FAUNA       SEJARAH       HIBURAN

ABOUT




Lambang resmi Republik Eusosialis Tawon.


Apa itu Republik Eusosialis Tawon?

Republik Eusosialis Tawon (RET; Wasp Eusocialist Republic) adalah sebuah koloni tawon sosial di dunia maya yang telah berdiri sejak bulan Juli 2010 untuk mengumpulkan aneka informasi seputar ilmu pengetahuan & mengolahnya untuk diperlihatkan kembali ke seluruh dunia, khususnya untuk kalangan berbahasa Indonesia. Sederhananya, "republik" ini adalah sebuah wadah berupa blog sederhana yang berisi artikel-artikel dengan gaya penyajian ala ensiklopedia untuk menambah wawasan para pengunjung & pembacanya.

Artikel-artikel yang ada di sini mungkin tidak diperbarui secara teratur karena berbagai sebab, namun pihak Republik selalu berusaha agar minimal setiap 1 minggu selalu ada artikel baru di sini. Semua artikel di sini adalah murni buatan pengelola Republik yang dirangkum dari berbagai sumber. Jadi kalau pengunjung menemukan artikel lain yang isinya sama persis dengan artikel yang ada di sini, percayalah bahwa bukan pihak Republik yang meniru apalagi menjiplak mentah-mentah. Karena Republik ini punya moto bahwa "orisinalitas adalah segalanya".

Republik ini dikelola oleh sosok yang dikenal dengan nama sandi "R.E.T" (akronim dari Republik ini). Memiliki minat seputar dunia binatang & sejarah sehingga mau mengangkat artikel-artikel bertema serupa di Republik ini. Sebelum bulan Maret 2015, sosok R.E.T. lebih dikenal dengan nama sandi "R-Wasp" (Republican Wasp). Selebihnya, tidak ada lagi info yang bisa ditampilkan oleh pihak Republik mengenai sosok R.E.T. karena itu termasuk dalam rahasia koloni.



Apa isi dari Republik Eusosialis Tawon?

Republik Eusosialis Tawon berisi artikel-artikel bertema pengetahuan yang bisa dibagi ke dalam 3 kategori utama berdasarkan temanya, yaitu :

Tema pertama dari artikel-artikel yang ada dalam Republik ini adalah seputar dunia binatang (fauna). Fokus utama dari artikel-artikel bertema fauna atau dunia binatang yang diangkat pihak Republik adalah seputar hewan-hewan yang sifatnya unik & tidak umum. Dan perlu ditekankan, Republik ini bukan blog mengenai panduan memelihara hewan atau semacamnya. Namun beberapa artikel yang ada di sini kadang-kadang menyertakan informasi singkat mengenai teknik-teknik dasar soal cara merawat hewan yang bersangkutan.

Tema kedua dari artikel-artikel yang diangkat oleh pihak Republik adalah soal sejarah, terutama soal konflik & peperangan dari berbagai belahan dunia. Selain artikel-artikel soal perang, pihak Republik kadang-kadang mengangkat artikel soal politik internasional, dunia kriminal, & topik-topik ringan yang masih berhubungan dengan sejarah. Misalnya soal sejarah perkembangan metode pengolahan makanan. Pihak Republik selalu mengusahakan agar semua artikel bertema sejarah di blog ini tidak hanya ringkas & mudah dipahami, tapi juga netral & objektif.

Tema terakhir yang diangkat oleh pihak Republik adalah soal budaya pop / karya hiburan modern. Tema ini sendiri sebenarnya bisa dikatakan sebagai proyek sampingan di mana topik-topik yang diangkat adalah topik-topik yang disukai oleh pihak Republik & diusahakan masih ada kaitannya dengan 2 tema yang lain. Karena sifatnya yang merupakan proyek sampingan, maka jumlah artikel-artikel bertema hiburan di Republik ini pun masih belum begitu banyak. Namun pihak Republik selalu mengusahakan agar jumlah artikel bertema hiburan yang ada di sini bisa terus bertambah seiring berjalannya waktu.



Apa makna dari Republik Eusosialis Tawon?

Ada 2 kata utama yang menjadi filosofi dasar sekaligus makna penyusun utama dari nama Republik ini, yaitu kata "republik" & "tawon". Kata "republik" merupakan kata yang digunakan untuk menunjukkan salah satu bentuk pemerintahan yang ada pada negara & erat kaitannya dengan bidang ilmu sosial. Kata "tawon" sendiri merujuk pada sejenis serangga yang dikenal dengan sengatannya & merupakan salah satu topik bahasan dari ilmu alam (biologi). Jadi, kata republik & tawon pada dasarnya ingin menunjukkan tema utama dari artikel-artikel di blog ini, yaitu artikel seputar ilmu sosial (sejarah) & ilmu alam (fauna).

Kata "eusosialis" sendiri dimaksudkan sebagai benang merah antara ilmu alam & ilmu sosial sebagai tema utama artikel-artikel pihak Republik. Bagi yang ingin mengetahui penjelasan yang rinci mengenai eusosial, silakan masuk ke sini. Pemberian kata "eusosialis" sendiri terinspirasi dari nama-nama resmi beberapa negara di dunia yang menyisipkan kata-kata seperti sosialis, demokratik, oriental, & semacamnya. Namun jangan khawatir, Republik ini TIDAK memiliki tujuan ideologi apapun & semua orang bebas berpartisipasi di Republik ini tanpa memandang suku, agama, warna kulit, apalagi pandangan politiknya.

Hewan yang menjadi inspirasi utama dari republik ini adalah sejenis serangga yang dikenal dengan nama tawon. Mungkin para pengunjung akan heran, kenapa hewan seperti tawon yang terkenal suka menyengat ini bisa menjadi bahan inspirasi? Jawabannya adalah karena tawon memiliki banyak kelebihan yang jarang diperhatikan oleh manusia, antara lain suka bekerja keras, punya determinasi serta kekompakan tinggi untuk menjaga sarangnya, & berperan penting dalam menjaga keseimbangan alam. Pihak Republik berharap, kebaikan-kebaikan yang terdapat pada tawon pada gilirannya bisa direfleksikan pula oleh blog ini.


Semoga artikel-artikel yang ada di sini bisa berguna bagi para pengunjung sekalian. Saran, kritik, & masukan dari para pengunjung sangat dibutuhkan agar Republik ini bisa terus mengembangkan diri.

Diberdayakan oleh Blogger.