Jenis-Jenis Penguin dalam Film "Happy Feet"



(Sumber)

Bagi para pecinta film, nama "Happy Feet" pastinya bukanlah nama yang asing. Ya, itu adalah judul dari film animasi 3 dimensi yang bercerita mengenai penguin yang bisa menari. Sejak kemunculan perdananya di tahun 2006, film tersebut berhasil menarik perhatian para penggemar film sehingga sekuelnya pun dibuat & dirilis 5 tahun berikutnya. Total, sudah ada 2 film seri "Happy Feet" yang sudah diproduksi & diliris ke pasaran.

Bicara soal "Happy Feet", kalau para pengunjung pernah menonton & memperhatikan, pasti para pengunjung tahu bahwa ada beraneka macam penguin yang muncul dalam film tersebut. Mungkin para pengunjung ingin tahu, penguin apa saja sih yang muncul di film tersebut & seperti apa penampakan asli mereka di dunia nyata? Kalau ya, maka para pengunjung tak usah khawatir karena di artikel kali ini, pihak Republik akan membahas soal jenis-jenis penguin yang muncul di film "Happy Feet".



PENGUIN KAISAR (Emperor Penguin; Aptenodytes forsteri)

(Sumber)

Deskripsi Singkat

Spesies penguin terbesar yang diketahui oleh manusia & hanya ditemukan di Benua Antarktika. Tinggi tubuhnya bisa mencapai 1,3 m & beratnya bisa mencapai 40 kg lebih. Secara fisik, penguin kaisar mudah dikenali dengan melihat paruhnya yang meruncing & adanya bercak berwarna kuning di bagian lehernya. Karena ukurannya yang besar, maka penguin kaisar pun memiliki umur yang panjang untuk ukuran penguin. Seekor penguin kaisar bisa hidup hingga usia 50 tahun walaupun umumnya mereka hanya mencapai umur maksimal kurang dari setengahnya di alam liar.

Saat musim kawin yang berlangsung antara bulan Maret hingga April tiba, penguin kaisar betina yang sudah kawin akan menitipkan telurnya kepada pejantan. Pejantan selanjutnya berpuasa & mengerami telur selama 9 minggu, sementara betina pergi mencari makan. Saat anakan menetas, barulah keduanya merawat & membesarkan anaknya bersama-sama. Pola reproduksi penguin kaisar ini terbilang unik karena hanya pejantan yang mengerami telur, sementara pada spesies penguin lain jantan & betina melakukan pengeraman secara bergantian.

Kemunculan di Film

Inilah spesies penguin yang menjadi fokus utama di film "Happy Feet", baik di film yang pertama maupun yang kedua. Karakter Mumble selaku tokoh utama dalam kedua seri film "Happy Feet" juga berasal dari spesies penguin ini, kendati penampilannya tidak menyerupai sosok penguin kaisar yang sebenarnya. Di dalam film, koloni penguin kaisar juga diperlihatkan hidup dalam sistem hirarkial di mana sekelompok kecil penguin tua bertindak sebagai pemimpin bagi koloni tersebut.



PENGUIN ADELIE (Adelie Penguin; Pygoscelis adeliae)

(Sumber)

Deskripsi Singkat

Spesies penguin lain yang cukup terkenal & banyak ditemukan di sepanjang pantai Benua Antarktika. Nama "adelie" pada penguin ini berasal dari nama Adele, istri dari Jules Dumont d'Urville, seorang penjelajah Perancis yang melakukan penjelahan ke Kutub Selatan di tahun 1840. Secara fisik, penguin adelie bisa dikenali dengan melihat paruhnya yang pendek & agak tumpul, kepala & badan bagian belakangnya yang dipenuhi warna hitam, perut berwarna putih, & lingkaran putih di sekitar mata. Tinggi maksimal dari penguin adelie sendiri adalah 75 cm.

Saat musim berkembang biak dari penguin adelie tiba, jantan & betina akan mengerami 2 butir telur yang mereka hasilkan secara bergantian selama sekitar 1 bulan. Saat telur menetas, kedua pasangan penguin tersebut akan tetap merawat anakannya hingga usia 22 hari. Seperti halnya penguin lain, perawatan anakan dilakukan dalam kelompok besar. Dalam kelompok tersebut, penguin yang sudah kawin fokus merawat anaknya, sementara penguin yang belum kawin bertugas mengusir burung skua yang kerap mengincar anak-anak penguin.

Kemunculan di Film

Saat Mumble meninggalkan koloninya, ia sempat bertemu beberapa ekor penguin berukuran lebih kecil dari dirinya di mana penguin-penguin tersebut membentuk semacam kelompok kecil bernama Amigos yang dipimpin oleh penguin bernama Ramon. Nah, penguin-penguin berukuran kecil tersebut adalah penguin adelie. Di film "Happy Feet Two", penguin-penguin adelie kembali ditampilkan, di mana mereka berusaha membantu memberi makan koloni penguin kaisar yang terjebak dalam cekungan es. Namun usaha mereka harus terhenti akibat badai es.



PENGUIN PELOMPAT BATU (Rockhopper Penguin; Eudyptes chrysocome)

(Sumber)

Deskripsi Singkat

Jenis penguin yang unik & lain dari pada yang lain. Keunikan pertama bisa dilihat pada kepalanya yang memiliki sepasang jambul berwarna kekuningan yang memanjang dari pangkal paruh hingga ke bagian belakang kepalanya. Keunikan lainnya, penguin pelompat batu memiliki habitat asli berupa kawasan yang dipenuhi tebing berbatu-batu yang terdapat di pulau-pulau kecil di sekitar Benua Antarktika & Samudra Hindia serta Atlantik bagian selatan.

Berdasarkan lokasi persebaran & karakteristik fisiknya, penguin pelompat batu dibagi menjadi 2 subspesies : spesies utara (E. c. chrysocome) & spesies selatan (E. c. moseleyi). Selebihnya, penguin pelompat batu memiliki pola hidup yang tidak berbeda dengan spesies penguin lainnya. Penguin pelompat batu betina mengeluarkan 2 butir telur sekali bereproduksi, namun umumnya hanya 1 yang bisa bertahan hidup. Sejak telur pertama kali dikeluarkan hingga menetas & tumbuh hingga ukuran tertentu, jantan & betina melakukan pengeraman & perawatan anakan secara bergantian.

Kemunculan di Film

Saat Mumble ingin mencari tahu makhluk apa yang mengoperasikan mesin-mesin di kawasan Kutub Selatan, Mumble kemudian menemui Lovelace, penguin kecil berjambul kuning yang disegani oleh para penguin lain & memakai cincin-cincin plastik di lehernya. Nah, sosok Lovelace tersebut aslinya adalah penguin pelompat batu. Lovelace kembali muncul di film kedua di mana kali ini, ia ditemani oleh seekor burung puffin kutub utara bernama Sven.



PENGUIN MAGELLAN (Magellanic Penguin; Spheniscus magellanicus)

Deskripsi Singkat

(Sumber)

Satu lagi jenis penguin yang tidak umum bila dibandingkan spesies-spesies penguin lainnya. Jika mayoritas penguin bisa ditemukan di Benua Antarktika, penguin Magellan hanya bisa ditemukan di ujung selatan Benua Amerika Selatan. Nama "Magellan" pada penguin ini sendiri diberikan karena salah satu habitat alaminya adalah pulau-pulau kecil di Selat Magellan, selat di ujung Amerika Selatan yang dulu pernah dilewati oleh penjelajah terkenal Ferdinand Magellan saat melakukan perjalanan mengelilingi dunia pada abad ke-16.

Secara fisik, penguin Magellan bisa dikenali dengan melihat paruhnya yang besar & adanya garis putih besar di bagian kepala serta lehernya serta garis hitam di bagian atas dadanya. Pola hidup dari penguin Magellan pada dasarnya sama dengan penguin-penguin lainnya. Mereka hidup mengelompok & jantan maupun betinanya sama-sama terlibat dalam kegiatan merawat telur serta anakan.

Belakangan, sebagai akibat dari tumpahan minyak, penangkapan ikan berlebihan, & perubahan iklim, populasi penguin Magellan mengalami penurunan. Dampaknya, penguin ini mulai dikategorikan sebagai hewan yang mendekati ancaman kepunahan (near threatened).

Kemunculan di Film

Saat Mumble melakukan perjalanan menuju pemukiman manusia & terdampar di pantai, orang yang menemukan Mumble membawanya ke kompleks aquarium. Mumble lalu ditempatkan dalam salah satu aquarium yang berisi penguin-penguin lainnya & menjadi tontonan orang-orang yang mengunjungi kompleks aquarium tersebut. Nah, penguin-penguin yang hidup satu kandang dengan Mumble tersebut adalah jenis penguin Magellan.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

Australian Antarctic Division - Rockhopper Penguins
ARkive - Emperor penguin videos, photos, and facts
Penguin of the World - Magellanic Penguin : Spheniscus magellanicus
PenguinWorld.com - Adelie Penguin : Pygoscelis adeliae
PenguinWorld.com - Rockhopper Penguin : Eudyptes chrysocome
Wikipedia - Adelie Penguin
Wikipedia - Emperor Penguin
Wikipedia - Happy Feet
Wikipedia - Happy Feet Two
Wikipedia - Magellanic Penguin
(Film) Miller, G.. 2006. "Happy Feet".
(Film) Miller, G.. 2011. "Happy Feet Two".

 




COBA JUGA HINGGAP KE SINI...



1 komentar:

  1. Baru tau penguin yang namanya Penguin Magellan..^v^..

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.