-unit Scrin terlihat seperti serangga mesin atau serangga logam. Contoh paling mudah bisa dilihat pada Gun Walker yang berbentuk seperti kumbang pengembara, Devastator Warship yang wujudnya terinspirasi dari udang lobster, serta cape deh, eh Mechapede yang bentuknya mirip kaki seribu atau larva kunang-kunang berkaki banyak.

Penambahan Scrin dalam seri terbaru C&C sendiri sebenarnya mengikuti tren yang ada pada game RTS di masa itu di mana masing-masing game tidak lagi hanya menampilkan 2 pihak yang bisa dimainkan. Tren tersebut bisa dibilang bermula sejak game Starcraft yang untuk pertama kalinya memakai 3 pihak yang bisa dimainkan di mana masing-masing pihak memiliki keunikannya sendiri-sendiri. Khusus game C&C versi Tiberian sendiri, sebelum kemunculan Scrin hanya ada 2 pihak utama yang bisa dimainkan : GDI & Nod. Sebelum C&C 3, game RTS milik EA yang menampilkan lebih dari 2 pihak yang bisa dimainkan adalah C&C Generals yang dirilis tahun 2003 yang menampilkan 3 pihak/faksi sekaligus : Amerika Serikat, Cina, & organisasi rahasia GLA.



SEJARAH (VERSI FIKSI / GAME)

Logo pasukan Scrin. (Sumber)
Inti cerita dari game C&C versi Tiberian (atau Tiberium) dimulai ketika ada meteor yang jatuh ke bumi & membawa senyawa misterius bernama Tiberium. Tibierium digambarkan unik karena meskipun mengandung radiasi tinggi yang berbahaya bagi manusia, mineral itu juga dicari-cari karena bisa dikembangkan untuk teknologi tingkat lanjut seperti teknologi mutasi & sumber energi alternatif. Sebagai akibatnya, Tiberium menjadi rebutan & sumber konflik banyak pihak.

Dari sekian banyak pihak yang memprebutkan Tiberium, ada 2 pihak utama yang menyebabkan konflik atas Tiberium semakin sengit & menjadi perang global : Global Defense Initiative (GDI) yang merupakan koalisi militer dari negara-negara besar & Persaudaraan Nod (Brotherhood of Nod), suatu organisasi persaudaraan rahasia yang dipimpin oleh seorang pria misterius bernama Kane. Ada dugaan bahwa Tiberium sengaja dikirim oleh Scrin ke bumi untuk menciptakan suatu lingkungan yang bisa mereka tempati.


- Command & Conquer 3 : Tiberium Wars

Tahun 2047 versi cerita dalam game, sejumlah wilayah GDI di berbagai belahan dunia secara mendadak diserang oleh pasukan Nod, namun GDI yang terkejut dengan cepat bisa memukul balik serangan mendadak pasukan Nod tersebut. GDI kemudian menemukan bahwa Kane, pemimpin tertinggi Nod, sedang berada di Kuil Utama (Prime Temple) milik Nod di Bosnia, Eropa Timur. GDI lantas menembakkan senjata super mereka, Meriam Ion yang memancarkan sinar laser raksasa, untuk menghancurkan Kuil Utama Nod beserta isinya. Serangan tersebut berhasil menghancurkan Kuil Utama Nod & menyebabkan ledakan maha dashyat karena laser tersebut juga mencapai simpanan Tiberium cair di ruangan bawah tanah kuil yang menyebabkan efek reaksi ledakan berantai.

Meriam Ion (Ion Cannon)
milik GDI. (Sumber)
Tanpa disadari GDI, ledakan yang mereka buat menarik perhatian pasukan alien misterius bernama Scrin. Selama ini Scrin berada dalam fase tidur di suatu tempat di Tata Surya untuk menunggu ledakan dari Tiberium cair, suatu pertanda bahwa Ichor (sebutan mereka untuk Tiberium) di bumi sudah matang & siap untuk "dipanen". Begitu mendeteksi ledakan Tiberium cair, armada Scrin yang ada di tata surya pun terbangun & mulai bergerak menuju bumi.

Pasukan Scrin yang tiba di bumi terkejut begitu mengetahui kalau Ichor / Tiberium ternyata belum matang alias belum menutupi permukaan bumi seluruhnya. Mereka juga mendapatkan perlawanan dari penghuni asli bumi (baca : manusia). Karena pasukan Scrin pada dasarnya datang ke bumi bukan untuk berperang, mereka pun mulai membuat rencana. Sebagian pasukan Scrin ditugaskan untuk membuat kekacauan di pemukiman manusia & mengalihkan perhatian

Unit-unit Scrin sisanya ditugaskan untuk membangun menara-menara raksasa di padang-padang Ichor di seluruh dunia untuk memindahkan semua Ichor di bumi ke suatu tempat bernama Pusat Ichor (Ichor Hub). Seiring waktu, pasukan Scrin mulai menyadari bahwa mereka sebenarnya sedang dijebak untuk datang ke bumi oleh Kane, pemimpin dari Nod. Kane sendiri belakangan diketahui sengaja memancing Scrin datang ke bumi agar Scrin membuat menara raksasa di bumi sehingga menara tersebut kemudian bisa digunakan oleh Kane untuk meninggalkan bumi.

Menara raksasa yang dibangun
oleh Scrin. (Sumber)
Seiring berjalannya perang, manusia mulai menemukan cara untuk mengalahkan pasukan Scrin sehingga pasukan Scrin yang ditugaskan untuk membuat kekacauan mulai terdesak. Pasukan manusia (GDI) akhirnya mengetahui bahwa Scrin sedang membangun menara-menara misterius di bumi. Pemimpin GDI lantas menginstruksikan pasukannya untuk menghancurkan semua bangunan milik Scrin, termasuk menara-menara yang sedang dibangun. Kane di lain pihak justru meminta pasukan Nod melindungi salah satu menara raksasa Scrin hingga menara itu selesai dibangun. Rencana itu berhasil & ketika menara tersebut selesai dibangun, semua senjata milik GDI tidak mempan sehingga pasukan GDI memutuskan untuk mundur sambil tetap mengawasi menara itu.

Di pihak Scrin sendiri, terjadi percekcokan antara Supervisor - penasihat tertinggi Scrin - dengan otak komputer (AI) yang ditugaskan memandu Foreman, pemimpin pasukan ekspedisi Scrin di bumi. Supervisor meminta pasukan Scrin tetap berada di bumi hingga semua menara raksasa di bumi selesai dibangun, namun AI dari pasukan Scrin membangkang sambil meminta Foreman untuk secepatnya meninggalkan bumi. Foreman akhirnya berhasil pergi dari bumi dengan memakai menara terakhir yang baru selesai dibangun. Usai kegagalan rencana Scrin di bumi, Overlord - pemimpin tertinggi Scrin - meminta pasukannya segera mempersiapkan diri untuk melakukan penyerbuan berikutnya ke bumi dalam skala yang lebih besar.


- Versi Cerita Alternatif

Tahun 2003, pihak Westwood Studio yang selama ini mengembangkan game C&C dibubarkan oleh EA Games & pengembangan semua produk C&C selanjutnya menjadi hak penuh dari EA Games. Hal tersebut tak pelak mempengaruhi perubahan konsep cerita keseluruhan yang ada pada game seri C&C. EA selanjutnya menetapkan bahwa game C&C akan muncul dalam 3 versi yang berbeda & tidak berkaitan satu sama lain : versi Tiberian, versi Red Alert yang bercerita seputar Perang Dingin, & versi Generals yang bercerita seputar perang melawan terorisme (War on Terror).

Menurut Adam Isgreen, mantan staf Westwood Studio yang sekarang bekerja di studio game Petroglyph, cerita pada game C&C versi Tiberian sejak awal sebenarnya berkaitan dengan game C&C versi Red Alert. Lebih lanjut ia menambahkan, jika Westwood Studio tetap dipercaya menangani proyek C&C, maka asal-usul Tiberium & kedatangan Scrin ke bumi akan ditampilkan memiliki kaitan dengan eksperimen yang dilakukan oleh Nikola Tesla, seorang ilmuwan yang mengembangkan senjata bagi Uni Soviet di game Red Alert.



KARAKTERISTIK

Struktur Sosial

Supervisor Scrin. (Sumber)
Seperti halnya komunitas manusia, Scrin juga memiliki struktur organisasi sendiri. Pemimpin tertinggi dari Scrin adalah Maharaja (Overlord) yang sosok & tempat bernaungnya masih misterius. Overlord diketahui memiliki kemampuan menciptakan hujan meteor untuk membantu pasukan Scrin yang berada di bumi. Di bawah Overlord adalah Pengawas (Supervisor) yang merupakan sosok kepercayaan Overlord untuk menyampaikan perintahnya kepada anggota komunitas Scrin yang lain.

Pasukan dari Scrin lebih lanjut terbagi-bagi lagi, bergantung dari apa tujuan & misi dari pasukan tersebut. Setiap pasukan dipimpin oleh Foreman yang kedudukannya kurang lebih sama dengan komandan militer pada pasukan manusia & bertugas menjalankan misi yang diberikan Supervisor. Saat memimpin pasukan, Foreman dibantu oleh suatu otak komputer (Artificial Intelligence / AI) yang memiliki suara mirip suara manusia perempuan dewasa. Menariknya, karena AI Scrin selalu memprioritaskan keselamatan Foreman yang didampinginya, tak jarang ia berselisih dengan Supervisor.

Pasukan ekspedisi Scrin di bumi terbagi menjadi 2 divisi utama yang dibedakan berdasarkan spesialisasinya : Reaper-17 & Traveler-59. Reaper-17 terfokus pada penggunaan kekuatan pasukan darat & teknologi pemanfaatan Ichor / Tiberium, sementara Traveler-59 memiliki spesialisasi pada teknologi manipulasi pikiran & serangan cepat, utamanya melalui udara. Selebihnya, tak ada lagi yang diketahui soal Scrin, termasuk di mana lokasi markas utama mereka.


Morfologi & Taktik Perang

Relay Node, bangunan penyuplai radiasi
Tiberium untuk pasukan Scrin
di bumi. (Sumb
Sebagai ras alien yang memiliki kemampuan menjelajahi ruang angkasa yang sangat luas, sudah tentu Scrin memiliki teknologi yang jauh lebih superior dibanding teknologi manusia. Beberapa teknologi Scrin yang diketahui adalah persenjataan non-balistik, kendaraan yang melayang, teleportasi, & membuat awan petir. Lebih lanjut, Scrin juga diketahui bisa menciptakan lubang hitam mini untuk menghancurkan pemukiman musuh & portal wormhole yang menembus ruang & waktu sebagai sarana bagi pasukan darat Scrin untuk berpindah tempat dengan cepat.

Berkebalikan dengan manusia yang menganggap Tiberium sebagai unsur berharga tapi mematikan, Scrin menganggap Tiberium / Ichor sebagai senyawa esensial bagi kehidupan mereka. Organisme Scrin di bumi hanya bisa hidup jika mendapat pasokan radiasi Tiberium melalui bangunan bernama Relay Node & akan mati jika tidak mendapatkan radiasi tersebut. Lebih lanjut, unit-unit Scrin juga bisa menyembuhkan diri di atas ladang Tiberium & mengolahnya untuk meningkatkan kekuatan senjata mereka. Untuk menjaga agar jumlah Tiberium di suatu tempat tetap melimpah, Scrin bahkan bisa membuat bangunan khusus bernama Akselerator Pertumbuhan (Growth Accelerator) di tengah-tengah ladang Tiberium. Di lain pihak, ketergantungan Scrin akan Tiberium membuat senjata-senjata yang menimbulkan efek ledakan berantai pada Tiberium juga memiliki efek merusak pada Scrin.

Seperti halnya pasukan manusia, pasukan Scrin juga terdiri dari 3 komponen utama : infantri (pasukan darat yang tidak memakai kendaraan), kendaraan darat (vehicle), & pasukan udara (aircraft). Pasukan infantri mereka sangat kuat, namun harus diposisikan pada jarak dekat agar efektif. Pasukan infantri Buzzer misalnya, bisa mencabik-cabik infantri dalam sekali serang. Shock Trooper bisa menembak jatuh pesawat terbang & melakukan teleportasi jarak dekat. Mastermind adalah infantri Scrin yang paling ditakuti karena bisa menghipnotis pasukan musuh agar mau membantu Scrin.

Pasukan Scrin sedang beraksi! (Sumber)
Kendaraan darat Scrin adalah gabungan antara kekuatan & fleksibilitas. Mechapede contohnya, bisa menciptakan sejumlah segmen yang dilengkapi aneka macam persenjataan untuk aneka kondisi di medan perang, sementara Annihilator Tripod yang bentuknya mirip virus bakteriofag di dunia nyata bisa menginjak-injak tank lawan & menembakkan laser berdaya rusak tinggi. Pasukan darat terkuat milik Scrin adalah Eradicator Hexapod, kendaraan darat raksasa berkaki 6 yang bisa menambah kemampuan tempurnya lebih jauh dengan cara memuat infantri Scrin di dalam tubuhnya.

Walaupun Scrin memiliki pasukan darat yang efektif, kekuatan mereka yang sebenarnya ada di udara. Stormrider sebagai pesawat Scrin yang paling dasar sangat lincah & dilengkapi sepasang penembak peluru plasma bercahaya yang korosif. Devastator Warship adalah momok bagi setiap unit di darat karena daya rusak & jangkauan serangnya yang superior. Planetary Assault Carrier bisa menghasilkan awan badai untuk menyembuhkan pasukan udara di dekatnya & mengendalikan pesawat-pesawat kecil yang bisa menghancurkan apapun yang ada di dekatnya. Dari semua itu, pasukan udara Scrin yang paling berbahaya adalah Mothership yang bentuknya mirip piring terbang bercincin raksasa & bisa menghancurkan satu kota dengan tembakan laser raksasanya.

Mothership, unit terbang Scrin yang
paling berbahaya. (Sumber)
Sekuat-kuatnya armada milik Scrin, faktanya di dalam kisah Tiberium Wars pasukan mereka bisa dipukul mundur oleh pasukan GDI & Nod. Meskipun demikian, ada pendapat bahwa pasukan yang datang ke bumi tidak mencerminkan kekuatan Scrin yang sebenarnya karena tujuan asli pasukan tersebut datang ke bumi bukanlah untuk berperang, melainkan untuk memanen Tiberium. Kekuatan Scrin yang sebenarnya kemungkinan baru terlihat ketika invasi besar-besaran ke bumi yang direncanakan oleh Overlord terlaksana. Tapi kapan invasi itu terjadi, tak ada yang tahu.   -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

Command & Conquer Wiki - Scrin
IGN - Command & Conquer 3 Faction Feature -- The Scrin
Wikipedia - Command & Conquer: Tiberian series
Wikipedia - Tiberian Twilight
(Video Game) 2006. "Command & Conquer 3 : Tiberium Wars". Electronic Arts, AS


       

COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

11 komentar:

  1. wow... info tentang masa depan
    tentang dunia fantasi yang canggih
    salam sukses..

    sedj

    BalasHapus
  2. GDI & NOD gabung???
    apa kaata dunia

    *LANJUT

    BalasHapus
  3. mantap nih info gamenya
    sekalian mo request boleh?
    mau request world of warcraft TBC,WOTLK CATACLYSM ato warcraft 3

    BalasHapus
  4. @sedjatee
    Salam sukses juga. Makasih atas kunjungan baliknya

    @landavia
    Akhirnya GDI & Nod bergabung juga kan di C & C 4? Walaupun ada juga yg tetap bermusuhan, hehehe. Sayang di situ Scrin ga ditampilin sama sekali

    @anonim
    Sabar ya, ngantri artikel lain yg mau diposting. Kalau Warcraft 3 sih dah sempet kepikiran

    BalasHapus
  5. ngak pernah maen game ... tapi kayaknya yang ini seru

    BalasHapus
  6. Mirip juga dengan games Red Alert.

    BalasHapus
  7. Memang asyik main games-games seperti itu. Kadang-kadang sampai nggak terasa kalau ternyata udah main berjam-jam.

    BalasHapus
  8. saya gak ngerti kenapa westwood dibubarkan. toh mereka udah diakuisisi oleh EA. konsep C&C juga terilhami oleh Dune II, game RTS pertama yang memulai RTS craze dan ini didesain oleh westwood. sekiranya tetap ada maka ada benang merah yang bisa kita tarik antara tiberuim series dan red alert series. Mungkin juga bisa dikait2kan dengan generals series

    BalasHapus
  9. @kopral
    Hehehe, yang jelas kalau ga seru, saya ga akan mainin gamenya atau bikin artikel kayak gini


    @ahli komputer
    Yup. Malah bisa dibilang C & C ini sebagai "kakak"nya Red Alert karena kemunculannya yang pertama


    @edi psw
    Yup, setuju. Hehehe...


    @red
    Sejauh yang saya tahu, waktu EA membubarkan Westwood, mereka ingin memindahkan pegawai-pegawai Westwood ke studio baru mereka bernama EA Los Angeles. Tapi ternyata sebagian staf Westwood ga menerima keputusan pembubaran itu sehingga sebagian menolak bergabung & mendirikan studio game baru bernama Petroglyph, sementara sisanya bergabung ke EA Los Angeles

    Soal cerita C & C, saya kurang tahu apakah itu memang keputusan EA dari awal untuk mengubah konsep cerita C & C atau murni karena kekurangan otak kreatif untuk meneruskan kisah C & C yang sudah dibangun mengingat ga semua staf Westwood bergabung ke studio baru EA

    BalasHapus
  10. Konsep tentang Scrin sebenarnya berbeda dari Versi Westwood.

    Di mana bentuk Scrin aslinya bukan Serangga, tetapi Mahkluk Alien seperti Protoss.

    Coba agan buka game yang dicancel berjudul Tiberium

    DI sana ada beberapa karakter Scrin yang menyerupai orang nah itulah konsep yang Aslinya westwood mau jelaskan

    BalasHapus
  11. @anonim

    Makasih buat infonya. Nanti akan saya tambahin di artikelnya kalau saya udah dapat referensi yang menyinggung soal itu.

    BalasHapus




Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi, silakan tinggalkan komentar anda mengenai artikel ini selama tidak mengandung unsur spam, provokasi SARA, & kata-kata kasar. Komentar yang baru dibuat tidak akan langsung muncul karena akan diperiksa terlebih dahulu.

Jika anda tertarik untuk mencetak / menyimpan artikel ini, silakan menuju "Pusat Logistik" yang terletak di bagian kanan halaman ini.

Baca aturan pakai. Jika kebingungan berlanjut, tinggalkan pesan di kotak komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.