FAUNA       SEJARAH       HIBURAN    •     Cari Artikel →

Iguana Hitam, Reptil Tercepat di Dunia




(Sumber)

Iguana hitam (black iguana; Ctenosaura similis) adalah nama dari sejenis kadal yang masih memiliki kekerabatan dengan iguana hijau (Iguana iguana), reptil pemakan tumbuhan yang populer sebagai hewan peliharaan. Nama "hitam" pada iguana ini diberikan karena adanya motif cincin berwarna hitam di sepanjang tubuhnya, sementara bagian lain tubuhnya memiliki warna kelabu terang. Selain dengan nama iguana hitam, hewan yang bersangkutan juga dikenal dengan nama lain iguana ekor duri (spiny-tailed iguana) karena bagian ekornya diselubungi gelang sisik yang permukaannya runcing.

Habitat asli iguana hitam berada di Meksiko & Amerika Tengah, namun belakangan mereka juga bisa ditemukan di Semenanjung Florida, AS. Lokasi favorit iguana hitam biasanya berupa padang terbuka yang dipenuhi bebatuan. Bukan tanpa alasan iguana hitam menyukai habitat demikian. Kadal ini memerlukan tanah lapang supaya mudah mendapatkan paparan matahari untuk berjemur & meningkatkan suhu tubuhnya agar cukup hangat untuk beraktivitas. Sementara ketika ingin berteduh & bersembunyi, iguana hitam tinggal menyelinap ke dalam celah bebatuan.

Iguana hitam adalah hewan omnivora alias pemakan segala. Makanan favoritnya adalah material-material tumbuhan seperti buah polong, bunga, & daun. Namun jika makanan favoritnya tersebut sedang sulit didapatkan, iguana hitam juga mau memakan hewan-hewan kecil seperti tikus, serangga, telur, & bahkan iguana hitam lain yang berukuran lebih kecil. Semakin tua usia seekor iguana hitam, sifat herbivoranya cenderung semakin dominan. Iguana hitam menghabiskan sebagian besar waktunya di atas permukaan tanah, namun reptil ini juga bisa memanjat pohon jika diperlukan.

Iguana hitam yang sedang
memakan bunga kaktus. (Sumber)
Sebagai hewan penghuni alam liar, sudah barang tentu iguana hitam juga memiliki predator. Hewan-hewan yang diketahui memangsa iguana hitam terdiri dari burung-burung pemangsa seperti elang & burung hantu. Sebagai teknik perlindungan diri yang paling dasar, iguana hitam akan diam tak bergerak & memanfaatkan warna sisiknya yang gelap untuk berkamuflase. Selain berkamuflase, iguana hitam juga bisa mempertahankan diri dengan cara menggigit atau mencambuk dengan memakai ekornya.

Jika iguana hitam sedang berada di tempat terbuka & pemangsanya berhasil menemukannya, iguana hitam akan memanfaatkan kemampuannya yang paling terkenal : berlari. Iguana hitam merupakan reptil tercepat di dunia & bisa bergerak hingga kecepatan 34 km/jam! Normalnya iguana hitam akan bergerak dengan keempat kakinya. Namun ketika berlari kencang, iguana hitam bergerak dengan sepasang kaki belakangnya, sementara kaki depannya tidak menyentuh tanah.



HIDUP MENGGEROMBOL SEJAK KECIL

Iguana hitam memiliki pola hidup sosial & hidup membentuk kelompok yang dipimpin oleh pejantan paling dominan. Selain pejantan paling dominan yang menguasai suatu wilayah, ada pula pejantan-pejantan lain yang memiliki wilayahnya sendiri-sendiri yang lokasinya ada di dalam wilayah pejantan dominan. Pejantan-pejantan tersebut terlibat persaingan 1 sama lain untuk memperebutkan wilayah & pasangan, namun tidak akan berkonflik dengan pejantan dominan pemimpin kelompok tadi. Ketika mengancam 1 sama lain, pejantan akan menggembungkan tubuhnya & membuka rahangnya. Jika tidak ada yang mengalah, keduanya akan bertarung dengan cara saling menggigit & mencambukkan ekornya.

Jika pejantan bersikap agresif dengan pejantan lainnya, maka tidak demikian jika yang berpapasan dengannya adalah betina. Sesudah melakukan perkawinan dengan pejantan, betina akan mencari tempat yang cocok untuk menaruh telur-telurnya. Jika sudah menemukan tempat yang dimaksud, iguana betina akan menggali lubang sedalam setengah meter, lalu menaruh telur-telurnya di dalam lubang tersebut. Jumlah telur yang dikeluarkan iguana betina bisa mencapai 30 butir. Telur-telur tersebut memerlukan waktu 3 bulan untuk menetas.

Anak iguana hitam. (Sumber)
Bayi iguana hitam yang baru menetas akan tetap tinggal di sarangnya hingga usia 1 minggu. Sesudah itu, mereka akan meninggalkan lubang & tetap hidup bersama-sama hingga beberapa waktu. Sebagai contoh, mereka akan tidur di pohon yang sama pada malam hari & saling membersihkan diri dengan cara menjilati tubuh saudaranya. Makanan utama iguana muda adalah serangga, namun secara berangsur-angsur selera makannya akan bergeser menjadi tumbuhan. Iguana hitam memiliki usia kematangan seksual 3 tahun & bisa hidup hingga usia 60 tahun. Seekor iguana hitam bisa tumbuh hingga sepanjang 1,2 meter.

Iguana hitam memiliki dampak positif sekaligus negatif bagi manusia. Positif karena iguana ini kerap ditangkap oleh penduduk setempat untuk dimakan. Daging iguana hitam dianggap memiliki rasa yang mirip dengan daging ayam, sehingga hewan ini pun dijuluki "ayam pohon". Namun di Florida, hewan ini dianggap sebagai hama karena hewan ini memiliki kebiasaan memakan tanaman yang ada di pekarangan rumah penduduk. Belakangan, iguana hitam juga mulai dianggap sebagai hewan peliharaan layaknya iguana hijau. Dibandingkan dengan iguana hijau, iguana hitam lebih sulit untuk dipelihara karena hewan ini tidak suka dipegang & tidak segan-segan menggigit jika merasa terganggu.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



KLASIFIKASI

Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Subfilum : Vertebrata
Kelas : Reptilia
Ordo : Squamata
Famili : Iguanidae
Genus : Ctenosaura
Spesies : Ctenosaura similis



REFERENSI

Animal Diversity Web - Ctenosaura similis : Information
FWC - Nonnatives - Black Spinytail Iguana
Reptiles Magazine - Spiny-Tailed (Black) Iguana
Wikipedia - Ctenosaura similis



COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

2 komentar:

  1. wow.. luar biasa

    memangnya seberapa cepat sih gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 34 km/jam ya kyk naik motor pake gigi 2 ajs
      bayangin dikejar2 gituan wkwk

      Hapus




Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi, silakan tinggalkan komentar anda mengenai artikel ini selama tidak mengandung unsur spam, provokasi SARA, & kata-kata kasar. Komentar yang baru dibuat tidak akan langsung muncul karena akan diperiksa terlebih dahulu.

Jika anda tertarik untuk mencetak / menyimpan artikel ini, silakan menuju "Pusat Logistik" yang terletak di bagian kanan halaman ini.

Baca aturan pakai. Jika kebingungan berlanjut, tinggalkan pesan di kotak komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.