FAUNA       SEJARAH       HIBURAN    •     Cari Artikel →

Makna Bendera Negara-Negara Afrika Timur




Suasana di pelabuhan Dar Es Salaam, Tanzania, salah satu
negara yang terletak di Afrika Timur. (Sumber)

Afrika Timur adalah sebutan untuk kawasan geografis yang - sesuai namanya - terletak di bagian timur Benua Afrika & berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Sejak Abad Pertengahan, Afrika Timur merupakan salah satu kawasan yang paling strategis karena berada dalam jalur dagang Hindia & Cina. Selain letak geografisnya, tidak ada definisi baku mengenai negara mana saja yang termasuk dalam zona Afrika Timur. Pihak Republik sendiri akan membatasi Afrika Timur sebagai zona dengan Eritea sebagai negara paling utaranya & Tanzania sebagai negara paling selatannya. Dan sesuai dengan judulnya, artikel kali ini akan mengulas makna dari bendera negara-negara setempat.




BURUNDI

Negara kecil Afrika Timur yang tidak memiliki wilayah laut, namun berbatasan langsung dengan danau raksasa Tanganyika. Bendera Burundi menampilkan motif tanda silang besar (saltire) berwarna putih. Di bagian tengah bendera, terdapat motif lingkaran yang juga berwarna putih dengan 3 simbol bintang berwarna merah. Bagian atas & bawah bendera diisi warna merah, sementara bidang kiri & kanannya diisi warna hijau. Warna putih menyimbolkan perdamaian, warna merah menyimbolkan darah para pejuang kemerdekaan, sementara warna hijau menyimbolkan harapan. Motif 3 bintang menyimbolkan 3 etnis utama Burundi : Hutu, Tutsi, & Twa.



DJIBOUTI

Negara Afrika Timur yang berseberangan langsung dengan Jazirah Arab di sebelah utara. Bendera Djibouti menampilkan motif segitiga putih & simbol bintang merah di bagian kiri dengan tambahan bidang berwarna biru & hijau muda di sebelah kanan yang tersusun secara horizontal. Simbol bintang melambangkan persatuan rakyat Djibouti. Warna putih melambangkan perdamaian. Warna hijau menyimbolkan kemakmuran, sementara warna biru menyimbolkan lautan. Warna hijau & biru juga memiliki makna tambahan di mana kedua warna tersebut secara berturut-turut menyimbolkan etnis Afar & Issa yang mendiami Djibouti.



ERITREA

Negara Afrika Timur yang dulunya merupakan bagian dari wilayah Ethiopia. Bendera Eritrea menampilkan motif segitiga panjang berwarna merah dengan simbol-simbol berunsur tanaman berwarna hijau terang di bagian kirinya. Sementara bidang di atas & bawah motif segitiga diisi oleh warna hijau & biru. Warna merah menyimbolkan darah para pejuang kemerdekaan. Warna hijau menyimbolkan kesuburan. Sementara warna biru menyimbolkan kekayaan laut. Simbol berunsur tanaman mengandung 30 helai daun untuk menunjukkan kalau perang kemerdekaan Eritrea berlangsung selama sekitar 30 tahun.



ETHIOPIA

Negara Afrika Timur yang juga merupakan salah satu negara tertua di dunia yang masih berdiri. Bendera Ethiopia menampilkan motif hijau-kuning-merah yang tersusun secara horizontal dengan tambahan simbol lingkaran biru & bintang kuning di bagian tengahnya. Dari sisi historis, rakyat Ethiopia sudah sejak lama mengidentikkan diri mereka dengan warna hijau-kuning-merah karena warna-warna tersebut terinspirasi dari pelangi yang muncul sesudah peristiwa banjir besar dalam kisah Injil. Kebetulan Ethiopia merupakan salah satu daerah pertama di Afrika yang menerima agama Kristen & hingga sekarang, agama Kristen merupakan agama mayoritas rakyat Ethiopia.

Pemerintah Ethiopia memiliki penjelasan resmi versinya sendiri mengenai makna warna-warna dalam bendera. Warna hijau menyimbolkan kesuburan & ketekunan. Warna kuning menyimbolkan harapan & keadilan sosial. Warna merah menyimbolkan pengorbanan. Warna biru dalam motif lingkaran menyimbolkan perdamaian. Lambang bintang kuning menyimbolkan persatuan rakyat Ethiopia, sementara garis sinar yang ada di sekitar bintang menyimbolkan masa depan cerah.



KENYA

Negara Afrika Timur yang belakangan kerap menjadi sasaran penyerangan kelompok ekstrimis Al-Shabaab yang berbasis di Somalia. Bendera Kenya menampilkan motif hitam-merah-hijau yang tersusun secara horizontal. Masing-masing bidang warna dipisahkan oleh garis tebal yang berwarna putih. Di bagian tengah bendera, terdapat gambar perisai oval dengan sepasang tombak yang saling menyilang di belakangnya. Warna hitam menyimbolkan penduduk pribumi Kenya. Warna merah menyimbolkan perjuangan memperoleh kemerdekaan. Warna hijau menyimbolkan tanah yang subur. Warna putih menyimbolkan persatuan & perdamaian Sementara gambar tameng & tombak melambangkan budaya khas Kenya karena benda-benda tadi merupakan senjata tradisional penduduk pribumi Kenya.



RWANDA

Negara Afrika Timur yang sempat menyita perhatian dunia karena menjadi arena genosida. Bendera Rwanda menampilkan motif biru-kuning-hijau yang tersusun secara horizontal di mana bidang yang berwarna biru berukuran 2 kali lebih lebar dibandingkan 2 bidang sebelumnya & memiliki tambahan gambar matahari kuning di bagian kanannya. Warna biru menyimbolkan kebahagiaan. Warna kuning menyimbolkan kemajuan ekonomi. Warna hijau menyimbolkan harapan & kemakmuran. Gambar matahari menyimbolkan persatuan & kejujuran. Jika warna-warna tadi dikombinasikan, didapat pula makna lain berupa matahari di langit biru yang menerangi hamparan tanah Rwanda,



SEYCHELLES

Negara Afrika Timur yang terdiri dari gugus kepulauan kecil. Bendera Seychelles menampilkan desain yang unik karena tidak seperti desain bendera kebanyakan yang umumnya memiliki komposisi simetris, bendera Seychelles menampilkan 5 bidang warna yang mengerucut ke pojok kiri bawah. Warna-warna yang menyusun bendera Seychelles sendiri terdiri dari warna biru (menyimbolkan langit & lautan), kuning, (menyimbolkan sinar matahari sumber kehidupan), merah (menyimbolkan rakyat & semangat mereka untuk maju), putih (menyimbolkan keadilan sosial), & hijau (menyimbolkan tanah). Desain mengerucut sendiri dipilih untuk menyimbolkan perjalanan Seychelles menyongsong masa depan.



SOMALIA

Negara Afrika Timur yang sekarang lebih dikenal dengan perang saudaranya. Bendera Somalia menampilkan warna biru muda dengan motif bintang putih bersudut 5 di tengah-tengahnya. Warna biru meminjam desain dari bendera PBB di mana dalam bendera Somalia, warna biru menyimbolkan langit & Samudera Hindia. Sementara simbol bintang bersudut 5 menyimbolkan etnis-etnis Somalia yang bermukim di Djibouti, Ethiopia, Kenya, koloni Somalia Inggris (Somalia utara), & koloni Somalia Italia (Somalia selatan).



SUDAN SELATAN

Negara Afrika Timur yang juga merupakan negara termuda di dunia. Bendera Sudan menampilkan motif segitiga biru dengan tambahan bintang kuning di bagian kiri benderanya. Sementara bagian bendera yang lain diisi oleh kombinasi warna hitam-merah-hijau yang tersusun secara horizontal & antar bidang warna dipisahkan oleh garis tebal berwarna putih. Warna hitam menyimbolkan rakyat Sudan Selatan. Warna merah menyimbolkan darah para pejuang kemerdekaan. Warna hijau menyimbolkan tanah yang subur. Warna putih menyimbolkan perdamaian & harapan akan masa depan yang cerah. Warna biru menyimbolkan Sungai Nil. Sementara logo bintang kuning yang juga disebut "Bintang Betlehem" menyimbolkan persatuan seluruh rakyat Sudan Selatan.



TANZANIA

Negara Afrika Timur yang namanya merupakan gabungan dari 2 daerah setempat : Tanganyika & Zanzibar. Bendera Tanzania menampilkan motif hijau-hitam-biru yang tersusun secara horizontal diagonal. Di antara masing-masing bidang warna, terdapat garis tebal berwarna kuning. Warna hijau menyimbolkan tanah subur Tanzania. Warna hitam menyimbolkan rakyat Tanzania. Warna biru menyimbolkan Samudera Hindia yang terletak di sebelah timur Tanzania. Warna kuning menyimbolkan barang tambang yang terkandung di Tanzania.



UGANDA

Negara Afrika Timur yang dulu sempat dipimpin oleh diktator nyentrik Idi Amin. Bendera Uganda menampilkan motif hitam-kuning-merah-hitam-kuning-merah yang tersusun secara horizontal. Di bagian tengah bendera, terdapat motif lingkaran berwarna putih dengan gambar burung. Warna hitam menyimbolkan status Uganda sebagai negara yang terletak di Afrika. Warna kuning menyimbolkan sinar matahari sekaligus Uganda yang selalu dipenuhi semangat & optimisme. Warna merah menyimbolkan darah & persatuan umat manusia. Sementara burung yang ada di tengah-tengah bendera adalah burung bangau berjambul (Balearica regulorum gibbericeps), fauna khas Uganda.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

Embassy of the Republic of Tanzania in Paris - National Symbols
Embassy of the Republic of Uganda - The Flag and the meaning
Flags of the World - Burundi
Flags of the World - Rwanda
Flags of the World - Seychelles
Flags of the World - Somalia
Maps of World - South Sudan Flag
Smith, W.. 2008. "Djibouti, flag of". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.
Smith, W.. 2008. "Eritrea, flag of". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.
Smith, W.. 2008. "Ethiopia, flag of". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.
Smith, W.. 2008. "Kenya, flag of". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.



COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar




Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi, silakan tinggalkan komentar anda mengenai artikel ini selama tidak mengandung unsur spam, provokasi SARA, & kata-kata kasar. Komentar yang baru dibuat tidak akan langsung muncul karena akan diperiksa terlebih dahulu.

Jika anda tertarik untuk mencetak / menyimpan artikel ini, silakan menuju "Pusat Logistik" yang terletak di bagian kanan halaman ini.

Baca aturan pakai. Jika kebingungan berlanjut, tinggalkan pesan di kotak komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.