FAUNA       SEJARAH       HIBURAN    •     Cari Artikel →

Nautilus, Si Perenang Bercangkang




(Sumber)

Nautilus adalah nama dari sejenis hewan laut yang jika dilihat bentuknya seperti campuran antara siput & cumi-cumi. Seperti siput, nautilus memiliki cangkang yang keras & berbentuk melingkar. Namun layaknya cumi-cumi, nautilus memiliki tentakel-tentakel kecil di kepalanya. Oleh para ahli sendiri, nautilus dianggap memiliki kekerabatan lebih dekat dengan keluarga cumi-cumi ketimbang kerang sehingga dalam tangga taksonomi, nautilus digolongkan ke dalam kelas Cephalopoda yang juga beranggotakan sotong & gurita.

Ada beberapa hewan yang dikategorikan sebagai nautilus & semuanya termasuk ke dalam famili Nautilidae. Artikel ini sendiri akan fokus membahas spesies nautilus berbilik (chambered nautilus; Nautilus pompilius), spesies nautilus terbesar yang bisa tumbuh hingga sepanjang 20 cm. Semua nautilus hanya bisa ditemukan di Samudera Hindia-Pasifik, tak terkecuali di perairan Indonesia. Habitat favorit mereka adalah daerah perairan dekat dasar laut & terumbu karang dengan kedalaman maksimal 500 m.

Selain kepalanya, seluruh bagian tubuh nautilus yang lunak tersembunyi di dalam cangkangnya yang keras. Jika merasa terancam bahaya, nautilus bisa menarik masuk kepalanya & menutup lubang cangkangnya dengan memakai semacam tudung di bagian atas kepalanya yang terbuat dari lapisan kulit yang keras. Bagian dalam cangkang nautilus terdiri dari sebuah bilik besar yang menjadi tempat terletaknya tubuh lunak nautilus & beberapa bilik kecil yang terisi oleh udara. Bilik-bilik kecil inilah yang menjadi penyebab kenapa nautilus bisa melayang di dalam air. Semakin tua usia nautilus, maka semakin banyak jumlah bilik kecilnya.

Cangkang nautilus yang
sudah dibedah. (Sumber)
Nautilus memiliki sepasang mata, namun matanya tidak berlensa sehingga tidak bisa digunakan untuk membedakan objek. Sebagai gantinya, nautilus mengandalkan indra peraba via tentakelnya & indra penciuman untuk mendeteksi kondisi sekitar. Nautilus adalah hewan karnivora yang makanannya terdiri dari ikan kecil, kepiting, udang, & bangkai hewan laut. Saat makan, nautilus akan memakai tentakelnya yang jumlahnya bisa mencapai 90 buah & tidak berpenghisap untuk menggenggam makanannya, lalu memakai mulutnya yang keras & berbentuk seperti paruh untuk mencabik makanannya tersebut sehingga bisa ditelan.

Perkawinan antar nautilus terjadi ketika pejantan memakai tentakelnya untuk memasukkan kantong sperma ke dalam tubuh betina. Kantong sperma tersebut lalu pecah & sperma di dalamnya mulai membuahi telur-telur dalam tubuh betina. Nautilus betina selanjutnya mengeluarkan telur-telur yang sudah dibuahi di mana masing-masing telur panjangnya mencapai 3,8 cm. Sesudah beberapa lama, telur tersebut menetas menjadi bayi nautilus yang diameter cangkangnya berukuran 2,5 cm. Bayi nautilus tersebut selanjutnya mulai mencari makan & terus tumbuh. Khusus pada spesies nautilus berbilik, kematangan seksual baru dicapai pada usia 15 - 20 tahun.

Cangkang dari nautilus yang berbentuk unik & bermotif indah pada gilirannya membuat banyak orang yang tertarik untuk menangkap nautilus & mengoleksi cangkangnya. Bagian dalam cangkang nautilus juga menghasilkan benda mirip mutiara yang dikenal sebagai "mutiara osmena". Namun, tingginya minat manusia akan cangkang nautilus juga mendatangkan kabar buruk. Aktivitas penangkapan yang berlebihan mengakibatkan populasi nautilus di alam liar semakin lama semakin menurun. Dengan harapan bisa tetap melakukan penangkapan nautilus tanpa membahayakan kelestariannya, para ilmuwan kini sedang melakukan penelitian untuk mengetahui populasi total nautilus di alam liar.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



KLASIFIKASI

Kingdom : Animalia
Filum : Mollusca
Kelas : Cephalopoda
Subkelas : Nautiloidea
Ordo : Nautilida
Superfamili : Nautilaceae
Famili : Nautilidae (Blainville, 1825)



REFERENSI

Animal Diversity Web - Nautilus pompilius : Information
Deep Sea Creatures on Sea and Sky - Chambered Nautilus
MarineBio.org - Chambered Nautilus, Nautilus pompilius
NYTimes.com - Loving the Chambered Nautilus to Death
Wikipedia - Nautilus


           

COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

4 komentar:

  1. seru banget gan ulasan-ulasannya

    BalasHapus
  2. wihhh keren banget ada perenang bercangkang

    BalasHapus
  3. ada nama lokal nya ngga ya? apakah nelayan2 juga menyebutnya nautilus?

    BalasHapus
  4. makasih gan, menarik banget ulasannya

    BalasHapus




Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi, silakan tinggalkan komentar anda mengenai artikel ini selama tidak mengandung unsur spam, provokasi SARA, & kata-kata kasar. Komentar yang baru dibuat tidak akan langsung muncul karena akan diperiksa terlebih dahulu.

Jika anda tertarik untuk mencetak / menyimpan artikel ini, silakan menuju "Pusat Logistik" yang terletak di bagian kanan halaman ini.

Baca aturan pakai. Jika kebingungan berlanjut, tinggalkan pesan di kotak komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.