FAUNA       SEJARAH       HIBURAN    •     Cari Artikel →

Makna Bendera Negara-Negara Asia Tenggara




Peta Asia Tenggara.

Asia Tenggara adalah sebutan untuk wilayah di Benua Asia yang - sesuai namanya - terletak di wilayah tenggara, atau tepatnya di sebelah utara Benua Australia. Selama berabad-abad, wilayah Asia Tenggara merupakan salah 1 wilayah terpenting di dunia sebagai akibat dari posisinya yang strategis di antara jalur dagang yang menghubungkan Asia Timur dengan Samudera Hindia. Bukan hanya itu, dari wilayah ini pulalah komoditas-komoditas berharga mahal di masa silam seperti rempah-rempah & kopi berasal.

Sebagai akibat dari lokasinya yang berada di sekitar garis khatulistiwa & diapit oleh 2 samudera, negara-negara Asia Tenggara pun memiliki iklim yang tropis & tanah yang subur akibat tingginya curah hujan. Hal tersebut lantas menjadi alasan mengapa masih banyak penduduk di kawasan pedesaan Asia Tenggara yang menggantungkan hidupnya dari bercocok tanam. Total, ada 11 negara berdaulat yang bertempat di Asia Tenggara & memiliki atribut khasnya masing-masing, tak terkecuali bendera. Jadi sesuai dengan judulnya, artikel kali ini akan mengulas lebih dalam mengenai makna bendera masing-masing negara.



BRUNEI

Negara monarki termakmur di Asia Tenggara. Bendera Brunei menampilkan garis lebar berwarna putih & hitam yang melintang dari bagian kiri atas hingga kanan bawah bendera. Sementara di bagian atas & bawah kedua garis tadi, terdapat bidang berwarna kuning. Di bagian tengah bendera, terdapat simbol-simbol berwarna merah yang diambil dari lambang negara Brunei. Warna bidang kuning menyimbolkan sultan, sementara warna hitam & putih melambangkan menteri-menteri tertinggi Brunei. Dari aspek kultural, warna kuning digunakan karena warna tersebut lazim digunakan oleh kerajaan-kerajaan Melayu di Asia Tenggara.

Lambang negara Brunei menampilkan bulan sabit di atas pita & diapit oleh sepasang tangan yang menengadah ke atas. Di bagian atas bulan sabit, terdapat simbol menyerupai tiang bersayap yang aslinya adalah payung kesultanan. Bulan sabit menyimbolkan Islam selaku agama resmi Brunei, sementara payung menyimbolkan keluarga kesultanan. Tangan menyimbolkan sultan Brunei yang siap menjaga & memakmurkan rakyatnya. Tulisan Arab pada bulan sabit menampilkan slogan resmi Brunei, yaitu "Sentiasa membuat kebajikan dengan petunjuk Allah". Sementara tulisan Arab pada bagian pita menampilkan nama resmi negara terkait : Brunei Darussalam.



FILIPINA

Negara kepulauan terbesar kedua di Asia Tenggara. Bendera Filipina menampilkan bidang berwarna putih & berbentuk segitiga sama sisi di bagian kiri. Di dalam bidang segitiga tersebut, terdapat simbol matahari & 3 bintang berwarna kuning. Di sebelah kanan bidang segitiga, terdapat bidang berwarna biru & merah yang tersusun secara horizontal. Matahari menyimbolkan era baru, sementara 8 garis pada matahari menyimbolkan 8 provinsi yang memberontak ketika Filipina masih dikuasai oleh Spanyol. Tiga bintang menyimbolkan 3 daerah utama Filipina : Luzon (utara), Visayas (tengah), & Mindanao (selatan).

Bidang segitiga menyimbolkan Katipunan, kelompok pejuang kemerdekaan Filipina di akhir abad ke-19. Sementara warna putih menyimbolkan perdamaian & kemakmuran. Warna merah menyimbolkan keberanian, sementara warna biru menyimbolkan kemuliaan. Bendera Filipina dengan desain seperti ini pertama kali dikibarkan pada tahun 1898, tahun di mana pasukan Katipunan sedang terlibat konflik dengan pasukan kolonialis Spanyol. Di masa perang, warna merah berada di posisi atas. Ketika perang berakhir, warna biru yang ditempatkan di posisi paling atas.



INDONESIA

Negara terbesar di Asia Tenggara, sekaligus negara kepulauan terbesar di dunia. Bendera Indonesia terdiri dari bidang berwarna merah & putih yang tersusun secara horizontal. Dibandingkan bendera-bendera negara Asia Tenggara lainnya, bendera Indonesia memiliki desain yang paling sederhana karena menampilkan 2 motif warna tanpa tambahan simbol apa-apa. Warna merah menyimbolkan keberanian, sementara warna putih menyimbolkan kesucian. Bendera Indonesia memiliki desain warna yang serupa dengan bendera Monako, namun bendera Monako memiliki rasio yang lebih pendek sehingga bentuknya hampir menyerupai persegi



KAMBOJA

Negara Asia Tenggara yang menjadi lokasi Angkor Wat, kompleks candi Hindu terbesar di dunia. Bendera Kamboja menampilkan motif biru-merah-biru yang tersusun secara horizontal, di mana bidang berwarna merah berukuran lebih lebar daripada bidang berwarna biru. Di bagian tengah bendera, terdapat simbol berwarna putih yang aslinya merupakan ilustrasi mini bangunan-bangunan Angkor Wat. Warna biru menyimbolkan keluarga kerajaan. Warna merah menyimbolkan negara. Warna putih pada simbol Angkor Wat menyimbolkan agama. Jika ketiga warna tadi dikombinasikan, didapatlah makna kalau negara Kamboja & rakyatnya yang beragama berada di bawah naungan kerajaan.



LAOS

Negara Asia Tenggara yang tidak memiliki wilayah laut. Bendera Laos menampilkan motif merah-biru-merah yang tersusun secara horizontal, di mana bidang berwarna biru berukuran lebih lebar daripada bidang berwarna merah. Di bagian tengah bendera, terdapat simbol lingkaran putih. Warna merah menyimbolkan darah para pejuang yang gugur. Warna biru menyimbolkan Sungai Mekong yang membelah wilayah Laos. Lingkaran putih menyimbolkan bayangan pantulan bulan purnama di atas Sungai Mekong, sekaligus rakyat Laos yang komposisinya beragam namun hidup rukun.



MALAYSIA

Negara Asia Tenggara yang berbatasan langsung dengan Indonesia di Pulau Kalimantan. Bendera Malaysia menampilkan 14 garis putih & merah horizontal yang tersusun secara berselang-seling. Di bagian kiri atas, terdapat bidang persegi panjang berwarna biru & simbol bulan bintang yang berwarna kuning. Garis-garis merah & putih menyimbolkan 13 negara bagian & 1 wilayah persekutuan Malaysia (Kuala Lumpur, Labuan, & Putrajaya). Bulan bintang menyimbolkan Islam selaku agama mayoritas penduduk Malaysia. Warna merah menyimbolkan keberanian, warna putih menyimbolkan kesucian, sementara warna kuning pada simbol bulan bintang menyimbolkan sultan-sultan negara bagian Malaysia. Kombinasi warna merah, putih, & biru menyimbolkan ikatan erat antara Malaysia dengan negara-negara Persemakmuran.



MYANMAR

Negara Asia Tenggara yang terletak paling barat. Bendera Myanmar / Burma menampilkan motif kuning-hijau-merah yang tersusun secara horizontal. Di bagian tengah bendera, terdapat lambang bintang bersudut 5 yang berwarna putih. Bendera dengan desain ini sendiri diadopsi oleh Myanmar pada tahun 2010. Sebelum itu, Myanmar menggunakan bendera berwarna merah dengan bidang berwarna biru & simbol-simbol berwarna putih di bagian pojok kiri atasnya (lihat gambar). Warna kuning pada bendera yang digunakan sekarang menyimbolkan solidaritas, warna hijau menyimbolkan perdamaian, sementara warna merah menyimbolkan keberanian. Simbol bintang putih menyimbolkan persatuan rakyat Myanmar.



SINGAPURA

Negara Asia Tenggara yang paling kecil. Bendera Singapura memiliki desain yang serupa dengan bendera Indonesia karena sama-sama menampilkan motif merah-putih horizontal. Bedanya adalah pada bendera Singapura, terdapat simbol bulan sabit & bintang berjumlah 5 di bagian pojok kiri atasnya. Warna merah menyimbolkan persaudaraan. Warna putih menyimbolkan kesucian. Bulan sabit menyimbolkan Singapura selaku negara muda yang terus berkembang. Lima bintang menyimbolkan demokrasi, perdamaian, kemajuan, keadilan, & persamaan hak.



THAILAND

Negara Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah bangsa Eropa. Bendera Thailand menampilkan simbol merah-putih-biru-putih-merah yang tersusun secara horizontal. Bidang berwarna biru adalah bidang berukuran paling lebar, sementara bidang berwarna putih adalah yang paling sempit. Warna merah menyimbolkan darah & pengorbanan rakyat Thailand. Warna putih menyimbolkan Buddha selaku agama mayoritas penduduk Thailand. Warna biru menyimbolkan keluarga kerajaan. Posisi warna biru yang ada di tengah & dikelilingi warna-warna tadi mengilustrasikan bagaimana Thailand beserta elemen-elemen di dalamnya berada di bawah naungan kerajaan.



TIMOR LESTE

Negara Asia Tenggara yang paling muda & baru memperoleh kemerdekaannya pada tahun 2002 silam. Bendera Timor Leste menampilkan warna latar belakang merah dengan simbol segitiga kuning, segitiga hitam, & bintang putih yang tumpang tindih di bagian kiri bendera. Warna hitam menyimbolkan periode kelam akibat penjajahan bangsa-bangsa asing. Warna kuning menyimbolkan perjuangan memperoleh kemerdekaan. Warna merah menyimbolkan darah rakyat Timor Leste yang gugur. Bintang putih menyimbolkan harapan agar masa depan yang lebih baik.



VIETNAM

Negara Asia Tenggara yang menjadi arena dari Perang Vietnam yang fenomenal. Bendera Vietnam memiliki latar belakang berwarna merah dengan simbol bintang kuning bersudut 5 di bagian tengahnya. Warna merah menyimbolkan darah para pejuang revolusi. Sementara simbol bintang bersudut 5 menyimbolkan 5 kelas sosial rakyat Vietnam : kaum terdidik, petani, tentara, buruh, & pemuda. Penggunaan warna merah & simbol bintang tidak lepas dari fakta kalau pengusung bendera tersebut adalah kelompok komunis di Vietnam Utara, sementara elemen-elemen tadi lazim digunakan oleh kelompok-kelompok komunis di seluruh dunia.  -  © Rep. Eusosialis Tawon 



REFERENSI

BPCB Banda Aceh - Bendera Merah Putih Lambang....
Enchanted Learning - The Flag of Myanmar (Burma)
Flags of the World - Brunei
Flags of the World - Cambodia
Flags of the World - Laos
Flags of the World - Philippines
Jabatan Penerangan Malaysia - Bendera Malaysia
National Heritage Board - National Flag
World Atlas - Vietnam Flag and Description
Smith, W.. 2008. "Brunei, flag of". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.
Smith, W.. 2008. "East Timor, flag of". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.
Smith, W.. 2008. "Thailand, flag of". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.



COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar




Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi, silakan tinggalkan komentar anda mengenai artikel ini selama tidak mengandung unsur spam, provokasi SARA, & kata-kata kasar. Komentar yang baru dibuat tidak akan langsung muncul karena akan diperiksa terlebih dahulu.

Jika anda tertarik untuk mencetak / menyimpan artikel ini, silakan menuju "Pusat Logistik" yang terletak di bagian kanan halaman ini.

Baca aturan pakai. Jika kebingungan berlanjut, tinggalkan pesan di kotak komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.