FAUNA       SEJARAH       HIBURAN    •     Cari Artikel →

Puma, Kucing Pemburu yang Serba Bisa




(Sumber)

Puma (Puma concolor) adalah nama dari spesies kucing besar yang hanya ditemukan di Benua Amerika. Selain dengan nama "puma", hewan yang sama juga dikenal dengan nama "cougar" serta "panther". Puma juga dikenal dengan nama lain "singa gunung" (mountain lion) walaupun nama ini kurang tepat karena puma bukanlah singa & habitat puma tidak cuma terbatas di kawasan pegunungan. Jika puma dalam tangga klasifikasi ilmiah termasuk dalam genus Puma, maka singa termasuk dalam genus Panthera. Perbedaan lain, singa habitat liarnya berada di luar Benua Amerika.

Puma pada dasarnya memiliki penampilan yang tidak berbeda jauh dengan spesies kucing besar lainnya. Bulu / rambutnya berwarna cokelat kekuningan dengan tubuh bagian bawah yang berwarna putih. Tubuhnya berbentuk panjang dengan bahu yang menonjol. Wajahnya berbentuk agak bulat dengan moncong yang pendek & bibir yang lebar. Namun tidak seperti kucing besar lainnya, puma tidak bisa meraung & hanya bisa mengeluarkan suara geraman kecil layaknya suara kucing. Hal yang terjadi karena puma memiliki struktur tenggorokan yang berbeda dari spesies-spesies kucing besar lainnya.

Sudah disinggung tadi kalau puma hanya ditemukan di Benua Amerika. Untuk ukuran hewan yang hanya ditemukan di 1 benua, puma memiliki persebaran yang termasuk luas. Habitat dari puma membentang mulai dari Kanada tengah hingga ujung selatan Argentina. Sebagai akibat dari rentang habitatnya yang luas, puma pun memiliki pilihan habitat yang bervariasi. Mulai dari hutan lebat, pegunungan berbatu, padang rumput, hingga tepi pantai. Kondisi yang bisa terjadi karena puma merupakan salah satu predator puncak Benua Amerika & memiliki kemampuan beradaptasi yang sangat baik.

Seekor puma yang sedang menyeret
bangkai rusa. (Sumber)
Puma adalah hewan nokturnal alias aktif pada malam hari. Sebagai predator puncak di habitatnya, puma pada dasarnya mau memakan hewan apapun. Entah itu tupai, burung, reptil, ikan, rusa, & bahkan sesama hewan predator semisal lynx (hewan mirip harimau yang berambut lebat & berukuran sebesar anjing). Ketika berburu, puma akan mengendap-endap mendekati mangsanya, lalu secara tiba-tiba menerkamnya. Jika mangsanya berukuran sama dengan tubuhnya, maka puma akan menggigit bagian leher mangsanya supaya mangsanya tewas seketika. Kalaupun taktik mengendap-endapnya gagal, puma juga bisa berlari mengejar mangsanya di mana kecepatan lari puma dilaporkan mencapai 80 km/jam. Selain mahir berburu di darat, puma juga pandai berenang & memanjat pohon.

Puma tidak memiliki musim kawin yang spesifik & pada dasarnya bisa kawin kapan saja. Puma jantan & betina memiliki penampilan yang sama, namun pejantan berukuran sedikit lebih besar daripada betina. Jika puma jantan bisa tumbuh hingga sepanjang 1,5 m & seberat 120 kg, maka betina hanya bisa tumbuh hingga sepanjang 1,3 m & seberat 64 kg (panjang tidak termasuk ekor). Ketika puma betina ingin kawin, puma betina akan mengeluarkan suara-suara keras untuk memikat pejantan penguasa wilayah setempat. Begitu pejantan menemukan betina, keduanya lalu melakukan perkawinan. Seekor pejantan bisa kawin dengan beberapa betina sekaligus.

Sesudah melakukan perkawinan, puma betina akan memasuki periode kehamilan yang berlangsung selama 3 bulan lebih. Jumlah bayi yang dikandung betina selama hamil bisa mencapai 6 ekor, namun pada umumnya jumlah bayi yang dikandung oleh puma betina hanyalah setengahnya. Bayi puma yang baru lahir awalnya buta, namun sejak usia 10 hari bayi puma sudah bisa membuka matanya. Bayi puma akan hidup dari air susu induknya hingga usia 1 bulan & tetap bersama induknya hingga usia 1 tahun. Usia kematangan seksual puma adalah 2,5 tahun, sementara usia maksimalnya adalah sekitar 20 tahun.

Sepasang bayi puma. (Sumber)
Puma bukanlah hewan yang memiliki banyak musuh, namun puma yang masih kecil rentan diserang oleh hewan-hewan predator besar seperti serigala, beruang, & puma lainnya. Sebesar apapun ancaman dari hewan buas lainnya, ancaman terbesar untuk puma tetaplah datang dari manusia yang membunuh puma karena merasa takut & menganggap puma sebagai hama pemakan hewan ternak. Puma sendiri memang memiliki reputasi kerap menyerang anak kecil yang sedang sendirian, namun para ahli berasumsi kalau puma melakukan itu karena salah membedakan manusia dengan hewan makanannya. Sejauh ini puma belum dianggap sebagai hewan yang terancam punah, namun puma yang hidup di Florida & Amerika Tengah populasinya sudah masuk dalam tahap mengkhawatirkan.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



KLASIFIKASI

Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Mammalia
Ordo : Carnivora
Famili : Felidae
Genus : Puma
Spesies : Puma concolor



REFERENSI

Animal Diversity Web - Puma concolor : Information
ARKive - Puma videos, photos and facts
Wikipedia - Cougar



COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

1 komentar:

  1. puma yang jadi brand fashion itu ya?
    iya binatang ini punya lompatan yang hebat
    dia seperti persilangan antara singa dan jaguar gitu lah
    mantab

    BalasHapus




Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi, silakan tinggalkan komentar anda mengenai artikel ini selama tidak mengandung unsur spam, provokasi SARA, & kata-kata kasar. Komentar yang baru dibuat tidak akan langsung muncul karena akan diperiksa terlebih dahulu.

Jika anda tertarik untuk mencetak / menyimpan artikel ini, silakan menuju "Pusat Logistik" yang terletak di bagian kanan halaman ini.

Baca aturan pakai. Jika kebingungan berlanjut, tinggalkan pesan di kotak komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.