SEJARAH      FAUNA       HIBURAN

Daftar Unique Unit dalam Game "Age of Empires II"




Cuplikan game "Age of Empires II" yang menampilkan
faksi Berbers. (Sumber)

Bagi para pecinta game bergenre RTS / strategi, "Age of Empires II" merupakan salah satu judul yang pastinya sudah tidak asing lagi. Game yang populer dengan nama singkat AoE2 ini begitu digandrungi karena metode permainannya yang mudah dipelajari, namun di saat bersamaan juga menawarkan begitu banyak pilihan strategi yang memberikan tantangan tersendiri kepada para pemainnya. Hingga akhir tahun 2016, sudah ada 5 judul game Aoe2 yang dirilis. Jika 2 game pertama dibuat oleh studio Ensemble yang sekarang sudah bubar, maka 3 game terakhirnya dibuat oleh Forgotten Empires.

Game AoE2 juga populer karena menampilkan begitu banyak faksi peradaban yang bisa dimainkan & menggunakan elemen-elemen bertema sejarah Abad Pertengahan sebagai tema utamanya. Masing-masing faksi memiliki prajurit khusus bernama "Unique Unit", di mana normalnya unit ini tidak bisa dibuat oleh faksi lainnya. Seperti unit-unit lainnya dalam game AoE2, Unique Unit juga dibuat berdasarkan prajurit yang benar-benar ada dalam sejarah. Apa sajakah unit-unit tersebut? Jawabannya bisa anda temukan dalam artikel kali ini.



DIPERKENALKAN DI "THE AGE OF KINGS" (1999)

Berserk (atas) & pion catur di British
Museum yang menampilkan prajurit
Viking (bawah). (Sumber)
Berserk

Faksi        : Vikings
Tipe          : infantri
Dibuat di   : Castle

Deskripsi (Versi Game) :

Sebelum sekuel The African Kingdoms dirilis, Berserk menjadi satu-satunya unit yang sanggup menyembuhkan dirinya sendiri. Jika Berserk terluka, poin nyawa / HP yang dimilikinya akan pulih dengan sendirinya. Namun dalam praktiknya, kemampuan tersebut seringkali tidak banyak membantu di medan perang. Karena Berserk hanya memiliki HP berjumlah sedang & tingkat regenerasi HP-nya terbilang lambat, Berserk lebih sering mati terlebih dahulu sebelum bisa menyembuhkan diri. Sebagai akibatnya, walaupun Berserk bukanlah infantri terlemah, Berserk termasuk salah satu unit yang paling jarang digunakan.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Berserk / berserker adalah sebutan untuk pasukan Viking yang kerap melakukan penjarahan di Eropa. Ketika hendak beraksi, mereka akan berlayar menggunakan kapal-kapal miliknya, mendarat di kampung-kampung yang terletak di dekat pantai, & kemudian melakukan penjarahan membabi buta. Sebagai akibat dari reputasi berserker sebagai kawanan perampok yang gemar berperang, kata "berserk" lantas diserap ke dalam kosakata Inggris untuk mendeskripsikan perilaku mengamuk tanpa kendali. Praktik penjarahan yang dilakukan oleh berserker perlahan-lahan ditinggalkan setelah raja-raja di Eropa Utara mengadopsi agama Kristen.


Cataphract & relief Cataphract
Sassanid di Taq-e Bostan,
Iran. (Sumber)
Cataphract

Faksi        : Byzantines
Tipe          : kavaleri
Dibuat di   : Castle

Deskripsi (Versi Game) :

Cataphract adalah salah satu unit kavaleri paling mahal di dalam game, namun unit ini juga merupakan salah satu unit yang paling serba guna. Selain memiiki bonus serangan melawan infantri, Cataphract juga kebal terhadap bonus serangan dari unit-unit anti-kavaleri seperti Camel & Spearman. Jika pemain sudah membeli teknologi Logistica, Cataphract bisa melakukan serangan ke banyak unit di sekitarnya sekaligus. Dengan komposisi pasukan yang tepat & beragam, pasukan yang dilengkapi dengan Cataphract sangat sulit dikalahkan.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Cataphract dalam bahasa Yunani berarti "perisai". Dalam struktur militer Byantium & kerajaan-kerajaan pra-modern, Cataphract adalah sebutan untuk pasukan berkuda yang dilengkapi dengan pelindung logam tebal. Sebagai akibat dari perlengkapan pelindungnya yang berat, kuda cataphract tidak bisa digunakan untuk menempuh jarak yang terlampau jauh secara terus menerus. Fungsi utama cataphract di medan perang adalah untuk menabrak sambil merusak barisan terdepan formasi pasukan musuh. Selain dilengkapi dengan senjata jarak dekat macam tombak & pedang, cataphract juga dilengkapi dengan panah.


Chu Ko Nu & busur peninggalan
dari abad ke-18. (Sumber)
Chu Ko Nu

Faksi        : Chinese
Tipe          : pemanah
Dibuat di   : Castle

Deskripsi (Versi Game) :

Chu Ko Nu merupakan salah satu unit pemanah dengan jarak tembak terpendek di dalam game, namun Chu Ko Nu mengkompensasinya dengan teknik serangannya yang unik. Sekali menembak, Chu Ko Nu bisa menembakkan hingga 5 anak panah sekaligus! Jika seluruh anak panahnya tepat sasaran, Chu Ko Nu pun menjadi unit pemanah dengan serangan terkuat di dalam game. Berkat teknik serangannya yang unik pulalah, Chu Ko Nu menjadi 1 dari sedikit unit pemanah yang efektif ketika harus bertempur melawan Ram & Skirmisher yang notabene memiliki ketahanan tinggi terhadap proyektil.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Chu Ko Nu adalah sebutan untuk sejenis crossbow / pistol busur khas Cina yang bisa menembakkan banyak anak panah sekaligus. Ketika hendak digunakan, pemakai Chu Ko Nu akan mengisi bagian kotak busur dengan sejumlah anak panah. Ketika gagang yang ada di belakang busur digerakkan naik turun, anak panah yang tersimpan di dalam busur akan terlontar ke depan secara beruntun layaknya peluru senapan mesin. Kendati terlihat berbahaya, busur dari periode Sebelum Masehi ini memiliki akurasi yang buruk. Untuk mengakali kelemahan tersebut, Chu Ko Nu biasanya digunakan di tepi benteng untuk membunuh gerombolan musuh yang hendak memanjat ke balik dinding.


Huskarl & ilustrasi Housecarl
dalam permadani Bayeux Tapestry
dari abad ke-11. (Sumber)
Huskarl

Faksi        : Goths
Tipe          : infantri
Dibuat di   : Caste, Barrack (sesudah meriset Anarchy)

Deskripsi (Versi Game) :

Normalnya infantri lemah jika harus berhadapan dengan pemanah. Pengecualian untuk Huskarl karena unit ini memiliki armor anti-proyektil yang sangat tinggi & bonus serangan terhadap pemanah. Namun kelebihan Huskarl bukan cuma itu. Jika pemain Goths sudah meriset teknologi Anarchy & Perfusion, pemain yang bersangkutan bisa membuat puluhan unit Huskarl hanya dalam hitungan detik. Unitmu kalah dalam pertarungan 3 lawan 3? Kalau begitu kirimlah sepuluh! Itulah prinsip terpenting untuk memaksimalkan kekuatan Goths & Huskarl.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Huskarl / housecarl adalah sebutan untuk pasukan pengawal raja-raja di Inggris & Eropa Utara pada Abad Pertengahan. Secara harfiah, "huskarl" memiliki makna "penghuni rumah" dalam bahasa Skandinavia Kuno. Housecarl memanfaatkan keahliannya bertempur sebagai pengawal merangkap pasukan pribadi raja yang memanfaatkan jasanya. Sebagai gantinya, housecarl diperbolehkan mengambil harta rampasan perang secara bebas & mendapatkan sejumlah hak istimewa dari raja majikannya. Housecarl juga kerap dilibatkan dalam sejumlah tugas seperti mengumpulkan pajak di wilayah kekuasaan sang raja.


Janissary & ilustrasi pasukan
Yeniceri. (Sumber)
Janissary

Faksi        : Turks
Tipe          : pemanah
Dibuat di   : Castle

Deskripsi (Versi Game) :

Sebelum sekuel The Conquerors dirilis, Turks adalah satu-satunya peradaban yang bisa membuat unit mesiu di Castle Age. Dan Janissary adalah unit tersebut. Janissary merupakan salah satu unit organik dengan serangan jarak jauh yang paling kuat, namun Janissary juga memiliki akurasi yang buruk & kecepatan serangan yang lambat. Janissary adalah unit yang sangat rapuh jika melihat statistik individu & biaya pembuatannya yang lumayan mahal. Namun jika pemain bisa menjaga agar pasukan Janissary miliknya tidak terbunuh, Janissary bisa menumbangkan banyak unit musuh di medan perang.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Janissary / Yeniceri adalah nama dari korps pasukan elit Ottoman yang pertama kali dibentuk pada akhir abad ke-14. Keanggotaan Janissary berasal dari anak-anak non-Muslim yang direkrut untuk dilatih sejak dini supaya loyal kepada sultan & terampil di medan perang. Berbeda dengan versi gamenya, Janissary di masa-masa awal pembentukannya dibekali dengan senjata non-mesiu seperti panah & pedang. Seiring dengan semakin pentingnya peran Janissary, mereka mulai berani menuntut hak-hak istimewa semisal hak untuk menikah & memiliki bisnis sendiri. Janissary akhirnya dibubarkan secara paksa pada tahun 1826 setelah mereka mencoba mengkudeta Sultan Mahmud II.


Longboat & bangkai longship di
Oslo, Norwegia. (Sumber)
Longboat

Faksi        : Vikings
Tipe          : kapal
Dibuat di   : Dock

Deskripsi (Versi Game) :

Longboat adalah satu-satunya unique unit yang dibuat di pelabuhan (Dock) sebelum sekuel The Conquerors dirilis. Longboat pada dasarnya merupakan kapal layar kecil yang menembakkan 3 anak panah sekaligus ke arah targetnya. Kelebihan Longboat jika dibandingkan dengan kapal perang macam Galleon adalah ukurannya yang sempit membuat Longboat lebih mudah bermanuver & berganti target dalam pertempuran berskala besar. Selebihnya, Longboat harus diperlakukan layaknya Galleon yang berarti sepasukan Longboat tidak dianjurkan untuk menghadapi sepasukan Fire Ship tanpa dukungan unit lainnya.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Longboat / longship (kapal panjang) adalah sebutan untuk kapal khas bangsa Viking. Kapal ini mudah dikenali dengan melihat bentuknya yang panjang & adanya layar tunggal berbentuk segi empat. Desain longboat yang panjang menyebabkan kapal ini bisa bermanuver dengan mudah di perairan dangkal & teluk sempit. Longship terdiri dari beragam tipe di mana tipe longship terbesar dikenal dengan nama "knorr" & sanggup mengangkut muatan seberat 20 ton lebih.


Longbowman & lukisan pasukan
longbowman dalam Pertempuran Crecy
di Perancis. (Sumber)
Longbowman

Faksi        : Britons
Tipe          : pemanah
Dibuat di   : Castle

Deskripsi (Versi Game) :

Longbowman adalah unit pemanah yang benar-benar memaksimalkan kelebihannya sebagai unit tempur jarak jauh. Unit ini merupakan unit pemanah dengan jarak tembak paling jauh di dalam game. Jika pemain bisa menjaga pasukan Longbowman-nya tetap hidup dengan cara menemparkan sepasukan infatri atau kavaleri di depannya, maka pemain yang bersangkutan bakal memiliki pasukan yang nyaris tidak terkalahkan. Bahkan unit-unit macam Mangonel & Skirmisher yang normalnya efektif melawan pemanah jadi kehilangan efektifitasnya ketika harus berhadapan dengan radius tembak Longbowman yang superior.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Longbow (busur panjang) adalah nama dari busur yang - sesuai namanya - memiliki ukuran yang lebih panjang dibandingkan busur kebanyakan. Dalam posisi tegak, busur ini tingginya mencapai 1,8 m alias setara dengan orang dewasa. Karena berukuran panjang, longbow pun memiliki tali busur yang panjang pula sehingga ketika talinya dilentingkan, anak panah yang dilepaskannya bisa menempuh jarak hingga sejauh 180 m. Semasa Perang Ratusan Tahun melawan Perancis, pasukan longbow memiliki peran vital dalam membantu pasukan Inggris memenangkan sejumlah pertempuran penting seperti Crecy (1346) & Agincourt (1415).


Mameluke & ilustrasi prajurit
mamluk Mesir. (Sumber)
Mameluke

Faksi        : Saracens
Tipe          : kavaleri
Dibuat di   : Castle

Deskripsi (Versi Game) :

Mameluke adalah Unique Unit yang benar-benar unik. Unit ini bertipe kavaleri & memiiki tipe serangan jarak dekat (melee), namun unit yang bersangkutan bisa menyerang targetnya dari kejauhan dengan cara melemparkan pedangnya. Mameluke merupakan salah satu unit paling serba bisa karena unit ini cepat, kuat, & cocok untuk beragam taktik. Kelemahan utama Mameluke adalah unit ini adalah salah satu unit paling boros karena memerlukan sumber daya Gold dalam jumlah besar. Mameluke juga lemah ketika harus berhadapan dengan pasukan pemanah berjumlah besar.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Mameluke / mamluk adalah sebutan untuk pasukan dinasti-dinasti Muslim Timur Tengah pada Abad Pertengahan. Mayoritas personil mamluk berasal dari budak yang didatangkan dari Asia Tengah, kawasan yang terkenal dengan kemahiran penunggang kudanya. Berbeda dengan versi gamenya, mamluk menggunakan kuda sebagai hewan tunggangan utamanya. Berkat pasukan mamluk di Ain Jalut pulalah, pasukan Mongol yang sangat ditakuti di abad ke-13 tidak pernah bisa mencapai Afrika. Di sejumlah tempat semisal di Mesir & India utara (Delhi), personil mamluk menjadi pemimpin baru kesultanan setempat setelah majikan merangkap sultan lamanya wafat.


Mangudai & ilustrasi pemanah
berkuda Mongol dari manuskrip
abad ke-14. (Sumber)
Mangudai

Faksi        : Mongols
Tipe          : kavaleri pemanah
Dibuat di   : Castle

Deskripsi (Versi Game) :

Dari segi statistik individu, Mangudai terlihat tidak berbeda jauh dibandingkan Cavalry Archer biasa. Namun kelebihan Mangudai baru terlihat jika pemain menggunakan unit ini untuk taktik menembak sambil melarikan diri. Kecepatan serangannya yang tinggi & kemampuannya menembak tanpa mengambil ancang-ancang menjadikan sepasukan Mangudai sangat sulit dihentikan oleh pemain lawan manapun. Mangudai juga merupakan pembunuh Trebuchet & unit Siege Workshop yang sangat lihai karena Mangudai memiliki bonus serangan melawan unit-unit tadi.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Mangudai sebagai unit pemanah berkuda merupakan hasil inspirasi langsung dari kehebatan pasukan berkuda Mongolia yang begitu melegenda. Taktik favorit pasukan berkuda Mongolia dalam pertempuran terbuka adalah menyerang musuhnya lebih dulu, berpura-pura mundur saat dikejar, lalu mendadak mengepung musuh yang mengejarnya tadi dari segala arah. Mengenai arti istilah mangudai sendiri, tidak ada penjelasan yang baku mengenai apa (atau siapa) mangudai sebenarnya. Menurut sejarawan James Chambers, mangudai adalah semacam kavaleri untuk taktik serangan bunuh diri. Sementara menurut catatan perjalanan Marco Polo, mangudai / Meng Gu Dai adalah nama dari seorang panglima militer Mongol.


Samurai & baju zirah samurai di
Museum Shinjuku. (Sumber)
Samurai

Faksi        : Japanese
Tipe          : infantri
Dibuat di   : Castle

Deskripsi (Versi Game) :

Samurai merupakan unit yang kontroversial. Dari segi statistik individu, unit ini pada dasarnya merupakan sejenis infantri bertipe Champion dengan biaya produksi yang sedikit lebih mahal. Samurai memang memiliki bonus serangan melawan Unique Unit lainnya. Namun selain melawan sesama Unique Unit bertipe infantri, Samurai kurang efektif jika harus digunakan untuk melawan Unique Unit tipe lainnya akibat jumlah HP-nya yang rendah & gerakannya yang tidak begitu cepat. Singkatnya, Samurai tidak disarankan untuk digunakan jika kebetulan lawannya bukanlah tipe faksi yang bertumpu pada infantri.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Samurai adalah nama dari kelas militer dalam sistem feudal masyarakat Jepang. Berbeda dengan anggapan awam, selain bertempur memakai pedang sambil menapak tanah, samurai juga mahir bertarung di atas kuda & menggunakan busur. Majikan dari samurai dikenal dengan daimyo, di mana daimyo biasanya merupakan bangsawan merangkap tuan tanah setempat. Posisi samurai akhirnya punah sesudah Restorasi Meiji (1868) karena pemerintahan Jepang yang baru lebih tertarik menggunakan sistem angkatan bersenjata yang terpusat untuk menggantikan sistem samurai yang berbasis fanatisme majikan & kedaerahan.


Teutonic Knight & lukisan prajurit
Ordo Teutonik buatan Giuseppe
Rava. (Sumber)
Teutonic Knight

Faksi        : Teutons
Tipe          : infatri
Dibuat di   : Castle

Deskripsi (Versi Game) :

Teutonic Knight adalah salah satu unit jarak dekat terkuat yang ada di dalam game. Kekuatan serangan & perisainya yang tinggi membuat unit kavaleri sekaliber Paladin sekalipun tumbang dalam pertarungan 1 lawan 1. Namun di luar segala kelebihannya tersebut, Teutonic Knight memiliki kelemahan besar yang kerap memusingkan penggunanya. Teutonic Knight merupakan salah satu unit paling lambat yang ada di dalam game. Itulah sebabnya Teutonic Knight harus didukung dengan unit jarak jauh dalam jumlah yang cukup supaya kekuatannya tersebut bisa dimanfaatkan secara optimal.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Teutonik adalah nama dari ordo keagamaan yang pertama kali dibentuk di Yerusalem oleh para pedagang & perantauan asal Jerman untuk membantu merawat Tentara Salib / Crusader yang sakit. Namun sejak tahun 1198, Ordo Teutonik bertransformasi menjadi ordo militer supaya bisa membantu melindungi Yerusalem. Menyusul keberhasilan pasukan Muslim menaklukkan wilayah-wilayah kekuasaan Crusader di Palestina, Ordo Teutonik bersama pasukan Crusader lainnya terpaksa kembali ke Eropa. Sejak abad ke-13, Ordo Teutonik terlibat dalam serangkaian perang di Eropa Timur untuk membantu kerajaan-kerajaan Katolik setempat memerangi kerajaan non-Katolik saingannya. Ordo Teutonik masih ada hingga sekarang, namun sekarang perannya bergeser menjadi organisasi kemanusiaan.


Throwing Axeman & replika kapak
francisca modern. (Sumber)
Throwing Axeman

Faksi        : Franks
Tipe          : infatri
Dibuat di   : Castle

Deskripsi (Versi Game) :

Throwing Axeman adalah versi infantri dari Mameluke. Keduanya sama-sama memiliki serangan jarak jauh, namun tipe serangannya tidak digolongkan ke dalam tipe proyektil macam panah. Berbeda halnya dengan Mameluke yang kerap dianggap sebagai salah satu unit paling berguna, Throwing Axeman oleh banyak orang justru kerap dianggap sebagai salah satu unit yang paling tidak berguna. Gerakannya lambat, kekuatan serangannya lemah, & jumlah HP-nya rendah. Hal-hal tersebut lantas menjadikan Throwing Axeman sebagai salah satu unit yang paling jarang digunakan. Jika ada pemain yang memilih Franks sebagai peradabannya, biasanya ia melakukannya lebih karena ia ingin memaksimalkan kelebihan Franks di sektor kavaleri.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Francisca adalah nama dari sejenis kapak perang asal Perancis dengan fungsi & taktik tempur yang beragam. Dalam pertempuran jarak dekat, pengguna francisca bisa menggunakan kapak tersebut untuk membacok layaknya senjata tajam biasa. Namun dalam pertempuran jarak jauh, pengguna francisca bisa melemparkan kapaknya tersebut untuk melukai musuhnya dari kejauhan atau setidaknya membuat formasi tempur mereka berantakan. Sesudah melemparkan kapaknya, pengguna francisca kemudian berlari ke depan untuk melawan musuh dengan senjata jarak dekat lain yang mereka bawa.


War Elephant & patung miniatur yang
menampilkan gajah perang Kekaisaran
Sassanid Persia. (Sumber)
War Elephant

Faksi        : Persians
Tipe          : kavaleri
Dibuat di   : Castle

Deskripsi (Versi Game) :

War Elephant merupakan unit darat terkuat di dalam game. Dalam pertarungan jarak dekat 1 lawan 1, tidak ada unit yang bisa mengalahkan War Elephant. Sementara dalam pertempuran berskala besar, War Elephant bisa menghabisi lawan-lawannya dengan relatif cepat berkat kemampuannya menyerang banyak musuh sekaligus. Namun seperti halnya Teutonic Knight, War Elephant juga merupakan salah satu unit paling lambat yang ada di dalam game. Pemain lawan yang terampil juga bisa menggunakan Monk supaya War Elephant berbalik menyerang pemilik awalnya.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Gajah adalah hewan darat terbesar di dunia. Ukurannya yang besar lantas membuat hewan ini dijinakkan untuk keperluan militer. Di medan perang, gajah bisa digunakan untuk menginjak-injak pasukan musuh sambil mengangkut prajurit pemanah & pelempar tombak di atasnya. Bangsa Persia sendiri sudah sejak lama diketahui menggunakan gajah untuk keperluan perang, di mana mereka mengimpor gajahnya dari India. Dalam Pertempuran Gaugamela pada abad ke-4 SM contohnya, pasukan Kekaisaran Achaemenid menggunakan gajah dalam pertempuran melawan pasukan Makedonia pimpinan Alexander Agung. Pasukan gajah juga digunakan oleh Kekaisaran Sassanid ketika terlibat konflik dengan pasukan Khulafaur Rasyidin dari Jazirah Arab.


Woad Raider & ilustrasi pasukan
infantri suku Kelt. (Sumber)
Woad Raider

Faksi        : Celts
Tipe          : infantri
Dibuat di   : Castle

Deskripsi (Versi Game) :

Woad Raider adalah salah satu unit infantri tercepat di dalam game. Kemampuan tersebut menjadikan Woad Raider cocok untuk keperluan pengintaian & serangan mendadak. Berkat kecepatannya pula, Woad Raider bisa mengalahkan pasukan pemanah yang normalnya menjadi momok bagi pasukan infantri. Selebihnya, Woad Raider harus diperlakukan layaknya infantri lainnya. Gunakan unit ini untuk menghancurkan bangunan & pasukan lawan. Tapi tarik mundur jika yang dihadapi adalah unit-unit dengan bonus serangan kontra infatri

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Woad adalah nama dari sejenis bunga asli Eropa yang getahnya mengandung zat pewarna. Menurut kesaksian bangsa Romawi Kuno, prajurit asli Pulau Britania diketahui melumuri wajahnya dengan getah bunga ini untuk membuat penampilannya terlihat garang. Jadi "woad raider" bisa dimaknai sebagi kawanan penjarah yang melumuri wajahnya dengan getah woad. Kemampuan woad raider untuk bergerak dengan cepat kemungkinan merujuk pada taktik gerilya & serangan cepat prajurit Skotlandia di masa perang kemerdekaan. Namun kalau di dalam sejarah aslinya sendiri, prajurit yang digunakan untuk taktik macam itu adalah prajurit yang menunggangi kuda kecil hobelar.



DIPERKENALKAN DI "THE CONQUERORS" (2000)

Conquistador & lukisan pasukan
conquistador ketika memerangi
pasukan Aztec. (Sumber)
Conquistador

Faksi        : Spanish
Tipe          : kavaleri pemanah
Dibuat di   : Castle

Deskripsi (Versi Game) :

Conquistador adalah kavaleri pemanah yang menyerang dengan cara menembakkan senapannya. Jika dibandingkan dengan Janissary yang notabene juga merupakan unit mesiu, Conquistador memiliki HP lebih banyak & bisa bergerak lebih cepat, namun dengan jarak tembak yang lebih pendek. Conquistador cukup efektif untuk taktik menyerang sambil menghindari kendati unit yang bersangkutan memiliki jeda antar serangan yang cukup lama.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Conquistador adalah sebutan untuk rombongan penjelajah asal Spanyol yang merintis penaklukkan Benua Amerika pada abad ke-16. Walaupun hanya berjumlah sedikit, kelihaian para conquistador dalam memanfaatkan keluguan penguasa lokal & menjalin aliansi dengan rival sang penguasa membuat mereka sanggup menaklukkan kerajaan-kerajaan kuat seperti Aztec & Inca. Salah satu momen pertempuran paling fenomenal yang melibatkan conquistador terjadi pada tahun 1533 di Cajamarca, Inca. Walaupun harus berhadapan dengan ribuan prajurit Inca, pasukan conquistador pimpinan Francisco Pizzaro berhasil mengalahkan mereka dengan cara memanfaatkan terjangan kuda & suara keras senjata api yang notabene merupakan hal asing bagi mereka.


Jaguar Warrior & ilustrasi ksatria
elang serta jaguar dari manuskrip
buatan abad ke-16. (Sumber)
Jaguar Warrior

Faksi        : Aztecs
Tipe          : infantri
Dibuat di   : Castle

Deskripsi (Versi Game) :

Jaguar Warrior adalah infantri yang memiliki bonus serangan melawan infantri lainnya. Dengan kata lain, dalam pertarungan melawan sesama pasukan infantri, Jaguar Warrior hampir selalu keluar sebagai pemenang. Namun kelebihan Jaguar Warrior belum sampai di sana. Jika pemain Aztecs sudah meriset teknologi Garland War, kekuatan serangan Jaguar Warrior meningkat drastis & unit ini dalam jumlah besar bisa meluluh lantakkan hampir segala jenis pasukan musuh.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Prajurit Jaguar adalah salah satu kelas prajurit elit dalam struktur militer Aztec. Mereka mendapatkan nama demikian karena anggota dari kelas ini memang mengenakan kostum yang terbuat dari kulit jaguar. Kostum kulit jaguar sendiri digunakan karena adanya kepercayaan kalau jaguar merupakan jelmaan dari dewa Tezcatlipoca. Gambar ilustrasi yang dibuat oleh penjelajah Spanyol menunjukkan kalau prajurit jaguar menggunakan macuahuitl (pedang kayu dengan obsidian tajam di bagian sisinya) & chimalli (sejenis perisai bundar) sebagai perlengkapan perang utamanya.


Missionary & lukisan yang
menampilkan pastor di Brazil
saat menggelar misa di hadapan
penduduk pribumi. (Sumber)
Missionary

Faksi        : Spanish
Tipe          : pendeta
Dibuat di   : Monastery

Deskripsi (Versi Game) :

Spanish adalah satu-satunya peradaban yang memiliki Unique Unit bertipe pendeta (Monk) & Missionary adalah unit tersebut. Missionary secara garis besar bisa dideskripsikan sebagai Monk yang menaiki keledai. Jika dibandingkan dengan Monk, Missionary unggul dalam hal kecepatan bergerak, namun jangkauan konversinya tidak sejauh Monk biasa. Missionary juga tidak bisa digunakan untuk mengangkat Relic. Missionary adalah unit pendukung yang tepat untuk diikutsertakan dalam pasukan jika kebetulan pasukan tersebut didominasi oleh unit kavaleri.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Misionaris adalah sebutan untuk pemuka agama Kristen yang merantau ke wilayah koloni milik negara Eropa di benua lain untuk mengajak penduduk pribumi setempat memeluk agama Kristen. Untuk memudahkan misinya tersebut, mereka mendirikan sekolah kecil sambil memperkenalkan pengetahuan baru kepada penduduk lokal. Misi mereka sama sekali tidak mudah karena seringkali wilayah yang mereka kunjungi masih dipenuhi dengan penyakit, hewan buas, & kaum pribumi yang membenci orang asing. Tidak jarang mereka bersinggungan dengan sesama orang Eropa akibat perbedaan kepentingan. Di Brazil misalnya, para misionaris Yesuit terlibat konflik dengan gerombolan pemburu budak pribumi (bandeiras).


Plumed Archer & replika modern anak
panah bermata obsidian. (Sumber)
Plumed Archer

Faksi        : Mayans
Tipe          : pemanah
Dibuat di   : Castle

Deskripsi (Versi Game) :

Bersama dengan Aztecs & Incas, Mayans adalah satu-satunya peradaban yang tidak bisa membuat pasukan berkuda alias kavaleri. Batasan tersebut juga berlaku pada pasukan tipe pemanah yang berarti peradaban Aztecs & Mayans tidak bisa membuat Cavalry Archer. Namun hal tersebut tidak terlalu masalah bagi Mayans karena peradaban ini memiliki Plumed Archer sebagai penggantinya. Plumed Archer memang memiliki HP & serangan yang lebih rendah daripada Cavalry Archer. Namun biaya produksinya yang murah & ketahanannya terhadap bonus serangan yang dimiliki oleh pasukan anti-kavaleri menjadikan Plumed Archer sebagai pengganti Cavalry Archer yang efektif sekaligus ekonomis.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Tidak diketahui secara jelas apa sumber inspirasi dari unit pemanah ini. Satu-satunya petunjuk yang diketahui adalah suku-suku pribumi Amerika Tengah sudah mengenal penggunaan busur & mahkota bulu burung untuk keperluan upacara keagamaan. Status Plumed Archer sebagai pemanah yang bisa berlari cepat kemungkinan merujuk pada taktik pemanah setempat yang memanfaatkan kerimbunan rimba Amerika Tengah untuk bersembunyi & kemudian menyerang secara tiba-tiba. Sementara untuk mata anak panahnya, mereka menggunakan serpihan batu obsidian yang sudah diasah.


Tarkan & lukisan mengenai pasukan
Hun saat menginvasi kota
Roma. (Sumber)
Tarkan

Faksi        : Huns
Tipe          : kavaleri
Dibuat di   : Castle, Stable (sejak seri The Forgotten)

Deskripsi (Versi Game) :

Tarkan merupakan versi lebih inferior dari Paladin karena dengan biaya produksi yang tidak berbeda jauh, Tarkan memiliki statistik individu yang lebih lemah daripada Paladin. Kelebihan utama Tarkan adalah unit ini memiliki bonus serangan terhadap bangunan yang berarti sepasukan unit ini bisa meratakan kota milik musuh dalam waktu relatif singkat. Sejak game The Forgotten, pemain Huns juga bisa membuat Tarkan di Stable jika teknologi Marauders sudah dibeli. Tarkan termasuk unit kavaleri yang jarang digunakan akibat statistiknya yang tidak istimewa & fungsinya yang lebih terbatas jika dibandingkan dengan Paladin.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Tarkhan adalah gelar kebangsawan yang digunakan oleh suku-suku Asia Tengah, daerah yang dispekulasikan sebagai daerah asal bangsa Hun sebelum bermigrasi ke Eropa. Mereka yang menyandang gelar ini memiliki hak-hak istimewa seperti bebas mengambil harta jarahan perang & tidak perlu membayar pajak. Namun penampilan Tarkan yang ada di dalam game sendiri kemungkinan diambil dari kebiasaan pasukan Hun menghancurkan desa-desa yang baru saja mereka jarah dengan cara membakarnya.


Turtle Ship & replika kapal
kura-kura modern. (Sumber)
Turtle Ship

Faksi        : Koreans
Tipe          : kapal
Dibuat di   : Dock

Deskripsi (Versi Game) :

Turtle Ship adalah unit laut terkuat di dalam game. HP & serangannya yang besar menjadikan unit ini tak terkalahkan dalam duel 1 melawan 1 melawan unit laut apapun. Dalam jumlah besar, sepasukan Turtle Ship bisa menguasai front laut dengan mudah. Kelemahan utama Turtle Ship adalah unit ini memiliki gerakan yang lambat & biaya produksi yang amat mahal. Jangkauan serangannya juga tidak sebaik Galleon, sehingga pemain lawan yang terampil bisa menggunakan taktik menyerang sambil menjaga jarak untuk mengalahkan Turtle Ship.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Kapal kura-kura / geobukseon adalah kapal perang buah karya Admiral Yi Sun Sin yang memiliki peran penting dalam menggagalkan penaklukan Jepang atas Korea di abad ke-16. Kapal tersebut memperoleh nama demikian sebagai akibat dari struktur menyerupai tempurung kura-kura di bagian atas deknya. Tempurung itu sendiri aslinya adalah lambung kapal yang dipasang terbalik di atas badan kapal lainnya & dilengkapi dengan duri-duri logam untuk mencegah awak kapal musuh melompat ke badan kapal kura-kura. Sementara di bagian samping & depan, kapal ini dilengkapi dengan deretan meriam sebagai persenjataan utamanya.


War Wagon & hwacha yang sedang
menembakkan misil. (Sumber)
War Wagon

Faksi        : Koreans
Tipe          : kavaleri pemanah
Dibuat di   : Castle

Deskripsi (Versi Game) :

Walaupun unit ini menembakkan peluru misil yang besar layaknya Scorpion, War Wagon dikategorikan sebagai kavaleri pemanah. Sebelum sekuel The Forgotten dirilis, unit ini merupakan unit jarak jauh terkuat di dalam game. Statistik individunya yang perkasa & gerakannya yang relatif cepat membuat unit ini sangat cocok untuk beragam taktik. Namun layaknya ungkapan "ada harga ada kualitas", unit ini memakan biaya produksi yang tidak murah. War Wagon juga memiliki ukuran yang besar sehingga dalam pertempuran berskala besar, tidak jarang unit ini kewalahan ketika harus mencari ruang kosong untuk menyerang musuh atau melarikan diri. War Wagon juga lemah jika harus berhadapan dengan Paladin & unit-unit anti-kavaleri.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Sumber inspirasi utama dari War Wagon adalah hwacha, sejenis kereta kayu yang bisa meluncurkan panah berapi & kerap disebut-sebut sebagai peluncur roket dari Abad Pertengahan. Karena hwacha memiliki beberapa lubang peluncur panah & menggunakan mesiu sebagai bahan bakar pendorongnya, hwacha bisa menembakkan ratusan anak panah sekaligus dengan jarak tembak yang sangat jauh. Tidak seperti unit War Wagon yang lincah & fleksibel, hwacha harus berada dalam posisi diam ketika digunakan. Dalam pertempuran di Haengju pada tahun 1593, hwacha yang dipasang di dinding benteng berperan vital dalam menggagalkan upaya pasukan Jepang untuk menaklukkan kota tersebut.



DIPERKENALKAN DI "THE FORGOTTEN" (2013)

Boyar & ilustrasi prajurit berkuda
Muscovy Rusia. (Sumber)
Boyar

Faksi        : Slavs
Tipe          : kavaleri
Dibuat di   : Castle

Deskripsi (Versi Game) :

Boyar adalah salah satu unit penunggang kuda terkuat di dalam game. Jumlah HP & perisainya yang tinggi membuat unit ini sangat sulit dikalahkan dalam pertarungan 1 lawan 1 melawan unit jarak dekat lainnya. Bahkan Paladin & Cataphract pun kalah dalam pertarungan 1 lawan 1 melawan kavaleri pembawa kapak ini. Namun Boyar tetaplah rentan jika harus berhadapan dengan unit-unit anti-kavaleri seperti Halberdier & Camel.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Boyar adalah sebutan untuk kelas bangsawan merangkap elit militer dalam struktur sosial masyarakat Eropa Timur. Ketika orang-orang Viking / Varangian bermigrasi ke wilayah cikal bakal Ukraina & mendirikan kerajaan di sana, mereka ditemani oleh sejumlah pengawal elit yang bernama "druzhina". Selain bertugas melindungi kerajaan, para personil druzhina juga dipercaya untuk menempati pos-pos penting di pemerintahan. Ketika jumlah anggota druzhina semakin banyak, anggota senior druzhina kemudian dikenal dengan nama "boyar".


Condottiero & lukisan dinding dari
abad ke-15 yang menampilkan
tentara bayaran Italia. (Sumber)
Condottiero

Faksi        : Italians & sekutunya
Tipe          : infantri
Dibuat di   : Barrack

Deskripsi (Versi Game) :

Condottiero adalah Unique Unit pertama yang berstatus sebagai Team Bonus. Maksudnya adalah jika seorang pemain bersekutu dengan pemain lain yang menggunakan faksi Italians, maka pemain tersebut bisa membuat Condottiero di Barrack-nya sendiri. Condottiero secara sederhana bisa dideskripsikan sebagai infantri dengan gerakan yang cepat. Adapun selain kecepatannya, Condottiero juga memiliki bonus serangan & pertahanan melawan unit bertipe mesiu sehingga unit ini cocok untuk dikerahkan melawan peradaban-peradaban lain yang menitikberatkan pada pasukan mesiu.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Di Abad Pertengahan, perang antar kerajaan & penguasa merupakan hal yang lazim terjadi. Supaya bisa memiliki cukup personil di medan perang yang selalu berada dalam kondisi siap tempur, para penguasa di Eropa pun mengandalkan jasa tentara bayaran. Condottiero (jamak: condottieri) adalah contoh dari tentara bayaran tersebut. Mereka memiliki organisasi perusahaannya sendiri, lengkap dengan tentara & perlengkapan tempurnya. Condottiero sendiri dalam bahasa Italia secara harfiah berarti "pemimpin tentara bayaran".


Elephant Archer & baju zirah
gajah perang India di museum
Leeds, Inggris. (Sumber)
Elephant Archer

Faksi        : Indians
Tipe          : kavaleri pemanah
Dibuat di   : Castle

Deskripsi (Versi Game) :

Satu lagi Unique Unit yang menampilkan gajah. Jika War Elephant milik Persians menyerang dari jarak dekat, maka Elephant Archer bertarung dengan cara memanah musuhnya dari kejauhan. Elephant Archer memiliki HP yang sangat tinggi sehingga unit ini sangat resisten terhadap serangan unit bertipe Siege & bahkan Bombard Tower. Namun di luar kelebihan tersebut, Elephant Archer memiliki gerakan yang sangat lambat & biaya produksi yang mahal.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Bangsa India merupakan bangsa pertama yang menjinakkan gajah, tepatnya sejak abad ke-40 Sebelum Masehi. Awalnya digunakan untuk membantu kegiatan pertanian, gajah kemudian mulai dimanfaatkan untuk keperluan perang. Berkat posturnya yang tinggi besar, pasukan pemanah bisa naik di atas punggung gajah sambil menembaki musuhnya dari kejauhan. Jika prajurit musuh mencoba menyerang pemanah dari dekat, mereka bakal menghadapi resiko ditusuk atau diinjak oleh gajah yang mengangkut pasukan pemanah tadi. Gajah juga efektif dalam melawan pasukan berkuda karena bau yang ditimbulkan gajah membuat kuda yang belum terbiasa merasa tidak nyaman.


Genoese Crossbowman & ilustrasi
mengenai pemanah Genoa dari
manuskrip abad ke-15. (Sumber)
Genoese Crossbowman

Faksi        : Italians
Tipe          : pemanah
Dibuat di   : Castle

Deskripsi (Versi Game) :

Genoese Crossbowman secara kasat mata terlihat tidak berbeda jauh jika dibandingkan dengan unit pemanah macam Arbalest. Namun unit ini memiliki kelebihan berupa adanya bonus serangan melawan kavaleri. Jika pemain bisa menjaga pasukan Genoese Crossbowman miliknya tetap selamat di sepanjang peperangan, gerombolan kavaleri yang biasanya menjadi momok dapat dijinakkan dengan mudah. Menjaga Genose Crossbowman tetap hidup di medan perang adalah hal yang penting mengingat unit ini sangat rapuh & hanya memiliki HP berjumlah rendah.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Genoa merupakan satu dari sekian banyak negara yang berdiri di Semenanjung Italia pada Abad Pertengahan. Salah 1 pasukan Genoa yang paling terkenal adalah pasukan pemanahnya yang menggunakan busur bertipe crossbow. Walaupun berstatus sebagai angkatan bersenjata Genoa, pasukan Genoa kerap disewa oleh kerajaan-kerajaan lain di Eropa yang merasa kagum dengan reputasinya. Beberapa contoh pertempuran terkenal yang melibatkan pasukan pemanah Genoa adalah penaklukkan Yerusalem oleh Tentara Salib (1099) & Pertempuran Crecy di Perancis (1346).


Imperial Camel & ilustrasi dari abad
ke-19 mengenai prajurit meriam
unta (zamburak). (Sumber)
Imperial Camel

Faksi        : Indians
Tipe          : kavaleri
Dibuat di   : Stable

Deskripsi (Versi Game) :

Imperial Camel adalah rajanya para unta. Statistik individunya yang impresif membuat unit ini bisa menjagal pasukan kavaleri musuh dengan mudah. Imperial Camel pada dasarnya merupakan pengembangan lebih jauh dari unit Heavy Camel khusus faksi Indians. Adapun selain statistik individunya yang mengungguli unit-unit unta lainnya, Imperial Camel harus diperlakukan layaknya unit unta konvensional. Itu berarti pemain harus menjaga supaya pasukan Imperial Camel miliknya tidak tersentuh oleh serangan Castle, Tower, & Town Center lawan. Pasalnya ketiga bangunan tadi memiliki bonus serangan melawan unit-unit bertipe unta.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Walaupun kalah populer dibandingkan kuda & gajah, bangsa India diketahui turut menggunakan unta di medan perang. Kebetulan wilayah barat India memang memiliki padang gurun yang notabene merupakan habitat ideal unta. Pasukan zamburak milik Kekaisaran Mughal adalah contoh dari pemanfaatan unta untuk keperluan perang. Perbedaan utamanya dengan Imperial Camel yang ada di dalam game adalah jika Imperial Camel dipersenjatai dengan pedang, maka zamburak dipersenjatai dengan meriam kecil & senapan.


Kamayuk & tombak khas bangsa
Inca di Peru. (Sumber)
Kamayuk

Faksi        : Incas
Tipe          : infantri
Dibuat di   : Castle

Deskripsi (Versi Game) :

Kamayuk terlihat seperti unit yang kikuk karena infantri ini bertarung sambil membawa tombak yang sangat panjang. Statistik individunya pun terlihat biasa-biasa saja. Namun jangan meremehkan unit ini karena tombaknya yang sangat panjang membuat 2 Kamayuk yang sedang berjejer bisa menyerang target yang sama secara serempak. Berkat tombaknya yang panjang pula, Kamayuk menjadi 1 dari sedikit infantri yang bisa menyerang targetnya dari balik tembok. Jika hal itu masih belum cukup, Kamayuk juga memiliki bonus serangan melawan kavaleri.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Dalam struktur administratif Kekaisaran Inca, kamayuk / kamayuq adalah istilah untuk semacam jabatan. Kamayuq terdiri dari beragam tipe di mana masing-masing kamayuq memiliki peran yang berbeda 1 sama lain. Sebagai contoh, Waranga Kamayuq berperan sebagai pemimpin pasukan kecil yang jumlah personil bawahannya bisa mencapai 1.000 orang. Sementara Quipu Kamayuq berperan sebagai semacam pengingat informasi penting, mengingat bangsa Inca tidak mengenal penggunaan kertas untuk mendokumentasikan peristiwa-peristiwa di masa silam.


Magyar Huszar & ilustrasi
kavaleri suku Magyar. (Sumber)
Magyar Huszar

Faksi        : Magyars
Tipe          : kavaleri
Dibuat di   : Castle

Deskripsi (Versi Game) :

Magyar Huszar adalah kavaleri dengan statistik individu yang relatif lemah. Namun hal tersebut ditutupi oleh fakta bahwa Magyar Huszar merupakan salah satu unit kavaleri termurah di dalam game. Jika pemain sudah meriset teknologi Mercenaries, Magyar Huszar bisa dibuat tanpa menghabiskan sumber daya Gold sama sekali. Dengan begitu, pemain tidak perlu terlalu khawatir jika pasukan Magyar Huszar miliknya terbunuh secara massal. Magyar Huszar juga memiliki bonus serangan melawan unit bertipe Siege sehingga jika dikombinasikan dengan gerakannya yang cepat, sepasukan Magyar Huszar bisa menyusup ke belakang garis depan musuh dengan mudah & menghancurkan pasukan Trebuchet serta Bombard Cannon milik lawan.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Huszar / hussar adalah sebutan untuk sejenis prajurit berkuda yang hanya memakai perlengkapan tempur ringan. Sebagai akibat dari minimnya perlengkapan tempur yang mereka pakai, hussar memiliki gerakan yang lebih lincah jika dibandingkan dengan kavaleri yang mengenakan pakaian tempur lengkap. Kelebihan tersebut membuat hussar kerap digunakan untuk misi-misi pengintaian. Hussar juga memiliki peran penting dalam upacara militer & kerap mengenakan kostum mencolok semisal baju yang dilengkapi dengan sayap buatan. Bangsa Hongaria / Magyar adalah bangsa Eropa pertama yang diketahui menggunakan hussar. Tepatnya sejak abad ke-15.


Slinger & ilustrasi prajurit
Inca. (Sumber)
Slinger

Faksi        : Incas
Tipe          : pemanah
Dibuat di   : Archery Range

Deskripsi (Versi Game) :

Slinger adalah jawaban dari faksi Incas atas tidak adanya teknologi mesiu & unit Hand Cannoneer. Biaya produksinya yang murah & bonus serangan kontra infantri yang dimilikinya menjadikan sepasukan Slinger bisa mengubah pasukan infantri musuh menjadi timbunan mayat tanpa kesulitan berarti. Komposisi pasukan Incas yang ideal terdiri dari unit Kamayuk, Eagle Warrior, & Slinger. Kamayuk berfungsi sebagai pembunuh kavaleri musuh. Eagle Warrior berfungsi sebagai pengintai sekaligus penjinak pasukan jarak jauh milik musuh. Sementara Slinger bertugas sebagai pembantai infantri musuh.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Kain ketapel (sling) adalah senjata berupa seutas kain dengan sepasang tali di kedua sisinya. Pengguna kain ketapel menggunakan senjata ini dengan cara memuat batu pada kain, memegang kedua ujung tali dengan tangan yang sama, lalu kemudian mengayun-ayunkan kain ketapel secara melingkar sambil melepaskan salah satu ujung tali sehingga batunya terlontar ke depan. Walaupun terlihat sederhana, senjata ini cukup kuat untuk meremukkan tulang & menimbulkan luka serius pada korbannya.



DIPERKENALKAN DI "THE AFRICAN KINGDOMS" (2015)

Camel Archer & ilustrasi prajurit
penunggang unta. (Sumber)
Camel Archer

Faksi        : Berbers
Tipe          : kavaleri pemanah
Dibuat di   : Castle

Deskripsi (Versi Game) :

Camel Archer pada dasarnya adalah sejenis Cavalry Archer yang menunggang unta. Dalam pertarungan antara sesama Cavalry Archer, Camel Archer dapat dipastikan bakal keluar sebagai pemenang karena unit ini memiliki bonus serangan kontra Cavalry Archer. Kombinasikan hal tersebut dengan gerakannya yang cepat & kemampuannya menyembuhkan diri setelah pemain meriset teknologi Maghrabi Camels, Camel Archer pun menjadi unit sangat efektif untuk beragam taktik. Hal tersebut masih ditambah dengan fakta bahwa faksi Berbers memiliki unit-unit Stable yang kuat sekaligus murah untuk dijadikan partner Camel Archer.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Gurun Sahara merupakan padang gurun terbesar di dunia, di mana wilayah Afrika Utara juga termasuk dalam gurun ini. Unta lantas menjadi salah satu hewan tunggangan yang lazim digunakan oleh penduduk setempat untuk keperluan transportasi. Telapak kaki unta yang lebar & kemampuannya hidup berhari-hari tanpa makan serta minum menyebabkan unta menjadi hewan yang sangat berguna di padang gurun. Dalam perang melawan pasukan berkuda, unta juga memiliki keunggulan karena bau menyengat yang ditimbulkannya membuat kuda-kuda musuh menjadi tidak nyaman. Punuk unta yang menonjol juga memberikan keunggulan jarak pandang kepada penunggangnya.


Caravel & replika modern kapal
Nina serta Pinta. (Sumber)
Caravel

Faksi        : Portuguese
Tipe          : kapal
Dibuat di   : Dock

Deskripsi (Versi Game) :

Caravel dari segi statistik individu terlihat seperti versi lebih lemah & lebih mahal dari Galleon. Namun jangan terpaku pada statistik individu Caravel. Unit ini pada dasarnya merupakan versi laut dari Scorpion yang berarti misil yang ditembakkan oleh Caravel bisa menembus banyak target sekaligus. Hal tersebut menjadikan Caravel sangat efektif dalam perang laut berskala besar. Caravel juga mendapat manfaat dari teknologi Carrack di mana teknologi tersebut membuat Caravel mendapat tambahan perisai & menjadi lebih tahan banting ketika menerima serangan musuh.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Karavel / caravel adalah kapal layar yang lazim digunakan oleh pelaut Spanyol & Portugis sejak abad ke-15 untuk perjalanan jarak jauh. Kapal "Nina" & "Pinta" yang digunakan oleh rombongan pelaut pimpinan Christopher Columbus ketika melakukan pelayaran perdananya ke Amerika adalah contoh karavel yang paling terkenal. Karavel memiliki beragam desain, namun secara garis besar karavel memiliki desain berupa badan kapal yang ramping, bagian haluan serta buritan yang tinggi, & adanya tiang layar berjumlah 3 buah.


Gbeto & ilustrasi Amazon
Dahomey yang sedang memegang
kepala korbannya. (Sumber)
Gbeto

Faksi        : Malians
Tipe          : infantri
Dibuat di   : Castle

Deskripsi (Versi Game) :

Gbeto merupakan terobosan dalam sejarah game AoE karena inilah unit militer reguler pertama yang berjenis kelamin perempuan. Unit ini menyerang musuhnya dengan cara melemparkan semacam belati bercabang (kpinga). Gbeto termasuk rapuh bahkan untuk ukuran infantri akibat jumlah HP-nya yang rendah. Namun Gbeto menutupi kelemahan tersebut dengan gerakannya yang cepat & kemampuan menjaga jarak dengan musuh. Hal tersebut lantas menjadikan Gbeto sebagai pendamping yang ideal bagi pasukan kavaleri karena keduanya sama-sama cepat & bisa menutupi kelemahan satu sama lain.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Kendati ditampilkan sebagai Unique Unit milik faksi Malians, gbeto dalam sejarah aslinya sama sekali tidak memiliki kaitan dengan bangsa Mali. Gbeto atau Amazon Dahomey aslinya adalah pasukan wanita dari Kerajaan Dahomey (sekarang termasuk wilayah modern Benin) yang baru berdiri sesudah Kekaisaran Mali runtuh. Dalam bahasa lokal Fon sendiri, "gbeto" berarti "pemburu gajah". Nama yang diberikan karena menurut kesaksian seorang penjelajah Eropa, faksi gbeto dalam Amazon Dahomey baru dibentuk setelah raja Dahomey melihat sekelompok wanita pemburu setempat berjibaku menaklukkan gajah. Dan tidak seperti gamenya, Amazon Dahomey di dunia nyata menggunakan senapan & pedang sebagai senjata utamanya.


Genitour & ilustrasi prajurit
kavaleri Afrika Utara. (Sumber)
Genitour

Faksi        : Berbers & sekutunya
Tipe          : kavaleri pemanah
Dibuat di   : Archery Range

Deskripsi (Versi Game) :

Genitour secara singkat bisa dideskripsikan sebagai unit Skirmisher yang menunggang kuda. Layaknya Condottiero milik faksi Italians, Genitour juga berstatus sebagai Team Bonus yang berarti pemain manapun bisa membuat unit ini jika ia bersekutu dengan pengguna faksi Berbers. Dibandingkan dengan unit Skirmisher biasa, Genitour unggul dalam hal kecepatan & ketahanan. Namun jangan lantas menganggap Genitour bisa menggantikan fungsi Cavalry Archer secara penuh karena Genitour memiliki serangan yang lemah & jeda antar serangan yang panjang.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Genitour / jinete adalah sebutan untuk prajurit penunggang kuda yang lazim digunakan oleh kerajaan-kerajaan Kristen di Semenanjung Iberia - lokasi negara Spanyol & Portugal - pada abad ke-15. Tidak seperti prajurit bertipe kavaleri berat yang bertempur dengan cara menerjang musuhnya secara langsung, jinete berperang dengan cara melempari musuhnya memakai tombak sambil menjaga jarak. Jinete baru menerjang musuhnya secara langsung ketika prajurit lawan frustrasi & tanpa sadar memisahkan diri dari formasi tempurnya. Taktik jinete tersebut terinspirasi langsung dari taktik pasukan Muslim Afrika Utara (Berber) ketika berhasil menaklukkan Semenanjung Iberia.


Organ Gun & replika meriam
organ di Perancis. (Sumber)
Organ Gun

Faksi        : Portuguese
Tipe          : mesin perang
Dibuat di   : Castle

Deskripsi (Versi Game) :

Organ Gun adalah Unique Unit pertama yang bertipe Siege. Itu berarti Organ Gun tidak bisa disembuhkan memakai Monk & hanya bisa disembuhkan dengan memakai bantuan Villager. Organ Gun sendiri pada dasarnya adalah sejenis meriam yang didorong oleh seorang prajurit. Unit ini bisa dianggap sebagai sejenis Hand Cannoneer karena tipe serangannya yang mirip. Dalam jumlah besar, sepasukan Organ Gun bisa menghabisi banyak musuh sekaligus tanpa terluka sama sekali berkat jangkauan serangannya yang cukup jauh & daya rusaknya yang amat tinggi.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Meriam organ / ribauldequin adalah gabungan dari beberapa meriam kecil yang digabungkan menjadi 1 unit senjata. Bentuknya yang unik layaknya pipa alat musik organ di gereja-gereja lantas menjadikan meriam ini mendapat julukan "meriam organ". Fungsi utama meriam organ adalah sebagai senjata anti-personil. Karena meriam organ memiliki banyak pipa meriam, meriam organ pun bisa menembakkan banyak peluru sekaligus, sehingga meriam ini cocok digunakan untuk menyerang prajurit musuh yang sedang menggerombol.


Shotel Warrior & replika
pedang shotel. (Sumber)
Shotel Warrior

Faksi        : Ethiopians
Tipe          : infantri
Dibuat di   : Castle

Deskripsi (Versi Game) :

Jika dibandingkan dengan Unique Unit lainnya, Shotel Warrior terlihat seperti hasil persilangan antara Woad Raider dengan Huskarl. Seperti halnya Woad Raider, Shotel Warrior bisa bergerak dengan amat cepat. Namun seperti halnya Huskarl, Shotel Warrior bisa diproduksi dengan amat cepat. Jika pemain memiliki cukup sumber daya, seorang pemain bisa menciptakan puluhan Shotel Warrior hanya dalam hitungan detik & menciptakan kerusakan serius di wilayah kekuasaan musuh. Namun Shotel Warrior bukan tanpa kelemahan. Unit ini merupakan salah satu unit infantri paling rapuh di dalam game sehingga unit ini tidak disarankan untuk dikirim ke markas musuh yang memiliki tingkat pengamanan tinggi.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Shotel adalah sebutan untuk pedang khas Ethiopia yang bentuknya menyerupai sabit. Bentuk shotel yang unik tidak lepas dari tujuan penggunaannya yang tidak kalah unik. Ketika bertarung melawan sesama prajurit jarak dekat, pengguna shotel bisa menyelipkan ujung shotelnya ke balik perisai lawan & kemudian mengayunkannya untuk menebas lengan atau badan prajurit lawan. Karena terbukti efektif, shotel terus digunakan oleh prajurit-prajurit Ethiopia hingga abad ke-19.



DIPERKENALKAN DI "RISE OF THE RAJAS" (2016)

Arambai & senjata arambai yang
tertancap di tanah. (Sumber)
Arambai

Faksi        : Burmese
Tipe          : kavaleri pemanah
Dibuat di   : Castle

Deskripsi (Versi Game) :

Arambai merupakan unit kavaleri pemanah yang lain daripada yang lain. Unit ini menyerang dengan cara melemparkan proyektil berdaya rusak tinggi pada targetnya. Dikombinasikan dengan gerakan Arambai yang cepat, sepasukan Arambai bisa digunakan untuk beragam taktik. Mulai dari sebagai pendukung pasukan jarak dekat hingga untuk taktik menyerang sambil melarikan diri. Namun Arambai bukanlah tanpa kelemahan. Unit ini merupakan salah satu unit pemanah dengan akurasi serangan terburuk di dalam game. Arambai juga cukup mudah untuk dibunuh oleh pasukan jarak jauh lainnya.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Arambai adalah nama dari sejenis lembing pendek yang aslinya berasal dari Manipur, daerah di India timur yang di masa silam sempat menjadi wilayah Kekaisaran Toungoo Myanmar. Bagian belakang arambai dilengkapi dengan bulu untuk membantunya melayang sejauh mungkin di udara, sementara bagian depannya yang tajam dilumuri dengan racun. Ukuran arambai yang kecil menjadikan senjata ini cocok digunakan oleh pasukan penunggang kuda. Ketika beraksi, pengguna arambai akan menampakkan diri di dekat musuh secara tiba-tiba, melemparkan arambainya secara beramai-ramai, kemudian melarikan diri secepat mungkin.


Ballista Elephant & relief di Candi
Angkor yang menampilkan ballista
di atas punggung gajah. (Sumber)
Ballista Elephant

Faksi        : Khmer
Tipe          : kavaleri mesin perang
Dibuat di   : Castle

Deskripsi (Versi Game) :

Ballista Elephant adalah mesin perang terkuat di dalam game jika merujuk pada jumlah HP-nya yang sangat tinggi. Unit ini pada dasarnya adalah gajah yang membawa busur raksasa di punggungnya. Begitu anak panah dari busurnya dilepaskan, anak panah tersebut bisa menembus banyak prajurit sekaligus. Jika pemain sudah meriset teknologi Double Crossbows, seekor Ballista Elephant bahkan bisa menembakkan 2 anak panah sekaligus! Namun layaknya unit gajah lainnya, Ballista Elephant memiliki gerakan yang lambat & biaya pembuatan yang mahal.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Ballista adalah versi raksasa dari crossbow. Karena ukurannya yang besar, anak panah yang digunakan oleh ballista pun tidak kalah besar. Bangsa Cina adalah bangsa pertama yang menggunakan ballista di kawasan Asia Pasifik. Penggunaan ballista kemudian turut diadopsi oleh bangsa-bangsa Asia yang lain. Bangsa Khmer di Kamboja dilaporkan menerima pemahaman mengenai ballista dari tentara etnis Cham yang disewanya. Selain dipasang di tepi benteng, pasukan Khmer diketahui juga menggunakan ballista dengan cara memasangnya di atas punggung gajah.


Karambit Warrior & replika kerambit
modern di film "Merantau". (Sumber)
Karambit Warrior

Faksi        : Malay
Tipe          : infantri
Dibuat di   : Castle

Deskripsi (Versi Game) :

Jika harus diumpamakan sebagai hewan di dunia nyata, Karambit Warrior bisa diumpamakan sebagai semut api. Unit ini secara individu sangatlah lemah. Namun Karambit Warrior bisa menutupi kelamahan tersebut dengan biaya produksinya yang sangat rendah, gerakannya yang cukup cepat, & waktu pembuatannya yang sangat singkat. Kelebihan-kelebihan tadi membuat Karambit Warrior sangat efektif untuk mengeroyok prajurit lawan & mengalahkannya denga mengandalkan faktor keunggulan jumlah. Bak gerombolan semut yang mengerubungi hewan-hewan besar!

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Karambit / kerambit adalah nama dari sejenis belati melengkung yang berasal dari Indonesia, tepatnya dari daerah Minang di Pulau Sumatra. Senjata ini merupakan salah satu senjata yang lazim digunakan oleh mereka yang belajar pencak silat. Menurut cerita lokal, karambit memiliki bentuk demikian karena penemunya terinspirasi dari bentuk cakar harimau. Berkat ukurannya yang kecil & bentuknya yang melengkung, karambit bisa digunakan secara luwes hanya dengan 1 tangan. Karambit modern dilengkapi dengan semacam cincin seukuran ibu jari supaya tidak terlepas ketika sedang digunakan.


Rattan Archer & bagian bawah
replika perisai rotan khas
Vietnam. (Sumber)
Rattan Archer

Faksi        : Vietnamese
Tipe          : pemanah
Dibuat di   : Castle

Deskripsi (Versi Game) :

Rattan Archer pada dasarnya adalah pemanah yang memakai topi caping & perisai bundar. Dalam pertarungan melawan sesama pasukan pemanah, unit ini sangatlah superior karena Rattan Archer memiliki perisai anti-proyektil yang sangat tinggi. Perisai anti-proyektilnya juga membuat unit ini cukup tahan ketika menerima serangan panah dari Castle & Tower. Di luar kelebihannya tadi, Rattan Archer tidak berbeda jauh dari unit pemanah lain & harus digunakan dengan taktik serupa.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Rotan adalah tanaman yang pastinya tidak asing bagi anda. Tanaman rambat ini sangat terkenal karena kayunya bisa diolah menjadi beragam perabotan, termasuk untuk perlengkapan perang. Prajurit Vietnam diketahui menggunakan tameng yang terbuat dari rotan, di mana tameng tersebut dikenal dengan sebutan "khien" & desainnya serupa dengan tameng rotan Dinasti Ming Cina (teng pai).


Imperial Skirmisher & relief di Candi
Bayon yang menampilkan prajurit
Champa. (Sumber)
Imperial Skirmisher

Faksi        : Vietnamese & sekutunya
Tipe          : pemanah
Dibuat di   : Archery Range

Deskripsi (Versi Game) :

Unit ini merupakan Team Bonus dari Vietnamese yang berarti siapapun yang bersekutu dengan faksi Vietnamese bisa membuat unit ini di Archery Range miliknya masing-masing. Imperial Skirmisher pada dasarnya merupakan versi lebih kuat dari Elite Skirmisher & harus digunakan dengan metode yang sama pula. Seperti halnya Rattan Archer, unit ini juga memiliki perisai anti-proyektil yang cukup tinggi walaupun tidak sebesar perisai yang dimiliki Rattan Archer. Efektifitas unit ini baru terasa ketika sumber daya Gold yang ada di dalam game kian sedikit karena unit ini sama sekali tidak memerlukan Gold untuk bisa diproduksi.

Deskripsi (Versi Dunia Nyata) :

Dalam bahasa Inggris, "skirmisher" berarti prajurit yang terlibat dalam pertempuran kecil-kecilan (skirmish). Pasukan skirmisher di masa Romawi Kuno dikenal dengan sebutan "velites" & biasanya dilengkapi dengan tameng serta tombak lempar. Status Imperial Skirmisher sebagai Unique Unit milik faksi Vietnamese kemungkinan terinspirasi dari relief di Candi Bayon, Kamboja, yang menampilkan prajurit Kerajaan Champa (sekarang termasuk wilayah Vietnam selatan) sebagai prajurit yang bersenjatakan tombak & tameng.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

ABC News - Samurai Sport Still Popular After 800 Years
Age of Empires Wiki - Unique Units (Age of Empires II)
Ancient History Encyclopedia - Quipu 
Ancient Mayan Civilization - Ancient Mayan Headdresses....
Ancient Origins - The Powerful Hwacha: An Early....
Arco Iris web Designs - Chu Ko Nu The Manchurian....
Aztecs & Tenochtitlan - Aztec Jaguar Warriors 
Best Crossbow Source - History of the Crossbow.... 
Discovering Horse Sports in Africa & Asia - Arambai....
Encyclopedia.com - Bandeiras 
Encyclopedia.com - Mamluk
History Extra - The truth about Viking berserkers
Important India - Slave Dynasty (Ghulam Dynasty....
Karambit.com - Karambit FAQs
Military Factory - Francisca Cutting / Throwing Axe 
Military History Monthly - Battle tactics of La Reconquista 
Peter Dekker's Mandarin Mansion - Antique Vietnamese arms
Read icon - Maya Weapons: The Atlatl and Obsidian Dart
Rob Ossian's Pirate's Cove - Complete List of Sailing....
Rob Ossian's Pirate's Cove - Korean Turle Ships
ScottishHistory.com - The Strategy and Tactics of the....
Smithsonian - Dahomey’s Women Warriors
Swords and Knives - Shotel (Abyssinia) 
The Roman Empire - The Skirmishing Formation 
The Society of Ancients - The Battle of al-Qadisiyyah
The Woad Centre - History of Woad
The Vintage News - The Ribauldequin : medieval machine....
TheOttomans.org - Army & the Military Ranks (3 of 5)
TheOttomans.org - Army & the Military Ranks (4 of 5)
War History Online - A Force to be Reckoned With....
War History Online - The Battle of Karnal : Cannon....
Warfare History Network - War Elephants: From....
Weapons and Warfare - 1400-1590 : Ottoman weapons I
Wikipedia - Inca army
Wikipedia - Manghud
Dohrenwend, R. E.. 2002. "The Sling". (file PDF)
 - . 2008. "Caravel". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.
 - . 2008. "Druzhina". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.
 - . 2008. "Housecarl". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.
 - . 2008. "Hussar". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.
 - . 2008. "Longbow". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.
Creveld, M. v.. 2008. "Tactics". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.
D. Kassymova, dkk.. 2012. "Historical Dictionary of Kazakhstan". Scarecrow Press, AS.
Egland, J.. 2015. "Beasts of War" (hal. 15-16). Lulu, Raleigh, AS.
Diamond, J.. 1997. "Guns, Germs, and Steel" (hal. 68-77). W. W. Norton, New York, AS.
G. C. Hurst III & F. G. Notehelfer. 2008. "Japan". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.
Schliesinger, J.. 2011. "Ethnic Groups of Cambodia Vol 1" (hal. 168-169). White Lotus, Bangkok.


COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar




Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi, silakan tinggalkan komentar anda mengenai artikel ini selama tidak mengandung unsur spam, provokasi SARA, & kata-kata kasar. Komentar yang baru dibuat tidak akan langsung muncul karena akan diperiksa terlebih dahulu.

Jika anda tertarik untuk mencetak / menyimpan artikel ini, silakan menuju "Pusat Logistik" yang terletak di bagian kanan halaman ini.

Baca aturan pakai. Jika kebingungan berlanjut, tinggalkan pesan di kotak komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.