Jigsaw, Sang Penjudi Nyawa Manusia



Jigsaw dalam balutan jubah khasnya yang berwarna hitam & merah.

Saw. Inilah judul salah satu film horor tersukses dalam dekade terakhir. Begitu suksesnya film ini sehingga hanya dengan biaya minim, film tersebut berhasil meraih pemasukan besar & dibuat dalam 7 seri sekaligus.

Film tersebut populer bukan hanya karena berhasil menampilkan ketegangan & banyak adegan penuh darah, namun juga karena berhasil mengorbitkan sosok pembunuh berantai unik yang membunuh lewat aneka jebakan mematikan dengan dalih memperbaiki kehidupan para korbannya : Jigsaw. Nah, sosok Jigsaw inilah yang ingin dibahas dalam artikel ini.

Jigsaw adalah sosok antagonis utama dalam seri film "Saw". Di film-filmnya, ia ditampilkan sebagai seorang pria tua yang menempatkan korban-korbannya dalam aneka jebakan mematikan dengan tujuan supaya mereka lebih menghargai hidupnya.

Banyak dari korban Jigsaw yang akhirnya tewas dalam jebakan buatannya, namun ada juga yang berhasil selamat. Jigsaw akhirnya tewas dibunuh oleh salah seorang korbannya sendiri, namun teror yang dirintisnya tidak lantas berhenti karena pasca kematiannya, kegiatan berdarahnya kini dilanjutkan oleh para pengikutnya.



SEJARAH

Kreator dari Jigsaw adalah sepasang sineas muda lulusan akademi film di Australia bernama James Wan & Leigh Whannell. Konsep mengenai film Saw sendiri pertama kali ditampilkan dalam film pendek berjudul Saw pada tahun 2003.

Setahun kemudian, versi panjang dari film tersebut dibuat di mana karakter Jigsaw diperankan oleh aktor Tobin Bell. Menurut Whanell, mereka ingin Jigsaw menjadi sosok yang cerdas seperti sosok Hannibal Lecter dari film horor kriminal populer "Silence of the Lambs", namun dengan ciri khasnya tersendiri.

James Wan & Leigh Whanell. (Sumber)

Sosok Jigsaw bisa dikatakan unik karena berbeda dengan pembunuh berantai lainnya yang sejak awal memang memiliki niat untuk merenggut nyawa korbannya, Jigsaw masih memberi kesempatan bagi korbannya untuk hidup selama korbannya bisa lolos dari perangkap maut buatannya.

Menurut Darren Lynn Bousman - sutradara film Saw 2, 3, & 4 - Jigsaw secara teknis lebih tepat disebut sebagai seorang peneliti yang ingin menguji seberapa besar keinginan para korbannya untuk tetap ingin mempertahankan hidupnya dengan menempatkan mereka dalam jebakan-jebakan mematikan.

Bicara soal jebakan, pihak-pihak yang terlibat dalam pembuatan film Saw menyatakan bahwa semua jebakan dalam film Saw adalah jebakan asli (bukan efek komputer) yang didesain untuk terlihat nyata & berbahaya bagi para penonton, namun aman bagi para pemeran film yang memakainya.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, satu kru penyelamat juga disiapkan secara khusus selama pembuatan film. Lebih lanjut, kreator film Saw juga menyatakan bahwa mereka ingin jebakan-jebakan tersebut memiliki penampilan yang "indah" sekaligus menakutkan.

James Wan & Leigh Whannell sejak awal juga menginginkan Jigsaw memakai semacam topeng atau penutup wajah. Setelah melakukan sejumlah diskusi, akhirnya dipilihlah topeng kepala babi yang membusuk sebagai simbolisme bagaimana Jigsaw memandang dunia secara pesimis & tubuhnya yang "membusuk" perlahan-lahan sebagai akibat dari penyakit kanker yang dideritanya. Selain topeng kepala babi, Wan & Whannell juga menciptakan kostum tambahan bagi Jigsaw berupa jubah hitam dengan bagian dalam merah.

Sejak kemunculannya dalam film-film Saw, karakter Jigsaw langsung menarik perhatian banyak orang, terutama para penggemar film horor. Sejumlah kritikus film memuji penggambaran kakter Jigsaw & bagaimana aktor Tobin Bell membawakan perannya. Salah satu analisa mengenai film Saw bahkan menyebut karakter Jigsaw sebagai ikon terbaru film horor modern. Kesuksesan film Saw tersebut pada gilirannya membuat karakter Jigsaw ditampilkan dalam karya-karya fiksi lain seperti game video, komik, & action figure.


Mainan yang menampilkan sosok Jigsaw saat mengenakan topeng babi & boneka Billy yang sedang mengendarai sepeda roda 3. (Sumber)


ALUR CERITA (FILM)

John Kramer adalah seorang insinyur sukses & memiliki istri bernama Jill Tuck yang mengelola sebuah panti rehabilitasi narkoba. Kehidupannya sepintas akan jadi semakin sempurna setelah Jill dikabarkan sedang hamil anak pertama mereka.

Sayang, yang kemudian terjadi adalah Jill mengalami keguguran setelah seorang pasien Jill bernama Cecil membuka pintu secara tergesa-gesa & menghantam perut Jill. Seolah itu belum cukup, John yang kemudian menutup diri usai kehilangan calon anaknya juga divonis menderita kanker otak.

John yang merasa hidupnya sudah tidak lagi berguna kemudian mengendarai mobilnya masuk jurang untuk bunuh diri, namun ternyata ia berhasil selamat. Usai peristiwa itu, John pun mulai berpikir bahwa ada banyak orang yang menyia-nyiakan hidupnya sendiri dengan melakukan tindakan-tindakan merugikan.

Sejak itulah, John berambisi membuat kehidupan manusia lebih baik dengan cara menculik orang-orang yang ia anggap sudah menyia-nyiakan hidupnya & menempatkan mereka dalam jebakan-jebakan mematikan. Ia berharap bila para korbannya selamat, mereka akan jadi lebih menghargai hidupnya. Korban pertama dari aktivitas baru John tersebut adalah Cecil, orang yang menyebabkan istrinya keguguran.

Amanda saat "diuji"dalam jebakan penghancur rahang. (Sumber)

Selama ia menjalankan aksi-aksinya, John juga mendapatkan pengikut-pengikut baru. Salah satu pengikut pertamanya adalah Amanda Young yang pada awalnya merupakan korban dari Jigsaw, namun berhasil selamat dari jebakannya & berbalik mengagumi John yang menganggapnya sudah berhasil mencerahkan hidupnya.

John kemudian memperlihatkan Amanda pada istrinya yang berprofesi sebagai pengelola pasien pecandu narkotika sambil menyatakan bahwa metodenya berhasil membuat orang lebih menghargai hidupnya. Setelah itu, Jill pun mulai merenungi kebenaran dari tindakan psikopatik suaminya tersebut.

Dalam sebuah kesempatan lain, Jigsaw juga menculik seorang dokter bernama Lawrence Gordon yang dulu memvonisnya terkena kanker otak. Gordon akhirnya berhasil meloloskan diri dari jebakan rantai yang dibuat Jigsaw, namun sebagai akibatnya ia harus kehilangan salah satu kakinya & sekarat saat berusaha melarikan diri.

Jigsaw lalu merawatnya & memberinya kaki palsu sambil menyatakan bahwa Gordon adalah salah satu aset terbaiknya. Sejak itu, Gordon pun menjadi pengikut baru Jigsaw di mana keberadaannya dirahasiakan dari pengikut-pengikut Jigsaw yang lain.

Seiring dengan semakin banyaknya korban tewas di tangan John, media-media pun mulai memperhatikan aksi-aksinya & mulai menjulukinya "pembunuh Jigsaw" (Jigsaw killer) karena kebiasannya mengambil irisan kulit korban tewasnya dalam bentuk potongan teka-teki jigsaw. Salah satu polisi bernama Mark Hoffman lalu memanfaatkan metode & popularitas Jigsaw untuk membunuh orang yang telah mencabuli & membunuh adiknya dengan metode jebakan ala Jigsaw.

Belakangan, Hoffman berbalik menjadi pengikut lain Jigsaw setelah Jigsaw menculiknya & menasihatinya bahwa setiap orang punya peluang untuk memperbaiki hidupnya bila diberi kesempatan. Jigsaw dengan bantuan para pengikutnya berhasil melanjutkan aksi-aksinya tanpa berhasil ditangkap oleh polisi.

Jigsaw (kanan) ketika sedang berbicara dengan Hoffman. (Sumber)

Kendati begitu, kondisi tubuh Jigsaw semakin lama semakin memburuk akibat kanker yang dideritanya. Jigsaw lantas meminta Amanda menculik dokter bernama Lynn Denlon untuk mengobatinya. Di saat bersamaan, Jigsaw juga sedang menempatkan suami Lynn - Jeff Denlon - dalam permainan mematikan yang dirancangnya.

Jigsaw akhirnya tewas setelah Jeff menemukan Jigsaw beserta istrinya & kemudian menebas leher Jigsaw dengan gergaji mesin kecil. Namun sebelum tewas, Jigsaw ternyata sempat menitipkan pesan ke sejumlah orang. Sebagai akibatnya, aksi-aksi terornya pun terus berlanjut & para pengikutnya kini mulai menjebak 1 sama lain hingga tewas.

Sekitar 1 dekade sesudah Jigsaw meninggal dunia, Logan secara diam-diam mengeluarkan mayat Jigsaw dari kuburannya. Ia ingin memberikan kesan kepada publik kalau Jigsaw hidup kembali, sehingga orang-orang tidak mau lagi bertindak semaunya sendiri karena khawatir bakal ganti diculik oleh Jigsaw. Pada periode yang bersamaan, Logan juga menculik sejumlah penjahat & menempatkan mereka dalam jebakan-jebakan berbahaya.

Penjahat-penjahat tersebut seharusnya menjalani hukuman penjara, namun mereka bisa berkeliaran bebas akibat campur tangan seorang polisi yang bernama Halloran. Itulah sebabnya Logan menculik mereka hingga tewas karena Logan merasa polisi tidak bisa lagi diandalkan untuk membasmi penjahat. Halloran sendiri pada akhirnya tewas setelah Logan menempatkan Halloran dalam jebakan kalung yang menembakkan sinar laser.


Logan (kanan) saat melihat Halloran tengah terjebak dalam jebakan kalung laser.


KARAKTERISTIK & MODUS OPERANDI

Sebagai orang yang pernah tertimpa masalah bertubi-tubi & selamat dari upaya bunuh diri, John Kramer alias Jigsaw merasa bahwa ada begitu banyak orang yang sudah diberi kehidupan, namun justru menyia-nyiakannya dengan berbagai tindakan yang merugikan - misalnya memakai narkoba, memfitnah orang lain, atau sebatas mencatut nama Jigsaw untuk kepentingannya sendiri.

Karena itulah, ia kemudian mulai menculik orang-orang satu per satu ke dalam sebuah "permainan" yang dilengkapi jebakan-jebakan mematikan. Menurutnya, satu-satunya cara agar orang lebih menghargai hidupnya adalah dengan menempatkan mereka ke dalam situasi yang mengancam nyawanya.

Dari segi kepribadian, Jigsaw sangatlah dingin karena nyaris tidak pernah menunjukkan ekspresi & selalu berpikir sistematis. Menurutnya, kunci untuk mengubah orang lain adalah dengan cara memahami jalan pikiran orang lain.

Jigsaw juga membenci orang-orang yang sudah menyia-nyiakan hidupnya maupun orang-orang yang tidak memberi kesempatan bagi orang lain untuk mengubah hidupnya. Itulah sebabnya ia menegur Amanda & Hoffman yang dianggap tidak memberi cukup kesempatan bagi korban-korbannya untuk mengubah hidupnya karena menempatkan para korbannya dalam jebakan mematikan yang tidak ada jalan keluarnya.

Dalam "permainan" mematikan yang dibuatnya, Jigsaw selalu memberikan petunjuk bagi korbannya untuk bisa melepaskan diri lewat kaset bertuliskan "mainkan aku" (play me) atau rekaman video. Untuk bisa membebaskan dirinya atau korban lainnya, korban seringkali harus melakukan tindakan-tindakan yang bisa melukai dirinya sendiri atau orang lain. Misalnya, memotong kakinya sendiri atau mengambil kunci yang ditanam dalam perut orang lain.

Jika korbannya gagal melepaskan diri hingga batas waktu tertentu, jebakan yang terpasang padanya akan aktif & merenggut nyawanya. Bila korbannya pada akhirnya tewas, Jigsaw akan mengambil irisan kulit korbannya dalam bentuk potongan teka-teki jigsaw sebagai simbol hilangnya insting korban untuk bertahan hidup. Karena itulah, media-media kemudian mulai menyebutnya sebagai "pembunuh Jigsaw" (Jigsaw killer), sebutan yang tidak disukai oleh John Kramer sendiri.

Jigsaw juga tidak pernah mengakui dirinya sebagai pembunuh karena ia merasa yang ia lakukan bertujuan untuk membuat orang lain lebih menghargai hidupnya & ia sejak awal sudah memberikan petunjuk pada para korbannya mengenai bagaimana cara untuk lepas dari jebakannya agar bisa tetap hidup.

Boneka Billy.

Jigsaw sering memakai boneka kecil bernama Billy untuk mewakilkan dirinya di hadapan para korban & mengirimkan pesan lewat suara Jigsaw yang disamarkan. Boneka tersebut biasanya hanya tampil dalam rekaman video, namun kadang-kadang juga menampakkan diri secara langsung sambil mengayuh sepeda roda tiga mini.

Boneka Billy sendiri pada awalnya adalah boneka yang dibuat John Kramer / Jigsaw untuk hadiah bagi calon anaknya bila sudah lahir. Ketika calon anaknya tersebut terbunuh, Jigsaw kemudian mengubah penampilan Billy menjadi lebih menyeramkan & memakainya untuk mewakilkan dirinya di hadapan para korban atau polisi.

Satu hal yang paling menarik dari Jigsaw adalah ia juga memiliki sejumlah pengikut yang membantunya menjalankan aksi-aksinya di mana selain Hoffman, pengikut-pengikut Jigsaw selalu merupakan bekas korbannya. Setelah ia tewas, para pengikutnya mulai saling jebak untuk bisa menjadi penerus tunggal Jigsaw sesuai instruksi yang mereka terima.

Adapun para pengikut Jigsaw yang sudah diketahui adalah Amanda Young, dokter Lawrence Gordon, detektif Mark Hoffman, & ahli forensik Logan Nelson. Bekas istri Jigsaw, Jill Tuck, kendati tidak pernah membantu Jigsaw secara langsung namun juga sempat melaksanakan instruksi dari Jigsaw untuk menjebak Hoffman & memaksanya ikut dalam "permainan" yang sudah dirancang Jigsaw sebelum meninggal.



KEMUNCULAN DI MASING-MASING FILM

"Saw" (2004) bercerita tentang Jigsaw / John Kramer yang menyamar sebagai mayat di tengah-tengah kamar mandi tempat ia merantai Lawrence Gordon & Adam Stanheight. Di film ini juga diceritakan bagaimana Jigsaw menculik Amanda Young & mengujinya dalam jebakan penghancur rahang.

Gordon pada akhirnya berhasil membebaskan diri & kemudian merangkak ke luar kamar mandi untuk mencari bantuan. Tidak lama sesudah Gordon pergi, Jigsaw yang dari tadi berpura-pura mati kini bangkit kembali & membongkar penyamarannya. Saat Adam akhirnya sadar kalau Jigsaw-lah pelaku asli penculikan ini, Jigsaw menyetrum Adam & kemudian pergi meninggalkan Adam yang kini terjebak sendirian di kamar mandi.


"Saw II" (2005) bercerita tentang Jigsaw yang menempatkan sejumlah korbannya dalam bangunan berisi aneka macam jebakan. Dua dari sekian banyak korban dalam "permainan" ini adalah Amanda Young & Daniel Matthews, putra dari polisi korup Eric Mathhews.

Di tengah berlangsungnya "permainan", Jigsaw bercerita ke hadapan Eric kalau ia sempat mencoba bunuh diri di masa lalu. Saat upaya bunuh dirinya gagal, ia kemudian mendedikasikan dirinya untuk menculik orang-orang & menempatkan mereka dalam aneka jebakan berbahaya supaya mereka jadi lebih menghargai hidup.

Beberapa waktu kemudian, Jigsaw membawa Eric ke bangunan tempat "permainan" dilangsungkan setelah Eric memukuli Jigsaw hingga babak belur. Namun sesampainya di sana, Eric langsung dibius & disekap oleh Amanda yang ternyata secara diam-diam bekerja sama dengan Jigsaw. Daniel sendiri diceritakan selamat, namun kini berada dalam kondisi tidak sadarkan diri di markas Jigsaw.


"Saw III" (2006) bercerita tentang Jigsaw yang kini berada dalam kondisi sekarat akibat kanker otak. Jigsaw & Amanda kemudian menculik seorang dokter yang bernama Lynn Denlon untuk membantu mengoperasi Jigsaw. Jigsaw & Amanda diceritakan tewas setelah keduanya dibunuh oleh mantan suami Lynn, Jeff Denlon. Jeff sendiri kemudian ganti dibunuh oleh polisi karena Jeff mengira polisi tersebut adalah kaki tangan Jigsaw.


"Saw IV" (2007) bercerita tentang mayat Jigsaw yang tengah diautopsi oleh polisi. Saat perutnya diperiksa, ternyata ada rekaman kaset yang ditelan oleh Jigsaw tepat sebelum kematiannya. Kaset tersebut berisi pesan kepada Mark Hoffman - polisi sekaligus penerus Jigsaw - kalau anak buah Jigsaw yang lain akan menguji Hoffman memakai jebakan mematikan.

Di film ini juga diceritakan bagaimana kehidupan John Kramer sebelum menjadi Jigsaw. Ia memiliki istri bernama Jill yang sedang hamil, namun Jill sesudah itu mengalami keguguran setelah perutnya dihantam oleh pintu yang dibuka secara tiba-tiba oleh Cecil. Jigsaw sesudah itu menculik Cecil & kemudian menempatkannya dalam jebakan berupa pisau yang ditempatkan di sekeliling wajahnya


"Saw V" (2008) bercerita tentang bagaimana Hoffman di masa lalu bisa bertemu dengan Jigsaw. Setelah Jigsaw menculik Hoffman & menyadarkannya kalau setiap orang memiliki peluang untuk berubah menjadi lebih baik, Hoffman sejak itu menjadi pengikut Jigsaw yang baru. Hoffman diceritakan juga memiliki rivalitas dengan Amanda, anak buah Jigsaw yang lain.


"Saw VI" (2009) bercerita tentang sosok Jigsaw yang muncul dalam pikiran Jill. Setelah Jill merenung kalau metode berdarah Jigsaw memang efektif dalam mengubah kepribadian seseorang menjadi lebih baik, Jill sesudah itu menjadi pengikut Jigsaw yang baru & kemudian menempatkan Hoffman dalam jebakan penghancur rahang. Namun Hoffman pada akhirnya berhasil lepas dari jebakan tersebut dalam kondisi hidup-hidup.

Para korban Jigsaw di film ini umumnya adalah pegawai di perusahaan asuransi tempat John Kramer dulu membayar asuransi jiwanya. Saat perusahaan tersebut menolak menanggung biaya pengobatan kanker John, John sebelum kematiannya menitipkan pesan kepada Hoffman supaya ia menculik & menempatkan para pegawai perusahaan tersebut dalam jebakan-jebakan berbahaya.


"Saw : The Final Game" (2010) bercerita kalau sebelum kematiannya, Jigsaw menyelamatkan dokter sekaligus salah seorang bekas korbannya yang bernama Lawrence Gordon. Karena Gordon merasa berhutang budi pada Jigsaw, Gordon sesudah itu menjadi anak buah Jigsaw.

Tepat sebelum kematiannya, Jigsaw sempat membuat pesan video kepada Gordon supaya Gordon melindungi Jill. Maka, setelah Hoffman berhasil membunuh Jill dengan memakai jebakan penghancur rahang, Gordon yang dibantu oleh 2 orang rekannya kemudian menculik Hoffman & mengurungnya dalam ruangan kamar mandi tempat Gordon dulu dirantai oleh Jigsaw.


"Jigsaw" (2017) bercerita tentang salah seorang anak buah Jigsaw yang bernama Logan Nelson. Sebelum kematiannya, Jigsaw diceritakan pernah menculik Logan karena keteledoran Logan menyebabkan tumor pada otak Jigsaw tidak terdeteksi lebih dini. Namun saat Logan tengah diuji dalam jebakan Jigsaw, Jigsaw mengubah pikirannya & kemudian ganti menyelamatkan Logan.

Logan yang berprofesi sebagai ahli forensik sejak itu mengabdikan dirinya sebagai anak buah Jigsaw yang baru. Beberapa tahun setelah Jigsaw meninggal dunia, Logan secara diam-diam mengeluarkan mayat Jigsaw dari makamnya supaya publik mengira kalau Jigsaw / John Kramer masih hidup & masih menjalankan aksinya sebagai pembunuh berantai.


Di film "Spiral" (2021), sosok John Kramer / Jigsaw sama sekali tidak muncul. Namun namanya sempat disinggung sebagai sumber inspirasi dari karakter Jigsaw gadungan yang melakukan penculikan kepada sejumlah anggota polisi di film ini. Itulah sebabnya polisi menjuluki karakter Jigsaw gadungan tersebut sebagai "Jigsaw copycat" (peniru Jigsaw).  -  © Rep. Eusosialis Tawon

* Artikel ini terakhir diperbarui pada tanggal 25 Agustus 2021.



REFERENSI

Feo Amante's Horror Thriller - SAW Interview ... (part 1)
Feo Amante's Horror Thriller - SAW Interview ... (part 2)
Sawpedia - Traps
Wikipedia - Jigsaw Killer
Wikipedia - Saw (franchise)
(Film) 2004. "Saw". Twisted Pictures & Lions Gate Entertainment.
(Film) 2005. "Saw II". Twisted Pictures & Lions Gate Entertainment.
(Film) 2006. "Saw III". Twisted Pictures & Lions Gate Entertainment.
(Film) 2007. "Saw IV". Twisted Pictures & Lions Gate Entertainment.
(Film) 2008. "Saw V". Twisted Pictures & Lions Gate Entertainment.
(Film) 2009. "Saw VI". Twisted Pictures & Lions Gate Entertainment.
(Film) 2010. "Saw 3D". Twisted Pictures & Lions Gate Entertainment.
(Film) 2017. "Jigsaw". Twisted Pictures & Lions Gate Entertainment.
(Film) 2017. "Jigsaw". Twisted Pictures & Lions Gate Entertainment.
(Film) 2021. "Spiral". Twisted Pictures & Lions Gate Entertainment.

 





COBA JUGA HINGGAP KE SINI...



51 komentar:

  1. ini diambil dr kisah nyata kan?
    kisah nyatanya gmn ceritanya?
    di atas cuma sekilas duank dijelaskan.
    tp, baca ini jd takut mau nonton filmnya. syerem ah. gk berani.

    BalasHapus
  2. Referensi film yang oke...!!
    Lama nggak jumpa semoga seha-sehat selalu..!

    BalasHapus
  3. @ari
    Sejauh yang saya tahu sih soal Jigsaw ini murni fiksi & gak ada kaitannya dengan kejadian yang pernah terjadi di dunia nyata. Emang saya menemukan beberapa artikel yang mengklaim bahwa ada kasus pembunuhan yang mirip dengan yang terjadi di film Saw, namun saya sendiri merasa gak ada kemiripan antara keduanya

    @prapatan
    Makasih, sob. Semoga anda sehat-sehat juga

    BalasHapus
  4. saya belum pernah nonton filmnya sampai habis(udah takut duluan mbayanginnya)
    habis gak tahu kalo ada kisah unik mengenai sang pembunuh sih
    kirain itu film cuman tentang seorang pembunuh berdarah dingin yang sangat kreatif dalam membantai mangsanya
    haha

    BalasHapus
  5. Wah asik sekali ni ceritanya.. saya meningkmati..

    BalasHapus
  6. " jigsaw pembunuh yang sangat kreatif dgn prantara gamenya... Yang tujuannya utk mnyadarkan para korban ttg arti hidup agar lebih menghargainya..!
    " pembunuh yang jahat namun mempunyai tujuan yang baik..."
    klo boleh nanya bro..
    ada nggak evisode klanjutannya ke 8..?
    Sblumnya thanks atas tagnya...^^

    BalasHapus
  7. @hady
    Nggak ada. Film Saw terakhir itu Saw 7 alias Saw 3D

    BalasHapus
  8. Baru kali ini saya paham jalan ceritanya. Ternyata seru juga. Awalnya ntn udh ngeri duluan liat sadisnya sampe ga nangkep isi ceritanya apa.

    BalasHapus
  9. mantappppp...!!! jadi ngefans ane sama blog ini. lanjutin lagi artikel yang ngebahas tentang psikopat kaya gini ya min.

    BalasHapus
  10. gw suka karya"mu teman , i love your blog

    BalasHapus
  11. Jangan jangan yg punya blog ini pengikut JIGSAW
    lagi :)
    just kidding

    BalasHapus
  12. Gw cma pernah nnton SAW 3 yg Dr.Lynn sama suaminya Jeff yg pada akhirnya Jigsaw sama Amanda mati..

    BalasHapus
  13. Nyata ya? Oh. Hah?!!! Nyata?!! Demi apa lo? :o

    BalasHapus
  14. Cuman suka jigsaw 1 & 2. Habis itu hambar.

    BalasHapus
  15. menegangkan. Buat mataku celang truz

    BalasHapus
  16. Tegang n0nt0nNya..! Mata yg ngantuk jd hilang.. Sumpah tegang bAnget!

    BalasHapus
  17. Keren gan
    Lanjutkan

    BalasHapus
  18. Sip gan.. udah nonton Filmnya, penuh ketegangan.. josh.. hehe
    www.abenetwork.com/canbisnis

    BalasHapus
  19. Maaf sebelum nya, kalau jigsaw 3D link nya apa ?
    Terimakasih :)

    BalasHapus
  20. udah pernah nonton film saw 5 dan saw 6, filmnya seru banget sekalligus menegangkan karena byk aksi-aksi yang menakutkan.

    BalasHapus
  21. gk ada sinopsis cerita ny ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada, di bagian Sejarah (Versi Fiksi / Film)

      Hapus
  22. hmm ..... udah liat .. gaberani ntn .. pdhl cuma yg versi pendek di youtube :v

    BalasHapus
  23. Baru nonton sampe 3, mau lanjut yang keempat. Dibandingkan Wrong Turn, adegan Saw tidak terlalu sadis. Kalo Wrong Turn saya sampe muntah.

    BalasHapus
  24. Sudah lama z nonton film ini tapi masih ada yang kurang z mngerti.tapi setelah baca ini...z mngerti dan mulai nonton ulang dr saw 1-6 .klo saw3d belum

    BalasHapus
  25. Pgen liat filmnya sampai selesai tp gk pernah berani dan faham isi dr ceritanya,tp setelah bca artikel ini alhamdulillah sudah paham

    BalasHapus
  26. Film SAW ini menurut ane membawa pesan tentang artinya sebuah kwhidupan. ketimbang Film Wrong Turn yang cuman isinya sekumpulan orang kanibal. Pantas saja SAW menjadi film terlaris sepanjang dekade. Ane uda nonton dari seri 1 - 6 jos dah... ��

    BalasHapus
  27. Jigsaw, you're Smartest Killer in the World... Like this :-D mantap filmnya! (y)

    BalasHapus
  28. Cherish your life make a choice, itu yg bys d katakan john kramer yg d sebut sbg jigsaw,,, keren bung asli ya emang pas juga sama hobi liat film2 berdarah,,, tp bkn psikopat,,ahaha

    BalasHapus
  29. Kalo Gak salah Jigsaw 8 mau rilis soalnya tuh kan ada penerus tunggalny kalo rilisny belum tau ane

    BalasHapus
  30. Pernah nonton, tp ga keseluruhan
    Menarik, bagus, serem meneganggkan.
    Tp mau nonton lagi ga tega lihat korban-korban dipermainkan

    BalasHapus
  31. Spertinya menarik...kyanya keren ini dripada chainsaw texas yg isinya cuma balas dendam :v

    BalasHapus
  32. menurut saya, ini film thriller TERKEREN sepanjang masa hahahaha. saya udh nonton semua dr 1-7. dahsyattt dahhhh

    BalasHapus
  33. menurut saya ini film thriller TERBAIK sepanjang masa hahaha. cerdas dan smart

    BalasHapus
  34. asli keren beud... gue suka gaya john kramer. Saw kereeen abiiiz

    BalasHapus
  35. Ternyata film the saw itu film tahun 2000-an

    BalasHapus
  36. yang ke 7 belum nonton , nice blog

    BalasHapus
  37. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  38. Pernah nonton separuh filmnya serem es

    BalasHapus
  39. Suaranya doang yang keren , disamarkan

    BalasHapus
  40. Efek suara boneka billy nya yang keren :*

    BalasHapus
  41. Jigsaw bakalan ada lagi di oktober 2017. Must watch, karena jigsaw nya udah dimodernsasi

    BalasHapus
  42. Cerita nya bagus sih, tapi baca ini enggak kaya pas nonton nya, gua nonton baru liat jebakannya aja udah takut apalagi pas jebakannya aktif!, ih sadis banget dah pokoknya

    BalasHapus
  43. Khatam juga nih film!, gilaaaaaaaaaa

    BalasHapus
  44. Seremmm,nyata apa enggak,kalo nyata aku takut,kalo hanya film sihh sama aja yaaa

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.