FAUNA       SEJARAH       HIBURAN    •     Cari Artikel →

Pari Raksasa Penghuni Sungai-Sungai Asia Tenggara




(Sumber)

Mendengar nama ikan pari, maka yang kita bayangkan adalah ikan berbentuk pipih yang hanya bisa ditemukan di laut. Faktanya adalah, ternyata ada juga ikan pari yang hidup di air tawar. Salah satu contoh ikan pari tersebut adalah pari air tawar raksasa (giant freshwater stingray; Himantura chaophraya) yang akan kita bahasa dalam artikel kali ini. Nama "raksasa" diberikan karena pari ini bisa tumbuh hingga ukuran yang sangat besar. Bayangkan saja, pari ini panjangnya bisa mencapai 5 m, lebarnya mencapai 2,4 m, & beratnya mencapai 600 kg.

Secara garis besar, pari air tawar memiliki penampilan yang tidak berbeda jauh dari ikan pari pada umumnya. Tubuhnya berbentuk lebar & pipih. Mulut & tutup insangnya berada di bagian bawah tubuhnya. Di bagian atas tubuhnya terdapat sepasang mata & lubang spirakel yang berguna sebagai lubang pernapasan ketika pari yang bersangkutan sedang berdiam di dasar perairan. Tubuh bagian atasnya berwarna cokelat gelap, sementara tubuh bagian bawahnya berwarna pucat. Ekornya berbentuk panjang seperti pecut dengan sebilah duri di dekat pangkal ekornya.

Duri ekor pari air tawar. (Sumber)
Habitat pari raksasa air tawar berada di sungai & rawa yang terletak di Thailand, Indocina barat, Pulau Kalimantan, & Australia. Pari ini biasa menghabiskan hidupnya di dasar perairan dengan memakan hewan-hewan penghuni dasar air semisal ikan kecil & kepiting. Tubuhnya yang pipih & warnanya yang kecokelatan membuat pari ini bisa menyamarkan dirinya di dasar air yang keruh. Akibat kondisi habitatnya yang keruh pula, pari ini tidak bisa mengandalkan indera penglihatannya untuk mengamati kondisi sekitar. Sebagai gantinya, pari ini mendeteksi keberadaan hewan-hewan di dekatnya dengan cara mendeteksi perubahan gelombang listrik.

Pari air tawar raksasa bukan hanya mengandalkan kemampuannya berkamuflase & mengubur diri sebagai metode pertahanan diri. Jika penyamarannya terbongkar atau ada makhluk berukuran besar yang tidak sengaja menginjak dirinya, pari ini akan membela diri dengan cara menusuk lawannya memakai duri sengat yang ada di pangkal ekornya. Duri ini mengandung racun & bisa menimbulkan infeksi parah pada korbannya. Dan karena pari ini berukuran besar, duri sengatnya pun memiliki ukuran yang juga besar. Panjang duri sengat yang dimilikinya dilaporkan mencapai hampir 40 cm.

Belum banyak yang diketahui manusia mengenai sistem reproduksi pari air tawar raksasa di alam liar. Pemahaman manusia mengenai perilaku berkembang biak hewan ini didapat dari mengamati pari air tawar raksasa yang berada dalam tangkapan. Pari air tawar raksasa diketahui sebagai hewan ovovivipar alias berkembang biak dengan cara bertelur, namun telurnya tetap disimpan di dalam tubuhnya hingga menetas. Jumlah anakan yang dihasilkan oleh betina sekali "melahirkan" bisa mencapai 2 ekor. Tidak diketahui usia maksimum pari air tawar raksasa. Namun spesies pari lain yang termasuk dalam genus Himantura diketahui memiliki usia maksimum 10 tahun.

Pari air tawar raksasa dilihat
dari bawah. (Sumber)
Sebagai akibat dari ukurannya yang besar & kemampuannya berkamuflase, pari air tawar raksasa tidak memiliki banyak musuh di alam liar. Ancaman utama bagi kelangsungan hidup pari ini datang dari limbah & polusi buatan manusia yang mengotori perairan tempatnya hidup. Selain akibat polusi, pari ini juga ditangkap oleh manusia yang tertarik menjadikannya sebagai hewan peliharaan eksotis. Akibatnya, populasi pari air air tawar raksasa di alam liar pun sekarang ini sudah tidak lagi semelimpah dulu. Di Chai Nat, Thailand tengah, pemerintah setempat sudah menjalankan program penangkaran pari air tawar raksasa. Sementara di Sungai Mekong, ada kegiatan menandai ikan-ikan pari yang ada di alam liar untuk mempelajari populasi & perilaku mereka dengan harapan hasil studinya bisa digunakan untuk mendapatkan metode pelestarian yang ideal.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



KLASIFIKASI

Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Chondrichthyes
Ordo : Rajiformes
Famili : Dasyatidae
Genus : Himantura
Spesies : Himantura chaophraya / polyepsis



REFERENSI

Animal Diversity Web - Himantura chaophraya : Information
ARKive - Giant freshwater stingray videos, photos, and facts
IUCN - Himantura polyepsis
National Geographic - Car-Size Stingray May Be World’s....


COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar




Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi, silakan tinggalkan komentar anda mengenai artikel ini selama tidak mengandung unsur spam, provokasi SARA, & kata-kata kasar. Komentar yang baru dibuat tidak akan langsung muncul karena akan diperiksa terlebih dahulu.

Jika anda tertarik untuk mencetak / menyimpan artikel ini, silakan menuju "Pusat Logistik" yang terletak di bagian kanan halaman ini.

Baca aturan pakai. Jika kebingungan berlanjut, tinggalkan pesan di kotak komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.