FAUNA       SEJARAH       HIBURAN    •     Cari Artikel →

Makna Bendera Negara-Negara Amerika Selatan




Lokasi dari Amerika Selatan (warna merah) di peta dunia. (Sumber)

Amerika Selatan - sesuai namanya - merujuk pada wilayah bagian selatan Benua Amerika. Di benua inilah, terdapat bentang-bentang alam yang spektakuler. Sebagai contoh, sungai raksasa Amzon beserta hutannya yang juga raksasa terletak di benua ini. Pegunungan Andes yang merupakan salah 1 barisan pegunungan terpanjang juga berlokasi di benua ini. Di bagian selatan, terdapat Gurun Atacama yang dikenal sebagai salah 1 gurun terkering di dunia. Lokasinya yang memanjang di belahan bumi selatan juga membuat Amerika Selatan menjadi benua dengan lokasi terdekat dengan Antarktika, benua paling selatan yang selalu diselimuti es sepanjang waktu.

Bersama dengan Amerika Tengah, wilayah Amerika Selatan kerap disebut sebagai "Amerika Latin" karena bahasa Spanyol & Portugal selaku bahasa mayoritas penduduk di wilayah terkait memiliki kaitan erat dengan bahasa Latin selaku bahasa Romawi Kuno. Ada 12 negara berdaulat yang menyusun Amerika Selatan & memiliki bendera nasionalnya masing-masing. Sejumlah negara seperti Argentina & Uruguay serta Ekuador & Kolombia memiliki penggunaan atribut & warna yang terkait 1 sama lain. Penasaran mengapa bisa demikian? Silakan pengunjung melanjutkan ke segmen berikutnya sambil melihat apa makna dari bendera negara-negara Amerika Selatan yang lain.



ARGENTINA

Negara rival Inggris dalam sengketa Kepulauan Falkland. Bendera Argentina menampilkan motif biru muda-putih-biru muda horizontal dengan simbol matahari berwajah manusia di bagian tengahnya. Simbol matahari tersebut adalah "Matahari Mei" (Sol de Mayo), personifikasi dari peristiwa Revolusi Mei yang menjadi titik awal dari perang kemerdekaan Argentina. Warna biru muda & putih tidak memiliki makna yang spesifik selain fakta bahwa di masa perang kemerdekaan Argentina, kelompok pejuang kemerdekaan menggunakan warna biru muda & putih untuk membedakan kelompoknya dari kelompok pro-Spanyol yang biasanya menggunakan atribut berwarna merah.



BOLIVIA

Negara Amerika Selatan yang mendapatkan namanya dari Simon Bolivar, tokoh pejuang kemerdekaan negara-negara Amerika Selatan di masa kekuasaan Spanyol. Bendera Bolivia menampilkan motif merah-kuning-hijau yang tersusun secara horizontal dengan lambang negara Bolivia di bagian tengahnya. Warna merah menyimbolkan darah para pejuang Bolivia yang gugur. Warna kuning menyimbolkan sumber daya alam & barang tambang Bolivia yang melimpah. Warna hijau menyimbolkan tanah Bolivia yang subur.



BRAZIL

Negara terbesar & terpadat di Amerika Selatan. Bendera Brazil menampilkan warna hijau dengan motif wajik berwarna kuning di bagian tengahnya. Di dalam motif wajik tersebut, terdapat gambar lingkaran biru dengan garis putih yang melintang & gugusan bintang yang juga berwarna putih. Di bagian garis putih yang sama, terdapat tulisan "Ordem e Progresso" (Tertib & Berkembang) yang aslinya merupakan semboyan negara Brazil. Warna hijau menyimbolkan tanah Brazil yang subur, sementara warna kuning menyimbolkan kandungan sumber daya alam & barang tambang di dalam tanah Brazil. Warna biru & putih menyimbolkan ikatan historis Brazil dengan Portugal karena kedua warna tersebut dapat ditemukan di lambang negara Portugal di era kerajaan. Simbol bintang menyimbolkan negara-negara bagian Brazil yang direka ulang sebagai rasi bintang.



CHILI


Negara dengan garis pantai terpanjang di pantai barat Amerika Selatan. Bendera Chili menampilkan motif putih-merah yang tersusun secara horizontal. Di bagian pojok kiri atas, terdapat motif persegi berwarna biru tua dengan simbol bintang putih di dalamnya. Ada beberapa penjelasan mengenai makna dari warna-warna dalam bendera Chili. Namun menurut versi yang paling populer, warna putih menyimbolkan salju Pegunungan Andes, warna biru menyimbolkan langit & samudera, warna merah menyimbolkan darah para pejuang Chili yang gugur, & simbol bintang menyimbolkan kebajikan rakyat Chili.



EKUADOR


Negara Amerika Selatan yang mendapatkan nama demikian karena wilayahnya dilewati garis ekuator / khatulistiwa. Bendera Ekuador menampilkan warna kuning-biru-merah yang tersusun secara horizontal di mana bidang yang berwarna kuning luasnya sama dengan bidang biru & merah yang digabungkan. Di bagian tengah bendera, terdapat simbol yang tidak lain merupakan lambang negara Ekuador. Selain lambang negara, bendera Ekuador memiliki desain yang serupa dengan latar belakang bendera Kolombia & Venezuela. Fenomena yang bisa terjadi karena di masa silam, ketiga negara tersebut memang pernah bersatu dengan nama "Gran Colombia". Mengenai makna & asal-muasal 3 warna dalam bendera-bendera terkait, silakan pengunjung melihat segmen bendera Kolombia.



GUYANA

Satu-satunya negara Amerika Selatan yang merupakan bekas jajahan Inggris tepat sebelum memperoleh kemerdekaannya. Bendera Guyana memiliki simbol berbentuk huruf V raksasa yang terpasang secara melintang. Simbol V tersebut memiliki warna kuning dengan garis tepi berwarna hitam di bagian kanan & warna putih di bagian kiri. Bidang yang terletak di sebelah kiri simbol huruf V tadi berwarna merah, sementara yang ada di bagian atas & bawah berwarna hijau. Warna hijau menyimbolkan tanah Guyana yang subur. Warna merah menyimbolkan kemauan rakyat Guyana untuk berkorban demi kemajuan negaranya. Warna hitam menyimbolkan ketekunan. Warna kuning menyimbolkan masa depan yang cerah & bidang yang berwarna kuning didesain memiliki bentuk huruf V agar terlihat seperti anak panah yang lazim digunakan penduduk tradisional pribumi Guyana.



KOLOMBIA

Negara Amerika Selatan yang berbatasan langsung dengan Amerika Tengah. Bendera Kolombia menampilkan warna kuning-biru-merah yang tersusun secara horizontal di mana bidang yang berwarna kuning luasnya sama dengan bidang biru & merah yang digabungkan. Motif bendera demikian pertama kali dicetuskan oleh Fransisco Miranda, salah satu tokoh dalam perang kemerdekaan Kolombia. Menurut Miranda, warna kuning menyimbolkan kehangatan & kemuliaan, warna biru menyimbolkan keseimbangan antara kegembiraan & ketenangan, sementara warna merah menyimbolkan keagungan sekaligus gabungan antara 2 warna tadi. Bendera tersebut pertama kali dikibarkan ketika Kolombia masih menyatu dengan Ekuador & Venezuela sebagai Gran Colombia. Ketika Gran Colombia akhirnya mengalami pembubaran, warna benderanya diadopsi oleh negara-negara pecahannya.



PARAGUAY

Bendera Paraguay versi depan.
Negara Amerika Selatan yang diapit oleh Brazil, Argentina, & Bolivia. Bendera Paraguay memiliki keunikannya tersendiri karena memiliki 2 versi : versi depan & versi belakang. Kedua versi tersebut sama-sama terdiri dari warna merah, putih, & biru yang tersusun secara horizontal. Bedanya adalah jika versi depan menampilkan lambang negara Paraguay berupa lingkaran dengan simbol bintang kuning di bagian tengah bendera, maka versi belakang menampilkan lambang institusi bendahara negara yang berupa lingkaran dengan gambar singa & tongkat bertopi (lihat gambar). Warna merah pada bendera menyimbolkan patriotisme & keberanian. Warna putih menyimbolkan kemurnian & perdamaian. Warna biru menyimbolkan pengetahuan & kebebasan.



PERU

Negara Amerika Selatan yang beribukota di Lima. Bendera Peru menampilkan warna merah-putih-merah yang tersusun secara vertikal dengan lambang negara Peru di bagian tengahnya. Warna merah menyimbolkan darah para pejuang nasional Peru, sementara warna putih menyimbolkan kemurnian. Sementara di perisai lambang negara Peru, terdapat gambar vikuna & pohon cinchoana di bagian atas (keduanya merupakan fauna & flora khas Peru), serta gambar irisan tanduk yang terisi oleh koin logam mulia di bagian bawah sebagai simbolisasi tanah Peru yang kaya akan barang tambang.



SURINAME

Negara Amerika Selatan yang pernah menjadi koloni Belanda hingga tahun 1975. Bendera Suriname menampilkan motif warna hijau-putih-merah-putih hijau yang tersusun secara horizontal. Bidang yang berwarna merah merupakan bidang yang paling lebar, sementara bidang berwarna putih merupakan bidang yang paling sempit. Di bagian tengah bendera, terdapat simbol bintang kuning yang menyimbolkan persatuan & masa depan Suriname yang cerah. Warna hijau menyimbolkan hutan & tanah subur Suriname. Warna putih menyimbolkan keadilan & kemerdekaan. Warna merah menyimbolkan semangat generasi muda.



URUGUAY

Negara Amerika Selatan yang juga merupakan negara pertama yang menjuarai Piala Dunia di tahun 1930. Bendera Uruguay menampilkan warna latar belakang putih dengan garis-garis horizontal berwarna biru berjumlah 4. Di bagian pojok kiri atas bendera, terdapat simbol matahari berwajah manusia. Warna biru, putih, & simbol matahari diambil dari bendera Argentina karena di masa silam, Uruguay merupakan salah 1 provinsi Argentina. Garis putih & biru yang menyusun bendera Uruguay berjumlah total 9 buah & garis-garis tersebut menyimbolkan 9 provinsi Uruguay di awal mula berdirinya.



VENEZUELA

Negara Amerika Selatan yang menjadi lokasi dari air terjun Angel, air terjun tertinggi di dunia. Bendera Venezuela menampilkan warna kuning, biru, & merah yang tersusun secara horizontal dengan 8 simbol bintang putih yang membentuk pola setengah lingkaran di bagian tengah bendera. Warna-warna tadi diambil dari warna bendera Gran Colombia, negara pendahulu Venezuela. Sementara bintang menyimbolkan 7 provinsi Venezuela yang terlibat dalam deklarasi kemerdekaan & bekas provinsi Guayana. Sebelum tahun 2006, Venezuela menggunakan bendera bermotif  7 bintang & bendera dengan motif demikian masih kerap digunakan oleh rakyat Venezuela yang menolak kebijakan Hugo Chavez - presiden Venezuela di masa itu - perihal penggantian bendera & lambang negara.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

Flags of the World - Bolivia
Flags of the World - Chile
Flags of the World - Ecuador
Flags of the World - Paraguay
Wikipedia - Flag of Brazil
Smith, W.. 2008. "Argentina, flag of". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.
Smith, W.. 2008. "Guyana, flag of". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.
Smith, W.. 2008. "Peru, flag of". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS. 
Smith, W.. 2008. "Suriname, flag of". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.
Smith, W.. 2008. "Venezuela, flag of". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.



COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

5 komentar:

  1. gan kayaknya bentuk matahari Argentina sama Uruguay kayak agak beda gan,yang Uruguay bentuknya lucu sama motif sinar nya beda sama Argentina yang garis garisnya tegak,sama Ekuador,Venezuela dan Kolombia itu siapa yang pertama menggunakan bendera warna kuning,biru dan merah gan (mengingat bukanya semua negara ini dulunya mantan anggota Gran Colombia)
    kevinharahap05

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bentuk mataharinya memang beda, tapi embrionya sama karena simbol matahari tersebut sama-sama merujuk kepada simbol Matahari Mei (Sol de Mayo). Kalau soal siapa pengguna bendera kuning-biru-merah pertama di antara 3 negara tadi, jawabannya bisa dibilang tidak ada karena ketiganya merdeka secara serempak tepat setelah Gran Colombia dibubarkan.

      Hapus
  2. aku mau bertanya apakah ada hubungan antara matahari pada bendera philipina dengan matahari pada bendera argentina-uruguay mengingat 3 negara tersebut merupakan mantan koloni spanyol dan mengapa bolivia tidak dimasukkan kedalam negara gran colombia mengingat pada saat kemerdekaan bolivia, pemimpin gran colombia simon bolivar membantu negara tersebut lepas dari kolonial spanyol

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada. Penggunaan simbol matahari dalam bendera Filipina & Uruguay-Argentina murni kebetulan semata. Dalam banyak kultur, simbol matahari itu merupakan simbol universal mengenai optimisme & harapan baik karena manusia umumnya memulai aktivitasnya ketika matahari terbit.

      Perihal Bolivia, Bolivia tidak dimasukkan ke dalam Gran Colombia karena Gran Colombia dibentuk dari wilayah bekas koloni Nueva Granada. Sementara Bolivia awalnya termasuk dalam koloni Rio de la Plata. Bolivar memang memiliki rencana jangka panjang untuk menyatukan bekas koloni Spanyol di Amerika Latin dalam 1 pemerintahan. Tapi karena konflik antara sesama tokoh militer pasca mundurnya Spanyol & hilangnya musuh bersama, rencananya jadi tidak bisa terealisasi.

      Hapus
  3. Oh ternyata gambar irisan tanduk toh (Peru), dikirain gambar sarang lebah atau binatang apa gitu.
    Makasih gan telah menghilangkan kekepoan saya :>

    BalasHapus




Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi, silakan tinggalkan komentar anda mengenai artikel ini selama tidak mengandung unsur spam, provokasi SARA, & kata-kata kasar. Komentar yang baru dibuat tidak akan langsung muncul karena akan diperiksa terlebih dahulu.

Jika anda tertarik untuk mencetak / menyimpan artikel ini, silakan menuju "Pusat Logistik" yang terletak di bagian kanan halaman ini.

Baca aturan pakai. Jika kebingungan berlanjut, tinggalkan pesan di kotak komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.