FAUNA       SEJARAH       HIBURAN    •     Cari Artikel →

Makna Bendera Negara-Negara Eropa Barat




Peta Eropa. (Sumber)

Eropa. Itulah nama dari benua di belahan utara Bumi yang terletak di sebelah utara Benua Afrika & sebelah barat Benua Asia. Benua yang juga dikenal dengan sebutan lain "Benua Biru" tersebut kini dikenal sebagai salah satu daerah dengan standar hidup tertinggi di dunia. Eropa juga terkenal karena di benua itulah, terdapat negara-negara yang sempat memiliki wilayah jajahan yang tersebar luas di benua-benua lain. Fenomena yang lantas membuat Eropa menjadi salah satu daerah terpenting dalam perjalanan sejarah umat manusia.

Di era Perang Dingin, istilah "Eropa Barat" diberikan untuk negara-negara yang berada di bagian barat Benua Eropa & memiliki kedekatan politis dengan Amerika Serikat selaku patron Blok Barat. Berhubung Perang Dingin sudah lama berakhir, maka definisi tersebut tidak lagi digunakan sehingga sekarang tidak ada lagi definisi & batasan baku mengenai apa itu Eropa Barat & negara-negara yang termasuk di dalamnya. Dalam artikel ini sendiri, pihak Republik akan mendefinisikan Eropa Barat sebagai wilayah dengan Portugal sebagai negara paling baratnya & Belanda sebagai negara paling timurnya.



ANDORA

Negara mini yang terletak di perbatasan Spanyol & Perancis. Bendera Andora menampilkan warna biru, kuning, & merah yang tersusun secara vertikal dengan lambang negara Andora di dalamnya. Tidak diketahui makna dari warna-warna dalam bendera Andora, namun warna-warna tersebut diduga terinspirasi dari warna-warna bendera Spanyol & Perancis, negara tetangga merangkap kepala negara Andora. Sekedar info, Andora memiliki 2 kepala negara, yaitu uskup Urgel (Spanyol) & presiden Perancis. Namun sekarang peran mereka berdua lebih bersifat simbolik

Kembali ke soal bendera. Lambang negara Andora menampilan perisai dengan 4 bidang segi empat di dalamnya. Bidang kanan bawah menampilkan gambar 2 sapi, lambang dari Bearn, negara kebangsawanan kecil di Abad Pertengahan yang sekarang berlokasi di Perancis. Bidang kiri bawah menampilkan latar kuning dengan 4 garis merah tegak, lambang dari daerah Catalonia. Bidang kanan atas menampilkan latar kuning dengan 3 garis merah tegak, lambang dari daerah Foix, Perancis. Bidang kiri atas menampilkan gambar topi & tongkat uskup, simbolisasi dari uskup selaku salah satu kepala negara Andora.



BELANDA

Negara yang sebagian wilayahnya berada di bawah permukaan laut. Bendera Belanda menampilkan warna merah, putih, & biru yang tersusun secara horizontal. Motif bendera itu sendiri diambil dari motif bendera Dinasti Orange, keluarga bangsawan yang terlibat dalam perang kemerdekaan melawan Spanyol di akhir abad ke-16. Bedanya, bendera Dinasti Orange menampilkan warna jingga / oranye alih-alih merah di bagian paling atas benderanya. Belakangan, warna merah menggantikan warna jingga di bagian atas bendera karena alasan yang tidak begitu jelas. Salah satu teori menyatakan kalau warna jingga ditinggalkan mungkin karena warna tersebut dianggap terlalu berbau Dinasti Orange & kurang mewakili rakyat Belanda secara keseluruhan.



BELGIA

Negara yang komposisi penduduknya didominasi oleh pengguna bahasa Perancis & Belanda. Bendera Belgia menampilkan warna hitam, kuning, & merah yang tersusun secara vertikal. Desain bendera tersebut dipengaruhi oleh desain bendera 3 warna Perancis mengingat saat Belgia masih dikuasai oleh Belanda, golongan yang ingin memerdekakan Belgia memang didominasi oleh golongan berbahasa Perancis. Warna-warna dalam bendera Belgia diambil dari lambang Bangsawan Philip dari Flanders yang menampilkan perisai berwarna kuning emas dengan gambar singa hitam berlidah & bercakar merah.



INGGRIS RAYA (UNITED KINGDOM)

Negara kepulauan yang pernah menyandang julukan "Matahari yang Tidak Pernah Tenggelam" sebagai akibat dari begitu banyaknya wilayah jajahan yang dimilikinya di masa silam. Bendera Inggris Raya (dikenal juga dengan sebutan "Union Jack") menampilkan gambar palang merah bertepi putih di depan gambar silang merah bertepi putih, dengan latar belakang berwarna biru. Motif bendera itu sendiri merupakan gabungan dari 3 motif bendera negara-negara bagian penyusun Inggris Raya : Inggris (England), Skotlandia, & Irlandia Utara. Wales juga memiliki motif benderanya sendiri, namun motif benderanya tidak disertakan dalam motif bendera Inggris Raya karena Wales dianggap sebagai bagian dari England.

Bendera milik England menampilkan gambar palang merah berlatar putih. Lambang yang dikenal dengan sebutan "Salib Santo George" di mana Santo George adalah nama dari tokoh Kristen legendaris di masa Perang Salib. Bendera milik Skotlandia menampilkan gambar silang putih berlatar biru. Lambang yang dikenal dengan sebutan "Salib Santo Andrew" di mana motif bendera tersebut diceritakan berasal dari legenda Raja Angus, penguasa lokal daerah Skotlandia yang melihat motif berbentuk silang di langit biru ketika sedang terlibat pertempuran dengan Bangsa Saxon. Bendera milik Irlandia Utara menampilkan gambar silang merah berlatar putih. Lambang yang dikenal dengan sebutan "Salib Santo Patrick", nama dari tokoh yang memperkenalkan agama Kristen ke Pulau Irlandia.



IRLANDIA

Negara pulau yang menjadi asal dari grup-grup musik populer seperti Weslife & The Cranberries. Bendera Irlandia menampilkan warna hijau, putih, & jingga / oranye yang tersusun secara vertikal. Warna hijau menyimbolkan golongan Katolik, warna jingga menyimbolkan golongan Protestan, sementara warna putih menyimbolkan perdamaian di antara keduanya. Kombinasi warna yang dipilih dengan merujuk pada sejarah Irlandia di masa penjajahan Inggris yang memang dipenuhi oleh konflik antara kedua golongan tadi. Ironisnya, di Irlandia Utara, bendera tersebut justru menjadi simbol perpecahan karena bendera tersebut kerap dikibarkan oleh golongan republikan yang berharap bisa menyatukan Irlandia Utara dengan Republik Irlandia.



LUXEMBOURG

Negara tanpa wilayah laut yang lokasinya diapit oleh Perancis, Jerman, & Belgia. Bendera Luxembourg memiliki desain yang serupa dengan bendera Belanda karena keduanya sama-sama menampilkan warna merah, putih, & biru yang tersusun secara horizontal. Salah satu teori menyatakan kalau Luxembourg bisa memiliki bendera dengan desain macam itu karena terpengaruh oleh Belanda, karena sebelum abad ke-20 Luxembourg memang sempat berada di bawah kekuasaan Belanda. Teori lain menyatakan kalau warna-warna dalam bendera Luxembourg diambil dari lambang bangsawan penguasa Luxembourg yang sejak abad ke-13 menggunakan bendera bergambar singa merah dengan warna latar putih & biru.



MONAKO

Negara terkecil ke-2 di dunia sekaligus negara terkecil di dunia yang memiliki wilayah laut. Bendera Monako mirip dengan bendera Indonesia karena sama-sama menampilkan warna merah & putih yang tersusun secara horizontal. Bedanya, bendera Monako bentuknya hampir menyerupai persegi karena desain benderanya memiliki rasio 4 : 5. Tidak diketahui apa makna dari warna-warna dalam bendera Monako, selain fakta kalau warna merah & putih sudah lama menjadi warna khas dari Dinasti Grimaldi, keluarga bangsawan yang menguasai wilayah Monako sejak abad ke-15.



PERANCIS

Negara yang menjadi lokasi dari bangunan-bangunan terkenal seperti Menara Eiffel, Arc de Triomph, & Museum Louvre. Bendera Perancis menampilkan warna biru, putih, & merah yang tersusun secara horizontal. Bendera dengan warna demikian diadopsi sejak tahun 1789 - tahun terjadinya Revolusi Perancis - di mana desain bendera yang bersangkutan menyimbolkan nilai-nilai yang diperjuangkan dalam revolusi : kebebasan, kesetaraan, & persaudaraan (liberte, egalite, fraternite).

Jika merujuk pada penjelasan resmi pemerintah Perancis, warna putih diambil dari warna khas Dinasti Bourbon. Sementara warna merah & biru merupakan warna khas dari kota Paris selaku ibukota Perancis. Warna merah & biru juga digunakan oleh para pelaku revolusi ketika mereka menyerbu Penjara Bastille. Karena Revolusi Perancis dimaknai sebagai perjuangan rakyat Perancis untuk membebaskan diri dari penindasan yang dilakukan oleh golongan bangsawan & agamawan, desain dari bendera Perancis lantas diadopsi oleh negara-negara lain di Eropa yang merasa memiliki kesamaan tujuan dengan para pelaku Revolusi Perancis.



PORTUGAL

Negara dengan letak geografis paling barat di Eropa daratan. Bendera Portugal menampilkan warna hijau & merah yang tersusun secara horizontal dengan lambang negara Portugal di antara kedua warna tadi. Bendera ini sendiri mulai diadopsi sebagai bendera nasional sejak tahun 1910, tahun terjadinya revolusi yang mengubah Portugal menjadi negara republik. Warna merah menyimbolkan pengorbanan, sementara warna hijau menyimbolkan harapan.

Lambang negara Portugal menampilkan gambar perisai putih bertepi merah dengan gambar astrolab bola - semacam alat bantu dalam pengamatan bintang & pelayaran - di bagian belakangnya. Di bagian dalam perisai terdapat 5 gambar perisai kecil berwarna biru. Menurut legenda, 5 perisai tersebut menyimbolkan 5 raja-raja Muslim (Moor) yang berhasil dikalahlan oleh Afonso, raja pertama Portugal. Di bagian tepi perisai terdapat gambar 6 kastil kecil yang menyimbolkan Castile, kerajaan tetangga Portugal. Sementara gambar astrolab bola menyimbolkan pelayaran & penjelajahan ke benua lain yang disponsori oleh penguasa Portugal (misalnya pelayaran yang dilakukan oleh Vasco da Gama ke India).



SPANYOL

Negara yang dikenal dengan budaya matador & tarian flamenconya. Bendera Spanyol menampilkan warna kuning horizontal yang diapit oleh warna merah di bagian atas & bawah. Di bagian kiri tengah bendera terdapat gambar yang tidak lain merupakan lambang negara Spanyol. Tidak ada penjelasan spesifik mengenai apa makna dari warna-warna dalam bendera Spanyol. Bendera berwarna merah & kuning sendiri awalnya dipilih oleh Raja Carlos III (1759 - 1788) supaya kapal-kapal Spanyol mudah dibedakan dari kapal-kapal lain, mengingat pada waktu itu kapal-kapal yang berlayar di laut lepas umumnya menggunakan bendera dengan warna dominan putih.

Lambang negara Spanyol menampilkan 2 pilar yang mengapit mahkota & perisai berisi 4 bidang segi empat. Sepasang pilar menyimbolkan Pilar Hercules, sebutan lain untuk Batu Gibraltar & Gunung Hacho (sekarang terletak di Maroko). Masing-masing pilar dibalut oleh kain bertuliskan "Plus Ultra” (Lebih Jauh Keluar) untuk menunjukkan semangat Spanyol dalam melakukan penjelajahan & ekspansi ke benua lain. Mahkota menyimbolkan tahta Kerajaan Spanyol. Gambar-gambar yang ada di dalam perisai berturut-turut searah jarum jam dari pojok kiri atas adalah lambang dari Kerajaan Castile (disimbolkan dengan gambar kastil), Leon (singa), Navarre (kombinasi dari palang, silang, & rantai), & Aragon (4 garis merah vertikal). Nama dari kerajaan-kerajaan yang di masa lalu melebur untuk membentuk negara Spanyol.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

Flags Of The World - Portugal
Flags Of The World - The Netherlands
La Moncloa - The Coat of Arms
La Moncloa - The Spanish National Flag
Love To Know - What the French Flag Colors Represent
Wikipedia - Coat of arms of Andorra
 - . 2008. "Andorra, flag of". Encyclopaedia Britannica, Chicago.
 - . 2008. "Belgium, flag of". Encyclopaedia Britannica, Chicago.
 - . 2008. "Gibraltar, Strait of". Encyclopaedia Britannica, Chicago.
 - . 2008. "Grimaldi Family". Encyclopaedia Britannica, Chicago.
 - . 2008. "Ireland, flag of". Encyclopaedia Britannica, Chicago.
 - . 2008. "Luxembourg, flag of". Encyclopaedia Britannica, Chicago.
 - . 2008. "Monaco, flag of". Encyclopaedia Britannica, Chicago.
 - . 2008. "Portugal, flag of". Encyclopaedia Britannica, Chicago.
 - . 2008. "Scotland, flag of". Encyclopaedia Britannica, Chicago.
 - . 2008. "Spain, flag of". Encyclopaedia Britannica, Chicago.
 - . 2008. "United Kingdom, flag of the". Encyclopaedia Britannica, Chicago.


COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

1 komentar:

  1. Hai kak... terima kasih artikel re-tawon sangat membantu dan saya gunakan sebagai referensi di situs kami.. berikut alamatnya: https://portal-ilmu.com/negara-irlandia/ :)

    BalasHapus




Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi, silakan tinggalkan komentar anda mengenai artikel ini selama tidak mengandung unsur spam, provokasi SARA, & kata-kata kasar. Komentar yang baru dibuat tidak akan langsung muncul karena akan diperiksa terlebih dahulu.

Jika anda tertarik untuk mencetak / menyimpan artikel ini, silakan menuju "Pusat Logistik" yang terletak di bagian kanan halaman ini.

Baca aturan pakai. Jika kebingungan berlanjut, tinggalkan pesan di kotak komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.