FAUNA       SEJARAH       HIBURAN    •     Cari Artikel →

Devilman, Monster yang Menyimbolkan Kekejaman Perang




Devilman seperti yang terlihat dalam anime "Cyborg 009 vs. Devilman".

Devilman ("Debiruman" kalau menurut pengejaan Jepang) adalah nama dari manga buatan Go Nagai yang pertama kali diproduksi pada tahun 1972. Seperti yang terlihat pada judulnya, manga ini bercerita tentang seorang pemuda bernama Akira Fudo yang bisa berubah wujud menjadi setan / iblis. Akira kemudian memanfaatkan kekuatan barunya tersebut untuk bertarung melawan iblis-iblis lainnya demi melindungi umat manusia. Selain dalam wujud manga, Devilman juga diadaptasi ke media anime, film dengan pemeran manusia (live action), & video game.

Devilman dikenal sebagai salah satu manga paling berpengaruh pada masanya berkat popularitasnya yang tinggi & alur ceritanya yang tidak lazim. Sementara versi animenya dianggap menjadi salah satu faktor di balik meningkatnya posisi tawar anime di dunia penyiaran TV Jepang. Go Nagai selaku kreator Devilman sendiri dikenal sebagai salah satu tokoh paling berpengaruh dalam sejarah manga berkat karya-karyanya yang mendobrak pakem di masa itu. Sebagai contoh, manga buatannya yang berjudul "Harenchi Gakuen" merupakan salah satu manga pertama yang mempopulerkan unsur erotisme. Sementara karya lainnya yang berjudul "Mazinger Z" disebut-sebut sebagai alasan utama di balik meledaknya popularitas manga & anime bertema robot yang dipiloti manusia (mecha).



SEJARAH (VERSI DUNIA NYATA)

Gambar ilustrasi mengenai iblis
yang sedang dihukum di
Cocytus. (Sumber)
Kreator dari manga Devilman adalah Go Nagai. Penciptaan Devilman sendiri bermula ketika perusahaan Toei Animation menghubungi Go Nagai karena mereka ingin membuat seri anime bertema manusia iblis & mereka meminta Go Nagai membuatkan konsep ceritanya. Go Nagai menerima tawaran tersebut & hasilnya, terciptalah Devilman. Ide cerita Devilman sendiri adalah mengenai iblis yang berhibernasi dalam es & kemudian bangkit dari hibernasinya untuk kembali menguasai dunia. Menurut Go Nagai, ia membuat cerita demikian karena terinspirasi oleh tulisan Dante Alighieri - filsuf Italia dari abad ke-13 - yang berjudul "Inferno". Dikatakan dalam Inferno kalau di neraka terdapat danau beku bernama Cocytus, di mana iblis & manusia-manusia  yang melakukan dosa besar berupa pengkhianatan akan dihukum di tempat ini.

Baik manga maupun anime Devilman sama-sama diluncurkan ke publik pada pertengahan tahun 1972, di mana manga Devilman dimuat dalam majalah mingguan Shonen Magazine. Menariknya, walaupun menampilkan tokoh utama & sejumlah tokoh pendukung yang sama, versi manga & anime Devilman dalam perkembangannya memiliki alur cerita yang berbeda. Go Nagai beralasan kalau pembaca majalah Shonen Magazine umumnya berasal dari golongan yang lebih tua daripada penonton animenya, sehingga ia pun memodifikasi cerita dalam manga Devilman menjadi lebih kompleks & realistis supaya lebih mudah diterima oleh para pembacanya.

Go Nagai dikenal kerap menggunakan ilustrasi vulgar dalam manga-manga buatannya. Hal yang sama juga ia tampilkan di Devilman. Adegan-adegan sadis seperti darah muncrat, kepala putus, hingga tubuh terpotong-potong banyak ditemukan dalam manga ini. Go Nagai juga menonjolkan aspek sensualitas dalam manganya di mana sejumlah iblis hasil gambarannya ditampilkan dalam wujud manusia telanjang. Kebetulan sebelum membuat Devilman, Go Nagai juga sempat membuat manga berjudul "Harenchi Gakuen" di mana manga ini sempat menjadi sensasi & sumber kontroversi akibat kontennya yang dianggap terlalu cabul untuk standar pada masa itu.

Go Nagai. (Sumber)
Lepas dari unsur-unsur dalam manganya yang terkesan vulgar, Devilman bukanlah semata-mata kisah mengenai pertarungan tanpa makna. Sebagai orang yang lahir di tahun yang sama dengan berakhirnya Perang Dunia II, Go Nagai mengaku kalau Devilman merupakan hasil visualisasinya mengenai bagaimana merugikannya perang bagi umat manusia. Sebagai contoh, adegan di mana iblis merasuki manusia secara massal menyimbolkan kebijakan wajib militer yang diikuti dengan tewasnya para prajurit yang sebenarnya tidak tertarik untuk berperang. Sementara adegan kematian Miki - tokoh yang memiliki hubungan romantis dengan tokoh utama - menyimbolkan matinya perdamaian sebagai konsekuensi dari perang.

Baik manga maupun anime Devilman sama-sama berhasil menuai respon positif. Manga Devilman beberapa kali diterbitkan ulang & berhasil terjual hingga lebih dari 10 juta kopi. Sementara animenya juga berhasil menuai rating tinggi sekaligus membuka jalan bagi anime-anime di masa depan untuk mendapat jatah tayang di masa "prime time". Dengan harapan bisa memanfaatkan popularitas manganya, film versi live action dari Devilman lantas dibuat & dirilis pada tahun 2004. Sayang, film tersebut justru malah menuai hujan kritikan & bahkan disebu-sebut sebagai salah satu film terburuk pada masanya. Tahun 2015, Devilman kembali muncul di media anime setelah dirinya dipertemukan dengan sesama karakter klasik Cyborg 009 dalam anime berjumlah 3 episode yang berjudul "Cyborg 009 vs. Devilman".



SEJARAH (VERSI FIKSI)

Akira Fudo adalah seorang pemuda SMA yang sejak kecil harus kehilangan orang tuanya & kemudian diadopsi oleh keluarga Makimura. Peristiwa tersebut lantas membuat Akira tumbuh menjadi sosok yang pemalu sekaligus penakut. Namun semuanya berubah ketika ia bertemu dengan sahabat dekatnya yang bernama Ryo Asuka. Ryo mengajak Akira untuk berkunjung ke rumahnya karena Ryo ingin menunjukkan topeng misterius hasil penemuan mendiang ayahnya yang berprofesi sebagai arkeolog. Belakangan diketahui kalau topeng tersebut ternyata adalah fosil tengkorak iblis.

Ryo Asuka & Akira Fudo.
Setelah mempelajari topeng tersebut, Ryo berkesimpulan kalau iblis akan kembali menguasai dunia di masa depan & satu-satunya cara untuk menghentikan hal tersebut adalah dengan menggunakan kekuatan iblis juga. Maka, Akira & Ryo kemudian mengunjungi klub malam. Di tengah-tengah pesta, keduanya menyerang peserta pesta lain secara membabi buta dengan harapan darah & perasaan penuh nafsu yang sedang memenuhi tempat tersebut bisa menarik para iblis untuk menampakkan diri. Dan memang itulah yang terjadi. Satu demi satu, para peserta pesta berubah wujud menjadi iblis. Akira juga turut bernasib sama setelah ia dirasuki oleh iblis bernama Amon & mengubahnya menjadi Devilman. Akira / Devilman kemudian membunuh seluruh iblis di ruangan pesta sebelum kembali ke kediaman Ryo.

Masuknya Amon ke tubuh Akira turut mengubah kepribadian Akira dari yang awalnya penakut menjadi agresif. Selama menjadi Devilman, Akira harus terlibat pertarungan dengan berbagai macam iblis seperti iblis terbang Sirene & iblis Jinmen yang berpenampilan menyerupai monster kura-kura dengan tempurung yang dipenuhi kepala manusia. Hingga akhirnya pada suatu hari, hal yang ditakutkan Ryo akhirnya benar-benar terjadi. Raja iblis Zennon menyatakan perang kepada manusia & sesudah itu, manusia di seluruh dunia berubah wujud menjadi iblis secara massal. Akira / Devilman jelas tdak tinggal diam & awalnya ia mencoba menghentikan para iblis tersebut sendirian. Namun yang terjadi adalah ia berhasil dilumpuhkan oleh iblis wanita yang bernama Psycho Jenny.

Akira sadar kalau ia tidak bisa mengalahkan para iblis sendirian sehingga ia pun mengubah rencananya. Sekarang ia berencana membangun pasukan beranggotakan manusia-manusia yang sudah berubah wujud menjadi iblis, namun masih tetap menyimpan sisi manusiawinya. Sementara itu di tempat lain, ketika Ryo sedang menggeledah rumahnya sendiri untuk mencari hasil penelitian ayahnya & mendapatkan informasi mengenai cara menghentikan invasi para iblis, rumahnya riba-riba diserbu oleh rombongan iblis pimpinan Psycho Jenny. Alih-alih ingin membunuh Ryo, ternyata tujuan Psycho Jenny datang ke rumah Ryo adalah untuk memulihkan pikiran Ryo sehingga Ryo akhirnya tahu kalau dia aslinya adalah iblis maha kuat bernama Satan yang diturunkan ke dunia manusia dalam wujud manusia yang mengalami amnesia supaya dia bisa mempelajari umat manusia & mengetahui kelemahan mereka.

Satan yang sudah menampakkan
wujud aslinya. (Sumber)
Begitu mendapatkan ingatannya kembali, Ryo kemudian membuat wawancara di TV & membocorkan video rekaman mengenai Akira yang berubah wujud menjadi Devilman. Akibatnya, keluarga Makimura dibunuh secara sadis oleh rombongan manusia karena mereka mengira keluarga Makimura adalah gerombolan iblis. Sambil diliputi perasaan dendam & berduka akibat kehilangan Miki, Devilman pun bersumpah kalau dirinya akan menghabisi Ryo / Satan dengan segala cara. Perang besar selanjutnya pecah antara pasukan iblis pimpinan Devilman melawan pasukan iblis milik Satan, di mana Satan berhasil keluar sebagai pemenang. Namun alih-alih merasa bahagia, Satan justru menyambut kemenangan tersebut dengan cara berkabung di dekat jasad Akira.



ELEMEN-ELEMEN DALAM CERITA "DEVILMAN"

Iblis

Apa yang disebut iblis aslinya adalah makhluk yang sempat mendominasi permukaan bumi sebelum umat manusia muncul. Iblis memiliki kemampuan untuk bergabung dengan jasad organisme lain untuk memperkuat dirinya sendiri. Namun jika iblis ingin bergabung dengan manusia, keduanya hanya bisa mengalami penyatuan jika inang manusianya sedang berada dalam kondisi emosional yang tidak stabil. Jika iblis mencoba merasuki manusia yang kondisi mentalnya masih stabil, maka iblis & manusia yang dirasukinya akan mati secara bersama-sama.

Jika seekor iblis berhasil menggabungkan diri dengan jasad makhluk lain, wujudnya akan berubah & kekuatannya juga bertambah. Itulah sebabnya masing-masing iblis memiliki penampilan yang sangat bervariasi & berbeda satu sama lainnya. Era di mana iblis mendominasi permukaan bumi berakhir ketika bumi memasuki zaman es sehingga banyak iblis yang membeku & terjebak dalam bongkahan es. Sementara sebagian kecilnya sukses bertahan hidup dengan cara menyamar sebagai manusia.

Iblis kura-kura Jinmen.
Iblis memiliki sifat individualisme yang tinggi sehingga aksi saling bunuh & saling makan antara sesama iblis bukanlah hal yang aneh. Namun tidak selamanya iblis terlibat konflik dengan sesama jenisnya sendiri. Iblis juga membentuk sistem hirarki sederhana di mana iblis yang lebih lemah akan mengakui iblis yang lebih kuat sebagai pemimpinnya. Dari sekian banyak iblis yang ada, iblis terkuat yang disegani oleh hampir seluruh iblis yang lain adalah Satan yang aslinya merupakan malaikat yang membangkang. Ketika Satan masih terjebak dalam wujud manusia, posisi pemimpin tertinggi kaum iblis dipegang untuk sementara waktu oleh iblis berwajah banyak yang bernama Zennon / Xenon.

Semua iblis memiliki kemampuan untuk melakukan teleportasi, merasuki jasad makhluk hidup lain, & mengubah wujudnya sendiri menjadi seperti manusia serta hewan. Namun masing-masing iblis juga memiliki kekuatan unik yang tidak dimiliki oleh iblis lainnya. Jinmen contohnya, iblis berwujud kura-kura ini memiliki kemampuan menghasilkan api dari telapak tangannya & memakan manusia tanpa membunuhnya. Sementara Zennon memiliki kemampuan menampakkan wujud raksasanya di hadapan manusia untuk berkomunikasi dengan mereka. Psycho Jenny memiliki kemampuan untuk memanipulasi pikiran & membuat lawannya kehilangan kesadaran.


Devilman

Devilman merupakan nama yang digunakan oleh Akira untuk menyebut wujud iblisnya setelah dirinya dirasuki oleh Amon. Sebelum bergabung dengan Akira, Amon dikenal sebagai salah satu iblis terkuat & tersadis yang pernah ada. Amon / Devilman memiliki penampilan menyerupai manusia berpostur kekar dengan kulit berwarna kelabu. Kepala bagian atasnya dilengkapi dengan struktur berbentuk sayap kecil berwarna hitam. Mulutnya berbentuk lebar & dipenuhi oleh taring. Di punggungnya terdapat sepasang sayap berbentuk menyerupai sayap kelelawar yang bisa disembunyikan ke dalam tubuhnya jika sedang tidak digunakan. Tubuh bagian bawahnya berwarna hitam dengan ekor panjang menyerupai cambuk.

Akira ketika berubah menjadi Devilman.
Sebelum dirasuki oleh Amon, Akira memiliki sifat pemalu & membenci perkelahian. Namun setelah dirinya dirasuki oleh Amon, ia menjadi lebih pemberani & tidak segan-segan berkelahi melawan orang-orang yang jumlahnya lebih banyak. Akira memiliki hubungan yang dekat menjurus romantis dengan Miki Makimura karena keduanya sudah hidup bersama-sama selama belasan tahun sebagai saudara angkat. Selain dengan Miki, Akira juga memiliki hubungan dekat dengan sahabatnya yang bernama Ryo Asuka. Bersama Ryo pulalah, Akira berkenalan dengan dunia para iblis di mana Ryo dengan kemahirannya menggunakan senjata api kerap bertindak sebagai pemandu merangkap partner Akira. Sayang, hubungan baik antara keduanya langsung berubah menjadi permusuhan begitu Ryo menunjukkan identitas aslinya.

Devilman mengandalkan kekuatan fisik & gaya pertarungannya yang brutal untuk mengalahkan lawan-lawannya. Ketika bertarung, Devilman akan berusaha membunuh lawannya dengan cara memukul, mencakar, & menggigit. Jika lengan Devilman putus & lengannya disambung memakai perban, lengannya akan kembali tersambung hanya dalam waktu sehari. Devilman juga memiliki sayap untuk membantunya terbang di mana ketika sedang tidak digunakan, sayapnya bisa diserap ke dalam tubuhnya sendiri. Sementara untuk keperluan pertarungan jarak jauh, Devilman bisa mengeluarkan gelombang listrik dari antenanya & menyemburkan api dari mulutnya.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

Devilworld - Devilman Revelations
University of Texas - Dante's Inferno - Circle 9....
Wikipedia - Devilman
Wikipedia - Go Nagai
(Komik) Nagai, Go. 1972 - 1973. "Devilman". Kodansha, Jepang.


COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar




Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi, silakan tinggalkan komentar anda mengenai artikel ini selama tidak mengandung unsur spam, provokasi SARA, & kata-kata kasar. Komentar yang baru dibuat tidak akan langsung muncul karena akan diperiksa terlebih dahulu.

Jika anda tertarik untuk mencetak / menyimpan artikel ini, silakan menuju "Pusat Logistik" yang terletak di bagian kanan halaman ini.

Baca aturan pakai. Jika kebingungan berlanjut, tinggalkan pesan di kotak komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.