FAUNA       SEJARAH       HIBURAN    •     Cari Artikel →

Holy Britannian Empire, Monarki Raksasa Imperialis Dunia




Bendera Holy Britannian Empire.

Code Geass (CG) adalah judul dari serial anime bergenre pertempuran antar robot (mecha) yang pertama kali tayang pada tahun 2006 silam. Walaupun genre yang diusungnya terkesan pasaran & kekanak-kanakan, anime buatan studio Sunrise ini sama sekali tidak bisa disebut sebagai anime kacangan karena anime ini aslinya mengusung tema yang cukup kompleks, salah satunya seputar politik internasional. Inti cerita dari CG sendiri adalah seputar konflik politik & militer yang mayoritasnya mengambil tempat di suatu negara bernama "Holy Britannia Empire" (HBE). Apa itu HBE & apa peran mereka dalam anime CG?

Holy Britannian Empire / Holy Empire of Britannia (Kekaisaran Britannia Suci) adalah negara kekaisaran fiktif yang menjadi pihak antagonis utama dalam serial anime CG. Di dalam anime tersebut, HBE digambarkan sebagai negara adidaya yang sedang menjajah wilayah Jepang & berambisi menjadikan seluruh dunia berada di bawah kekuasaannya. Akibat ambisinya tersebut, HBE pun terlibat konflik dengan begitu banyak pihak. Salah satunya dengan kelompok separatis Jepang yang dipimpin oleh pria misterius bernama Zero.



SEJARAH (VERSI DUNIA NYATA)

Anime CG dibuat oleh Sunrise, studio animasi yang juga terkenal lewat anime-anime populer seperti "Inuyasha" & "Gundam". Naskah cerita CG ditulis oleh Ichiro Okouchi, sementara penyutradaraannya dilakukan oleh Goro Taniguchi. Awalnya, Okouchi & Taniguchi menawarkan konsep cerita mengenai CG ke produser Yoshitaka Kawaguchi. Merasa tertarik dengan ide cerita yang diajukan oleh mereka berdua, Kawaguchi menyatakan dukungannya & proses pembuatan anime CG pun dimulai. Untuk keperluan desain karakter, Sunrise juga melibatkan kelompok penulis manga yang bernama "Clamp".

Bendera Union yang menjadi sumber
inspirasi bendera HBE. (Sumber)
Inti cerita dari CG adalah mengenai konflik antara kelompok pemberontak Order of the Black Knights pimpinan Lelouch Lamperouge / Zero melawan negara imperialis Holy Britannian Empire (HBE). HBE inilah yang menjadi kelompok antagonis utama di dalam serial animenya. Nama "Holy Britannian Empire" untuk negara fiktif ini merupakan kombinasi dari 2 nama tempat yang memang benar-benar ada di dunia nyata : Pulau Britania (bahasa Latin : Britannia) & Kekaisaran Romawi Suci (Holy Roman Empire). Sementara bendera HBE yang menampilkan gambar palang merah & perisai dengan warna latar biru terinspirasi dari bendera Union milik Inggris Raya.

Anime CG akhirnya ditayangkan untuk pertama kalinya di hadapan khalayak umum Jepang pada tanggal 5 Oktober 2006 dengan judul lengkap "Code Geass : Lelouch of the Rebellion". Total, ada 25 episode yang ditayangkan di musim pertama animenya. 2 tahun kemudian atau tepatnya pada tanggal 6 April 2008, musim kedua dari anime CG ditayangkan untuk pertama kalinya dengan judul lengkap "Code Geass : Lelouch of the Rebellion R2". Seperti anime musim pertamanya, anime musim kedua CG juga memiliki jumlah total episode 25 judul. Pasca penayangannya di layar televisi, Sunrise juga merilis versi DVD dari anime CG.

Anime CG merupakan serial anime yang sukses, baik dari segi finansial maupun dari tanggapan kritikus. Sebagai gambaran singkat, situs jual beli online Amazon.com melaporkan kalau DVD anime musim kedua Code Geass merupakan DVD anime paling laris penjualannya di tahun 2008. Bandai selaku perusahaan induk Sunrise juga mengklaim kalau hingga tahun 2008, mereka sudah berhasil memasarkan lebih dari 1 juta keping DVD untuk wilayah Jepang & Amerika Utara. Dalam beberapa ajang tahunan bertema anime, Code Geass juga sukses menyabet beberapa penghargaan untuk berbagai kategori.

Logo judul dari anime Code Geass. (Sumber)
Ada beberapa alasan mengapa CG bisa sukses & menarik minat penontonnya, namun alasan utama kenapa CG disebut-sebut bisa sukses adalah karena serial anime ini sukses menjangkau berbagai tipe fans yang notabene memiliki selera beragam. Anime CG sendiri jika disimak memang mengkombinasikan begitu banyak elemen & genre dalam ceritanya. Mulai dari intrik politik, pertarungan antar robot, hubungan asmara antar remaja, permasalahan keluarga, hingga fenomena-fenomena sosial di masyarakat semisal diskriminasi. Namun di sisi lain, terlalu banyaknya karakter & subplot yang dimasukkan ke dalam anime ini juga membuat penonton yang masih baru berpotensi merasa kebingungan saat menontonnya.



SEJARAH (VERSI FIKSI)

Tidak diketahui secara pasti bagaimana asal-muasal terbentuknya HBE. Namun, HBE dipercaya baru berdiri setelah sekelompok bangsawan yang masih memiliki pertalian darah dengan keluarga Kerajaan Inggris mengungsi ke Amerika Utara & mendirikan negara baru dengan nama "Holy Britannian Empire" (HBE). Seiring berjalannya waktu, HBE berhasil tumbuh menjadi salah satu negara adidaya dunia yang wilayahnya mencakup seluruh daratan Amerika. Sementara itu, Kerajaan Inggris sendiri akhirnya menghilang karena melebur ke dalam wilayah European Union (EU; Uni Eropa), negara raksasa yang wilayahnya mencakup seluruh Eropa (termasuk Pulau Britania), Rusia, & Afrika.

Suatu hari, Lelouch selaku putra kaisar berkuasa Charles vi Britannia terjebak dalam insiden penembakan yang diduga bermotifkan konflik perebutan tahta. Lelouch selamat, namun ibunya Marianne tewas terbunuh. Lelouch & adiknya Nunnally lalu diasingkan ke Jepang. Tak lama berselang, Lelouch kecil menjadi saksi invasi militer HBE ke Jepang. Hanya dalam waktu relatif singkat, pasukan HBE berhasil memenangkan perang & Jepang pun jatuh ke tangan HBE. Nama Jepang lalu dihapuskan & diganti menjadi "Area 11". Pangeran Clovis la Britannia yang masih memiliki hubungan darah dengan Lelouch kemudian ditunjuk menjadi gubernur Area 11.


Peta ekspansi militer HBE pada tahun 2017. (Sumber)

Tahun 2017 atau sekitar 7 tahun sesudah invasi HBE ke Jepang, sekawanan pemberontak anti-HBE membajak sebuah truk yang mengangkut C.C., gadis yang memiliki kemampuan mentransfer kekuatan misterius bernama Geass. Lelouch yang sekarang sudah duduk di bangku SMA tanpa sengaja ikut terbawa dalam truk tersebut. Ketika truk tersebut terdampar di terowongan bawah tanah, C.C. tersadar dari fase tidurnya & kemudian mentransfer kekuatan Geass kepada Lelouch sehingga Lelouch kini bisa menghipnotis orang-orang yang menatap matanya untuk melakukan apapun yang ia perintahkan. Lelouch lantas memanfaatkan kekuatan barunya tersebut untuk membunuh Pangeran Clovis.

Sadar dengan potensi kekuatan baru yang ia miliki, Lelouch lalu menciptakan sosok bertopeng dengan nama "Zero" sebagai identitas rahasia dirinya sambil mencitrakan Zero sebagai orang yang ingin membebaskan Jepang dari penjajahan HBE. Alasan lain kenapa Lelouch / Zero ingin melawan HBE adalah karena ia menyimpan dendam kepada keluarga monarki HBE yang ia anggap bertanggung jawab atas kematian ibunya. Zero juga mendirikan kelompok rahasia bernama bernama "Order of the Black Knights" (Ordo Ksatria Hitam) sebagai wadah untuk mengumpulkan pengikut & menggalang pemberontakan.

Lelouch ketika sedang menjadi Zero.
Di pihak berseberangan, Putri Euphemia diangkat menjadi gubernur baru Area 11. Sebagai upaya untuk menarik simpati rakyat Area 11 agar mereka tidak mendukung Black Knights, Euphemia mendirikan daerah otonomi kecil bernama Zona Administratif Khusus Jepang di mana mereka yang tinggal di dalamnya bebas mengekspresikan sentimen kedaerahannya. Namun setelah Euphemia tanpa sengaja dihipnotis oleh Zero, Euphemia memerintahkan calon penduduk zona administratif untuk dibantai. Peristiwa tersebut langsung memancing kemurkaan para anggota Black Knights & pecahlah pemberontakan berskala besar. Setelah melalui pertempuran sengit, pemberontakan tersebut akhirnya berhasil dipadamkan oleh pasukan HBE, sementara Zero dikabarkan menghilang.

Sukses meredakan pergolakan di Area 11, HBE lalu mengalihkan fokusnya ke wilayah EU & Federasi Timur Tengah. Hasilnya, setelah melalui perang panjang, HBE sudah berhasil mencaplok separuh wilayah EU & seluruh wilayah Timur Tengah. Namun, tanpa diduga oleh siapapun, situasi di Area 11 kembali tegang setelah Zero secara tiba-tiba kembali menampakkan diri. Zero & para pengikutnya lalu mengungsi ke Cina. Di wilayah Cina pula, Zero berhasil merintis pendirian United Federation of Nations (UFN; Federasi Negara-Negara Serikat). Sebuah persekutuan negara-negara yang masih berada di luar kekuasaan HBE.

Tidak lama usai terbentuk, UFN langsung terlibat perang dengan HBE di wilayah Area 11. Ketika perang berakhir dengan gencatan senjata yang juga diwarnai dengan terbongkarnya identitas asli Zero, Kaisar Charles secara diam-diam mendarat di Area 11 untuk pergi menuju dimensi lain & mewujudkan rencana rahasianya. Namun, rencana tersebut berhasil digagalkan oleh Zero / Lelouch yang diikuti dengan tewasnya Charles. Pasca meninggalnya Charles, Lelouch lalu diangkat menjadi kaisar HBE yang baru & kebijakan luar negeri HBE menjadi jauh lebih agresif daripada sebelumnya. Buntutnya, perang antara UFN & HBE pun kembali pecah dalam skala yang jauh lebih besar.

Charles, kaisar ke-98 HBE. (Sumber)
Setelah melalui peperangan yang sangat brutal, HBE akhirnya berhasil keluar sebagai pemenang yang berarti HBE kini menjadi penguasa tunggal dunia. Karena Lelouch merasa kalau gaya pemerintahan bengisnya sudah berhasil membuat publik lupa akan kejamnya pembantaian yang pernah dilakukan Euphemia, Lelouch lalu meminta Suzaku Kururugi - sahabat dekat sekaligus ksatria kepercayaan Lelouch - untuk menyamar menjadi Zero & membunuhnya di tengah-tengah parade. Rencana tersebut berhasil & Nunnally lalu diangkat menjadi kaisar baru untuk menggantikan kakaknya. Di bawah pemerintahan Nunnally, para tahanan politik dibebaskan & upaya untuk memangkas kesenjangan sosial di seluruh dunia dimulai.



KARAKTERISTIK

Bidang Sosial & Politik

HBE adalah negara monarki absolut yang berarti siapapun yang menyandang gelar Kaisar / Emperor of Britannia memiliki kewenangan mutlak dalam menentukan kebijakan & menjalankan roda pemerintahan. Sistem penentuan kaisar HBE ditentukan berdasarkan garis keturunan & siapapun yang masih memiliki hubungan darah dengan kaisar sebelumnya pada dasarnya bisa mengklaim dirinya sebagai pewaris tahta yang sah. Sistem yang lantas berujung pada seringnya timbul konflik & pertumpahan darah antara sesama anggota keluarga kekaisaran.

Walaupun menyandang nama "Britannia", pusat pemerintahan HBE bukanlah di Pulau Britania, melainkan di daratan Amerika Utara. Seiring berjalannya waktu, wilayah HBE terus bertambah luas di mana pada puncaknya, wilayah HBE sempat mencakup seluruh dunia. Provinsi-provinsi dari HBE dikenal dengan nama resmi "Area" dengan tambahan nomor urut di belakangnya. Sebagai contoh, nama resmi untuk Provinsi Jepang adalah "Area 11". Gubernur dari provinsi-provinsi HBE ditunjuk secara langsung oleh Kaisar & umumnya mereka yang ditunjuk sebagai gubernur masih memiliki hubungan darah dengan keluarga kerajaan.

Istana Pendragon, gedung pusat
pemerintahan HBE. (Sumber)
Ibukota dari HBE adalah Pendragon, Amerika Utara. Di kota itu pula, istana yang menjadi tempat tinggal sekaligus tempat kaisar menjalankan pemerintahan bertempat. Bendera HBE memiliki warna dasar biru dengan tambahan palang merah & tameng bergambar singa serta ular di bagian tengahnya. Lagu kebangsaan dari HBE adalah "All Hail Britannia" (Semuanya, Pujilah Britannia) di mana lagu tersebut kerap dikumandangkan dalam acara-acara kenegaraan yang menampilkan keluarga kekaisaran. Selain dijadikan judul lagu kebangsaan, kalimat "All Hail Britannia" juga dijadikan slogan resmi untuk membangkitkan semangat & kesetiaan rakyat HBE.

HBE memiliki struktur sosial yang berbau rasialis & diskriminatif. Kondisi yang tercipta akibat pola pikir dari kaisar HBE sendiri yang menganggap kesenjangan sosial bukanlah hal yang salah. Orang-orang yang memiliki darah Britannia murni (Purist) ditempatkan sebagai golongan kelas atas & memiliki hak-hak istimewa yang tidak dimiliki oleh golongan lainnya, misalnya hak menempati jabatan tinggi dalam institusi militer & pemerintahan. Di lain pihak, orang-orang yang tidak memiliki darah Britannia diperlakukan layaknya golongan kelas bawah & dikekang hak-haknya. Sebagai contoh, penduduk asli Jepang tidak boleh mengekspresikan sentimen kedaerahannya & bahkan dilarang untuk sekedar menyebut kata "Jepang".


Bidang Militer

Sebagai negara adidaya, sudah bisa ditebak kalau HBE memiliki salah satu militer terkuat di dunia. Struktur militer yang dimiliki HBE pada dasarnya tidak berbeda jauh dengan struktur militer yang kita kenal di dunia nyata. Militer HBE terbagi menjadi 3 cabang berdasarkan fokus daerah operasinya : angkatan darat, laut, & udara. Namun berbeda dengan angkatan bersenjata di dunia nyata, kendaraan-kendaraan tempur konvensional seperti pesawat tempur, tank, & kapal perang relatif jarang digunakan. Sebagai gantinya, HBE menggunakan kendaraan tempur bernama Knightmare Frame (KF) sebagai tulang punggung militernya.

Knightmare Frame tipe Glasgow.
KF adalah kendaraan tempur berwujud robot humanoid raksasa yang dikendarai oleh 1 - 2 pilot. Bergantung dari fungsi & teknologi yang dimilikinya, masing-masing tipe KF memiliki kemampuan tempur yang bervariasi. Sebagai contoh, KF tipe dasar hanya bisa bertempur di atas tanah, sementara tipe KF yang lebih canggih bisa bertempur sambil terbang di udara. Perlengkapan tempur yang dimiliki KF juga tidak kalah bervariasi. Mulai dari penembak tali harpun, senapan mesin raksasa, pedang raksasa, meriam plasma, hingga generator perisai energi. Jika suatu KF terancam hancur, ruang kokpit yang berada di bagian punggung KF akan terlontar ke belakang supaya pilot di dalamnya bisa selamat dari ledakan.

HBE juga memiliki divisi pasukan elit yang bernama "Knight of the Rounds" (KR; Ksatria Meja Bundar). Nama yang terinspirasi dari legenda Inggris Kuno mengenai Raja Arthur. KR hanya beranggotakan 12 orang. Namun jika para ksatria tersebut diterjunkan di medan perang, keberadaan mereka bisa mengubah alur peperangan secara instan berkat kelihaian mereka dalam bertempur & teknologi canggih yang terdapat pada KF mereka. Untuk membedakan KR dari anggota militer lainnya, semua anggota KR mengenakan seragam dengan warna dominan putih.

Selain persenjataan modern, HBE juga memiliki senjata rahasia yang dikenal dengan nama "Geass". Geass adalah kemampuan misterius yang dimiliki oleh orang-orang tertentu & didapat dari menjalin "kontrak sihir" dengan seseorang yang memiliki kemampuan khusus untuk mentransfernya. Ketika Geass diaktifkan, mata dari orang tersebut akan menampilkan simbol menyerupai huruf V. Hanya sedikit orang di dunia yang memiliki Geass & masing-masing pemilik Geass memiliki kekuatan unik yang berbeda satu sama lain. Beberapa contoh kekuatan unik tersebut antara lain kemampuan menghipnotis orang lain, menghentikan kemampuan merasakan waktu, hingga membaca pikiran orang lain.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

Code Geass Wiki - Holy Britannian Empire
Code Geass Wiki - World History
Wikipedia - Code Geass
(Serial Animasi) 2006 - 2007. "Code Geass : Lelouch of the Rebellion". Sunrise.
(Serial Animasi) 2008. "Code Geass : Lelouch of the Rebellion R2". Sunrise.


COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

1 komentar:

  1. Satu tahun belakangan ini saya selalu mengikuti aneka tulisan Republik Tawon yang cukup simple dan menarik. Sukses selalu.

    BalasHapus




Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi, silakan tinggalkan komentar anda mengenai artikel ini selama tidak mengandung unsur spam, provokasi SARA, & kata-kata kasar. Komentar yang baru dibuat tidak akan langsung muncul karena akan diperiksa terlebih dahulu.

Jika anda tertarik untuk mencetak / menyimpan artikel ini, silakan menuju "Pusat Logistik" yang terletak di bagian kanan halaman ini.

Baca aturan pakai. Jika kebingungan berlanjut, tinggalkan pesan di kotak komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.