FAUNA       SEJARAH       HIBURAN    •     Cari Artikel →

Zerg, Alien yang Mengubah Dunia Game Strategi




(Sumber)

Zerg. Mereka yang menyukai game real-time strategi atau RTS - game yang menitik beratkan pada pengumpulan sumber daya untuk membangun kota & pasukan untuk mengalahkan musuh - pasti pernah mendengar kata tersebut. Zerg merupakan ras koloni alien fiktif dari serial game Starcraft yang memiliki penampilan mirip monster & serangga berukuran besar yang memiliki kemampuan untuk mengembangkan dirinya melalui aneka mutasi. Selain Zerg, ras lain dalam game Starcraft adalah ras manusia Terran & ras Protoss yang merupakan alien berteknologi tinggi



SEJARAH (VERSI DUNIA NYATA)

Zerg pertama kali dimunculkan dalam game StarCraft versi alfa (versi yang belum dirilis secara komersial) oleh perusahaan pengembang game Blizzard pada acara pameran game E3 tahun 1996. Saat itu Zerg ditampilkan sebagai kelompok alien antagonis yang memiliki bentuk seperti serangga. Pada awalnya mereka tidak diberi nama Zerg, melainkan hanya diberi nama "sang penyerbu penuh mimpi buruk" (nightmarish invader). Nama mereka kemudian diubah lagi menjadi Zurg. Namun untuk menghindari kesamaan nama dengan tokoh Emperor Zurg dari film Toy Story 2, nama mereka akhirnya diubah menjadi Zerg seperti sekarang.

Gambar konsep yang menampilkan
prajurit Protoss (kiri) melawan
monster Zerg (kanan). (Sumber)
Pasca pameran game E3 tahun 1996, Blizzard melakukan sejumlah modifikasi pada game StarCraft versi alfa tersebut - bersama Zerg tentunya - setelah adanya kritik yang menganggap Starcraft tidak berbeda jauh dengan Warcraft, game buatan Blizzard yang lain. Dalam versi berikutnya tersebut, Zerg mengalami sejumlah perubahan seperi pemakaian warna yang dominan cokelat sebagai identitas Zerg & penambahan duri serta taring pada makhluk-makhluk Zerg. Versi baru Zerg tersebut akhirnya menjadi versi final sebelum StarCraft dirilis secara komersial ke publik pada tahun 1998.

Sejak dirilis secara komersial ke publik, StarCraft mendapat sambutan luar biasa dari publik karena ceritanya yang berbobot & metode permainannya yang lain dari game-game strategi sebelumnya. Zerg sebagai salah satu ras dalam game Starcraft juga ikut mendapatkan pujian. Majalah PC Gamer UK yang berbasis di Inggris bahkan menyebut Zerg sebagai "ras terbaik sepanjang sejarah game strategi". Lebih lanjut, konsep Zerg sebagai ras yang mengandalkan keunggulan jumlah dengan memakai unit-unit yang murah pun memberi pengaruh bagi game-game strategi lain yang dirilis kemudian. Zerg kembali diikut sertakan dalam sekuel game StarCraft, StarCraft 2, yang dirilis pada bulan Juli 2010 lalu & relatif tidak mengalami banyak perubahan dibandingkan game pertamanya.

Di dalam game StarCraft sendiri, Zerg diperlihatkan memiliki unit yang umumnya lemah secara individu, namun berharga murah & mudah dibuat dalam jumlah besar sehingga Zerg bisa mengalahkan lawannya dengan keunggulan jumlah di medan perang. Begitu populernya taktik tersebut sehingga di kalangan pemain game strategi di Barat, ada istilah "zerging" untuk taktik mengerubungi musuh dengan unit-unit lemah & murah. Taktik Zerg kurang lebih mirip dengan taktik negara atau kerajaan berteknologi rendah yang berpopulasi besar di dunia nyata di mana mereka menurunkan pasukan dalam jumlah besar yang seringkali kurang terlatih & tidak memiliki persenjataan memadai untuk mengalahkan musuhnya.



SEJARAH (VERSI FIKSI / GAME)

Overmind, pemimpin dari Zerg. (Sumber)
Zerg pada awalnya adalah larva hasil kreasi ras alien misterius Xel'naga yang memiliki kemampuan menginfeksi & menyerap kode genetik makhluk lain. Xel'naga juga mencipatakan semacam otak biologis raksasa bernama Overmind untuk memimpin hasil kreasi mereka tersebut. Seiring waktu, Zerg berkembang dengan sangat cepat & Overmind memutuskan untuk membangkang dari Xel'naga untuk menyempurnakan diri mereka. Salah satu makhluk yang dianggap bisa mendukung rencana Overmind tersebut adalah Protoss, ras alien lain ciptaan Xel'naga yang memiliki kekuatan pikiran (psionik) yang sangat tinggi.

Overmind beserta Zerg mengalami kesulitan menaklukkan Protoss karena tidak mengetahui lokasi planet asli Protoss & kemampuan bertarung Protoss yang sangat tinggi. Di tengah rasa frustrasinya, Overmind menemukan koloni manusia (Terran) di sektor galaksi Koprulu. Overmind melihat bahwa Terran memiliki kekuatan potensial yang bisa membantu mereka mengalahkan Protoss sehingga ia memerintahkan Rombongan Zerg (Zerg Swarm) untuk menaklukkan pemukiman manusia.


- StarCraft

Zerg dalam penyerbuannya berhasil menaklukkan pemukiman manusia & juga berhasil menangkap Sarah Kerrigan, seorang agen manusia yang memiliki kekuatan pikiran sangat tinggi, & mengubahnya agar loyal terhadap Overmind. Kerrigan beserta sepasukan Zerg lalu menyerang kelompok Protoss yang dipimpin Tassadar, namun di saat bersamaan pasukan Protoss lain pimpinan Zeratul dengan bantuan Protoss dari kelompok Templar Kegelapan (Dark Templar) berhasil membunuh cerebrate, sejenis otak biologis ciptaan Overmind. Tanpa disadari, saat membunuh cerebrate itu Overmind bisa membaca isi pikiran Zeratul & mengetahui lokasi dari planet kaum Protoss, Aiur, yang diikuti serangan besar-besaran Rombongan Zerg ke sana.

Kelompok Protoss yang dipimpin Zeratul & Tassadar kemudian kembali ke Aiur untuk menghentikan Overmind, namun di sana mereka justru mendapat perlawanan dari kelompok Protoss setempat yang menganggap kelompok Templar Kegelapan sebagai kelompok terlarang. Setelah melalui situasi perang saudara antar Protoss yang alot, Tassadar akhirnya berhasil membunuh Overmind dengan cara meledakkan dirinya sendiri. Akibat kematian Overmind, rombongan Zerg di Aiur menjadi semakin liar sehingga komunitas Protoss yang masih berada di Aiur harus mengungsi ke Shakuras, planet dari kelompok Templar Kegelapan.


- StarCraft : Brood War

Sarah Kerrigan yang sudah
diinfeksi oleh Zerg. (Sumber)
Di Shakuras, kelompok Protoss bertemu kelompok Zerg pimpinan Kerrigan yang meminta Protoss untuk membunuh Overmind Baru yang dibentuk dari beberapa cerebrate pimpinan cerebrate senior Daggoth. Namun tak lama kemudian, Kerrigan diusir keluar dari Shakuras setelah membunuh seorang anggota senior Protoss, Aldaris, dalam suatu percekcokan antar anggota Protoss.

Di saat bersamaan, United Earth Directorate (UED) dari bumi mengirimkan suatu armada ekspedisi ke wilayah Terran & berhasil menaklukkan wilayah tersebut sekaligus menjinakkan Overmind Baru. Kerrigan - yang baru diusir dari Shakuras - bersekutu dengan kelompok Protoss di Aiur & pasukan Terran yang memusuhi UED untuk menguasai kembali wilayah Korhal yang dikuasai UED. Serangan tersebut berhasil, namun usai kemenangan itu Kerrigan balik mengkhianati kedua sekutunya.

Kerrigan lalu menculik Raszagal, pemimpin dari komunitas Templar Kegelapan, untuk memaksa kelompok Templar Kegelapan membunuh Overmind Baru. Setelah Overmind Baru itu terbunuh, Zeratul membunuh Raszagaa ketika mengetahui Kerrigan telah memanipulasi pikiran Raszagal. Kerrigan & kelompok Zerg yang baru tiba kembali di markas kemudian mendapati bahwa markas mereka sedang diserang oleh kelompok Protoss, armada UED, & kelompok Terran anti-UED yang ingin membalas dendam kepada Kerrigan atas pengkhianatannya. Setelah melalui pertempuran yang sengit, pasukan Zerg yang dipimpin Kerrigan berhasil mengalahkan ketiganya & Kerrigan pun menjadi penguasa tunggal di kawasan tersebut.


- StarCraft II : Wings of Liberty

Zerg yang berdiam cukup lama di planet Char, markas pusat mereka, secara mendadak menampakkan kembali aktivitasnya saat melakukan serangan ke wilayah Terran. Kelompok Perompak Raynor (Raynor's Raider) pimpinan Jim Raynor, mantan sekutu Sarah Kerrigan saat masih menjadi manusia, kemudian memukul balik serangan Zerg tersebut keluar wilayah Terran. Pasukan Raynor selanjutnya menyerang wilayah Char & dengan bantuan Yayasan Moebius (Moebius Faoundation), Raynor berhasil mengembalikan Kerrigan ke wujud manusia & mengakhiri kepemimpinan Zerg untuk saat ini.



KARAKTERISTIK

Cerebrate. (Sumber)
Koloni Zerg terdiri atas makhluk-makhluk dari berbagai galaksi yang mereka serap kode genetiknya sehingga makhluk-makhluk Zerg pun bermacam-macam meskipun kebanyakan dari mereka memiliki ciri khas berupa adanya cangkang, taring, & cakar. Pemimpin tertinggi dari koloni Zerg adalah Overmind. Overmind lalu menciptakan otak-otak biologis yang lebih kecil bernama cerebrate di mana cerebrate memiliki fungsi seperti komandan perang pada pasukan manusia. Cerebrate kemudian menciptakan maharaja (overlord) & ratu (queen) untuk mengawasi koloni Zerg miliknya.

Semua makhluk dalam koloni Zerg hanya patuh kepada cerebrate & cerebrate hanya patuh kepada Overmind. Makhluk-makhluk dalam koloni Zerg sendiri umumnya tidak lebih cerdas dari hewan & membutuhkan cerebrate sebagai pembimbingnya sehingga jika cerebrate-nya mati, maka makhluk-makhluk tersebut menjadi liar & tidak terkendali. Overmind memiliki kemampuan untuk menghidupkan kembali setiap cerebrate yang mati, namun beberapa kekuatan dalam galaksi semisal kekuatan milik Templar Kegelapan dapat mencegah Overmind menghidupkan kembali cerebrate-nya. Cerebrate juga sangat bergantung pada Overmind & jika Overmind mati, semua cerebrate ciptaan Overmind akan mati dengan sendirinya.

Dibandingkan koloni atau pemukiman milik Terran atau Protoss, pemukiman milik Zerg sangatlah terpusat. Pusat dari pemukiman Zerg adalah suatu bangunan besar bernama Hatchery & setiap beberapa detik, Hatchery menghasilkan seekor larva Zerg baru. Larva tersebut memiliki kemampuan untuk berubah menjadi makhluk Zerg apapun. Namun untuk berubah menjadi makhluk tertentu, bangunan tertentu harus didirikan agar larva bisa mengadopsi kode genetik yang disimpan dalam bangunan tersebut.

Contoh pemukiman (koloni) milik Zerg. (Sumber)
Semua bangunan Zerg bersifat biologis yang artinya bangunan tersebut memiliki karakteristik seperti makhluk hidup sehingga jika dirusak, bangunan itu bisa menyembuhkan dirinya sendiri. Semua bangunan Zerg (kecuali Hatchery) hanya bisa dibuat di atas suatu bahan bernama "creep" sebagai pondasi & penyuplai nutrisi. Jika suatu "creep" hancur sementara bangunannya masih ada, bangunan tersebut akan mengalami malnutrisi & kondisinya perlahan-lahan menurun hingga akhirnya mati dengan sendirinya. Jika suatu bangunan hancur, maka bangunan itu akan mengeluarkan makhluk-makhluk kecil yang buas bernama "broodling".

Setiap makhluk Zerg memiliki karakteristik & peran sendiri-sendiri. Drone misalnya, bertugas untuk mengumpulkan sumber daya & memiliki kemampuan untuk mengubah dirinya menjadi bangunan. Makhluk lain semisal hydralisk memiliki kemampuan untuk menembakkan duri dari punggungnya untuk menghabisi musuhnya. Beberapa mahluk Zerg seperti mutalisk & penguasa induk (brood lord) juga diketahui bisa terbang & bertarung di angkasa. Kelebihan & kemampuan masing-masing makhluk itu selanjutnya dikombinasikan sehingga koloni Zerg bisa mengimbangi kemampuan bertarung musuh-musuhnya.

Zerg di medan tempur sangat dikenal karena kemampuannya mengerubungi musuh & melakukan taktik serangan gerilya. Taktik yang umum dipakai adalah menyerbu suatu target dengan pasukan berjumlah sangat banyak, atau menyerang suatu tempat & pergi dengan cepat sebelum pasukan musuh kembali. Taktik tersebut didukung oleh keberadaan jaringan nidus (nydus network) yang fungsinya mirip jaringan terowongan penghubung antar lokasi. Kalaupun pasukan darat Zerg terjebak & tidak bisa melarikan diri, mereka bisa masuk ke tanah & bersembunyi di sana untuk sementara waktu hingga pasukan musuh pergi. Beberapa unit terbaru Zerg seperti roach & infestor bahkan diketahui bisa bersembunyi sambil bergerak di dalam tanah sehingga bisa menyelinap ke dalam markas musuh secara diam-diam.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

StarCraft : Legacy - StarCraft Evolution
StarCraft Wiki - Zerg
Urban Dictionary : Zerging
Wikipedia - Species of StarCraft
Wikipedia - StarCraft
Wikipedia - StarCraft II : Wings of Liberty
C. Metzen, dkk.. 1998. StarCraft : Manual. Blizzard Entertainment, AS.
(Video Game). 1998. "StarCraft". Blizzard Entertaniment, AS.
(Video Game). 1999. "StarCraft : Brood War". Blizzard Entertaniment, AS.


        

COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

5 komentar:

  1. Gilaaaaa ada juga yang nge-posting tentang Zerg ini... :D :D

    Starcraft II emang ga usah diragukan lagi, keren sangath.... :D

    *OOT*

    BalasHapus
  2. @asop
    Hehehe, santai aja. Saya juga bikin artikel ini juga karena Starcraft 2 abis dirilis ke pasaran. Jadinya saya mau flashback dikit sekalian mengupas salah satu rasnya yang juga merupakan salah satu ras favorit saya kalau main

    BalasHapus
  3. gimana caranya ingin punya permainan starcraf d cpu q
    ??????????????????????

    BalasHapus
  4. @anonim
    Coba anda masuk ke sini. Semoga membantu

    BalasHapus
  5. dulu kenal game ini di 2006, saat main gw langsung suka, krena simple, dan sekrang gw lagi teringat game ini, stelah gw cari2 ternyata namanya starcraft, saya coba cari donlodannya, game ini keren, simple, ga seribet kya game stretegi lainnya, cari kayu, makan, batu, logam, ribet,, ini mah keren,,

    BalasHapus




Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi, silakan tinggalkan komentar anda mengenai artikel ini selama tidak mengandung unsur spam, provokasi SARA, & kata-kata kasar. Komentar yang baru dibuat tidak akan langsung muncul karena akan diperiksa terlebih dahulu.

Jika anda tertarik untuk mencetak / menyimpan artikel ini, silakan menuju "Pusat Logistik" yang terletak di bagian kanan halaman ini.

Baca aturan pakai. Jika kebingungan berlanjut, tinggalkan pesan di kotak komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.