Asal-Usul Nama-Nama Negara di Benua Asia



Peta Asia (warna gelap).

Asia merupakan nama dari benua terbesar di dunia. Sebagai akibat dari lokasinya yang besar, Asia pun benua dengan populasi penduduk yang paling banyak di dunia. Bagaimana tidak, 3 dari 4 negara terpadat di dunia berlokasi di benua ini.

Tingginya populasi penduduk di Asia tidak lepas dari banyaknya lahan subur yang terletak di dunia ini. Asia juga menjadi sumber dari komoditas-komoditas berharga mahal yang banyak dicari bangsa Eropa di Abad Pertengahan seperti rempah-rempah, sutra, hingga gading gajah.

Karena Asia merupakan benua dengan komposisi penduduk & budaya yang majemuk, sudah barang tentu negara-negara yang dihuni oleh penduduk tadi memiliki ciri khasnya sendiri-sendiri. Nama yang digunakan oleh masing-masing negara adalah salah satu contohnya. Jadi sesuai dengan judulnya, artikel kali ini akan membahas mengenai bagaimana negara-negara di Asia mendapatkan namanya



AFGANISTAN berasal dari gabungan kata "Afgan" & imbuhan "-stan" dalam bahasa Persia Kuno. Afgan merupakan sebutan lain masyarakat Persia untuk etnis Pashtun, etnis mayoritas di negara Afganistan. Sementara "-stan" berarti "tanah". Jadi "Afganistan" secara harfiah bermakna "tanahnya orang-orang Afgan".


ARAB SAUDI berasal dari gabungan 2 kata berbeda. Arab merupakan kelompok etnis paling dominan di wilayah tersebut. Sementara Saudi diambil dari nama Ibnu Saud, tokoh pendiri Kerajaan Arab Saudi modern.


Ibnu Saud, pendiri negara modern Arab Saudi. (Yonatanh / wikipedia.org)


BAHRAIN dalam bahasa Arab berarti "dua laut". Nama tersebut diberikan karena di bawah permukaan laut Bahrain, terdapat air tawar yang merembes dari daratan di dekatnya/


BANGLADESH dalam bahasa lokal Bengal memiliki makna "Negeri Bengal". Bengal adalah sebutan untuk daratan di sebelah utara Teluk Bengal.


BHUTAN berasal dari bahasa Sansekerta "Bhot" (Tibet) & "Anta" (ujung). Jadi secara harfiah, Bhutan dapat diartikan sebagai "ujung Tibet". Nama itu sendiri diberikan karena Bhutan terletak di sebelah selatan Tibet, Cina barat daya.


BRUNEI berasal dari bahasa Sansekerta "varuna" yang bermakna " pengembara laut". Nama tersebut digunakan karena Brunei pada awalnya dihuni oleh pelaut & pedagang.


CINA diperkirakan merupakan hasil modifikasi dari kata "Qin", nama dinasti yang berkuasa di Cina pada abad ke-3 Sebelum Masehi. Versi lain menyebut Cina berasal dari bahasa Sansekerta "Chinastana" yang secara berarti "negeri di sebelah timur India".


FILIPINA berasal dari nama Philip II, raja Spanyol & Portugal pada abad ke-16. Kebetulan bangsa Spanyol adalah bangsa Eropa pertama yang sampai di Kepulauan Filipina.


INDIA diambil dari nama "Indus", sungai besar yang juga merupakan lokasi dari peradaban tertua di India.


INDONESIA berasal dari bahasa Yunani "Indo" (India) & "nesos" (kepulauan). Jadi, kata "Indonesia" secara harfiah berarti "kepulauan yang dekat dengan India".


Peta lokasi kota Uruk. (lilmathblogs.weebly.com)


IRAK merupakan hasil modifikasi dari "Uruk", kota dari peradaban kuno Sumeria. Versi lain menyebut kalau Irak berasal dari bahasa Persia "eraq" yang berarti "dataran rendah" karena lokasinya yang berada di lembah Sungai Efrat & Tigris.


IRAN diambil dari kata "Aeryana Vaeja", istilah dalam kitab Avesta - kitab suci agama Zoroaster, agama tradisional masyarakat Iran - untuk menyebut tanah air bangsa Arya.


ISRAEL diambil dari kerajaan kuno bernama sama yang muncul dalam kisah Alkitab Perjanjian Lama.


JEPANG berasal dari kata "Cipangu". Sebutan yang diberikan oleh masyarakat Cina untuk Kepulauan Jepang.


KAMBOJA berasal dari kata "Kambu", tokoh mitos dari India yang dipercaya sebagai nenek moyang bangsa Kamboja / Khmer.


KAZAKSTAN berasal dari bahasa Persia Kuno yang secara harfiah bermakna "tanahnya orang-orang etnis Kazak".


KIRGISTAN berasal dari bahasa Persia Kuno yang secara harfiah bermakna "tanahnya orang-orang etnis Kirgiz".


KOREA SELATAN merupakan gabungan dari kata "Koryo" & "selatan". Koryo / Goryeo merupakan nama dari kerajaan yang pernah berdiri di Semenanjung Korea hingga abad ke-14. Nama "selatan" diberikan karena negara ini secara geografis memang terletak di sebelah selatan Semenanjung Korea.


Peta Goryeo di tahun 1374. (koreatimes.co.kr)


KOREA UTARA memiliki asal-usul nama yang serupa dengan Korea Selatan. Nama "utara" diberikan karena negara ini secara geografis menempati wilayah utara Semenanjung Korea.


KUWAIT berasal bahasa Arab "akwat" yang memiliki makna "benteng di tepi air".


LAOS diambil dari kata "Lao", nama dari etnis mayoritas di negara Laos. Laos juga merupakan sebutan masyarakat Laos untuk negaranya sendiri.


LEBANON berasal dari bahasa Semit "lbn" yang berarti "putih". Nama tersebut diberikan karena di wilayah Lebanon, terdapat gunung yang puncaknya diselimuti salju.


MALADEWA berasal dari bahasa Sansekerta "maladwipa" yang berarti "rangkaian pulau".


MALAYSIA berasal dari nama "Malay" (Melayu), etnis dengan populasi terbanyak di Malaysia. Nama yang sama awalnya digunakan untuk menyebut koloni Inggris di Semenanjung Malaka. Imbuhan "-sia" baru ditambahkan setelah Sarawak & Sabah bergabung, di mana imbuhan tersebut kemungkinan terinspirasi dari bahasa Yunani "nesos" atau "nesia" yang mengandung makna "pulau-pulau".


MONGOLIA diambil dari nama "Mongol", etnis mayoritas di negara yang bersangkutan.


MYANMAR adalah nama yang diberikan oleh etnis Bamar - etnis paling dominan di Myanmar - untuk menyebut wilayah negara yang bersangkutan


NEPAL berasal dari bahasa Sansekerta "nipat" (terbang ke bawah) & "alaya" (bermukim). Sebutan yang muncul karena Nepal terletak di Pegunungan Himalaya. Kata "nipat alaya" lantas berevolusi menjadi "nepala" & kemudian "nepal".


OMAN atau Omana sudah digunakan untuk menyebut wilayah di sebelah tenggara Jazirah Arab sejak era Romawi Kuno. Nama "Oman" sendiri diperkirakan terinspirasi dari nama penguasa di wilayah tersebut.


Choudhary Rahmat Ali. (historypak.com)


PAKISTAN merupakan singkatan dari daerah Punjab, Afgan, Kashmir, Sind, & Balochistan. Nama tersebut dicetuskan pada tahun 1933 oleh tokoh nasionalis Pakistan yang bernama Choudhry Rahmat Ali.


PALESTINA merupakan sebutan yang diberikan oleh masyarakat Yunani Kuno untuk Filistia, daerah di pesisir timur Laut Mediterania yang dihuni oleh masyarakat Filistin.


QATAR berasal dari "Qatara", nama yang digunakan oleh Pliny - sejarawan Romawi Kuno  di abad ke-1 Sebelum Masehi - untuk menyebut kota Zubarah yang terletak di wilayah modern Qatar.


SINGAPURA berasal dari bahasa Sansekerta "singa pura" yang berarti "kota singa". Nama tersebut pertama kali digunakan oleh Sang Nila Utama, pendiri Kerajaan Singapura di abad ke-13.


SRI LANKA berasal dari bahasa Sansekerta "Sri" (indah) & "Lanka"(pulau). Jadi Sri Lanka bisa diartikan sebagai "pulau yang indah".


SURIAH diambil dari nama "Asyur" (Assyria), kerajaan kuno di Timur Tengah yang sebagian wilayahnya memang mencakup wilayah modern Suriah. Nama tersebut lalu digunakan oleh masyarakat Yunani Kuno untuk menyebut wilayah di sebelah timur Laut Mediterania.


TAIWAN merupakan hasil evolusi dari kata "Tainan", sebutan penduduk pribumi Siraya untuk wilayah di pesisir barat Pulau Taiwan. Belakangan, sebutan tersebut digunakan untuk menamai seluruh pulau yang bersangkutan.


TAJIKISTAN berasal dari bahasa Persia Kuno yang secara harfiah bermakna "tanahnya orang-orang etnis Tajik".


Peta negara-negara Asia tengah. (KalpakTravel / pinterest.com)


THAILAND berasal dari bahasa Inggris yang bermakna "tanahnya orang-orang Thai". Thai merupakan etnis mayoritas di negara Thailand.


TIMOR LESTE memiliki nama demikian karena negara tersebut terletak di Pulau Timor bagian timur. Dalam bahasa Portugis, kata "leste" berarti "timur".


TURKI mendapatkan namanya dari "Turk", suku bangsa yang persebarannya membentang mulai dari Eropa Timur hingga Cina barat. Kata "Turk" sendiri diperkirakan merupakan hasil modifikasi dari "Tu-Chueh", kelompok suku yang memberontak & meruntuhkan Kekaisaran Juan-Juan di Asia Tengah pada tahun 552 sebelum kemudian terlibat konflik dengan bangsa Cina di abad ke-7.


TURKMENISTAN berasal dari bahasa Persia Kuno yang secara harfiah bermakna "tanahnya orang-orang etnis Turkmen".


UNI EMIRAT ARAB memiliki nama demikian karena negara tersebut merupakan gabungan dari 7 emirat berbeda yang semuanya dipimpin oleh orang Arab. Emirat merupakan semacam bentuk pemerintahan di mana pemimpinnya menyandang gelar emir.


UZBEKISTAN berasal dari bahasa Persia Kuno yang secara harfiah bermakna "tanahnya orang-orang etnis Uzbek".


VIETNAM merupakan gabungan dari kata "Viet" & "Nam". Viet adalah nama dari kelompok suku yang mendirikan kerajaan di wilayah modern Vietnam utara. "Nam" dalam bahasa Cina berarti "selatan" & nama tersebut awalnya diberikan oleh dinasti-dinasti yang berbasis di Cina untuk menyebut Vietnam karena letak geografis Vietnam yang memang berada di sebelah selatan Cina.


YAMAN berasal dari bahasa Arab "yamana" yang berarti "kegembiraan". Nama tersebut diberikan karena wilayah Yaman awalnya dikenal dengan tanahnya yang subur.


YORDANIA mendapatkan namanya dari Sungai Yordan, sungai yang terletak di perbatasan barat negara terkait & bermuara di danau kecil bernama Laut Mati.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

 - . 2008. "Philistine". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.

Ali, C.R.. 1933. "Now or Never".
(www.columbia.edu/itc/mealac/pritchett/00islamlinks/txt_rahmatali_1933.html)

Behind The Name. "Israel".
(www.behindthename.com/name/israel)

Bhutan Tour. "History of Bhutan".
(www.visitbhutan.com/history_of_bhutan.html)

Cambridge English Dictionary. "Emirate".
(dictionary.cambridge.org/dictionary/english/emirate)

Cartwright, M.. 2016. "Goryeo".
(www.worldhistory.org/Goryeo/)

Chaliand, G.. 2004. "Nomadic Empires". Transaction Pub., New Brunswick, AS.

Chinasage. "China's name is not China".
(www.chinasage.info/chinaname.htm)

E. Allworth, dkk.. 2008. "Central Asia, history of". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.

Education Encyclopedia. "Kuwait - History & Background".
(education.stateuniversity.com/pages/782/Kuwait-HISTORY-BACKGROUND.html)

Eduljee, K.E.. "The Difference Between Persia and Iran".
(www.heritageinstitute.com/zoroastrianism/iranpersia/)

HistorySG. 2014. "Temasek/Singapura".
(eresources.nlb.gov.sg/history/events/d24d6da6-0013-4a12-a6bc-68ad1497148e)

Infoplease. 2017. "Bahrain's Two Seas".
(www.infoplease.com/askeds/bahrains-two-seas)

International Business Publications. 2004. "Brunei Sultan Haji Hassanal Bolkiah Mu'izzaddin Waddaulah Handbook" (hal. 142). IB Publication, AS.

Karuga, J.. "All About the "Stan" Countries".
(www.worldatlas.com/articles/meet-the-stan-countries.html)

Kieffer, M.. 1982. "Afghan".
(www.iranicaonline.org/articles/afgan-in-current-political-usage-any-citizen-of-afghanistan-whatever-his-ethnic-tribal-or-religious-affiliation)

Kshetry, G.. 2008. "Foreigners in Japan : A Historical Perspective". Xlibris, Bloomington, AS.

Lambert, T.. "A Brief History of Malaysia".
(localhistories.org/a-brief-history-of-malaysia)

Mark, J.J.. 2011. "Uruk".
(www.worldhistory.org/uruk/)

Messo, J.. 2011. "The Origin of the Terms Syria(n) & Suryoyo Once Again."
(www.aramaic-dem.org/English/History/johny_messo/Origin-of-the-Terms-Syria-n-and-Suryoyo.pdf)

Ministry of Development Planning and Statistics. "History of Qatar".
(www.qsa.gov.qa/QatarCensus/History.aspx)

Nations Online Project. "Timor-Leste".
(www.nationsonline.org/oneworld/timor_leste.htm)

National Palace Museum. "The Origin of Taiwan".
(www.npm.gov.tw/exhbition/formosa/english/02.htm)

Online Etymology Dictionary. "Indonesia".
(www.etymonline.com/index.php?term=Indonesia&allowed_in_frame=0)

Online Etymology Dictionary. "Jordan".
(www.etymonline.com/index.php?term=Jordan)

Online Etymology Dictionary. "Lebanon".
(www.etymonline.com/index.php?term=Lebanon)

Online Etymology Dictionary. "Maldives".
(www.etymonline.com/index.php?term=Maldives)

Online Etymology Dictionary. "Mongol".
(www.etymonline.com/index.php?allowed_in_frame=0&search=mongol)

Online Etymology Dictionary. "Myanmar".
(www.etymonline.com/index.php?term=Myanmar)

Online Etymology Dictionary. "Nepal".
(www.etymonline.com/index.php?term=Nepal)

Online Etymology Dictionary. "Oman".
(www.etymonline.com/index.php?term=Oman)

Online Etymology Dictionary. "Philippines".
(www.etymonline.com/index.php?term=Philippines)

Online Etymology Dictionary. "Sri Lanka".
(etymonline.com/index.php?term=Sri+Lanka&allowed_in_frame=0)

Online Etymology Dictionary. "Yemen".
(www.etymonline.com/index.php?term=Yemen)

Online Etymology Dictionary. "Vietnam".
(www.etymonline.com/index.php?term=Vietnam)

Sanujit. 2011. "Etymology of the Name India".
(www.worldhistory.org/article/203/etymology-of-the-name-india/)

The Hindu. 2016. "Assembly drops West, renames State as Bengal".
(www.thehindu.com/news/national/other-states/Assembly-drops-West-renames-State-as-Bengal/article14596751.ece)

Thion, S.. 1994. "On Some Cambodian Words".
(www.nectec.or.th/thai-yunnan/20.html#9)
   





COBA JUGA HINGGAP KE SINI...



7 komentar:

  1. Bukannya Turki & Israel ikut Uni Eropa ya Gan
    Maaf Klo salah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak. Turki & Israel itu bukan anggota Uni Eropa. Tapi di ranah sepak bola, keduanya memang sama-sama termasuk dalam organisasi UEFA karena keanggotaan UEFA tidak terlalu memperhatikan aspek geografis (Kazakhstan itu masuknya kawasan Asia, tapi mereka tergabung dalam UEFA).

      Kalau memakai cakupan geografis sendiri, Israel itu seluruh wilayahnya terletak di Asia Barat. Turki mayoritas wilayahnya juga termasuk dalam Asia Barat, tapi sebagian kecilnya (Istanbul & sekitarnya) termasuk dalam wilayah Eropa.

      Hapus
    2. Israel itu dari Isro'il artinya orang yang berjalan pada malam hari.

      Hapus
  2. Macao & Hongkong kok tidak masuk nama negara di benua Asia?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena keduanya bukan negara sendiri, tetapi termasuk dalam wilayah Republik Rakyat Cina.

      Hapus
  3. Kata "Israel" bermakna "Teman Tuhan" yg dulunya disematkan kepada Nabi Yaqub (jacob) putra Nabi Ishak (Isaac) cucu Nabi Ibrahim (Abraham). Julukan "Israel" diberikan kepada Nabi Yaqub karena ketaatannya dalam beribadah sehingga dekat dengan Tuhan. Nabi Yaqub kemudian memiliki 12 orang anak laki2, Nah anak2 inilah yg disebut "Bani Israil" yg artinya "Putra sang Teman Tuhan". 12 orang ini lalu menurunlkan 12 suku Israel, sayangnya 10 dari 12 suku itu telah hilang karena serbuan Pangeran Titus ke wilayah kerajaan Israel Utara yg dihuni 10 suku, 2 suku lainnya yg menghuni kerajaaan Israel Selatan tdk diserang

    BalasHapus
  4. Negara Timor Leste itu bukankah termasuk bagian negara Melanesia.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.