SEJARAH      FAUNA       HIBURAN

Makna Bendera Negara-Negara Amerika Utara & Tengah




Benua Amerika Utara & Tengah seperti yang terlihat
pada cuplikan bola dunia. (Sumber)

Amerika adalah nama dari benua yang terletak di antara Samudera Atlantik & Pasifik. Berdasarkan lokasinya, Benua Amerika bisa dibagi menjadi 3 : Amerika Utara, Tengah, & Selatan. Dari segi ekonomi & teknologi, wilayah Amerika Utara kerap dianggap lebih maju dibandingkan wilayah Tengah & Selatan karena tingkat kesejahteraan penduduk di Amerika Utara secara umum memang lebih tinggi. Dan di Amerika Utara pulalah, terdapat negara Amerika Serikat (AS) yang di masa kini menjadi yang terdepan dalam banyak sektor.

Seperti halnya benua lain, negara-negara di Amerika Utara & Tengah juga memiliki bendera nasionalnya sendiri-sendiri, di mana bendera yang digunakan oleh masing-masing negara mencerminkan perjalanan sejarah & budaya mereka yang unik. Jadi sesuai dengan judulnya, artikel kali ini akan membahas makna bendera negara-negara di Amerika Utara & Tengah. Dan supaya artikel ini tidak terlampau panjang, artikel ini tidak akan membahas bendera negara-negara Kepulauan Karibia yang secara sosial budaya kerap dianggap sebagai bagian dari wilayah Amerika Tengah.



AMERIKA SERIKAT

Negara Amerika Utara yang juga dikenal sebagai negara adidaya dunia. Bendera AS menampilkan 13 garis horizontal berwarna merah & putih yang tersusun secara berselang-seling. Di bagian pojok kiri atas, terdapat bidang persegi panjang berwarna biru dengan 50 bintang putih di dalamnya. Karena adanya simbol-simbol demikian yang digunakan dalam bendera AS, maka bendera yang bersangkutan juga dikenal dengan sebutan "Stars & Stripes" (Bintang & Garis).

Garis-garis horizontal tersebut menyimbolkan 13 negara bagian AS saat pertama kali merdeka dari Inggris. Sementara 50 bintang menyimbolkan 50 negara bagian AS saat ini. Tidak ada penjelasan resmi mengenai apa makna dari warna-warna yang digunakan dalam bendera AS. Namun kalau merujuk pada penjelasan Charles Thomson - sekretaris parlemen AS di awal kemerdekaannya - warna putih menyimbolkan kesucian, warna merah menyimbolkan keberanian, sementara warna biru menyimbolkan kewaspadaan & keadilan.



BELIZE

Negara mini Amerika Tengah yang berbatasan dengan Laut Karibia di sebelah timur. Bendera Belize menampilkan bidang berwarna biru dengan garis horizontal sempit yang berwarna merah di bagian atas & bawahnya. Di bagian tengah bendera, terdapat simbol berbentuk lingkaran berwarna dominan putih yang aslinya merupakan lambang negara Belize. Tidak ada penjelasan resmi mengenai makna warna-warna dalam bendera Belize, selain fakta bahwa warna-warna tadi dipilih untuk menyimbolkan keberagaman & persatuan rakyat Belize.

Saat Belize hendak merdeka. pada awalnya partai PUP yang tengah menguasai pemerintahan Belize hendak mengadopsi bendera berwarna biru dengan lambang negara Belize di bagian tengahnya. Namun karena bendera tersebut dianggap terlalu berbau PUP mengingat PUP memang menggunakan warna biru sebagai warna khasnya, desain bendera Belize kemudian sedikit diubah supaya bendera yang bersangkutan bisa diterima oleh semua rakyat Belize.



EL SALVADOR

Negara Amerika Tengah yang kini lebih dikenal dengan tingkat kriminalitasnya yang tinggi. Bendera El Salvador menampilkan motif garis horizontal berwarna biru-puth-biru. Di bagian tengah bidang yang berwarna putih, terdapat simbol kecil yang aslinya merupakan lambang negara El Salvador. Tidak diketahui makna dari warna-warna tersebut, selain fakta bahwa desain bendera El Salvador tersebut terinspirasi dari bendera berwarna serupa yang diusung oleh Manuel Belgrano - tokoh pejuang kemerdekaan Argentina - pada abad ke-19. Karena El Salvador & Argentina pada waktu itu sama-sama sedang dijajah oleh Spanyol, bendera yang diusung oleh Belgrano pun kemudian menjadi sumber inspirasi bagi para pejuang kemerdekaan El Salvador.



GUATEMALA

Negara Amerika Tengah yang bertetangga dengan 4 negara sekaligus. Bendera Guatemala menampilkan bidang biru-putih-biru yang tersusun secara vertikal. Di bagian tengah bidang berwanra putih, terdapat simbol yang tidak lain merupakan lambang negara Guatemala. Seperti halnya bendera El Salvador, warna-warna yang digunakan dalam bendera Guatemala juga terinspirasi dari bendera yang diusung oleh Manuel Belgrano. Bendera Belgrano sendiri pertama kali dikenal di wilayah Amerika Tengah setelah Luis Aury - tokoh lain pejuang kemerdekaan Argentina - berlayar ke wilayah tersebut untuk meyakinkan penduduk setempat supaya mau ikut memberontak.



HONDURAS

Negara Amerika Tengah yang menjadikan pisang sebagai komoditas pertanian utamanya. Bendera Honduras menampilkan bidang biru-putih-biru yang tersusun secara horizontal. Di bagian tengah bidang berwarna putih, terdapat 5 gambar bintang berwarna biru. Layaknya sejumlah negara Amerika Tengah yang lain, warna putih & biru terinspirasi dari bendera Manuel Belgrano. Sementara simbol 5 bintang menyimbolkan 5 negara Amerika Tengah : El Salvador, Guatemala, Kosta Rika, Nikaragua, & Honduras itu sendiri. Sekedar info, pada tahun 1823 hingga 1840, kelima negara tadi sempat bersatu dengan nama "Republik Federal Amerika Tengah". Oleh Honduras, simbol 5 bintang pada bendera mereka lantas dimaksudkan sebagai harapan agar kelima negara tersebut bisa kembali bersatu suatu hari nanti.



KANADA


Negara Amerika Utara yang juga merupakan negara terbesar kedua di dunia. Bendera Kanada menampilkan bidang berwarna merah-putih-merah yang tersusun secara vertikal. Di bagian tengah bidang berwarna putih, terdapat simbol daun maple berwarna merah. Warna merah & putih digunakan karena kedua warna tersebut dianggap sebagai warna khas bangsa Inggris & Perancis, 2 negara bekas penguasa Kanada. Sementara simbol daun maple digunakan karena sejak permulaan abad ke-19, simbol tersebut dianggap sebagai simbol khas Kanada.



KOSTA RIKA

Negara Amerika Tengah yang tidak memiliki tentara. Bendera Kosta Rika menampilkan bidang biru-putih-merah-putih-biru yang tersusun secara horizontal. Bidang berwarna merah menjadi bidang dengan penampang yang paling besar, sementara bidang berwarna putih merupakan bidang yang berpenampang paling sempit. Di bagian pertengahan kiri bidang yang berwarna merah, terdapat bidang oval berwarna putih & simbol kecil yang aslinya adalah lambang negara Kosta Rika. Bendera Kosta Rika secara garis besar memiliki desain yang serupa dengan bendera Thailand, namun dengan posisi warna merah & biru yang berbeda.

Warna putih & biru digunakan karena seperti halnya negara-negara tetangganya di sebelah utara, bendera Kosta Rika terinspirasi dari motif bendera kemerdekaan yang diusung oleh Manuel Belgrano.Lalu sejak tahun 1848, warna merah ditambahkan karena terinspirasi dari bendera nasional Perancis. Mengenai makna warna-warna itu sendiri, warna biru menyimbolkan langit, kebadian, & kesempatan untuk bisa jadi lebih baik. Warna putih menyimbolkan perdamaian, keindahan, & kebijaksanaan. Sementara warna merah menyimbolkan darah para pejuang & sifat hangat penduduk Kosta Rika.



MEKSIKO

Negara Amerika Utara yang menjadi tempat asal munculnya bangsa Aztec. Bendera Meksiko menampilkan bidang berwarna hijau-putih-merah yang tersusun secara vertikal. Di tengah-tengah bidang yang berwarna putih, terdapat semacam simbol yang tidak lain merupakan lambang negara Meksiko. Warna hijau menyimbolkan kemerdekaan. Warna putih menyimbolkan agama Katolik, agama mayoritas rakyat Meksiko. Sementara warna merah menyimbolkan persatuan. Dipilihnya bendera dengan warna-warna demikian dimaksudkan supaya Meksiko bisa merdeka dari Spanyol sambil tetap merangkul seluruh penduduknya yang berasal dari berbagai macam latar belakang budaya & golongan.



NIKARAGUA

Negara terbesar di daratan Amerika Tengah. Bendera Nikaragua menampilkan bidang berwarna biru-putih-biru yang tersusun secara horizontal. Di bagian tengah bendera, terdapat simbol segitiga yang aslinya merupakan lambang negara Nikaragua. Seperti halnya negara-negara tetangganya, warna putih & biru diadopsi karena terinspirasi oleh motif bendera kemerdekaan yang diusung Manuel Belgrano. Namun bagia bangsa Nikaragua, warna-warna tersebut juga memiliki maknanya sendiri. Warna putih menyimbolkan daratan Nikaragua & kemurnian yang dikandungnya. Sementara warna biru menyimbolkan 2 samudera yang mengapit Nikaragua.



PANAMA

Negara Amerika Tengah yang menjadi lokasi Terusan Panama. Bendera Panama menampilkan bidang berwarna putih di bagian pojok kiri atas & kanan bawah. Di bagian pojok kiri atas, terdapat simbol bintang berwarna biru. Sementara di pojok kanan bawah, simbol bintangnya berwarna merah. Bagian pojok kanan atas & kiri bawah secara berturut-turut menampilkan bidang berwarna merah & biru. Warna merah menyimbolkan golongan politik liberal, sementara warna biru menyimbolkan golongan politik konservatif. Warna putih menyimbolkan perdamaian & kemauan masing-masing golongan untuk hidup berdampingan satu sama lain.  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI


Belmopan Online - The National Symbols of Belize
Canada.ca - Description of the National Flag of Canada
Costa Rica - National Flag
Flags of the World - Honduras
ThoughtCo - The Federal Republic of Central America....
ViaNica.com - National Symbols
Smith, W.. 2008. "Argentina, flag of". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.
Smith, W.. 2008. "El Salvador, flag of". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.
Smith, W.. 2008. "Guatemala, flag of". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.
Smith, W.. 2008. "Mexico, flag of". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.
Smith, W.. 2008. "Panama, flag of". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.
Smith, W.. 2008. "United States, flag of". Encyclopaedia Britannica, Chicago, AS.


COBA JUGA HINGGAP KE SINI...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar




Tamu yang baik selalu meninggalkan jejak sebelum pergi. Jadi, silakan tinggalkan komentar anda mengenai artikel ini selama tidak mengandung unsur spam, provokasi SARA, & kata-kata kasar. Komentar yang baru dibuat tidak akan langsung muncul karena akan diperiksa terlebih dahulu.

Jika anda tertarik untuk mencetak / menyimpan artikel ini, silakan menuju "Pusat Logistik" yang terletak di bagian kanan halaman ini.

Baca aturan pakai. Jika kebingungan berlanjut, tinggalkan pesan di kotak komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.