FAUNA       SEJARAH       HIBURAN    •     Cari Artikel →

Oarfish, Jawaban untuk Misteri Naga Laut?




(Sumber)

Dalam dunia mitologi & cryptozoology (studi tentang hewan-hewan yang keberadaannya misterius & masih diperdebatkan), naga laut (sea serpent) adalah sebutan untuk makhluk menyerupai ular raksasa yang menampakkan diri di samudera. Sebagai akibat dari banyaknya klaim mengenai penampakan naga laut di masa kuno & modern, beragam teori ilmiah pun diapungkan mengenai makhluk apa naga laut sebenarnya. Salah satu makhluk yang disebut-sebut merupakan identitas asli dari naga laut adalah oarfish.

Oarfish (ikan dayung) / ribbonfish (ikan pita) adalah nama dari sejenis ikan laut yang memiliki tubuh panjang layaknya sidat / belut. Walaupun sama-sama bertubuh panjang, oarfish bukanlah sidat karena keduanya memiliki pola hidup & ciri fisik yang berbeda. Ukuran & penampilan fisiknya pula yang menyebabkan oarfish dipertimbangkan sebagai salah satu jawaban logis atas identitas asli naga laut. Ada beberapa spesies oarfish yang sudah dikenal manusia & semuanya dimasukkan dalam famili Regalecidae. Artikel ini sendiri akan fokus membahas oarfish dari spesies Regalecus glesne, spesies oarfish yang paling besar sekaligus yang paling terkenal.

Gambar ilustrasi oarfish. (Sumber)
Oarfish dari spesies R. glesne bisa tumbuh hingga sepanjang 11 m & seberat 250 kg, sehingga ikan ini pun menjadi spesies ikan bertulang keras terpanjang di dunia (spesies ikan terbesar di dunia adalah hiu paus yang bertulang rawan). Berkat ukurannya yang besar pula, oarfish dari spesies R. glesne mendapat nama awam "giant oarfish" (ikan dayung raksasa). Adapun nama awam lain yang dimiliki oleh ikan tersebut adalah "king of herrings" (raja para haring) sebagai akibat dari adanya struktur di kepala oarfish yang berbentuk menyerupai mahkota & seringnya oarfish terlihat di dekat gerombolan ikan haring.

Selain tubuhnya yang panjang & adanya tonjolan menyerupai mahkota di kepalanya, oarfish memiliki ciri-ciri lain yang membuatnya mudah dibedakan dari jenis ikan lain. Kulitnya tidak bersisik & berwarna keperakan dengan totol-totol berwarna hitam di sekujur tubuhnya. Tubuhnya berpenampang pipih & berbentuk mengerucut hingga ke bagian ekor. Sirip punggungnya membentang dari bagian pangkal kepala hingga ujung ekor, sementara sirip dadanya berbentuk seperti cambuk. Bentuk ujung sirip dadanya yang menyerupai dayung (oar) lantas menjadi sumber inspirasi untuk penamaan ikan ini.

Oarfish memiliki mulut tanpa gigi yang selalu terbuka sehingga makanan mereka diperkirakan terdiri dari plankton & hewan-hewan laut kecil. Habitat dari oarfish adalah lautan tropis di seluruh dunia, namun mereka sangat jarang terlihat oleh manusia karena habitat mereka berada di kedalaman antara 200 - 1.000 m. Oarfish kadang-kadang tertangkap oleh jaring nelayan, namun biasanya mereka langsung dibuang karena dagingnya terlalu kenyal & tidak enak dimakan sebagai akibat dari kadar gelatinnya yang tinggi.

Oarfish yang sedang berenang. (Sumber)
Oarfish berenang dengan cara menggetarkan sirip punggungnya dengan hanya sesekali menggerakkan tubuhnya. Dengan metode berenang macam itu, oarfish bisa bergerak dengan posisi tubuh datar maupun dengan posisi tegak & kepala menghadap ke arah permukaan laut. Dan seperti halnya hewan-hewan laut dalam lainnya, oarfish memiliki daging yang kenyal untuk membantu menahan tekanan bawah laut yang tinggi. Oarfish juga tidak memiliki gelembung renang & oarfish yang terlihat di dekat permukaan laut biasanya merupakan oarfish yang sedang sakit.

Oarfish yang hidup di perairan Meksiko memiliki musim kawin antara bulan Juli hingga Desember. Sesudah melakukan perkawinan, oarfish betina akan melepaskan telur-telurnya yang berdiameter 6 mm & kemudian meninggalkannya terombang ambing. Sesudah 3 minggu, telur oarfish akan menetas & larvanya hidup sebagai bagian dari zooplankton. Larva oarfish kemudian secara berangsur-angsur akan mengalami pertambahan ukuran. Selebihnya, masih belum banyak yang diketahui manusia seputar oarfish, termasuk mengenai berapa usia maksimalnya.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



KLASIFIKASI

Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Subfilum : Vertebrata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Lampriformes
Famili : Regalecidae
Genus : Regalecus
Spesies : Regalecus glesne



REFERENSI

Australian Museum - Oarfish, Regalecus glesne (Ascanius, 1772)
Encyclopedia of Life - Oarfish (Regalecus glesne)
IOL SciTech - Mythical sea creature captured on film
Oxford Dictionaries - Cryptozoology
Wikipedia - Giant oarfish
Wikipedia - Oarfish
-. 2008. "Sea serpent". Encyclopaedia Britannica, Chicago.


   

COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar




Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi, silakan tinggalkan komentar anda mengenai artikel ini selama tidak mengandung unsur spam, provokasi SARA, & kata-kata kasar. Komentar yang baru dibuat tidak akan langsung muncul karena akan diperiksa terlebih dahulu.

Jika anda tertarik untuk mencetak / menyimpan artikel ini, silakan menuju "Pusat Logistik" yang terletak di bagian kanan halaman ini.

Baca aturan pakai. Jika kebingungan berlanjut, tinggalkan pesan di kotak komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.