SEJARAH      FAUNA       HIBURAN

Makna Bendera Negara-Negara Jazirah Arab & Iran




Peta Jazirah Arab & Iran. (Sumber)

Jazirah Arab (Arabian Peninsula) adalah sebutan untuk wilayah semenanjung besar berbentuk menyerupai sepatu bot yang terletak di Asia Barat. Wilayah ini memiliki iklim yang amat kering & didominasi oleh padang gurun. Kendati demikian, nyatanya sebagian besar penduduk Jazirah Arab hidup dalam kemakmuran berkat cadangan minyak yang tersimpan di bawahnya. Jazirah Arab juga kerap dianggap sebagai sebagai pusatnya agama Islam karena hampir seluruh penduduknya menganut agama Islam & adanya kota Mekkah serta Madinah yang sangat disucikan oleh umat Muslim dunia.

Ada beberapa negara yang menempati Jazirah Arab, di mana Arab Saudi menjadi negara terbesar di jazirah ini. Dalam konteksi geopolitik, Kuwait kerap dianggap sebagai negara jazirah yang letaknya paling utara. Jika memakai definisi tersebut, maka kita akan mendapati kalau ada 7 negara yang menghuni Jazirah Arab. Hampir seluruh negara yang menempati semenanjung ini menggunakan sistem pemerintahan monarki / emirat yang konsep peralihan kekuasaannya berbasiskan pada garis keturunan.

Di seberang timur Jazirah Arab, terdapat daratan Persia yang sekarang ditempati oleh negara Iran. Kendati lokasinya berdekatan, Iran memiliki sejumlah perbedaan penting dengan negara-negara Jazirah Arab. Misalnya soal bahasa & budaya tradisional. Dan sebagai suatu negara, sudah barang tentu Iran memiliki bendera nasionalnya sendiri. Hal serupa juga berlaku untuk negara-negara yang menghuni Jazirah Arab. Jadi dalam artikel kali ini, kita akan mengupas makna bendera masing-masing negara.



ARAB SAUDI

Negara terluas di Jazirah Arab. Bendera Arab Saudi memiliki warna dasar hijau dengan gambar pedang putih di bagian bawah & tulisan Arab di bagian atasnya. Tulisan tersebut adalah kalimat syahadat dalam agama Islam yang memiliki makna "tiada Tuhan selain Allah". Penggunaan kalimat tersebut sekaligus menjadi semacam penegasan kalau Arab Saudi menjadikan Islam sebagai agama resminya. Warna hijau & putih kemungkinan juga memiliki makna serupa. Sementara simbol pedang menyimbolkan perjuangan untuk menegakkan agama.



BAHRAIN

Negara Arab yang wilayahnya berupa sebuah pulau kecil di lepas pantai timur Jazirab Arab. Bendera Bahrain menampilkan warna putih-merah yang tersusun secara vertikal, di mana bidang berwarna merah berukuran lebih luas dibandingkan bidang berwarna putih. Di bagian perbatasan kedua warna, terdapat semacam garis zig-zag yang aslinya adalah gambar 5 segitiga putih.

Tidak diketahui apa makna dari warna merah selain fakta bahwa bendera dengan warna demikian sudah digunakan oleh penguasa wilayah Bahrain sejak sebelum tahun 1820. Encyclopaedia Britannica menyebut kalau warna merah mungkin digunakan karena warna tersebut adalah warna khas golongan Khawarij / Kharijite yang muncul seusai tewasnya Khalifah Usman bin Affan di abad ke-7.

Warna putih baru ditambahkan pada tahun 1820 untuk menyimbolkan perdamaian antara penguasa Bahrain dengan Inggris. Kebetulan Inggris pada masa itu kerap terlibat konflik dengan negara-negara di pesisir timur Arab karena kapal-kapal berbendera Inggris yang melintas di Teluk Persia kerap dibajak oleh kawanan perompak setempat. Gambar 5 segitiga putih menyimbolkan 5 pilar Islam alias kewajiban pokok yang harus dijalankan oleh setiap Muslim.



IRAN

Negara besar yang terletak di seberang timur Jazirah Arab. Bendera Iran terdiri warna hijau-putih-merah yang tersusun secara horizontal. Di kedua sisi bidang putih, terdapat kaligrafi berjumlah 22 buah yang bertuliskan "Allahu Akbar" (Allah Maha Besar). Di bagian tengah, terdapat semacam simbol berbentuk bundar yang aslinya merupakan tulisan "Allah" dalam aksara Arab. Kaligrafi tadi ditulis 22 kali (11 di atas & 11 di bawah) karena peristiwa revolusi yang melahirkan republik Islam seperti sekarang ini terjadi pada bulan ke-11 dalam kalender tradisional Iran.

Penggunaan tulisan-tulisan berunsur "Allah" di dalam bendera Iran menyimbolkan Islam selaku agama mayoritas rakyat Iran. Warna merah menyimbolkan darah para pejuang yang gugur saat membela Iran. Warna putih menyimbolkan perdamaian & persahabatan dengan negara lain. Sementara warna hijau menyimbolkan tanah Iran yang subur.



KUWAIT

Negara Arab yang pada awal dekade 90-an lalu menjadi arena Perang Teluk. Bendera Kuwait menampilkan warna hijau-putih-merah yang tersusun secara horizontal. Di bagian paling kiri, terdapat gambar trapesium berwarna hitam. Warna hijau menyimbolkan tanah yang subur. Warna putih menyimbolkan kehormatan. Warna merah menyimbolkan keberanian. Sementara warna hitam menyimbolkan deburan pasir yang ditimbulkan oleh derap pasukan berkuda Kuwait. Bendera dengan warna-warna serupa juga merupakan bendera gerakan persatuan bangsa Arab (Pan-Arabisme).



OMAN

Negara di Jazirab Arab yang letaknya paling timur. Bendera Oman menampilkan motif putih-merah-hijau yang tersusun secara horizontal. Bidang yang berwarna merah melebar & memenuhi bagian kiri bendera. Di bagian pojok kiri atas, terdapat gambar ikat pinggang, sebilah khanjar (sejenis pisau lengkung), & 2 bilah pedang yang saling bersilangan. Gambar yang sama juga menjadi lambang negara Oman.

Warna merah menyimbolkan perjuangan bangsa Oman dalam menggagalkan invasi bangsa-bangsa asing. Warna merah juga digunakan karena itulah warna bendera Kesultanan Muskat & Oman, negara pendahulu Kesultanan Oman modern. Warna hijau menyimbolkan tanah Oman yang subur. Warna putih menyimbolkan kemakmuran & perdamaian.



QATAR

Negara semenanjung kecil di Jazirah Arab bagian timur. Bendera Qatar menampilkan warna putih & merah marun yang tersusun secara vertikal, di mana bidang berwarna marun berukuran lebih luas dibandingkan bidang berwarna putih. Di bagian perbatasan kedua warna, terdapat semacam garis zig-zag yang aslinya adalah gambar 9 segitiga putih.

Menurut penjelasan dari situs Kementerian Informasi Qatar, warna putih menyimbolkan perdamaian. Warna marun menyimbolkan darah yang tertumpah saat wilayah Qatar dilanda konflik di masa lampau. Sementara gambar 9 segitiga putih menyimbolkan status Qatar sebagai emirat ke-9 negara-negara Trusial, sebutan untuk negara-negara kecil di pesisir timur Teluk Persia yang sebagian besarnya kelak melebur membentuk Uni Emirat Arab.



UNI EMIRAT ARAB

Negara yang aslinya merupakan hasil federasi dari 7 emirat Arab. Bendera Uni Emirat Arab / UEA menampilkan gambar persegi panjang merah berbentuk tegak di bagian kirinya. Di sebelah kanannya, terdapat motif hijau-putih-hitam yang tersusun secara horizontal. Desain bendera UEA secara garis besar serupa dengan bendera gerakan Pan Arabisme.

Menurut penjelasan dari situs Departemen Protokol Dubai, bendera UEA menggunakan warna-warna demikian karena terinspirasi dari puisi Safiuddin Al-Hali. Dalam puisinya, ia menggambarkan warna hijau sebagai warna tanah lapang, warna putih sebagai simbolisasi tindakan manusianya, warna hitam untuk menggambarkan pertempuran, & warna merah sebagai pedang.

Situs berita Khaleej Times yang juga berbasis di UEA memuat artikel berisi pemaknaan yang berbeda. Dalam artikel tersebut, warna hijau dalam bendera menyimbolkan darah para pejuang UEA & hasil dari jerih payah mereka. Warna putih menyimbolkan upaya pemerintah dalam menunjang perdamaian dunia. Warna hitam menyimbolkan kekuatan rakyat UEA & penolakan mereka terhadap ekstrimisme. Sementara warna merah hijau menyimbolkan pertumbuhan & kemakmuran.



YAMAN

Negara Jazirah Arab yang tengah menjadi arena perang saudara. Bendera Yaman menampilkan motif merah-putih-hitam yang tersusun secara horizontal. Warna merah menyimbolkan perjuangan untuk memerdekakan & menyatukan Yaman. Warna putih menyimbolkan harapan akan masa depan yang cerah. Sementara warna hitam menyimbolkan masa lalu yang kelam. Penggunaan bendera dengan demikian kemungkinan besar terinspirasi dari bendera kelompok revolusi Arab yang berhasil menngakhiri era monarki di Mesir pada tahun 1952. Kelompok yang sama juga memiliki cita-cita menyatukan kawasan Arab di bawah 1 pemerintahan.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

CRW Flags - Kuwait
CRW Flags - Saudi Arabia
CRW Flags - Yemen
Encyclopedia.com - Arabia
Flags of the World - Bahrain
Flags of the World - Iran
Flags of the World - Oman
Khaleej Times - Know what the UAE flag means
Ministry of Foreign Affairs - Qatar - General Information
Protocol Department - The United Arab Emirates Flag
Smith, W.. 2008. "Bahrain, flag of". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.
Smith, W.. 2008. "Saudi Arabia, flag of". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.
Smith, W.. 2008. "Yemen, flag of". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.


COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar




Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi, silakan tinggalkan komentar anda mengenai artikel ini selama tidak mengandung unsur spam, provokasi SARA, & kata-kata kasar. Komentar yang baru dibuat tidak akan langsung muncul karena akan diperiksa terlebih dahulu.

Jika anda tertarik untuk mencetak / menyimpan artikel ini, silakan menuju "Pusat Logistik" yang terletak di bagian kanan halaman ini.

Baca aturan pakai. Jika kebingungan berlanjut, tinggalkan pesan di kotak komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.