FAUNA       SEJARAH       HIBURAN    •     Cari Artikel →

Bebek Mandarin, Burung Anggun dari Asia Timur




Bebek Mandarin jantan & betina. (Sumber)

Bebek Mandarin (Mandarin duck; Aix galericulata) adalah spesies unggas yang terkenal berkat warna bulunya yang unik & terkesan indah. Burung ini memiliki tubuh yang agak gempal dengan punggung berwarna hitam, pola berbentuk sabit putih di sekitar mata, paruh berwarna merah, warna kehijauan di bagian leher & sayap, serta tubuh bagian bawah yang berwarna putih. Bukan hanya itu, bebek Mandarin juga memiliki semacam tonjolan berbentuk mata kapak di bagian ujung sayapnya. Hanya bebek Mandarin jantan yang memiliki fisik macam itu. Bebek Mandarin betina memiliki warna dominan hitam dengan motif putih di bagian dada, sayap, & tubuh bagian bawah.

Bebek Mandarin memperoleh nama demikian karena burung ini banyak ditemukan di kawasan Cina. Namun, Cina bukanlah satu-satunya habitat liar bebek ini. Bebek Mandarin juga bisa ditemukan di Jepang & Rusia timur (Siberia). Setiap kali musim dingin tiba, bebek Mandarin yang hidup di Cina akan terbang bermigrasi ke Cina bagian selatan yang notabene memiliki suhu yang lebih hangat. Selain ditemukan di Asia bagian timur, bebek Mandarin belakangan juga bisa ditemukan di Inggris setelah orang-orang Inggris yang tertarik akan keindahan unggas ini mengimpornya, di mana sebagian bebek yang diimpor ada yang lepas ke alam liar Inggris & beranak pinak di sana.

Bebek Mandarin secara garis besar memiliki perilaku yang tidak berbeda dengan bebek pada umumnya. Hewan ini gemar berenang sambil mengapung di permukaan air. Berkat cairan minyak yang melapisi bulunya, bebek Mandarin bisa mengapung sambil menjaga agar bentuk bulunya tidak berubah akibat terkena air. Habitat perairan yang disukai bebek Mandarin adalah perairan tawar yang dipenuhi onggokan kayu & tumbuhan di sekitarnya. Makanan utama dari bebek Mandarin adalah biji-bijian, namun burung ini juga mau memakan hewan-hewan kecil seperti serangga, siput, & bahkan katak. Bebek Mandarin biasanya mencari makan pada pagi & sore hari. Sementara pada siang hari, bebek Mandarin akan beristirahat di tempat teduh.

Sepasang bebek Mandarin yang
sedang terbang. (Sumber)
Selain terkenal berkat motif bulunya yang indah, bebek Mandarin juga terkenal berkat perilaku kawinnya. Bebek Mandarin adalah hewan monogami yang hanya melakukan perkawinan dengan 1 bebek, di mana bebek yang bersangkutan bisa bertahan dengan pasangan yang sama hingga beberapa tahun kemudian. Untuk menarik minat bebek betina, bebek Mandarin jantan akan melakukan semacam tarian di permukaan air. Tidak jarang bebek jantan harus berkelahi dengan bebek jantan lainnya ketika mereka memperebutkan bebek betina yang sama. Jika bebek betina menyukai tarian yang dilakukan oleh pejantan, keduanya akan kawin & kemudian bersarang di lubang pohon bekas sarang burung pelatuk.

Sebelum bertelur, bebek jantan & betina akan membuat sarang di dalam lubang tadi dengan memakai sisa-sisa material semisal ranting. Sesudah itu, bebek betina akan mengeluarkan telur-telurnya yang jumlahnya bisa mencapai 12 butir. Waktu yang diperlukan oleh bebek Mandarin betina untuk mengerami telurnya hingga menetas adalah sekitar 1 bulan. Bayi bebek Mandarin yang baru menetas sudah bisa melihat & berjalan secara normal. Bebek jantan & betina merawat anak-anaknya di luar sarang bersama-sama hingga sekitar 2 bulan. Bebek Mandarin sudah bisa terbang pada usia 40 hari & bisa hidup hingga usia 20 tahun lebih. Bebek Mandarin memiliki panjang maksimal 40 cm dengan rentang sayap maksimal 70 cm.

Di negara asalnya, bulu indah & perilaku monogami dari bebek Mandarin membuat unggas ini dianggap sebagai simbol kesetiaan & pernikahan yang langgeng. Namun di sisi lain, anggapan manusia tersebut membuat burung ini banyak ditangkap dari habitat liarnya oleh manusia. Selain akibat penangkapan, bebek Mandarin juga terancam oleh kegiatan perusakan habitat & pencemaran lingkungan. Untungnya, populasi bebek Mandarin sejauh ini masih dianggap melimpah & belum dikategorikan sebagai hewan yang terancam punah. Tidak seperti bebek liar lainnya, bebek Mandarin tidak diburu untuk dijadikan makanan karena bebek ini memiliki rasa daging yang tidak enak.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



KLASIFIKASI

Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Aves
Ordo : Anseriformes
Famili : Anatidae
Genus : Aix
Spesies : Aix galericulata



REFERENSI

About.com - Mandarin Duck
Animal Diversity Web - Aix galericulata : Information
Tampa's Lowry Park Zoo - Mandarin Duck
Wikipedia - Mandarin duck



COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

1 komentar:




Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi, silakan tinggalkan komentar anda mengenai artikel ini selama tidak mengandung unsur spam, provokasi SARA, & kata-kata kasar. Komentar yang baru dibuat tidak akan langsung muncul karena akan diperiksa terlebih dahulu.

Jika anda tertarik untuk mencetak / menyimpan artikel ini, silakan menuju "Pusat Logistik" yang terletak di bagian kanan halaman ini.

Baca aturan pakai. Jika kebingungan berlanjut, tinggalkan pesan di kotak komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.