SEJARAH      FAUNA       HIBURAN

Bidadari Laut, Makhluk Bening yang Bersayap & Bertanduk




(Sumber)

Bidadari laut / malaikat laut (sea angel) adalah nama dari sejenis makhluk laut yang mendapatkan nama demikian berkat penampilannya yang menakjubkan. Tubuhnya berbentuk panjang transparan, dengan sepasang sirip menyerupai sayap di kedua sisi badannya. Kepalanya berbentuk bulat & memiliki sepasang tentakel yang bentuknya menyerupai tanduk. Sebagai akibat dari tubuhnya yang transparan, organ-organ dalam bidadari laut yang berwarna kemerahan dapat dilihat dengan jelas.

Ada beberapa spesies bidadari laut yang sudah diketahui manusia, namun pembahasan pada artikel ini akan difokuskan pada spesies Clione limacina yang hidup di perairan dangkal Kutub Utara & sekitarnya. Dalam tangga klasifikasi ilmiah sendiri, bidadari laut dikategorikan sebagai sejenis siput karena mereka tergolong dalam kelas Gastropoda. Bidadari laut & kerabatnya juga dikenal dengan sebutan "pteropod" (kaki sayap) karena mereka menggunakan siripnya yang berbentuk menyerupai sayap untuk berenang.

Kupu-kupu laut, makanan utama
bidadari laut. (Sumber)
Berbeda dengan penampilannya yang terkesan cantik & tidak berbahaya, bidadari laut aslinya merupakan hewan predator yang rakus. Makanan favoritnya adalah kupu-kupu laut, sejenis pteropod yang memiliki cangkang & siripnya berbentuk lebar menyerupai sayap kupu-kupu. Dalam suatu ekosistem, perbandingan populasi antara bidadari laut & kupu-kupu laut mangsanya bisa mencapai 500 : 1. Saat bidadari laut bersinggungan dengan kupu-kupu laut, bidadari laut akan langsung mengeluarkan 3 pasang tentakel yang tersembunyi di kepalanya untuk mencengkeram cangkang mangsanya.

Begitu mangsanya sudah tertangkap, bidadari laut akan menggunakan tentakelnya tadi untuk memutar-mutar cangkang kupu-kupu laut hingga bagian pintu cangkangnya berada tepat di depan mulut bidadari laut. Hal selanjutnya yang perlu dilakukan oleh bidadari laut adalah mengeluarkan organ radula & kait dari dalam tubuhnya untuk mencerna daging mangsanya. Sesudah sekitar 30 menit, bidadari laut selesai menyantap mangsanya & kemudian membuang sisa cangkangnya. Bidadari laut yang hidup dalam lingkungan cukup makanan akan memiliki kantung pencernaan berwarna gelap.

Sebagai bagian dari piramida makanan, maka sudah barang tentu bidadari laut juga memiliki musuh. Hewan-hewan seperti ikan salmon, burung laut, hingga paus diketahui memakan hewan bertubuh bening ini. Sebagai bentuk pertahanan diri yang paling dasar, bidadari laut menggunakan tubuhnya yang tembus pandang supaya lebih sulit ditemukan oleh mangsanya. Dalam kondisi biasa, bidadari laut hanya akan menggetarkan siripnya dengan intensitas 1-2 kepakan per detik untuk berenang lambat. Namun jika harus berenang cepat, bidadari laut bisa mengepakkan siripnya lebih sering untuk menambah kecepatannya.

Bidadari laut dengan tentakel makan
yang mencuat. (Sumber)
Bidadari laut adalah hewan hermafrodit alias memiliki organ kelamin jantan & betina. Namun yang menarik adalah adalah bidadari laut awalnya akan memiliki jenis kelamin jantan, setelah itu baru berganti kelamin menjadi betina. Oleh sebab itu, seekor bidadari laut harus melakukan perkawinan dengan bidadari laut lainnya supaya bisa menghasilkan keturunan.

Bidadari laut yang hidup di perairan luar kutub cenderung lebih sering melakukan perkawinan dibandingkan mereka yang hidup di perairan kutub. Perkawinan terjadi ketika 2 ekor bidadari laut saling menempelkan tubuhnya. Waktu yang dihabiskan oleh sepasang bidadari laut untuk melakukan perkawinan bisa mencapai 4 jam. Setelah melakukan perkawinan, bekas luka kecil akan terlihat di permukaan tubuh bidadari laut.

Telur yang dihasilkan oleh bidadari laut betina jumlahnya bisa mencapai 40 butir & tersimpan dalam semacam kantung telur. Bayi bidadari laut yang baru menetas ukurannya hanya sekitar 0,15 mm & hidup dari memakan fitoplankton. Tidak seperti bidadari laut dewasa, bayi bidadari laut memiliki cangkang pada tubuhnya. Namun saat sudah mencapai tahap pertumbuhan tertentu, cangkang tersebut akan terlepas. Bidadari laut dari spesies C. limacina diketahui bisa tumbuh hingga mencapai ukuran maksimum 4 cm.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



KLASIFIKASI

Kingdom : Animalia
Filum : Mollusca
Kelas : Gastropoda
Ordo : Gymnosomata
Famili : Clionidae
Genus : Clione
Spesies : Clione limacina



REFERENSI

Arctic Ocean Diversity - Clione limacina (Phipps, 1774)
The Sea Slug Forum - Clione limacina (Phipps, 1774)
Wikipedia - Sea angel
(Video) 2017. "Rare footage shows ... in Arctic Ocean". CGTV. (link YouTube)


Video bidadari laut saat menyerang kupu-kupu laut.


COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar




Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi, silakan tinggalkan komentar anda mengenai artikel ini selama tidak mengandung unsur spam, provokasi SARA, & kata-kata kasar. Komentar yang baru dibuat tidak akan langsung muncul karena akan diperiksa terlebih dahulu.

Jika anda tertarik untuk mencetak / menyimpan artikel ini, silakan menuju "Pusat Logistik" yang terletak di bagian kanan halaman ini.

Baca aturan pakai. Jika kebingungan berlanjut, tinggalkan pesan di kotak komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.