FAUNA       SEJARAH       HIBURAN    •     Cari Artikel →

Wolverine, Hewan Rakus Tanpa Rasa Takut




(Sumber)

Wolverine. Mendengar nama itu, maka orang biasanya akan membayangkan tokoh fiktif dari serial komik & film X-Men yang memiliki penampilan khas berupa adanya cakar logam di kedua tangannya. Akibat pemikiran tersebut, maka orang pun menganggap bahwa yang namanya wolverine hanya ada di dunia fiksi & tidak benar-benar ada di dunia nyata. Anggapan yang salah karena sebenarnya di dunia nyata, memang ada makhluk yang bernama wolverine.

Makhluk yang disebut sebagai wolverine (Gulo gulo) aslinya adalah sejenis hewan karnivora yang masih memiliki kekerabatan dengan musang & linsang. Nama "wolverine" pada hewan ini kemungkinan berasal dari kata "wolver" yang jika diartikan kurang lebih berarti "makhluk yang berperilaku seperti serigala". Selain dengan nama wolverine, hewan ini juga dikenal dengan nama carcajou, beruang sigung, & glutton. Nama yang terakhir diberikan untuk menyebut perilaku makan dari wolverine yang terkesan rakus (glutton).

Wolverine mudah dikenali dengan melihat kepalanya yang bermoncong pendek, tubuhnya yang diselimuti bulu tebal berwarna coklat gelap, & kaki-kakinya yang pendek. Bukan tanpa alasan wolverine memiliki penampilan fisik demikian. Bulu yang tebal melindungi wolverine dari cuaca dingin habitatnya, sementara kaki yang pendek & kuat membuat wolverine bisa bergerak dengan lincah di atas timbunan salju. Kebetulan wolverine memang hanya ditemukan di Benua Amerika Utara, Skandinavia, & Asia bagian utara yang terkenal dengan iklimnya yang dingin.



NEKAT & TANPA RASA TAKUT

Wolverine yang sedang membuka
mulutnya. (Sumber)
Wolverine memiliki pola hidup menyendiri & bisa keluar beraktivitas baik pada siang maupun malam hari. Uniknya, saat hewan-hewan berhibernasi di musim dingin, wolverine justru memilih untuk tetap beraktivitas seperti biasa. Saat mencari makan, wolverine bisa menempuh jarak yang jauh di mana dalam sehari jarak yang ditempuh bisa mencapai belasan meter. Wolverine juga memiliki wilayahnya sendiri-sendiri & memakai bau dari kelenjar di duburnya untuk menandai batas wilayah. Jika ada wolverine lain dengan jenis seks yang sama menerobos wilayahnya, maka wolverine sang pemilik wilayah akan menyerang & mengusirnya.

Sebagai hewan karnivora, wolverine pada dasarnya bisa memakan apapun yang mengandung daging. Entah itu telur hewan, kelinci, lemming, rubah, rusa kutub, & bahkan hewan predator lain yang berukuran lebih kecil semisal lynx. Wolverine bisa bergerak melompat-lompat hingga mencapai kecepatan 48 km/jam saat mengejar mangsanya. Untuk melumpuhkan mangsa yang berukuran besar, wolverine akan menggigit leher bagian depan & merusak otot leher serta batang tenggorokan mangsanya. Selain berburu hewan yang masih hidup, wolverine juga mau memakan bangkai hewan-hewan laut berukuran besar seperti bangkai paus & anjing laut.

Wolverine juga dikenal oleh penduduk setempat akan kegigihan & keganasannya saat mencari makan. Selain sanggup melumpuhkan mangsa yang berukuran lebih besar semisal rusa kutub, wolverine juga berani menantang hewan-hewan predator lain seperti beruang yang berukuran besar & gerombolan serigala untuk merampas makanan yang sudah didapat oleh hewan-hewan tadi. Tidak jarang wolverine harus mati saat berebut makanan dengan hewan-hewan predator tersebut. Menurut pendapat ahli, tindakan wolverine menantang hewan predator lainnya adalah bentuk adaptasi bila makanan sedang sulit didapat dengan cara biasa.



BISA "MENUNDA" KEHAMILANNYA

Bayi wolverine. (Sumber)
Musim kawin dari wolverine berlangsung antara bulan April hingga Agustus, dengan puncaknya antara akhir bulan Mei hingga Juni. Saat musim kawin tiba, wolverine jantan akan mencari wolverine betina yang berada di wilayah kekuasaannya & kawin dengannya. Karena bisa jadi wolverine betina yang berada di wilayah pejantan tidak hanya seekor, maka bukan hal yang aneh jika pejantan kawin dengan beberapa ekor betina sekaligus selama musim kawin masih berlangsung. Sesudah kawin, pejantan akan tetap berada di dekat betina yang sudah dikawininya untuk beberapa hari, namun tidak akan menemani betina saat melahirkan.

Hal yang menarik adalah sesudah kawin, sel telur yang sudah dibuahi (zigot) tidak akan langsung menempel ke dinding rahim & baru menempel beberapa bulan kemudian sebelum nantinya berkembang menjadi embrio bayi wolverine. Ada pendapat yang mengatakan bahwa fenomena tertundanya penempelan zigot ke dinding rahim berguna agar anak wolverine bisa lahir tepat saat kondisi makanan di lingkungannya sudah melimpah. Total, waktu sejak sel telur pertama kali dibuahi hingga menjadi bayi wolverine yang siap lahir adalah antara 17 - 38 minggu - tergantung dari seberapa lama penundaan penempelan zigot ke dinding rahim.

Saat hendak melahirkan, wolverine betina akan membuat liang di tanah bersalju sebagai tempat mengeluarkan anaknya. Jumlah bayi yang bisa dikeluarkan sekali melahirkan bisa mencapai 3 ekor. Bayi wolverine akan menyusu pada induknya selama 3 bulan & tetap hidup bersama induknya hingga usia 1 tahun. Seekor wolverine diketahui mencapai kematangan seksual pada usia 3 tahun & bisa hidup hingga usia 18 tahun. Panjang maksimal dari wolverine adalah 95 cm di mana pejantan sedikit lebih berat ketimbang betina. Jika pejantan bisa berbobot maksimal 15 kg, maka betina hanya memiliki bobot maksimal 10 kg.



WOLVERINE & MANUSIA

Tokoh komik Wolverine yang
terinspirasi dari hewan yang
bernama sama. (Sumber)
Wolverine tidak memiliki musuh alami di alam liar, walaupun hewan-hewan pesaingnya semisal serigala bisa dikategorikan sebagai pemangsa jika wolverine sedang sial & harus tewas saat bersaing dengan mereka. Wolverine yang masih muda & berukuran lebih kecil di sisi lain rentan dimangsa oleh serigala, singa gunung, beruang coklat, & elang emas. Penduduk setempat juga memburu wolverine untuk mengambil bulunya yang hangat & berharga mahal. Selain karena bulunya, manusia juga membunuh wolverine karena seringnya wolverine menyerang hewan ternak setempat.

Karena alasan-alasan di atas, wolverine nyaris tidak bisa lagi ditemukan di wilayah yang dihuni manusia & hanya bisa ditemukan di kawasan terpencil. Dikhawatirkan bila pemukiman manusia semakin berkembang, maka wolverine akan semakin terisolasi sehingga nantinya mereka benar-benar punah. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, beberapa upaya seperti penyuluhan, penetapan habitat yang dilindungi, pembatasan aktivitas berburu, & pemberian hadiah bagi yang menemukan bayi wolverine sudah dikeluarkan oleh pemerintah setempat. Wolverine juga sudah bisa dikembang biakkan dalam penangkaran walaupun dengan tingkat kesuksesan yang rendah.

Bicara soal wolverine, kurang lengkap rasanya kalau kita tidak membicarakan karakter Wolverine dari komik X-Men terbitan Marvel Comics. Karena bisa dibilang, tokoh komik yang juga juga muncul dalam film & game itulah yang membuat nama wolverine bisa populer di seluruh dunia. Menurut kisah yang ditampilkan komiknya, Wolverine adalah manusia mutan kelahiran Kanada dengan identitas asli Logan / James Howlett & memiliki kepribadian yang egois serta emosional. Jika dibandingkan dengan hewan wolverine yang hanya ditemukan di belahan bumi utara & memiliki perilaku buas serta hidup menyendiri, rasanya bisa ditebak kenapa nama hewan tersebut yang dijadikan sumber inspirasi untuk karakter Wolverine.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



KLASIFIKASI

Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Mammalia
Ordo : Carnivora
Famili : Mustelidae
Genus : Gulo
Spesies : Gulo gulo (Linnaeus, 1758)



REFERENSI

Animal Diversity Web - Gulo gulo : Information
ARkive - Wolverine videos, photos, and facts
Comic Vine - Wolverine (comic book character)
Fire Effect Information System - Gulo gulo
Online Etymology Dictionary - Wolverine
Wikipedia - Wolverine


           

COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

3 komentar:

  1. saya adl salah satu dr ribuan pembaca setia blog ini. kalo blh memberikan saran agan menambahkan artikel2 pada blog ini di akun mywapblog, krn disana bnyk blogger pemula yg pastinya akan antusias membaca, dan kemudaham dlm berinteraksi dng pengunjung. Saran dr saya bila dirasa tdk perlu, agan silahkan dihiraukan. Dan saya jg minta maaf krn dng sengaja mengkopi beberapa artikel di tmpt ini, bila agan ingin saya menghapus segera akan dilakukan..tks

    BalasHapus
  2. waww... luar biasa sekali mereka yaa,, ^_^

    BalasHapus
  3. Terima Kasih atas Info yang Anda Berikan

    BalasHapus




Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi, silakan tinggalkan komentar anda mengenai artikel ini selama tidak mengandung unsur spam, provokasi SARA, & kata-kata kasar. Komentar yang baru dibuat tidak akan langsung muncul karena akan diperiksa terlebih dahulu.

Jika anda tertarik untuk mencetak / menyimpan artikel ini, silakan menuju "Pusat Logistik" yang terletak di bagian kanan halaman ini.

Baca aturan pakai. Jika kebingungan berlanjut, tinggalkan pesan di kotak komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.