SEJARAH      FAUNA       HIBURAN

Asal-Usul Nama-Nama Negara di Benua Eropa




Bendera negara-negara Eropa. (Sumber)

Eropa. Itulah nama dari benua yang terletak di sebelah barat Asia & di sebelah utara Afrika. Dari segi ukuran, Eropa memang tergolong sebagai salah satu benua terkecil di dunia. Namun kenyatannya di benua ini pulalah, negara-negara adidaya seperti Romawi Kuno hingga Kekaisaran Spanyol pernah berdiri. Benua Eropa sendiri mendapatkan namanya dari Europa, putri Funisia dalam mitologi Yunani Kuno yang digambarkan berparas cantik.

Ada begitu banyak negara yang sekarang menempati daratan berjulukan "Benua Biru" ini. Karena masing-masing negara didirikan oleh kelompok masyarakat berbeda & memiliki perjalanan sejarahnya masing--masing, negara-negara yang ada di Eropa pun memiliki ciri khasnya sendiri-sendiri. Salah satunya adalah mengenai asal-usul nama yang digunakan sebagai identitas negaranya. Jadi sesuai dengan judulnya, artikel kali ini akan membahas asal-muasal nama dari masing-masing negara di Eropa.


ALBANIA berasal dari bahasa Yunani "alb" yang berarti "bukit" karena wilayah Albania dipenuhi oleh dataran tinggi & pegunungan. Versi lain menyebut kalau nama Albania mungkin aslinya berasal dari bahasa Yunani "albho" (putih) karena bagian puncak pegunungan Albania dipenuhi oleh salju berwarna putih.


ANDORA merupakan hasil modifikasi dari "andurrial". Kata dalam bahasa lokal Navarre yang jika diterjemahkan kurang lebih berarti "daratan yang dipenuhi semak belukar".


ARMENIA tidak memiliki asal-usul yang jelas, selain fakta bahwa wilayah yang bersangkutan sudah dikenal dengan nama "Armina" sejak abad ke-6 Sebelum Masehi.


AUSTRIA berasal dari bahasa Latin "aarchia austriaca" yang berarti "tanah perbatasan di sebelah timur". Nama tersebut digunakan karena saat Kekaisaran Carolingian yang dipimpin oleh Charlenmagne & keturunannya masih berdiri, wilayah Austria memang termasuk sebagai wilayah Carolingian yang paling timur.


Kuil api di kota Baku, Azerbaijan. (Sumber)
AZERBAIJAN memiliki 2 versi asal-usul. Menurut versi pertama, nama "Azerbaijan" adalah hasil serapan dari nama Atropates, gubernur / satrap wilayah Iran utara di masa Kekaisaran Achaemenid Persia. Sementara menurut versi kedua, nama "Azerbaijan" merupakan kombinasi dari bahasa lokal "azer" (api) & "baydjan" (pelindung). Nama tersebut dipakai karena di Azerbaijan terdapat kuil-kuil penyembah api.


BELANDA merupakan hasil modifikasi dari Holland, daerah paling dominan di sektor sosial politik Belanda.


BELARUS merupakan gabungan dari 2 kata dalam bahasa Latin : "byelo" (putih) & "Rus" (Rusia). Jadi kata "Belarus" secara harfiah berarti "Rusia Putih". Tidak diketahui secara pasti mengapa daerah ini diberi julukan "Rusia putih", selain fakta kalau sejak Abad Pertengahan istilah tersebut sudah digunakan untuk menyebut wilayah Rusia barat & sekitarnya.


BELGIA berasal dari kata Belgae, nama dari kelompok suku Jermanik atau Kelt yang pernah mendiami wilayah di sekitar hilir Sungai Rhine.


BOSNIA & HERZEGOVINA merupakan gabungan dari 2 kata berbeda. Bosnia awalnya digunakan untuk menyebut daerah di sekitar Sungai Bosna, di mana sungai tersebut diperkirakan mendapatkan nama demikian dari bahasa Indo-Eropa "bhog" (arus). Herzegovina di lain pihak mendapatkan namanya dari bahasa Serbia Kuno "herceg" yang berarti "daerah yang dipimpin oleh duke / adipati".


BULGARIA mendapatkan namanya dari Bulgar, suku pengembara asal Asia Tengah yang bermigrasi ke arah barat pada abad ke-4 bersama dengan bangsa Hun & kemudian mendiami wilayah cikal-bakal negara Bulgaria.


Ilustrasi masyarakat Bulgar yang
sedang bermigrasi. (Sumber)
CEKO dalam bahasa Indonesia merupakan hasil modifikasi dari "Ceska", nama yang digunakan oleh orang-orang Ceko untuk menyebut negaranya sendiri. Kata "Ceska" sendiri diambil dari nama salah seorang tokoh dalam legenda 3 bersaudara Cech, Lech, & Rus.


DENMARK berasal dari bahasa Inggris "dane" (orang Denmark) & "mark" (perbatasan). Kata "dane" sendiri berasal dari bahasa Jerman Kuno "den" yang berarti "dataran rendah" untuk menggambarkan kondisi topografis tanah yang mereka tinggali.


ESTONIA berasal dari bahasa Jerman "esth" yang berarti "timur". Secara geografis, Estonia memang terletak di sebelah timur Jerman.


FINLANDIA merupakan gabungan dari kata dalam bahasa Norse Kuno "finnr" (suku Fin) & "land" (tanah). Jika kedua kata tadi dikombinasikan, kita akan mendapatkan kata "Finnland" yang secara harfiah berarti "tanahnya orang-orang Fin".


GEORGIA memiliki 2 versi asal-usul yang berbeda. Versi pertama menyebut kalau nama "Georgia" berasal dari orang suci Saint George. Versi kedua menyebut kalau nama "Georgia" berasal dari bahasa Arab / Persia "gurz", sebutan untuk penduduk di wilayah cikal-bakal negara Georgia. Penduduk Georgia sendiri menyebut negaranya dengan nama "Sakartvelo" yang berarti "tanahnya orang-orang Kartveli".


HONGARIA berasal dari bahasa Latin "Hungaria" yang berarti "tanahnya orang-orang Hun" karena wilayah tersebut dulunya memang pernah ditempati oleh bangsa Hun yang dipimpin oleh Attilla.


INGGRIS berasal dari "Igirisu", sebutan orang Jepang untuk negara yang bersangkutan. Nama "Igirisu" sendiri mungkin aslinya berasal dari kata "English".


IRLANDIA merupakan hasil kombinasi dari 2 kata berbeda. Kata pertama adalah Eriu, nama dari dewi dalam mitologi Gaelik. Nama yang sama kemudian diserap & dimodifikasi oleh bangsa-bangsa luar untuk menyebut penduduk Pulau Irlandia itu sendiri. Kata kedua adalah "land" yang maknanya tidak lain berarti "tanah" \ "pulau".


Teluk di Islandia saat musim
dingin tiba. (Sumber)
ISLANDIA merupakan hasil modifikasi dari "Iceland" yang jika diterjemahkan secara literal bermakna "pulau es". Nama tersebut diberikan karena Pulau Islandia memiliki banyak teluk yang dipenuhi oleh bongkahan es.


ITALIA memiliki beberapa versi berbeda mengenai asal-usul namanya. Versi pertama menyebut kalau nama negara ini berasal dari Vitali, nama dari kelompok suku yang dulunya mendiami wilayah selatan Italia. Versi kedua menyebut kalau nama "Italia" berasal dari bahasa Latin "vitulus" (tanah hewna-hewan ternak). Versi lain menyebut kalau nama negara ini terinspirasi dari tokoh mitos yang bernama Italus.


JERMAN berasal dari bahasa Latin "Germania" yang tidak memiliki asal-usul jelas. Nama "Germania" sendiri awalnya digunakan oleh bangsa Romawi Kuno untuk menyebut penduduk di sebelah timur Sungai Rhine.


KOSOVO berasal dari bahasa Serbia "kosovo nolje" yang berarti "lapangan burung-burung hitam".


KROASIA merupakan hasil evolusi dari kata "Hrvatska". Sebutan orang-orang Kroasia untuk negaranya sendiri. Nama "Hrvatska" pada gilirannya diperkirakan merupakan hasil serapan dari bahasa Slavonik Gerejawi Kuno "churvatinu" yang bermakna "pegunungan".


LATVIA tidak memiliki asal-usul nama yang jelas, selain fakta bahwa di wilayah tersebut pernah berdiri negara bernama Livonia. Livonia sendiri mendapatkan namanya dari bahasa lokal "liiv" yang berarti "pasir".


LIECHTENSTEIN berasal dari bahasa Jerman yang berarti "batu bercahaya".


LITHUANIA diperkirakan berasal dari bahasa Latin "litus" yang berarti "pantai".


Benteng Thungen di Luxemburg. (Sumber)
LUXEMBURG berasal dari bahasa Jerman "lutilla" (kecil) & "burg" (benteng). Jika kedua kata tadi dikombinasikan, didapatlah makna literal "benteng kecil".


MAKEDONIA berasal dari bahasa Yunani "makedones" yang berarti "tinggi". Nama tersebut diberikan bisa jadi karena wilayah Makedonia terletak di dataran tinggi, atau karena orang-orang Makedonia memiliki postur yang tinggi untuk ukuran penduduk di kawasan setempat.


MALTA memiliki 2 versi asal-usul yang berbeda. Menurut versi pertama, nama negara ini berasal dari bahsa Funisia "melita" yang berarti "tempat mengungsi". Sementara menurut versi kedua, nama Malta berasal dari bahasa Yunani "meli" yang berarti "madu" karena kepulauan ini memiliki lebah madu khasnya sendiri.


MOLDOVA mendapatkan namanya dari sungai bernama sama yang melintasi negara tersebut. Sungai Moldova sendiri diperkirakan memperoleh namanya dari bahasa Yunani "mela" yang berarti "hitam" karena sungai ini memiliki air berwarna gelap.


MONAKO berasal dari bahasa Yunani "monoikos" yang berarti "rumah tunggal". Menurut legenda, di Monako pernah berdiri Kuil Monoikos untuk menghormati Herkules. Karena tidak ada kuil lain yang didirikan di tempat tersebut, kuil itupun seolah-olah menjadi "rumah tunggal" bagi Herkules.


MONTENEGRO berasal dari bahasa Italia "monte" (gunung) & "negro" (hitam). Jadi kata "Montenegro" secara harfiah berarti "pegunungan hitam". Dalam bahasa Serbia sendiri, Montenegro dikenal dengan nama "Crna Gora" yang memiliki makna serupa.


NORWEGIA berasal dari bahasa Norse Kuno "Norvergr" yang berarti "jalur menuju utara". Kebetulan di antara negara-negara Skandinavia lainnya, Norwegia adalah negara yang terletak paling utara.


Peta Skandinavia. (Sumber)
PERANCIS berasal dari kata "Francia". Sebutan dalam bahasa Latin untuk menyebut suku bangsa Frank & tanah yang mereka tempati.


POLANDIA berasal dari bahasa Jerman "pole" (penghuni ladang) & bahasa Inggris "land" (tanah). Jadi kata "Polandia" secara harfiah bisa dimaknai sebagai "tanah yang ditempati oleh penghuni ladang / petani".


PORTUGAL berasal dari bahasa Latin "Portus Cale" yang berarti "pelabuhan Gaia". Nama tersebut awalnya digunakan oleh bangsa Romawi untuk menyebut kota pelabuhan Porto.


RUMANIA berasal dari bahasa Latin "Romani" yang berarti "orang dari Romawi". Menurut teori yang dicetuskan oleh Stephan Szanto, penduduk Wallachia - kerajaan perintis negara Rumania modern - aslinya adalah penduduk Romawi yang menetap di Eropa Timur & menggunakan bahasa yang serupa dengan bahasa Italia.


RUSIA berasal dari bahasa Latin "Russi" yang berarti "penghuni tanah Rus". Rus sendiri merupakan sebutan untuk orang-orang Viking yang berdagang & bermukim di sekitar Kiev pada abad ke-9.


SAN MARINO berasal dari nama Saint Marinus, petapa asal Kroasia yang meninggal di wilayah cikal bakal San Marino.


SERBIA diperkirakan berasal dari bahasa Latin "serbula" yang artinya "sepatu budak". Nama tersebut awalnya digunakan untuk menyebut budak-budak di wilayah Byzantium yang didatangkan dari Semenanjung Balkan bagian utara.


SIPRUS berasal dari bahasa Yunani "kypros" yang berarti "pulau yang penuh pohon cemara cypress".


SLOVAKIA tidak memiliki asal-usul yang jelas, selain fakta bahwa nama tersebut adalah nama yang digunakan oleh penduduk setempat untuk menyebut negara mereka sendiri.


Pohon cypress yang menjadi asal-usul
nama negara Siprus. (Sumber)
SLOVENIA tidak memiliki asal-usul yang jelas, selain fakta bahwa nama tersebut adalah nama yang digunakan oleh penduduk setempat untuk menyebut negara mereka sendiri.


SPANYOL merupakan hasil evolusi dari kata "Hispania", nama yang digunakan oleh bangsa Romawi untuk menyebut Semenanjung Iberia. Nama "Hispania" sendiri memiliki 2 asal-usul yang berbeda. Menurut versi pertama, nama "Hispania" berasal dari bahasa Yunani "hesperia" yang berarti "tanah di sebelah barat". Sementara menurut versi kedua, "Hispania" berasal dari bahasa Funisia "Ispanihad" yang berarti "tanah kelinci".


SWEDIA berasal dari bahasa Proto-Jerman "sweba" yang berarti "orang-orang bebas".


SWISS diambil dari nama Schwyz, kota yang terletak di tengah-tengah negara Swiss modern.


UKRAINA berasal dari bahasa Rusia atau Polandia yang berarti "perbatasan".


VATIKAN mendapatkan namanya dari Bukit Vaticanus yang terletak di sebelah barat Sungai tiber. "Vaticanus" sendiri diambil dari bahasa Latin "vates" (masa depan) karena bukit tersebut dulunya kerap dipenuhi oleh para peramal & pembaca nasib.


YUNANI berasal dari kata "Unani", nama yang digunakan oleh orang-orang Arab untuk menyebut Ionia, kepulauan yang terletak di perairan barat negara Yunani modern.


REFERENSI

Bible Light - What Does the Word Vatican Mean?
Brest State University - Belarus
CatcholicSaints.Info - Saint Marinus
Google Translate - United Kingdom (Japanese)
Greek Medicine - Unani Medicine
National Geographic Indonesia - Mana yang Benar Holland....
Online Etymology Dictionary - Albania
Online Etymology Dictionary - Andorra
Online Etymology Dictionary - Austria 
Online Etymology Dictionary - Belgium 
Online Etymology Dictionary - Bosnia 
Online Etymology Dictionary - Croat 
Online Etymology Dictionary - Cyprus
Online Etymology Dictionary - Dane 
Online Etymology Dictionary - Denmark 
Online Etymology Dictionary - Estonia
Online Etymology Dictionary - Europe
Online Etymology Dictionary - Finn 
Online Etymology Dictionary - France
Online Etymology Dictionary - Georgia
Online Etymology Dictionary - Herzegovina 
Online Etymology Dictionary - Hungary 
Online Etymology Dictionary - Iceland 
Online Etymology Dictionary - Italy 
Online Etymology Dictionary - Latvia 
Online Etymology Dictionary - Liechtenstein 
Online Etymology Dictionary - Lithuania 
Online Etymology Dictionary - Luxembourg 
Online Etymology Dictionary - Macedonia
Online Etymology Dictionary - Moldova 
Online Etymology Dictionary - Norway 
Online Etymology Dictionary - Poland 
Online Etymology Dictionary - Portugal 
Online Etymology Dictionary - Romania
Online Etymology Dictionary - Russia
Online Etymology Dictionary - Swede 
Online Etymology Dictionary - Switzerland 
Online Etymology Dictionary - Ukraine 
Slavorum - Ancient Polish legend about 3 Slavic brothers...
Spanish Website - Spain The Land of Rabbits?
The History Files - Armenia 
Treasures In Disguise - Montenegro : The Black....
Viking Cruises - About Monaco
Wikipedia - Eire 
Wikipedia - Germania 
Wikipedia - Origin of the Romanians
Wiktionary - Kosovo 
Wiktionary - Malta
 - . 2008. "Bulgar". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.
Tomovich, S.. 2013. "The Hebrew Origin of Serbs". (file PDF)


COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar




Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi, silakan tinggalkan komentar anda mengenai artikel ini selama tidak mengandung unsur spam, provokasi SARA, & kata-kata kasar. Komentar yang baru dibuat tidak akan langsung muncul karena akan diperiksa terlebih dahulu.

Jika anda tertarik untuk mencetak / menyimpan artikel ini, silakan menuju "Pusat Logistik" yang terletak di bagian kanan halaman ini.

Baca aturan pakai. Jika kebingungan berlanjut, tinggalkan pesan di kotak komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.