FAUNA       SEJARAH       HIBURAN    •     Cari Artikel →

Mamba Hitam, Si Gesit yang Mematikan




(Sumber)

Mamba hitam (black mamba; Dendroaspis polylepis) adalah spesies ular berbisa dengan penamaan yang sedikit membingungkan. Walaupun memiliki nama "mamba hitam", namun ular ini sebenarnya tidak berwarna hitam. Warna sisik mereka bervariasi mulai dari hijau kekuningan hingga kelabu di mana tubuh bagian bawahnya selalu berwarna lebih terang ketimbang tubuh bagian atasnya. Embel-embel "hitam" sendiri diberikan karena mulut bagian dalam dari ular ini yang memang berwarna hitam.

Mamba hitam terkenal bukan hanya karena racun & warna hitam di bagian dalam mulutnya. Ular ini juga terkenal sebagai ular tercepat di dunia. Mamba hitam memang diketahui bisa bergerak cepat di mana kecepatan maksimalnya bisa mencapai 20 km/jam - tercepat dibandingkan spesies ular darat lainnya. Dengan modal kemampuannya bergerak cepat tersebut, mamba hitam bisa mengejar mangsa & melarikan diri dari musuhnya. Kecepatan & kelincahannya pula yang membuat ular ini sulit dibunuh atau ditangkap oleh manusia.

Mamba hitam hanya ditemukan di Benua Afrika, tepatnya di Afrika bagian timur, tengah, & selatan. Dengan panjang tubuh maksimalnya yang bisa mencapai 4 m lebih, mamba hitam adalah ular berbisa terpanjang di Afrika. Habitat favorit dari mamba hitam mencakup padang rumput tinggi (sabana), hutan, tepi sungai, & bukit berbatu. Mamba hitam adalah memiliki perilaku diurnal alias melakukan sebagian besar aktivitasnya di siang hari. Saat matahari terbenam, mamba hitam akan beristirahat di tempat yang terlindung & agak tersembunyi, misalnya di bawah batang pohon & di dalam sarang rayap.



RACUN YANG DITAKUTI MANGSA & MUSUHNYA

Seekor mamba hitam yang sedang
membuka mulutnya. (Sumber)
Mamba hitam memiliki mangsa favorit yang bervariasi di mana mangsanya terdiri dari tikus, kelelawar, burung, tupai, & bahkan ular berbisa lainnya. Saat berburu, mamba hitam akan bergerak perlahan di atas tanah sambil mengangkat bagian depan tubuhnya. Ketika mamba hitam menemukan mangsanya, ia akan berhenti bergerak sebelum kemudian mematuk mangsanya secara mendadak untuk menyuntikkan racunnya. Mangsa berukuran kecil akan digigit & dililit hingga tak lagi bergerak, namun mangsa besar akan dibiarkan lepas usai digigit & baru dimakan setelah mangsanya lumpuh akibat efek racunnya.

Bicara soal racun, mamba hitam adalah salah satu ular paling berbisa di dunia. Jika ada orang yang tergigit mamba hitam & tidak segera mendapatkan pertolongan, maka orang tersebut bisa dipastikan akan meninggal dalam jangka waktu 3 jam atau bahkan kurang! Jika ada orang yang tergigit, maka orang tersebut akan menampakkan gejala-gejala seperti pusing, demam, kesulitan bernapas, & kehilangan kesadaran. Kematian biasanya muncul ketika racun mamba melumpuhkan otot-otot pernapasan.

Hal yang sedikit melegakan adalah di daerah asli ular ini, kematian akibat gigitan mamba hitam sudah semakin jarang karena semakin banyaknya obat penawar racun (antivenom) yang tersedia. Kendati demikian, pertolongan yang cepat & tepat juga sangat penting karena jika terlambat atau lengah, maka besar kemungkinan nyawa korban tidak bisa lagi diselamatkan. Masalah lainnya adalah tingginya harga dari obat penawar racun & tidak semua klinik memiliki stok obat penawar racun yang mencukupi.



MANDIRI SEJAK BARU MENETAS

Mamba hitam bersama
telur-telurnya. (Sumber)
Musim kawin dari mamba hitam terjadi pada awal musim semi waktu setempat. Mamba hitam yang tinggal di Afrika bagian selatan misalnya, memiliki musim kawin yang jatuh pada bulan September. Pejantan akan mencari betina dengan cara mendeteksi jejak hormon yang ditinggalkan ular betina. Begitu pejantan berhasil menemukan betina, keduanya lalu melakukan perkawinan. Betina kemudian mencari tempat yang cocok untuk bertelur & sekitar 2 bulan sesudah perkawinan, betina akan mengeluarkan telur-telurnya. Jumlah telur yang dikeluarkan betina bisa mencapai 17 butir.

Sesudah dikeluarkan, telur-telur tersebut harus dierami lagi selama 2 - 3 bulan. Selama mengerami telur-telurnya, mamba betina menjadi sangat protektif & akan menyerang makhluk apapun yang berani mendekati sarangnya. Begitu telur-telur tersebut menetas, bayi mamba yang baru menetas sudah harus hidup mandiri. Bahkan saat baru menetas pun, bayi mamba hitam sudah menghasilkan racun yang sama berbahayanya dengan racun dari mamba hitam dewasa. Seekor mamba hitam bisa hidup hingga usia 11 tahun, namun para ahli percaya bahwa usia maksimal dari mamba hitam jauh lebih panjang dari itu.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



KLASIFIKASI

Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Reptilia
Ordo : Squamata
Subordo : Serpentes
Famili : Elapidae
Genus : Dendroaspis
Spesies : Dendroaspis polylepis (Gunther, 1864)



REFERENSI

Animal Diversity Web - Dendroaspis polylepis : Information
Blue Planet Biomes - Black Mamba
National Geographic - Black Mamba
Wikipedia - Black mamba


            

COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

1 komentar:




Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi, silakan tinggalkan komentar anda mengenai artikel ini selama tidak mengandung unsur spam, provokasi SARA, & kata-kata kasar. Komentar yang baru dibuat tidak akan langsung muncul karena akan diperiksa terlebih dahulu.

Jika anda tertarik untuk mencetak / menyimpan artikel ini, silakan menuju "Pusat Logistik" yang terletak di bagian kanan halaman ini.

Baca aturan pakai. Jika kebingungan berlanjut, tinggalkan pesan di kotak komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.