SEJARAH      FAUNA       HIBURAN

Makna Bendera Negara-Negara Levant / Syam





Peta negara-negara di kawasan Levant. (Sumber)

Levant / Syam adalah sebutan untuk wilayah yang terbentang mulai dari pesisir timur Laut Mediterania hingga wilayah Irak utara. Karena Levant memiliki tanah yang subur & terletak di persimpangan 3 benua, wilayah ini sudah menjadi arena konflik & perebutan sejak era Sebelum Masehi. Di Levant pulalah, terdapat Peradaban Mesopotamia yang dikenal sebagai peradaban tertua di dunia yang sudah mengenal budaya tulis menulis.

Levant masih menyita perhatian dunia hingga sekarang, namun bukan dalam konteks yang positif. Banyaknya konflik berskala internasional seperti Perang Arab-Israel & pemberontakan ISIS menjadi penyebab mengapa media-media internasional menaruh fokus tersendiri pada wilayah tersebut. Ada beberapa definisi berbeda mengenai batas-batas wilayah Levant, namun artikel kali ini akan membatasi Levant sebagai wilayah yang terbentang mulai dari Suriah di utara hingga Yordania di selatan.



IRAK

Negara yang di masa silam pernah dipimpin oleh diktator Saddam Hussein. Bendera Irak menampilkan motif merah-putih-hitam yang tersusun secara horizontal. Di bagian tengah bidang putih, terdapat tulisan Arab yang dibaca "Allahu Akbar" (Allah Maha Besar). Tulisan yang menyiratkan kalau mayoritas penduduk Irak menganut agama Islam.

Warna-warna yang digunakan dalam bendera Irak diadopsi dari bendera gerakan persatuan bangsa Arab (Pan-Arabisme), di mana warna-warna tersebut terinspirasi dari puisi Safiuddin Al-Hali (1278-1349). Dalam puisinya, ia menggambarkan warna hijau sebagai simbolisasi tanah lapang, warna putih sebagai simbolisasi tindakan manusia, warna hitam sebagai simbolisasi pertempuran, & warna merah sebagai simbolisasi pedang.

Selain dari puisi Al-Hali, warna-warna dalam bendera gerakan Pan-Arab juga terinspirasi dari bendera kelompok-kelompok Muslim di Abad Pertengahan. Warna putih menyimbolkan Dinasti Umayyah. Warna hitam menyimbolkan Dinasti Abbasiyah. Warna merah menyimbolkan kelompok Khawarij. Warna hijau menyimbolkan Dinasti Fatimiyyah.



ISRAEL

Negara berpenduduk mayoritas Yahudi yang terlibat sengketa dengan Palestina hingga sekarang. Bendera Israel terdiri dari bidang putih dengan garis horizontal berwarna biru di bagian atas & bawahnya. Di tengah-tengah bendera, terdapat motif bintang bersudut 6 yang juga berwarna biru. Bintang tersebut adalah "Bintang Daud" (Magen David), simbol yang sebenarnya bukan hanya dikenal dalam agama Yahudi, namun di masa modern kerap diasosiasikan sebagai simbol khas Yahudi.

Menurut kepercayaan dalam agama Yahudi sendiri, Daud adalah tokoh yang sukses mempersatukan Kerajaan Israel Kuno. Tidak diketahui apa makna spesifik dari 2 garis biru, selain fakta bahwa motif garis biru terinspirasi dari "tallit", kain putih bergaris-garis yang lazim digunakan oleh penganut agama Yahudi saat berdoa (lihat foto).



LEBANON

Negara yang menyandang julukan "Swissnya Timur Tengah" berkat kemiripan dalam hal kondisi geografis & dominannya sektor perbankan bagi perekonomian. Bendera Lebanon menampilkan motif merah-putih-merah yang tersusun secara horizontal, di mana bidang putih berukuran lebih besar dibandingkan bidang berwarna merah. Warna putih menyimbolkan perdamaian, sementara warna merah menyimbolkan darah & perjuangan.

Di bagian tengah bendera, terdapat gambar pohon berwarna hijau yang menyimbolkan keabadian. Pohon tersebut adalah cedar, pohon yang memang banyak ditemukan di wilayah Lebanon. Alasan lain mengapa pohon cedar digunakan adalah karena pohon cedar sempat disebut di dalam Alkitab. Kebetulan Lebanon memang memiliki penganut agama Kristen yang berjumlah besar.


PALESTINA

Negara yang terlibat konflik & sengketa dengan Israel hingga sekarang. Bendera Palestina menampilkan motif hitam-putih-hijau yang tersusun secara horizontal. Di sisi kiri bendera, terdapat motif segitiga berwarna merah. Seperti halnya bendera Irak, warna-warna dalam bendera Palestina juga terinspirasi dari bendera gerakan Pan-Arab. Desain bendera Palestina yang menampilkan pola segitiga sendiri terinspirasi dari bendera serupa yang diusung oleh kelompok pemberontak Arab, yang berhasil melepaskan wilayahnya dari kekuasaan Ottoman seusai Perang Dunia I.



SIPRUS

Negara pulau yang terletak di seberang selatan Turki. Bendera Siprus menampilkan latar belakang berwarna putih dengan gambar peta Pulau Siprus berwarna kekuningan di bagian tengah & sepasang daun zaitun berwarna hijau di bawahnya. Gambar Pula Siprus jelas menyimbolkan status bendera tersebut sebagai simbol negara Siprus. Warna putih & daun zaitun menyimbolkan perdamaian antara etnis Yunani dengan Turki, 2 etnis utama yang menghuni Pulau Siprus.



SURIAH

Negara yang menjadi arena perang saudara sejak tahun 2011. Bendera Suriah menampilkan motif horizontal merah-putih-hitam dengan 2 simbol bintang di bagian tengah bendera. Warna-warna tersebut diadopsi dari warna bendera gerakan Pan-Arab. Khusus untuk warna merah, warna yang bersangkutan juga menyimbolkan darah para pejuang yang gugur. Simbol bintang berjumlah 2 di lain pihak menyimbolkan persatuan yang sempat terjadi antara Mesir dengan Suriah pada tahun 1958 hingga 1971.



YORDANIA

Negara Arab yang memiliki bentuk pemerintahan kerajaan. Bendera Yordania memiliki desain & motif yang sangat mirip dengan bendera Palestina, namun dengan tambahan simbol bintang putih bersudut 7 di bidang segitiga berwarna merah. Hal tersebut tidak lepas dari fakta bahwa pendiri Emirat Transyordania - cikal-bakal negara Yodania sekarang - adalah tokoh yang ikut terlibat dalam pemberontakan bangsa Arab semasa Perang Dunia I. Simbol bintang sendiri menyimbolkan 7 distrik yang pernah menyusun wilayah Levant barat : Aleppo, Damaskus, Beirut, Lebanon, Palestina, Transjordan, & Deir Ez-Zor.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

Come to Syria - National Symbols
CRW Flags - Lebanon
Cyprus Island - Cyprus Flag & National Symbols
Embassy of the State of Palestine - Flag and....
Flags of the World - Iraq
Flags of the World - Pan-Arab
Jewish Virtual Library - Israel National Symbols....
Time - Here's How the Palestinian Flag Came to Be
Wikipedia - Levant
Smith, W.. 2008. "Jordan, flag of". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.


COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar




Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi, silakan tinggalkan komentar anda mengenai artikel ini selama tidak mengandung unsur spam, provokasi SARA, & kata-kata kasar. Komentar yang baru dibuat tidak akan langsung muncul karena akan diperiksa terlebih dahulu.

Jika anda tertarik untuk mencetak / menyimpan artikel ini, silakan menuju "Pusat Logistik" yang terletak di bagian kanan halaman ini.

Baca aturan pakai. Jika kebingungan berlanjut, tinggalkan pesan di kotak komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.