FAUNA       SEJARAH       HIBURAN    •     Cari Artikel →

Makna Video Logo Klub Liga Inggris 2015/16




Logo resmi Liga Primer Inggris. (Sumber)

Jika para pengunjung rajin mengikuti setiap artikel yang dibuat oleh pihak Republik, pasti para pengunjung tahu kalau Republik ini dulu pernah membuat artikel bertema sepak bola. Tepatnya mengenai video pembuka Liga Rusia musim 2014/15 yang menganimasikan logo klub-klub peserta, beserta makna yang terkandung di dalamnya. Dalam kesempatan kali ini, pihak Republik membuat artikel bertopik serupa di mana kali ini liga yang diangkat adalah Liga Primer Inggris (English Premier League; EPL) musim 2015/16.

Sebelum kita membahas soal videonya, ada baiknya kita bahas sedikit mengenai EPL. EPL, atau dikenal juga dengan nama lain Barclays Premier League karena disponsori oleh perusahaan Barclays, merupakan kasta tertinggi dari sepak bola Inggris. Liga ini baru mulai digulirkan pada tahun 1992 untuk menggeser Liga Divisi Pertama (First Division) yang sebelum tahun 1992 merupakan kasta tertinggi dalam piramida sepak bola Inggris. Sekarang, EPL merupakan salah satu liga terpopuler di dunia & disaksikan oleh ratusan juta orang setiap pekannya.

Kembali ke soal video. Di bagian sebelum sesi Pratinjau (Preview), ada video yang menganimasikan logo dari masing-masing klub peserta. Nah, video inilah yang akan pihak Republik bahas dalam kesempatan kali ini. Untuk melihat videonya, silakan mengklik gambar di bawah. Pihak Republik juga sudah mencantukan detik per detik bagian yang dibahas supaya para pengunjung mudah mengikutinya.



(klik untuk melihat video)



MENIT 00.02 - 00.03 : ARSENAL

Bagian ini menampilkan gambar bola yang berubah bentuk menjadi logo Arsenal & kemudian diikuti dengan munculnya beberapa meriam yang berdentum ke segala arah. Gambar meriam digunakan oleh Arsenal karena klub tersebut awalnya didirikan oleh para pekerja di gudang senjata milik Kerajaan Inggris di Woolwich, London selatan. Untuk alasan yang sama, klub yang bersangkutan menggunakan nama "Arsenal" yang secara harfiah berarti "gudang senjata".



MENIT 00.04 - 00.05 : CHELSEA

Bagian ini menampilkan logo klub Chelsea dengan sepasang bendera berlogo Chelsea di sampingnya & sepasang bunga berwarna merah di depannya. Bendera merupakan salah satu atribut yang biasa digunakan oleh suporter klub, sehingga bendera bisa diartikan sebagai suporter Chelsea yang selalu setia mendukung timnya. Dua bunga merah yang muncul di depan logo adalah bunga mawar, yang merupakan simbolisasi dari Inggris selaku negara tempat Chelsea bermarkas.



MENIT 00.06 : NEWCASTLE UNITED

Bagian ini menampilkan logo Newcastle yang terletak di depan menara batu yang kemudian berubah wujud menjadi burung-burung yang beterbangan. Menara tersebut adalah menara pertahanan (keep) yang didirikan pada abad ke-12 untuk melindungi perbatasan utara Kerajaan Inggris. Sementara burung-burung yang muncul sesudahnya adalah burung murai batu (magpie). Alasan kenapa burung-burung tersebut ditampilkan pada animasi logo Newcastle adalah karena Newcastle memiliki nama julukan "The Magpies" sebagai akibat dari seragamnya yang berwarna hitam & putih - mirip dengan warna burung murai batu.



MENIT 00.07 - 00.08 : WEST HAM UNITED

Bagian ini menampilkan logo klub West Ham dengan bangunan berbentuk kastil & sepasang palu raksasa yang saling bersilangan di belakangnya. Palu menyimbolkan asal-muasal klub ini, di mana West Ham didirikan oleh para pekerja pabrik kapal Thames Ironworks & Shipbuilding, & palu merupakan salah satu alat yang lazim digunakan dalam pekerjaan pabrik. Sementara bangunan berbentuk kastil adalah Green Street House, sebuah bangunan lokal yang didirikan pada abad ke-16.



Cuplikan video yang menampilkan
logo Everton.
MENIT 00.09 : EVERTON

Bagian ini menampilkan logo Everton dengan ranting berdaun & menara beratap kerucut di belakangnya. Ranting tersebut adalah ranting daun salam & ditambahkan pada logo klub untuk menyimbolkan kemenangan. Sementara bangunan menara kerucut tersebut aslinya adalah Menara Pangeran Rupert (Prince Rupert's Tower), sebuah bangunan peninggalan abad ke-18 di Liverpool yang pada masa itu difungsikan sebagai penjara sementara.



MENIT 00.10 - 00.11 : NORWICH CITY

Bagian ini menampilkan sangkar burung yang kemudian berubah menjadi logo Norwich yang berotasi. Burung tersebut adalah burung kenari & alasan kenapa burung kenari digunakan dalam logo Norwich adalah karena kenari merupakan salah satu hewan yang terkenal dari kawasan Norwich. Di kalangan penggemar burung kicau, burung kenari Norwich / kenari John Bull adalah burung yang cukup terkenal berkat penampilan fisiknya yang unik & gempal.

NB : 
Walaupun menampilkan klub berlogo burung, suara latar belakang yang muncul justru adalah suara raungan harimau. Untuk yang bingung, suara tersebut aslinya merupakan suara harimau dalam logo klub Hull City yang di akhir musim lalu harus terdegradasi ke kasta kedua Liga Inggris. Entah disengaja atau tidak, walaupun video untuk Liga Primer Inggris musim ini sudah diubah dengan menyesuaikan klub-klub peserta terkini, video yang sama masih menggunakan suara latar musim lalu yang masih menampilkan klub Hull.



MENIT 00.12 - 00.13 : BOURNEMOUTH

Bagian ini menampilkan animasi logo Bournemouth berupa orang yang sedang menyundul bola & buah ceri di sekeliling perisai logo. Gambar orang menyundul bola mengilustrasikan status Bournemouth sebagai klub sepak bola. Sementara buah ceri menunjukkan julukan klub ini : The Cherries (Buah-Buah Ceri). Ada 2 versi mengenai asal-muasal julukan "The Cherries". Versi pertama menyatakan kalau julukan tersebut muncul karena Bournemouth menggunakan warna seragam merah. Sementara versi kedua menyatakan kalau julukan "The Cherries" muncul karena stadion Bournemouth terletak di dekat kebun ceri.



MENIT 00.13 - 00.15 : WATFORD

Bagian ini menampilkan logo Watford dengan sepasang tanduk rusa & beberapa simbol bingkai segi lima di sekelilingnya. Unsur-unsur yang jelas diambil dari logo klub yang bersangkutan. Simbol kepala rusa jantan dalam logo Watford sendiri terinspirasi dari lambang kota Hertfordshire, kota yang menjadi markas klub Watford (lihat lambang).



MENIT 00.16 - 00.17 : LIVERPOOL

Bagian ini menampilkan logo Liverpool dengan sepasang api yang menyala & sulur-sulur berwarna kehitaman di bawahnya. Api tersebut adalah api abadi di dalam Stadion Anfield yang dibangun untuk mengenang para suporter Liverpool yang tewas dalam Tragedi Hillsborough di tahun 1989. Sementara apa yang terlihat seperti sulur aslinya adalah ornamen kawat yang terdapat pada Gerbang Shankly, di mana Shankly atau lengkapnya Bill Shankly merupakan nama dari pelatih legendaris Liverpool pada dekade 1960 hingga 1970-an.



MENIT 00.18 - 00.19 : LEICESTER CITY

Bagian ini menampilkan seekor rubah yang melompati sebuah lubang berbentuk bunga & lubang tersebut lalu berubah menjadi logo klub Leicester. Rubah digunakan dalam simbol Leicester karena Leicestershire - daerah markas klub Leicester - terkenal sebagai daerah yang kerap digunakan sebagai arena berburu rubah. Sementara motif bunga diambil dari lambang keluarga Beaumont, keluarga bangsawan penguasa Leicestershire di abad ke-11.



MENIT 00.20 - 00.21 : ASTON VILLA

Cuplikan video yang menampilkan
logo Aston Villa.
Bagian ini menampilkan sejumlah logo Aston Villa yang bersatu membentuk formasi tempurung kura-kura (testudo) & kemudian dihujani oleh bola sepak dari segala arah. Perisai merupakan salah satu peralatan perang yang lazim dibawa oleh prajurit di era Romawi Kuno. Ketika menghadapi serangan jarak jauh semisal hujan anak panah, salah satu formasi yang lazim digunakan oleh prajurit di masa itu adalah testudo. Jika disambungkan dengan video logo Aston Villa, perisai logo Aston Villa yang membentuk testudo & dihujani bola sepak menggambarkan perjuangan Aston Villa ketika menghadapi lawan-lawannya di Liga Inggris.



MENIT 00.21 - 00.22 : WEST BROMWICH ALBION

Bagian ini menampilkan logo West Brom dengan sulur-sulur tanaman yang muncul di bawah logo & tepi layar. Sulur tersebut diambil dari gambar tanaman yang menjadi tempat burung di dalam logo West Brom bertengger. Burung di dalam logo tersebut adalah burung murai, sementara sulur di logo yang sama adalah sulur tanaman hawthorn (sejenis tanaman berduri yang masih memiliki kekerabatan dengan tanaman mawar). Nama "hawthorn" juga digunakan oleh klub West Brom untuk menamai stadionnya.



MENIT 00.23 - 00.24 : SOUTHAMPTON

Bagian ini menampilkan lingkaran cahaya yang bergerak dari bawah ke atas yang kemudian diikuti dengan munculnya logo Southampton & bangunan berbentuk gereja di belakangnya. Lingkaran cahaya tersebut adalah halo & sering digambarkan berada di atas kepala malaikat serta orang-orang suci. Kalau untuk kasus logo Southampton, halo tersebut digambar di atas bola sepak yang terletak di bagian atas logo. Sementara bangunan menyerupai gereja adalah Gereja Saint Mary karena Southampton awalnya didirikan oleh para pengelola Gereja St. Mary.



MENIT 00.25 - 00.26 : MANCHESTER CITY

Bagian ini menampilkan elang pada logo Man. City yang sedang mengepakkan sayapnya & kemudian 3 buah bintang melayang dari belakang untuk berhenti tepat di atas kepala elang. Simbol 3 bintang tersebut tidak memiliki makna apa-apa & keberadaannya murni untuk hiasan semata. Sementara logo elang diambil dari lambang kota Manchester yang dibuat pada tahun 1958 (lihat foto). Menariknya, Manchester United selaku tim tetangga sekaligus rival City juga sempat menggunakan simbol elang yang sama untuk logo klubnya ketika mereka tampil di final Piala FA 1958.



MENIT 00.27 - 00.28 : SUNDERLAND

Bagian ini menampilkan logo Sunderland dengan bangunan berpilar di latar belakangnya. Bangunan berpilar tersebut adalah Monumen Penshaw, sebuah bangunan yang didirikan pada tahun 1844 di Bukit Penshaw, Sunderland, untuk mengenang wafatnya John Lambton 4 tahun sebelumnya. Lambton adalah politikus merangkap bangsawan yang berasal dari daerah Durham di Inggris timur laut di mana Sunderland termasuk ke dalam daerah yang bersangkutan. Gambar monumen yang sama bisa dilihat pada perisai logo Sunderland di bagian pojok kiri atas.



MENIT 00.29 - 00.30 : SWANSEA CITY

Bagian ini menampilkan lambang Swansea yang dikelilingi oleh mahkota bulu-bulu angsa. Penggunaan bulu angsa digunakan jelas karena Swansea menggunakan logo angsa & klub yang bersangkutan juga memiliki nama yang bernuansa angsa (swan)



MENIT 00.31 : TOTTENHAM HOTSPUR

Cuplikan video yang menampilkan
logo Tottenham.
Bagian ini menampilkan logo Tottenham yang berbayang & kemudian dikelilingi oleh beberapa patung putih berbentuk logo Tottenham yang membentuk barisan ganda layaknya pasukan kehormatan (guard of honour). Patung-patung tersebut membentuk formasi penghotmatan yang lazimnya digunakan oleh militer Inggris karena nama "Hotspur" pada klub ini diambil dari nama Harry Hotspur / Henry Percy. Bangsawan yang membantu melindungi perbatasan Kerajaan Inggris & Skotlandia pada abad ke-14.

Hotspur memiliki kebiasaan memakai sepatu bertaji logam ketika menaiki kuda. Karena lokasinya yang sama-sama terletak di kaki, Tottenham memakai logo ayam jantan dengan taji (spur) yang terlihat jelas. Belakangan, Tottenham memodifikasi logonya menjadi ayam yang bertengger di atas bola setelah salah satu mantan pemain Tottenham yang bernama William Scott membuat patung dengan desain demikian. Patung tersebut kemudian diletakkan di atas stadion & diadopsi menjadi lambang klub.



MENIT 00.32 : CRYSTAL PALACE

Bagian ini menampilkan logo Crystal Palace di depan bangunan berdinding kaca. Bangunan tersebut adalah Istana Kaca (Crystal Palace), gedung pameran raksasa di Hyde Park, London, yang didirikan pada pertengahan abad ke-19 sebelum kemudian dihancurkan seutuhnya pada tahun 1941 karena sebelumnya pernah dilanda kebakaran hebat. Dari gedung itu pula, klub yang bersangkutan memperoleh nama sekaligus logonya. Sementara gambar elang & bola terinspirasi dari klub Benfica yang bermarkas di Portugal.



MENIT 00.33 00.34 : STOKE CITY

Bagian ini menampilkan logo Stoke di depan sepasang cerobong raksasa. Cerobong tersebut adalah cerobong pabrik tembikar & keramik. Sekedar info, Stoke-On-Trent yang merupakan kota tempat Stoke bermarkas merupakan kota yang terkenal akan industri gerabahnya. Karena alasan yang sama, Stoke memiliki nama julukan "The Potteries" (Para Pengrajin Tembikar).



MENIT 00.35 : MANCHESTER UNITED

Bagian ini menampilkan beberapa tongkat trisula yang jatuh dari langit & menimbulkan kobaran api, sebelum kemudian logo Manchester United (MU) muncul di belakangnya. Kobaran api & trisula merupakan dramatisasi dari sosok setan yang ada di dalam logo MU. MU sendiri mulai menggunakan gambar setan yang memegang trisula pada logonya sejak dekade 1960-an di mana awalnya, MU melakukan tur ke Perancis & media setempat yang menaruh kekaguman pada permainan MU lantas menjuluki MU sebagai "Les Diables Rouges" (Si Setan Merah). Julukan tersebut lalu dijadikan inspirasi oleh MU untuk mengubah logonya.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

AFC Bournemouth - AFC Bournemouth history
Alnwick Castle - Harry Hotspur Exhibition
Arseweb - The History of Arsenal Football Club
British History Online - East Ham : Manors and estates
Dictionary.com - Testudo
Evening Standard - Facelift for Crystal Palace's 'Benfica eagle'
Everton Footbal Club - History Of The Crest
Famous Logos - Chelsea Logo
Guardian - The most unlikely footbal bet to come off
Historic Football Kits - West Bromwich Albion
KenariMerah.com - Ciri-Ciri Kenari Norwich
Leicestershire County Council - The Arms of Leicestershire
On Goals Scored - The Lion, the Bird, and the Seahorse
RCDHN - Penshaw Monument history
Spartacus Educational - The History of West Ham United
Sportskeeda - Know your club - Why Manchester United are....
Watford Football Club - History : Badges of Honour
Wikipedia - List of football club nicknames in the United Kingdom
Wikipedia - Premier League 
Wikipedia - St. Mary's Church, Southampton
- . 2008. "Crystal Palace". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.
- . 2008. "Stoke-on-Trent". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.
Smith, T.. 2008. "United, the Eagle and the Myth of the Phoenix". (file PDF)



COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar




Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi, silakan tinggalkan komentar anda mengenai artikel ini selama tidak mengandung unsur spam, provokasi SARA, & kata-kata kasar. Komentar yang baru dibuat tidak akan langsung muncul karena akan diperiksa terlebih dahulu.

Jika anda tertarik untuk mencetak / menyimpan artikel ini, silakan menuju "Pusat Logistik" yang terletak di bagian kanan halaman ini.

Baca aturan pakai. Jika kebingungan berlanjut, tinggalkan pesan di kotak komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.