Makna Bendera Negara-Negara Levant / Syam



Peta negara-negara di kawasan Levant. (glaphyridae.com)

Levant / Syam adalah sebutan untuk wilayah yang terbentang mulai dari pesisir timur Laut Mediterania hingga wilayah Irak utara. Karena Levant memiliki tanah yang subur & terletak di persimpangan 3 benua, wilayah ini sudah menjadi arena konflik & perebutan sejak era Sebelum Masehi. Di Levant pulalah, terdapat Peradaban Mesopotamia yang dikenal sebagai peradaban tertua di dunia yang sudah mengenal budaya tulis menulis.

Levant masih menyita perhatian dunia hingga sekarang, namun bukan dalam konteks yang positif. Banyaknya konflik berskala internasional seperti Perang Arab-Israel & pemberontakan ISIS menjadi penyebab mengapa media-media internasional menaruh fokus tersendiri pada wilayah tersebut. Ada beberapa definisi berbeda mengenai batas-batas wilayah Levant, namun artikel kali ini akan membatasi Levant sebagai wilayah yang terbentang mulai dari Suriah di utara hingga Yordania di selatan.



IRAK

Bendera Irak.

Negara yang di masa silam pernah dipimpin oleh diktator Saddam Hussein. Bendera Irak menampilkan motif merah-putih-hitam yang tersusun secara horizontal. Di bagian tengah bidang putih, terdapat tulisan Arab yang dibaca "Allahu Akbar" (Allah Maha Besar). Tulisan yang menyiratkan kalau mayoritas penduduk Irak menganut agama Islam.

Warna-warna yang digunakan dalam bendera Irak diadopsi dari bendera gerakan persatuan bangsa Arab (Pan-Arabisme), di mana warna-warna tersebut terinspirasi dari puisi Safiuddin Al-Hali (1278-1349). Dalam puisinya, ia menggambarkan warna hijau sebagai simbolisasi tanah lapang, warna putih sebagai simbolisasi tindakan manusia, warna hitam sebagai simbolisasi pertempuran, & warna merah sebagai simbolisasi pedang.

Selain dari puisi Al-Hali, warna-warna dalam bendera gerakan Pan-Arab juga terinspirasi dari bendera kelompok-kelompok Muslim di Abad Pertengahan. Warna putih menyimbolkan Dinasti Umayyah. Warna hitam menyimbolkan Dinasti Abbasiyah. Warna merah menyimbolkan kelompok Khawarij. Warna hijau menyimbolkan Dinasti Fatimiyyah.



ISRAEL

Bendera Israel.

Negara berpenduduk mayoritas Yahudi yang terlibat sengketa dengan Palestina hingga sekarang. Bendera Israel terdiri dari bidang putih dengan garis horizontal berwarna biru di bagian atas & bawahnya. Di tengah-tengah bendera, terdapat motif bintang bersudut 6 yang juga berwarna biru. Bintang tersebut adalah "Bintang Daud" (Magen David), simbol yang sebenarnya bukan hanya dikenal dalam agama Yahudi, namun di masa modern kerap diasosiasikan sebagai simbol khas Yahudi.

Menurut kepercayaan dalam agama Yahudi sendiri, Daud adalah tokoh yang sukses mempersatukan Kerajaan Israel Kuno. Tidak diketahui apa makna spesifik dari 2 garis biru, selain fakta bahwa motif garis biru terinspirasi dari "tallit", kain putih bergaris-garis yang lazim digunakan oleh penganut agama Yahudi saat berdoa.



LEBANON

Bendera Lebanon.

Negara yang menyandang julukan "Swissnya Timur Tengah" berkat kemiripan dalam hal kondisi geografis & dominannya sektor perbankan bagi perekonomian. Bendera Lebanon menampilkan motif merah-putih-merah yang tersusun secara horizontal, di mana bidang putih berukuran lebih besar dibandingkan bidang berwarna merah. Warna putih menyimbolkan perdamaian, sementara warna merah menyimbolkan darah & perjuangan.

Di bagian tengah bendera, terdapat gambar pohon berwarna hijau yang menyimbolkan keabadian. Pohon tersebut adalah cedar, pohon yang memang banyak ditemukan di wilayah Lebanon. Alasan lain mengapa pohon cedar digunakan adalah karena pohon cedar sempat disebut di dalam Alkitab. Kebetulan Lebanon memang memiliki penganut agama Kristen yang berjumlah besar.



PALESTINA

Bendera Palestina.

Negara yang terlibat konflik & sengketa dengan Israel hingga sekarang. Bendera Palestina menampilkan motif hitam-putih-hijau yang tersusun secara horizontal. Di sisi kiri bendera, terdapat motif segitiga berwarna merah. Seperti halnya bendera Irak, warna-warna dalam bendera Palestina juga terinspirasi dari bendera gerakan Pan-Arab. Desain bendera Palestina yang menampilkan pola segitiga sendiri terinspirasi dari bendera serupa yang diusung oleh kelompok pemberontak Arab yang berhasil melepaskan wilayahnya dari kekuasaan Ottoman seusai Perang Dunia I.



SIPRUS

Bendera Siprus.

Negara pulau yang terletak di seberang selatan Turki. Bendera Siprus menampilkan latar belakang berwarna putih dengan gambar peta Pulau Siprus berwarna kekuningan di bagian tengah & sepasang daun zaitun berwarna hijau di bawahnya. Gambar Pulau Siprus jelas menyimbolkan status bendera tersebut sebagai simbol negara Siprus. Warna putih & daun zaitun menyimbolkan perdamaian antara etnis Yunani dengan Turki, 2 etnis utama yang menghuni Pulau Siprus.



SIPRUS UTARA

Bendera Siprus Utara.

Daerah di Pulau Siprus bagian utara yang mengklaim dirinya sebagai negara merdeka, namun deklarasinya hanya diakui oleh negara Turki. Bendera Siprus Utara menampilkan warna latar belakang putih dengan garis horizontal merah di bagian atas & bawah bendera. Di bagian tengah bendera, terdapat simbol bulan sabit & bintang bersudut 5 yang berwarna merah.

Tidak ada penjelasan resmi mengenai makna dari warna-warna dalam bendera Siprus selain fakta bahwa simbol bulan bintang beserta warna merah & putih merupakan elemen-elemen yang juga dapat ditemukan pada bendera nasional Turki. Jadi, dengan mengadopsi bendera yang desainnya serupa dengan bendera Turki, Siprus Utara ingin menunjukkan rasa bangga mengenai kedekatan sosial budayanya dengan Turki. Kebetulan Siprus Utara memang berpenduduk mayoritas etnis Turki & terbentuk pasca invasi militer Turki ke Pulau Siprus.



SURIAH

Bendera Suriah.

Negara yang menjadi arena perang saudara sejak tahun 2011. Bendera Suriah menampilkan motif horizontal merah-putih-hitam dengan 2 simbol bintang di bagian tengah bendera. Warna-warna tersebut diadopsi dari warna bendera gerakan Pan-Arab. Khusus untuk warna merah, warna yang bersangkutan juga menyimbolkan darah para pejuang yang gugur. Simbol bintang berjumlah 2 di lain pihak menyimbolkan persatuan yang sempat terjadi antara Mesir dengan Suriah pada tahun 1958 hingga 1971.



YORDANIA

Bendera Yordania.

Negara Arab yang memiliki bentuk pemerintahan kerajaan. Bendera Yordania memiliki desain & motif yang sangat mirip dengan bendera Palestina, namun dengan tambahan simbol bintang putih bersudut 7 di bidang segitiga berwarna merah.

Hal tersebut tidak lepas dari fakta bahwa pendiri Emirat Transyordania - cikal-bakal negara Yordania sekarang - adalah tokoh yang ikut terlibat dalam pemberontakan bangsa Arab semasa Perang Dunia I. Simbol bintang sendiri menyimbolkan 7 distrik yang pernah menyusun wilayah Levant barat : Aleppo, Damaskus, Beirut, Lebanon, Palestina, Transjordan, & Deir Ez-Zor.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

Come To Syria. "National Symbols".
(www.cometosyria.com/en/pages/National+Symbols+syria/2/1)

Cyprus Island. "Cyprus Flag & National Symbols".
(www.cyprusisland.net/cyprus-flag-national-symbols)

Embassy of the State of Palestine in Hanoi, Vietnam. 2011. "Flag and national emblem".
(palestineembassy.vn/index.php?option=com_content&view=article&id=25%3Aflag-and-national-emblem&catid=2%3Ahistory&Itemid=5&lang=en)

I. Sache, dkk.. "Turkish Republic of Northern Cyprus".
(www.crwflags.com/fotw/flags/cy-trnc.html)

Mishory, A.. "Israel National Symbols: The Israeli Flag".
(www.jewishvirtuallibrary.org/the-israeli-flag)

Smith, W.. 2008. "Jordan, flag of". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.

Wikipedia. "Levant".
(en.wikipedia.org/w/index.php?title=Levant&oldid=812319904)

Worland, J.. 2015. "Here's How the Palestinian Flag Came to Be".
(time.com/4056052/palestinian-flag-history/)

Z. Horvath, dkk.. "Iraq".
(www.crwflags.com/fotw/flags/iq.html)

Z. Horvath, dkk.. "Lebanon".
(www.crwflags.com/fotw/flags/lb.html)

Z. Horvath, dkk.. "Pan-Arab Colours".
(www.crwflags.com/fotw/flags/xo-arabc.html)
   





COBA JUGA HINGGAP KE SINI...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.