Shuma-Gorath, Tokoh Komik yang Dipopulerkan Video Game



Shuma-Gorath.

Marvel adalah nama dari sebuah perusahaan komik yang berbasis di AS & merupakan salah satu produsen komik terbesar di dunia yang hasil-hasil karyanya sudah menjangkau media hiburan yang lain seperti film, video game, & serial kartun. Sebagai akibat dari begitu banyaknya judul komik yang sudah diproduksi oleh Marvel, sudah barang tentu ada banyak tokoh penjahat super (supervillain) yang menjadi bagian dari jagad komik Marvel. Salah satu contoh karakter penjahat super yang termasuk dalam jagad Marvel adalah karakter iblis berwujud aneh yang bernama Shuma-Gorath.

Shuma-Gorath adalah nama dari karakter iblis fiktif yang memiliki penampilan menyerupai bintang ular raksasa berlengan 6 & bermata 1. Nama "Shuma-Gorath" pertama kali disinggung dalam cerita pendek buatan Robert E. Howard yang dirilis pada tahun 1967. Namun karakter yang bersangkutan baru ditampilkan secara penuh dalam komik terbitan Marvel yang dirilis pada tahun 1973.

Dalam cerita komiknya, Shuma-Gorath ditampilkan sebagai musuh bebuyutan dari penyihir Dr. Strange. Memasuki pertengahan dekade 90-an, Shuma-Gorath mulai merambah keluar media cetak setelah ia ditampilkan dalam game arcade bergenre pertarungan "Marvel Super Heroes" yang dibuat oleh Capcom.

Shuma-Gorath adalah contoh anomali dalam dunia komik karena ia bisa seterkenal sekarang justru bukan karena kemunculannya di media komik. Sebelum muncul dalam game-game pertarungan buatan Capcom, Shuma-Gorath termasuk karakter yang asing - bahkan untuk fans komik sendiri - sebagai akibat dari minimnya jumlah judul komik yang menampilkan dirinya & statusnya sebagai musuh utama Dr. Strange, karakter pahlawan super yang juga tidak begitu populer.

Namun semuanya berubah ketika perusahaan video game Capcom yang berbasis di Jepang menyertakan Shuma-Gorath dalam game-game bergenre pertarungan yang mereka buat. Popularitas dari game-game yang dibuat Capcom pada gilirannya turut berdampak pula pada melambungnya popularitas Shuma-Gorath.


Sampul dari komik Marvel Premiere no. 10, komik di mana Shuma-Gorath untuk pertama kalinya muncul. (coverbrowser.com)


SEJARAH

Shuma-Gorath pertama kali muncul dalam cerita pendek (cerpen) buatan Robert E. Howard yang berjudul "Curse of Golden Skull". Walaupun cerpen tersebut baru dirilis pada tahun 1967, cerpen tersebut sudah ditulis oleh Howard sejak beberapa tahun sebelumnya karena Howard meninggal pada tahun 1936. Saat masih hidup, Howard memang menulis banyak naskah cerpen yang tidak sempat dirilis atau diselesaikan karena ia harus sering-sering menemani ibunya yang sakit keras.

Cerpen "Curse of Golden Skull" alur ceritanya masih memiliki kaitan dengan dunia yang ditempati oleh Conan the Barbarian, karakter ksatria yang juga merupakan hasil ciptaan Robert E. Howard. Dalam cerpen tersebut, seorang penyihir asal Lemuria yang bernama Rotath bersumpah sambil menyebut nama Shuma-Gorath. Namun sosok Shuma-Gorath sendiri tidak benar-benar muncul dalam cerpen yang bersangkutan.

Karakter Shuma-Gorath diduga kuat terinspirasi dari makhluk-makhluk ciptaan H.P. Lovecraft. Sedikit informasi, Howard Phillips Lovecraft adalah penulis kelahiran AS yang hidup pada tahun 1890 hingga 1937. Di masa kini, Lovecraft dikenang sebagai salah satu penulis paling berpengaruh untuk genre horor & fiksi ilmiah. Robert E. Howard sendiri diketahui memang bersahabat dengan Lovecraft & amat mengagumi karya-karyanya.

Mengenai Shuma-Gorath sendiri, nama "Shuma-Gorath" nampaknya terinspirasi dari monster ciptaan Lovecraft yang bernama "Shub-Niggurath". Kemudian dalam ceritanya, Shuma-Gorath digambarkan sebagai makhluk menyerupai gurita raksasa yang pernah disembah oleh manusia di masa lampau. Mirip-mirip dengan cerpen "The Call of Cthulhu" karangan Lovecraft, di mana Cthulhu digambarkan sebagai makhluk menyerupai monster gurita yang disembah oleh sekte agama misterius.

Shub-Niggurath. (BenduKiwi / wikipedia.org)

Kembali ke soal kemunculan Shuma-Gorath di media. Lima tahun sesudah kemunculan perdananya, sosok Shuma-Gorath untuk pertama kalinya ditampilkan di media komik. Tepatnya dalam komik berjudul Marvel Premiere no. 3 yang dirilis pada bulan Juli 1972 oleh perusahaan komik Marvel. Namun dalam penampilan perdananya di komik, sosok Shuma-Gorath juga masih belum diperlihatkan & hanya sebatas disinggung dalam tulisan.

Penampakan visual dari Shuma-Gorath baru benar-benar muncul pada komik Marvel Premiere no. 10 yang dirilis pada bulan September 1973. Dalam komik tersebut, Shuma-Gorath diperlihatkan memiliki penampilan menyerupai gurita atau bintang ular raksasa dengan sebuah mata raksasa & beberapa lengan atau tentakel panjang.

Sejak kemunculan perdananya di media komik, Shuma-Gorath pun ditampilkan kembali di cerita-cerita komik berikutnya dengan ide cerita yang bervariasi. Semua komik yang menampilkan Shuma-Gorath selalu menempatkan sosok yang bersangkutan sebagai tokoh antagonis yang terobsesi menguasai atau menghancurkan bumi. Obsesi yang lantas membuat Shuma-Gorath ditampilkan kerap terlibat konflik dengan karakter-karakter pahlawan super (superhero) seperti Dr. Strange, Conan, & Fantastic Four.

Shuma-Gorath termasuk sebagai karakter antagonis yang kurang populer jika dibandingkan dengan karakter-karakter antagonis milik Marvel lainnya semisal Dr. Doom, Venom, atau Magneto. Kendati demikian, perusahaan video game Capcom yang sedang bekerja sama dengan Marvel tetap menaruh ketertarikan pada karakter Shuma-Gorath & kemudian menyertakannya dalam game arcade bergenre pertarungan "Marvel Super Heroes" yang dirilis pada tahun 1995.

Shuma-Gorath (kiri) dalam game "Marvel vs. Capcom 3". (videogamesblogger.com)

Keputusan tersebut berdampak positif terhadap popularitas Shuma-Gorath karena sejak itu, semakin banyak orang awam yang mengenal karakter yang bersangkutan. Hingga tahun 2013, total sudah ada 5 judul video game yang menampilkan Shuma-Gorath & semuanya merupakan hasil produksi Capcom. Judul game terakhir yang menampilkan Shuma-Gorath adalah "Ultimate Marvel vs. Capcom 3" (UMvC 3) yang dirilis untuk konsol Play Station 3 & X-Box 360.

Hal yang menarik adalah, Marvel awalnya meminta supaya Shuma-Gorath tidak usah disertakan dalam game "Marvel vs. Capcom 3" (MvC 3), game pendahulu UMvC 3. Namun Capcom bersikeras supaya Marvel mengizinkan Shuma-Gorath muncul kembali dalam game karena Shuma-Gorath merupakan salah satu karakter favorit Capcom. Akhirnya dipilihlah jalan tengah : Shuma-Gorath boleh muncul dalam game MvC 3 & sekuel ekspansinya, namun sebagai karakter eksklusif yang harus dibeli terlebih dahulu sebelum bisa dimaninkan.



ALUR CERITA (KOMIK)

Shuma-Gorath adalah iblis raksasa maha kuat yang berasal dari dimensi lain. Ia pertama kali datang ke dimensi bumi pada zaman dinosaurus, alias sekitar ratusan juta tahun silam. Saat sedang berada di bumi, Shuma-Gorath menciptakan makhluk baru yang bernama Quoggoth sebagai bawahannya.

Quoggoth memiliki penampilan mirip Shuma-Gorath, namun ia memiliki jumlah mata yang lebih banyak. Belakangan, Quoggoth memberontak karena ia tidak ingin berada di bawah bayang-bayang Shuma-Gorath, namun Shuma-Gorath berhasil mengalahkan Quoggoth & mengurungnya di sebuah kompleks makam.

Shuma-Gorath (kanan) saat bertarung melawan Quoggoth. (comicvine.com)

Sesudah berhasil menyingkirkan makhluk ciptaannya sendiri yang berkhianat, Shuma-Gorath tetap mendiami bumi & hidup dengan memakan makhluk-makhluk purba. Namun sepak terjangnya di bumi harus terhenti setelah penyihir dari masa depan yang bernama Sise-Neg berhasil mengalahkan Shuma-Gorath & mengirim sang iblis ke dimensi asalnya.

Jutaan tahun kemudian atau tepatnya 1.000 tahun sebelum Atlantis tenggelam, Shuma-Gorath berhasil kembali ke bumi & menetap di sebuah gunung yang berlokasi di Cimmeria. Di tempat menetapnya yang baru itu pula, Shuma-Gorath disembah oleh penduduk setempat yang melakukan ritual pengorbanan manusia kepada Shuma-Gorath.

Shuma-Gorath sempat diduga tewas setelah seorang ksatria petualang yang bernama Conan the Barbarian (Conan si Orang Barbar) menghancurkan buku mantera pemberian Dewa Crom, dewa yang bermusuhan dengan Shuma-Gorath. Belakangan diketahui kalau Shuma-Gorath sebenarnya masih hidup & hanya sebatas terbuang kembali ke dimensi asalnya.

Ribuan tahun berlalu, Shuma-Gorath mencoba kembali ke dimensi bumi dengan merasuki pikiran Ancient One, guru spiritual dari Dr. Strange. Untuk mencegah Shuma-Gorath benar-benar sampai ke bumi, Dr. Strange terpaksa membunuh Ancient One sehingga Shuma-Gorath kehilangan sarana yang bisa digunakannya untuk masuk ke dimensi bumi.

Shuma-Gorath saat berhadapan dengan Dr. Strange.

Waktu berlalu. Peluang bagi Shuma-Gorath untuk masuk ke bumi akhirnya terbuka kembali setelah Dr. Strange menghancurkan benda-benda sihir miliknya saat sedang menyelamatkan temannya dari ancaman penyihir jahat Urthonna. Hancurnya benda-benda sihir tersebut membuat segel yang selama ini merintangi dimensi Shuma-Gorath dengan dimensi bumi runtuh.

Untuk mengatasinya, Dr. Strange lantas pergi ke dimensi asal Shuma-Gorath untuk menundukkan sang iblis. Dr. Strange pada akhirnya memang berhasil mengalahkan Shuma-Gorath, namun sang iblis sendiri tidak benar-benar hancur sehingga ia tetap menjadi ancaman bagi bumi di masa-masa yang akan datang.



KARAKTERISTIK

Shuma-Gorath memiliki penampilan menyerupai gurita atau bintang ular raksasa berkulit hijau dengan beberapa lengan panjang & sebuah mata raksasa di bagian tengah tubuhnya. Jumlah lengan atau tentakel yang dimiliki Shuma-Gorath bervariasi karena itu bergantung pada wujud yang sedang ia ambil.

Dalam sebagian besar kemunculannya, Shuma-Gorath lebih sering diperlihatkan sebagai makhluk yang memiliki 6 lengan panjang dengan ruas-ruas di bagian bawahnya. Saat masih diperlakukan layaknya dewa oleh penduduk Cimmeria di masa ribuan tahun sebelum Masehi, Shuma-Gorath juga memiliki anggota tubuh tambahan berupa kaki, capit, & mulut yang dipenuhi taring.

Wujud lain dari Shuma-Gorath. (marvunapp.com)

Shuma-Gorath dianggap sebagai salah satu iblis paling kuat yang pernah ada (dalam jagad dunia komik Marvel tentunya). Beberapa contoh kemampuannya yang diketahui adalah terbang, pengendalian pikiran, telepati, teleportasi antar dimensi, menciptakan makhluk hidup, mengubah bentuk serta ukurannya sendiri, & melakukan sihir tenung (voodoo) yang efeknya bisa menjangkau seluruh makhluk hidup yang mendiami suatu planet.

Shuma-Gorath memilki kulit yang tahan terhadap serangan fisik & sihir. Mata & ujung tentakelnya bisa digunakan untuk menembakkan energi sihir. Shuma-Gorath tidak bisa dibunuh ataupun dihancurkan secara permanen. Untuk mengakalinya, musuh-musuh dari Shuma-Gorath biasanya mengalahkan sang iblis bermata 1 dengan cara membuangnya ke suatu dimensi & membangun pembatas antar dimensi supaya Shuma-Gorath tidak bisa lagi mengancam dimensi yang lain.

Shuma-Gorath juga bisa dilumpuhkan dengan cara membangun semacam penghalang ajaib di sekelilingnya. Dan bicara soal dimensi, Shuma-Gorath disebut-sebut menguasai ratusan dimensi di luar dimensi bumi & memiliki kekuatan yang nyaris tak terbatas saat sedang berada di dimensi asalnya.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

Comic Vine. "Quoggoth (Character)".
(www.comicvine.com/quoggoth/4005-19150/)

Comic Vine. "Shuma-Gorath (Character)".
(www.comicvine.com/shuma-gorath/4005-14000/)

Strategy Informer. 2011. "Marvel vs Capcom 3: Fate of Two Worlds Interview (Xbox360)".
(www.strategyinformer.com/xbox360/marvelvscapcom3fateoftwoworlds/254/interview.html)

The Squid. 2004. "Shuma-Gorath".
(www.marvunapp.com/Appendix2/shumagorath.htm)

Wikipedia. "Robert E. Howard".
(en.wikipedia.org/w/index.php?title=Robert_E._Howard&oldid=997375689)

Wikipedia. "H. P. Lovecraft".
(en.wikipedia.org/w/index.php?title=H._P._Lovecraft&oldid=997936242)
    





COBA JUGA HINGGAP KE SINI...



2 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.