FAUNA       SEJARAH       HIBURAN    •     Cari Artikel →

Kepik Aligator, Serangga Misterius Berkepala Reptil




(Sumber)

Kepik aligator (alligator bug; Fulgora laternaria) adalah nama dari serangga yang mendapatkan nama demikian karena bentuk kepalanya mirip dengan bentuk kepala aligator atau buaya. Selain dengan nama kepik aligator, serangga berukuran 8 cm ini juga dikenal dengan nama kepik kepala kacang, serangga machaca, & lalat lentera. Kepik aligator bisa ditemukan di seluruh hutan tropis Amerika Tengah & Selatan. Walaupun bentuk kepalanya terkesan aneh & menakutkan, kepik aligator bukanlah serangga yang berbahaya & hanya hidup dari menghisap sari-sari tanaman.

Bagian menyerupai kepala aligator dari serangga yang bersangkutan sebenarnya merupakan tonjolan dari bagian depan kepala yang bentuk & warnanya menyerupai kepala aligator asli. Fungsi dari tonjolan kepala tersebut adalah untuk menakut-nakuti hewan pemangsa serangga sehingga hewan tersebut diharapkan tidak mau menyerang kepik aligator. Di bagian belakang tonjolan kepala tersebut, terdapat kepala kepik aligator yang sebenarnya. Lengkap dengan mata & mulut yang menyerupai jarum untuk menghisap cairan tanaman.

Kepik aligator dengan sayap
yang terentang. (Sumber)
Metode pertahanan yang dimiliki oleh kepik aligator tidak sampai di situ. Kepik aligator juga memiliki warna tubuh yang menyerupai warna tanaman sehingga serangga yang bersangkutan menjadi sulit ditemukan saat sedang diam di atas batang tanaman. Kalaupun penyamarannya berhasil dibongkar & musuh dari kepik aligator tidak merasa gentar dengan bentuk kepalanya, kepik aligator akan merentangkan 2 pasang sayapnya untuk memperlihatkan pola mata raksasa yang ada di sayap belakangnya. Namun jika semua teknik pertahanan tadi masih belum cukup, kepik aligator juga bisa menyemprotkan cairan berbau busuk.

Dalam tangga klasifikasi ilmiah, kepik aligator termasuk dalam famili Fulgoridae. Semua serangga yang termasuk dalam famili ini mengalami metamorfosis tidak sempurna, hidup dari menghisap cairan tanaman, & memiliki ciri khas berupa adanya tonjolan berbentuk aneh di bagian depan kepalanya. Kalau untuk kasus kepik aligator, tonjolan di bagian depan kepalanya memiliki bentuk menyerupai kepala hewan reptil aligator atau buaya. Spesies anggota Fulgoridae lain semisal Pyrops candelaria memiliki tonjolan kepala yang bentuknya menyerupai tanduk panjang.

Sebagai akibat dari bentuk kepalanya yang tidak biasa, manusia pun memiliki cerita menakutkan tersendiri soal kepik aligator. Menurut cerita yang dipercaya oleh penduduk asli Amerika Latin, jika ada perempuan yang disengat oleh kepik aligator, maka perempuan tersebut harus berhubungan badan dengan kekasihnya dalam waktu kurang dari 24 jam atau dia akan meninggal. Cerita yang tidak ada dasar ilmiahnya karena kepik aligator bukanlah hewan yang bisa membahayakan manusia. Selebihnya, masih belum banyak yang diketahui soal kepik aligator, termasuk soal perilaku berkembang biaknya.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



KLASIFIKASI

Kingdom :  Animalia
Filum : Arthropoda
Kelas : Insecta
Ordo : Hemiptera
Famili : Fulgoridae
Genus : Fulgora
Spesies : Fulgora laternaria



REFERENSI

Heathwood Hall Episcopal School - Lantern Bug
Virtual Rainforest by Gerald R. Urquhart - Peanut-head Bug....
Wikipedia - Fulgoridae
Henderson, C. L.. 2002. "Butterflies, Moths, and Other Invertebrates of Costa Rica". University of Texas Press, AS.


     

COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

3 komentar:

  1. Kepala gede tapi mulut kecil..

    Pencetus mitosnya mungkin kurang diberi "nafkah", hahaha.

    BalasHapus




Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi, silakan tinggalkan komentar anda mengenai artikel ini selama tidak mengandung unsur spam, provokasi SARA, & kata-kata kasar. Komentar yang baru dibuat tidak akan langsung muncul karena akan diperiksa terlebih dahulu.

Jika anda tertarik untuk mencetak / menyimpan artikel ini, silakan menuju "Pusat Logistik" yang terletak di bagian kanan halaman ini.

Baca aturan pakai. Jika kebingungan berlanjut, tinggalkan pesan di kotak komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.