FAUNA       SEJARAH       HIBURAN    •     Cari Artikel →

Gurnard Terbang, Ikan yang Bersayap & Berkaki




Gurnard terbang dari spesies Dactylopterus volitans. (Sumber)

Salah satu ikan laut paling unik yang diketahui oleh manusia adalah ikan gurnard terbang (flying gurnard), sejenis ikan penghuni dasar lautan. Nama "gurnard" pada ikan ini berasal dari bahasa Perancis "gurnard" yang kurang lebih artinya 'mendengkur' karena ikan ini diketahui memang membuat suara seperti suara dengkuran. Embel-embel "terbang" pada ikan ini agak menyesatkan karena meskipun memiliki sirip dada yang sangat besar & menyerupai sayap yang biasa dipakai hewan lain untuk terbang, ikan ini sebenarnya tidak bisa terbang sama sekali.

Ada beberapa spesies ikan gurnard terbang yang diketahui manusia di mana semuanya termasuk ke dalam famili Dactylopteridae. Habitat persebaran ikan gurnard terbang terbilang luas di mana mayoritasnya ditemukan di wilayah dangkal perairan Hindia-Pasifik (termasuk Indonesia tentunya), sementara sebagian kecilnya bisa ditemukan di wilayah laut dangkal Samudera Atlantik. Ukuran dari ikan ini juga bervariasi di mana spesies Dactylopterus volitans - spesies gurnard terbang dari perairan Atlantik & merupakan spesies terbesar yang diketahui manusia - diketahui bisa mencapai ukuran maksimal 50 cm.

Ciri khas utama dari ikan gurnard terbang yang paling menarik perhatian tentunya adalah sirip dadanya yang sangat besar & sepintas memang terlihat seperti sayap atau kipas. Fungsi utama dari sirip dadanya tersebut bukan untuk terbang, melainkan untuk pertahanan diri. Normalnya, ikan gurnard terbang akan melipat sirip dadanya di samping tubuhnya. Namun ketika ia merasa terancam oleh keberadaan musuhnya semisal ikan makarel, ikan ini akan membentangkan sirip dadanya untuk membuat dirinya terlihat lebih besar dengan harapan musuhnya akan merasa gentar & kemudian mundur.

Ikan gurnard terbang yang sedang
melipat sirip dadanya. (Sumber)
Selain sirip yang menyerupai sayap, ikan gurnard terbang juga terkenal karena ia memiliki "kaki" yang bisa digunakan untuk berjalan & menyibak bebatuan di dasar lautan (lihat video). Bagian "kaki" ini sendiri sebenarnya adalah sejenis sirip perut (pelvis) yang sudah termodifikasi untuk membantunya beraktivitas di dasar lautan. Makanan ikan gurnard terbang sendiri memang termasuk hewan-hewan dasar laut semisal Crustacea (udang & kerabatnya), kerang, & ikan-ikan kecil.

Adaptasi ikan gurnard terbang untuk bisa hidup di dasar laut tidak sampai di situ. Selain memiliki sirip menyerupai "kaki" yang membantunya beraktivitas di dasar laut, warna tubuhnya juga menyerupai warna pasir di dasar laut tempatnya hidup sehingga ikan ini bisa menyembunyikan diri dari pandangan musuhnya. Tidak hanya itu, ikan ini juga memiliki sisik yang tebal & kasar yang kemungkinan juga ada hubungannya untuk keperluan perlindungan & pertahanan diri. Dan karena begitu tebal & beratnya sisik yang menyelimuti tubuhnya, ikan ini tidak bisa berenang terlampau jauh dari dasar laut.

Ikan gurnard terbang bukanlah ikan yang sering ditangkap oleh nelayan, namun belakangan ikan ini mulai memiliki nilai komersial sebagai ikan peliharaan. Memelihara ikan gurnard terbang sebenarnya cukup sederhana & tidak berbeda jauh dengan teknik memelihara ikan-ikan air asin lainnya. Perilakunya sebagai ikan karnivora dasar laut juga membuatnya bisa menjaga dasar aquarium tetap bersih. Hal yang perlu diperhatikan adalah, aquarium yang digunakan untuk pemeliharaan harus berukuran besar karena beberapa spesies diketahui bisa tumbuh hingga ukuran setengah meter. Plus, ikan ini juga harus mendapatkan perhatian ekstra saat akan dipindahkan karena ikan ini bisa meronta-ronta dengan sangat kuat & sisiknya yang agak tajam membuatnya bisa terperangkap pada jaring dengan mudah.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



KLASIFIKASI

Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Scorpaeniformes
Subordo : Dactylopteroidei
Famili : Dactylopteridae



REFERENSI

About.com - Flying Gurnard Profile
Discover Life - Dactyloptena orientalis, Purple Flying Gurnard
Wikipedia - Dactylopteridae
Wikipedia - Oriental flying gurnard


             

COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

4 komentar:

  1. ini ikan yg biasa disebut 'ikan terbang' itu ya? yg sering meloncat keluar dari air seperti terbang

    BalasHapus
  2. @attayaya
    Bukan. Kalau ikan yang bisa terbang di atas air itu namanya ikan torani. Klo ikan yang ini cuma sirip dadanya aja yang besar, tapi ga bisa terbang keluar air sama sekali

    BalasHapus
  3. Hewan ini harus di jaga dan dilestarikan karena memiliki daya tarik tersendiri

    BalasHapus




Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi, silakan tinggalkan komentar anda mengenai artikel ini selama tidak mengandung unsur spam, provokasi SARA, & kata-kata kasar. Komentar yang baru dibuat tidak akan langsung muncul karena akan diperiksa terlebih dahulu.

Jika anda tertarik untuk mencetak / menyimpan artikel ini, silakan menuju "Pusat Logistik" yang terletak di bagian kanan halaman ini.

Baca aturan pakai. Jika kebingungan berlanjut, tinggalkan pesan di kotak komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.