FAUNA       SEJARAH       HIBURAN    •     Cari Artikel →

Penari Spanyol, Penari Lautan yang Penuh Pesona




Seekor penari Spanyol. Bagian kepalanya terletak di
sebelah kanan, sementara bagian insangnya yang
mirip dedaunan ada di sebelah kiri. (Sumber)

Salah satu hewan laut yang paling unik & paling indah yang dikenal oleh manusia adalah penari Spanyol (Hexabranchus sanguineus). Mendengar namanya mungkin kita akan bingung, apa itu hewan penari Spanyol & kenapa dia diberi nama seperti itu? Well, hewan yang disebut sebagai penari Spanyol (Spanish dancer) sebenarnya adalah sejenis siput laut telanjang (Nudibranchia; biasa disingkat "nudi") yang berukuran besar & berwarna cerah. Nama "penari Spanyol" sendiri diberikan karena gerakan hewan ini saat berenang sepintas terlihat seperti gerakan rok penari flamenco, salah satu tarian khas dari Spanyol.

Secara fisik, penari Spanyol memiliki ciri-ciri umum yang dimiliki oleh siput laut lainnya, yaitu memiliki kaki perut sebagai alat gerak & sepasang sungut (rhinofor / rhinophore) yang fungsi utamanya sebagai organ sensor. Dan layaknya anggota keluarga besar Nudibranchia lainnya, penari Spanyol tidak memiliki cangkang pelindung & insangnya - yang terlihat seperti pohon kecil berjumlah 6 & berada di bagian belakang tubuh - tidak terlindungi penutup apapun sehingga bisa dilihat dengan jelas.

Bila dibandingkan dengan anggota Nudibranchia lainnya, penari Spanyol memiliki ciri-ciri spesifik berupa tubuh yang berukuran besar (sekitar 40 cm lebih) & umumnya berwarna merah cerah. Selain warna merah, penari Spanyol yang berwarna biru & kuning juga pernah ditemukan, namun jumlahnya lebih jarang. Ciri-ciri fisik itulah yang mendasari pemberian nama ilmiahnya - Hexabranchus sanguineus - yang secara literal berarti "si insang 6 yang berwarna (merah) darah".



MENGAMATI PERILAKU SANG PENARI

Penari Spanyol adalah hewan karnivora yang berarti mereka hidup dari memakan daging, lebih tepatnya daging spons. Hal yang menarik sekaligus menakjubkan adalah, spons makanan dari penari Spanyol umumnya adalah spons-spons beracun, misalnya spons dari genus Halicondhria. Hebatnya, penari Spanyol tidak cuma kebal terhadap racun dari spons makanannya, tapi ia juga memiliki kemampuan untuk menyerap racun dari spons makanannya yang kemudian disimpan di bagian kulit & digunakan sebagai senjata pertahanan bagi dirinya sendiri!

Penari Spanyol yang sedang
berenang. (Sumber)
Kendati terlihat unik & tidak biasa, metode pertahanan serupa sebenarnya cukup umum di kalangan siput-siput Nudibranchia. Contoh lain spesies siput Nudibranchia yang memiliki metode pertahanan serupa adalah siput samudera biru (Glaucus atlanticus) yang menyerap racunnya dari makhluk bertentakel raksasa Kapal Perang Portugis (Portuguese man-o-war). Racun-racun dari siput Nudibranchia sendiri umumnya tidak berbahaya bagi manusia karena racunnya hanya aktif bila dimakan. Fungsi utama racunnya sendiri adalah memberikan rasa tidak enak bagi hewan yang memakannya.

Penari Spanyol bisa ditemukan di Laut Merah & perairan Hindia-Pasifik (Indo-Pacific), termasuk di perairan pantai Indonesia. Normalnya, mereka hidup & bergerak merayap perlahan di dasar laut memakai kaki perutnya. Sebagai metode pertahanan dasar, mereka sebatas mengandalkan warna tubuhnya yang cerah sebagai peringatan visual bahwa daging mereka beracun. Namun bila tetap diganggu, penari Spanyol akan mulai menaikkan bagian pinggir kaki perutnya (bagian mantel) yang berwarna lebih cerah untuk menakut-nakuti & mengejutkan musuhnya.

Bila musuhnya masih tidak mau mundur & tetap mengganggunya, penari Spanyol akan "melompat" dari dasar laut untuk kemudian berenang ke tempat lain yang lebih aman. Saat berenang, penari Spanyol akan menggetar-getarkan kaki perutnya di air & bagian pinggir kaki perutnya yang berwarna lebih terang bisa terlihat sehingga sepintas kelihatan seperti rok dari penari flamenco yang melambai-lambai. Karena keindahannya saat berenang itulah, penari Spanyol menjadi salah satu target buruan favorit para penyelam & penikmat keindahan bawah laut di perairan Hindia-Pasifik.



POLA HIDUP SANG PENARI

Rangkaian telur dari penari
Spanyol. (Sumber)
Layaknya siput lain, penari Spanyol adalah hewan hermafrodit alias berkelamin ganda, namun ia tidak bisa berkembang biak sendiri karena letak organ kelaminnya yang terpisah. Karena itulah penari Spanyol tetap melakukan pertukaran sel kelamin untuk bisa berkembang biak. Saat kawin, mula-mula penari Spanyol akan berdiam secara bersebelahan satu sama lain & kemudian mulai mengeluarkan telur-telurnya. Sebagian penari Spanyol mengeluarkan telurnya dalam bentuk pita yang lurus, sementara sebagian lainnya melekatkan telurnya pada permukaan keras dalam bentuk pita spiral.

Rangkaian telur dari penari Spanyol mudah dikenali karena bentuknya yang seperti mahkota bunga mawar berwarna cerah. Menariknya, rangkaian telur tersebut juga mengandung racun untuk melindunginya dari hewan-hewan pemakan telur yang lapar. Jumlah telur yang dikeluarkan oleh penari Spanyol mencapai ribuan, namun hanya sedikit yang bisa tumbuh sampai dewasa karena saat menetas, tidak ada yang menjaga mereka & mereka rentan dimakan oleh hewan-hewan lain yang berukuran lebih besar.

Anakan penari Spanyol yang baru menetas dikenal sebagai "larva veliger" & hidup terombang-ambing mengikuti arus lautan sebagai zooplankton. Setelah beberapa lama, larva penari Spanyol akan berubah menjadi anakan fase juvenil yang hidup di dasar laut. Fase juvenil memiliki wujud seperti penari Spanyol dewasa, namun ukurannya lebih kecil & bentuk insangnya masih belum sempurna. Anakan fase juvenil selanjutnya akan terus tumbuh hingga akhirnya menjadi siput dewasa. Seekor penari Spanyol diketahui bisa mencapai ukuran hingga 40 cm lebih - membuatnya menjadi salah satu spesies Nudibranchia terbesar yang pernah dikenal manusia.



SANG PENUMPANG MINI

Udang kaisar. (Sumber)
Hewan laut lain yang berukuran kecil semisal udang kaisar (Periclimenes imperator) diketahui hidup menumpang pada insang penari Spanyol. Ada beberapa teori yang diajukan mengenai penyebab perilaku udang tersebut, salah satunya adalah udang memanfaatkan kemiripan warnanya dengan penari Spanyol untuk berkamuflase & berlindung. Teori lain yang dipercaya adalah udang kaisar mencari makan dari penari Spanyol di mana satu pengamatan menemukan bahwa udang kaisar mau memakan kotoran (tinja) dari penari Spanyol.

Secara keseluruhan, hubungan antara penari Spanyol dengan udang kaisar bisa dikatakan sebagai simbiosis komensalisme karena udang memperoleh beberapa keuntungan dengan hidup bersama penari Spanyol, namun penari Spanyol sendiri tidak diuntungkan maupun tidak dirugikan dari keberadaan udang pada tubuhnya. Selain dengan hidup menempel pada penari Spanyol, udang kaisar juga diketahui hidup menumpang pada teripang.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



KLASIFIKASI

Kingdom : Animalia
Filum : Mollusca
Kelas : Gastropoda
Klad : Heterobranchia
Klad (II) : Euthyneura
Klad (III) : Nudipleura
Klad (IV) : Nudibranchia
Superfamili : Doridoidea
Famili : Hexabranchidae
Genus : Hexabranchus
Spesies : Hexabranchus sanguineus (Ruppell & Leuckart, 1828)



REFERENSI

SEADB - Periclimenes imperator, Emperor Shrimp
Sea Slugs from Reunion Island - Hexabranchus sanguienus
The Right Blue - Exotic Underwater Nudies : The Spanish Dancer
The Sea Slug Forum - Hexabranchus sanguienus
Wikipedia - Nudibranchia
Wikipedia - Spanish Dancer


Video penari Spanyol yang sedang berenang. 


           

COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

1 komentar:

  1. merah dan mengembang
    sangat mirip sekali dengan rok wanita para penari sepanyol

    BalasHapus




Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi, silakan tinggalkan komentar anda mengenai artikel ini selama tidak mengandung unsur spam, provokasi SARA, & kata-kata kasar. Komentar yang baru dibuat tidak akan langsung muncul karena akan diperiksa terlebih dahulu.

Jika anda tertarik untuk mencetak / menyimpan artikel ini, silakan menuju "Pusat Logistik" yang terletak di bagian kanan halaman ini.

Baca aturan pakai. Jika kebingungan berlanjut, tinggalkan pesan di kotak komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.