FAUNA       SEJARAH       HIBURAN    •     Cari Artikel →

Makna Bendera Negara-Negara Pecahan Yugoslavia




Peta dari Yugoslavia & negara-negara bagian penyusunnya.

Yugoslavia adalah negara yang dulu pernah berdiri di Eropa Tenggara. Awalnya dikenal berkat keberagaman penduduk & netralitasnya di dunia internasional, negara tersebut di akhir hayatnya lebih dikenal dengan perang yang diwarnai aksi saling bantai antar etnis. Dulu pihak Republik pernah membahas soal Yugoslavia dari awal berdiri hingga keruntuhannya. Silakan menengok kembali artikelnya di sini jika ada pengunjung yang penasaran dengan sejarah mantan negara terbesar di Semenanjung Balkan tersebut.

Ada 6 negara yang dulunya berstatus sebagai bagian dari Yugoslavia. Keenam negara tersebut adalah Bosnia-Herzegovina, Kroasia, Serbia, Slovenia, Makedonia, & Montenegro. Selain keenam negara tadi, ada pula Kosovo yang status internasionalnya masih diperdebatkan hingga sekarang. Dan sesuai dengan judulnya, dalam kesempatan kali ini pihak Republik akan membahas makna bendera dari negara-negara yang bersangkutan.



BOSNIA-HERZEGOVINA

Negara pecahan Yugoslavia yang terkenal karena menjadi lokasi pembantaian Srebrenica, salah satu aksi kejahatan kemanusiaan terbesar di Eropa semenjak berakhirnya Perang Dunia II. Ada banyak etnis yang menghuni Bosnia, namun dari sekian banyak etnis tersebut, etnis dengan populasi terbesar berturut-turut adalah etnis Muslim Bosnia (Bosniak), Serb, & Kroat. Supaya bendera nasionalnya bisa diterima oleh semua golongan etnis di Bosnia, PBB pun sampai harus turun tangan untuk membuatkan desain bendera Bosnia.

Bendera nasional Bosnia memiliki warna biru dengan segitiga kuning siku-siku & beberapa bintang berwarna putih di sisi kiri segitiganya. Warna biru & deretan bintang menyimbolkan Eropa, sementara warna kuning berarti harapan. Motif segitiga menyimbolkan 3 etnis utama di Bosnia. Bintang di sisi atas & bawah bendera ditampilkan secara tidak utuh untuk menggambarkan kalau bintang dalam deretan memiliki jumlah yang tidak terbatas - penyimbolan dari sesuatu yang berjalan secara terus-menerus.

Selain bendera 3 warna di atas, negara Bosnia di era Perang Yugoslavia juga memiliki bendera dengan warna dasar putih & simbol berbentuk tameng di bagian tengahnya (lihat gambar). Simbol dari raja-raja Bosnia sebelum ditaklukkan oleh Kesultanan Ottoman. Karena bendera tersebut dianggap terlalu berbau Bosniak, bendera tersebut tidak lagi digunakan sebagai bendera resmi sejak tahun 1995. Namun bendera yang bersangkutan masih kerap dikibarkan oleh orang-orang Bosnia dalam beberapa kesempatan, misalnya dalam pertandingan sepak bola yang menampilkan tim nasional Bosnia.



KROASIA

Negara pecahan Yugoslavia dengan garis pantai terpanjang. Bendera Kroasia memiliki warna latar belakang merah-putih-biru dengan simbol tameng bermotif papan catur merah-putih di bagian tengahnya. Warna merah-putih-biru menyimbolkan kerajaan-kerajaan yang pernah berkuasa di wilayah Kroasia, yaitu Kerajaan Kroasia (merah-putih), Kerajaan Slavonia (putih-biru), & Kerajaan Dalmatia (merah-biru).

Di bagian atas simbol "tameng papan catur" bendera Kroasia, terdapat 5 simbol segi lima dengan gambar bagian dalam yang berbeda-beda. Kelima simbol segi lima tersebut menyimbolkan lambang dari negara- negara yang dulu pernah berkuasa di wilayah Kroasia pada masa lalu. Berturut-turut dari kiri ke kanan adalah lambang kuno negara Kroasia, Republik Ragusa, Dalmatia, Istria, & Kerajaan Slavonia. Simbol tameng papan catur beserta 5 perisai kecil tersebut juga digunakan sebagai lambang resmi negara Kroasia.



SERBIA

Negara pecahan Yugoslavia dengan wilayah terluas. Serbia memiliki bendera dengan warna latar belakang merah-biru-putih & lambang perisai bermahkota serta bergambar elang berkepala 2 di bagain kirinya. Warna merah-biru-putih merupakan varian dari bendera Kekaisaran Rusia, negara yang memiliki kedekatan sosial budaya dengan Serbia. Gambar elang berkepala 2 terinspirasi dari lambang Kekaisaran Byzantium yang memiliki kesamaan agama mayoritas dengan rakyat Serbia : Kristen Ortodoks. Mahkota menyimbolkan tahta raja-raja Serbia saat negara tersebut masih berbentuk kerajaan.



SLOVENIA

Negara pecahan Yugoslavia yang terletak paling utara. Bendera Slovenia memiliki warna latar belakang putih-biru-merah dengan simbol tameng kecil bergambar pegunungan, bintang, & garis bergelombang di bagian kiri atas bendera. Warna latar belakang bendera Slovenia pertama kali muncul saat wilayah tersebut masih diperintah oleh Kekaisaran Romawi Suci sejak abad ke-14. Warna biru & putih berasal dari lambang dinasti bangsawan Andechs yang menampilkan perisai biru bergambar elang putih, sementara warna merah berasal dari lambang dinasti Sponheim yang menampilkan perisai bermotif papan catur merah-putih.

Simbol tameng kecil yang bergambar pegunungan, bintang, & air mengalir diambil dari lambang negara Slovenia. Pegunungan menyimbolkan Gunung Triglav, gunung tertinggi di Slovenia. Bintang berjumlah 3 buah diambil dari lambang dinasti bangsawan Celje. Garis bergelombang menyimbolkan Laut Adriatik yang berbatasan langsung dengan Slovenia di sebelah barat daya.



MAKEDONIA

Negara pecahan Yugoslavia yang berlokasi paling selatan. Bendera Makedonia menampilkan warna merah dengan lingkaran kecil & 8 garis kuning. Lingkaran & garis kuning itu sendiri menyimbolkan Matahari Vergina, salah satu lambang yang pernah digunakan oleh Kerajaan Makedonia Kuno yang pernah berdiri beberapa abad sebelum Masehi. Warna merah diambil dari warna lambang kerajaan-kerajaan yang dulu pernah berkuasa di Makedonia.

Bendera Makedonia seperti yang kita kenal sekarang baru digunakan secara resmi sejak tahun 1995. Sebelum itu, Makedonia mengibarkan bendera berwarna merah dengan simbol Matahari Vergina berwarna kuning di tengah-tengahnya (lihat gambar). Namun akibat adanya penolakan dari Yunani - negara tetangga Makedonia di sebelah selatan - yang mengklaim Matahari Vergina sebagai bagian dari budayanya, akhirnya desain bendera Makedonia diganti menjadi seperti sekarang.



MONTENEGRO

Negara pecahan Yugoslavia dengan garis pantai terpanjang kedua sesudah Kroasia. Montenegro memiliki bendera berwarna merah dengan batas luar berwana emas & simbol elang berkepala 2 di tengah-tengah bendera. Desain bendera itu sendiri diambil dari desain salah satu bendera Kerajaan Montenegro pada akhir abad ke-19. Seperti halnya bendera & lambang negara Serbia, simbol elang berkepala 2 dalam bendera Montenegro juga terinspirasi dari lambang Kekaisaran Byzantium.



KOSOVO

Negara pecahan Yugoslavia dengan status internasional paling kontroversial hingga sekarang. Bendera resmi Kosovo memiliki warna dasar biru dengan peta Kosovo berwarna emas di bagian tengah & 6 bintang putih di bagian atasnya. Seperti halnya bendera Bosnia, bendera Kosovo juga didesain oleh PBB. Warna biru diambil dari warna bendera PBB. 6 bintang putih menyimbolkan 6 etnis terbesar yang menghuni Kosovo : Albania, Serb, Turk, Gorani, Romani, & Bosniak.

Sebelum mendeklarasikan kemerdekaannya secara sepihak pada tahun 2008, etnis Albania selaku etnis mayoritas di Kosovo menggunakan bendera nasional Albania yang berwarna merah dengan gambar elang hitam berkepala 2 sebagai bendera tidak resmi dari Kosovo (lihat gambar). Desain bendera yang dibuat berdasarkan lambang Skanderbeg, penguasa Albania yang sukses menahan laju invasi Ottoman pada abad ke-15. Di masa kini, komunitas Albania di Kosovo kerap mengibarkan bendera Kosovo & Albania secara berdampingan.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

CRW Flags Inc - Bosnia and Herzegovina
CRW Flags Inc - Croatia : Coat of Arms
Flags Of The World - Montenegro
Flags Of The World - Serbia
Flags Of The World - Slovenia
Visit Montenegro - Montenegro Coat of Arms
Wikipedia - Duchy of Carniola
Wikipedia - Flag of Kosovo
- . 2008. "Albania, flag of". Encyclopaedia Britannica, Chicago.
- . 2008. "Bosnia and Herzegovina, flag of". Encyclopaedia Britannica, Chicago.
- . 2008. "Macedonia, flag of". Encyclopaedia Britannica, Chicago.


     

COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

4 komentar:

  1. boleh usul tidak, makna bendera negara skandinavia (swedia, denmark, norwegia, finlandia dan islandia) yang memiliki salib pada benderanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke. Usulnya saya tampung dulu ya.

      Hapus
  2. Tooppp mas bro,...bkin nmbah ilmu artikelnya,...

    BalasHapus




Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi, silakan tinggalkan komentar anda mengenai artikel ini selama tidak mengandung unsur spam, provokasi SARA, & kata-kata kasar. Komentar yang baru dibuat tidak akan langsung muncul karena akan diperiksa terlebih dahulu.

Jika anda tertarik untuk mencetak / menyimpan artikel ini, silakan menuju "Pusat Logistik" yang terletak di bagian kanan halaman ini.

Baca aturan pakai. Jika kebingungan berlanjut, tinggalkan pesan di kotak komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.