31 Juli 2010


Mural Solidaritas Palestina di Irlandia Utara



Antara tahun 1969 hingga 2000, Irlandia Utara dilanda perang saudara antara kelompok nasionalis Katolik pro-Irlandia melawan kelompok loyalis Protestan pro-Inggris (dikenal juga sebagai "The Troubles"). Dalam perkembangannya, Irish Republican Army (IRA), kelompok bersenjata pro-Irlandia terbesar di Irlandia Utara diketahui menjalin hubungan dengan PLO di Palestina. Relasi tersebut konon muncul karena komunitas Irlandia (utamanya nasionalis republik di Irlandia Utara) merasa memiliki kesamaan nasib dengan penduduk Arab Palestina yang terusir & terdiskriminasi di tanahnya sendiri.

Relasi antara IRA & PLO yang diketahui mencakup pertukaran informasi, pelatihan, dukungan finansial, hingga persenjataan di mana relasi tersebut diperkirakan sudah dimulai sejak tahun 1970-an, periode di mana konflik sektarian di Irlandia Utara meletus & IRA kembali memulai aksi bersenjatanya. Pasca Perjanjian Belfast tahun 1998, bahkan sempat muncul wacana di kalangan kelompok nasionalis Irlandia untuk menghibahkan senjata mereka ke Palestina.

30 Juli 2010


Serangga yang Benar-Benar Mirip Daun



(Sumber)

Salah satu serangga paling unik sekaligus aneh adalah serangga daun (leaf insect) dari ordo Phasmatodea. Nama "serangga daun" diberikan jelas karena penampilannya yang benar-benar mirip daun. Serangga daun hidup di daerah pepohonan di Benua Asia & Australia. Ukuran mereka bisa sebesar telapak tangan orang dewasa, namun pada umumnya mereka berukuran lebih kecil lagi. Selain serangga daun, hewan yang masih berkerabat dengan mereka adalah belalang tongkat yang juga merupakan penyamar ulung karena penampilannya yang mirip ranting.

29 Juli 2010


Perang Irak-Iran, Panggung Modern Konflik Arab-Persia



Peta lokasi dari Irak & Iran. (Sumber)

Timur Tengah bisa dibilang sebagai tanah penuh anugerah & bencana. Alasannya jelas, mayoritas wilayah Timur Tengah memiliki kandungan minyak di dalamnya yang bernilai tinggi & berguna untuk memenuhi kebutuhan energi masyarakat dunia. Selain itu, secara geografis letak Timur Tengah juga sangat strategis karena terletak di antara 3 benua utama : Eropa, Asia, & Afrika. Di sisi lain, berkah dari Timur Tengah juga menyebabkan daerah ini penuh pergolakan karena benturan kepentingan & iming-iming kekayaan. Salah satu dari sekian banyak konflik di Timur Tengah adalah Perang Irak-Iran.

28 Juli 2010


Chinchilla, Bulunya Sehalus Beludru



Seekor chinchilla dari spesies Chinchilla lanigera. (Sumber)

Chinchilla (genus Chinchilla) adalah nama dari sejenis hewan yang penampilannya mirip tikus bertelinga besar. Bukan hal yang aneh sebenarnya karena chinchilla masih berkerabat dengan tikus karena sama-sama termasuk dalam ordo Rodentia (hewan pengerat) yang juga mencakup tupai, landak, & hamster. Nama "chinchilla" secara harfiah berarti "Chincha kecil" di mana Chincha adalah nama dari suku di Andes yang memakai bulu kulit chinchilla. Di dunia ini ada 2 spesies chinchilla yang masih hidup, yaitu Chinchilla brevicaudata & Chinchilla lanigera di mana spesies yang kedua memiliki fisik lebih kurus & ekor lebih panjang.

26 Juli 2010


Tokek Rumah, Ahlinya Memanjat Dinding



Seekor tokek yang sedang menjilati matanya.

Salah satu hewan unik yang cukup populer bagi manusia adalah tokek rumah atau singkatnya tokek (Gekko gecko). Di barat, tokek lebih dikenal sebagai "tokay gecko" untuk membedakannya dari "gecko" atau kadal cicak jenis lain. Tokek pada dasarnya adalah sejenis cicak atau lebih tepatnya cicak terbesar di dunia karena mereka bisa tumbuh hingga ukuran 35 cm. Mereka hanya ditemukan di wilayah India timur hingga Asia Tenggara (termasuk Indonesia tentunya).

24 Juli 2010


Cacing Rel, "Kereta Mini" yang Bercahaya



(Sumber)

Coba beri contoh, serangga apa yang memancarkan cahaya? Pasti hampir semua akan menjawab kunang-kunang. Wajar, karena serangga ini sangat umum & sangat mudah ditemui di malam hari, terutama di daerah pedesaan. Sekarang, coba beri contoh serangga apa lagi yang memancarkan cahaya selain kunang-kunang? Bingung? Oke, salah satu serangga yang memancarkan cahaya selain kunang-kunang adalah cacing rel (railroad worm). Hehehe, belum pernah dengar ya? Kalau begitu, lanjut aja ke paragraf berikutnya.

22 Juli 2010


Peternakan Tuna



Suasana di atas jaring apung yang digunakan untuk beternak tuna.

Tuna adalah salah satu ikan yang menjadi hidangan favorit masyarakat dunia. Sayang, minat orang yang semakin besar kepada tuna tidak diimbangi dengan ketersediaannya di alam. Akibat penangkapan berlebihan, populasi tuna di alam semakin menyusut. Contohnya, berdasarkan data dari majalah "Science" tahun 2006, diketahui bahwa penangkapan tuna oleh Jepang & Australia menurun tajam dalam 50 tahun terakhir.


Bloody Benders, Kisah "Rumah Dara" dari Kansas



Foto dari rumah keluarga Benders. (Sumber)

Pernah dengar "Rumah Dara"? Itu adalah judul film buatan Indonesia yang dirilis awal 2010 lalu & bisa dibilang merupakan salah satu film Indonesia paling sadis yang pernah ada. Film tersebut bercerita tentang keluarga psikopat yang menjebak orang untuk singgah di rumah mereka & kemudian membantainya. Melihat film itu, saya jadi teringat dengan kisah nyata Bloody Benders dari Kansas, AS, karena mirip-mirip. Penasaran? Kalau ya, silakan diteruskan bacanya...

21 Juli 2010


Ikan Daun dari Amerika Selatan



(Sumber)

Salah satu ikan air tawar terunik di dunia adalah ikan daun. Ikan daun (leaf fish) diberi nama demikian karena penampilannya yang mirip daun kering. Ada beberapa spesies ikan daun yang semuanya termasuk dalam famili Polycentridae di mana mereka tersebar di sejumlah wilayah tropis di dunia, namun pembahasan pada artikel ini akan difokuskan pada ikan daun Amerika Selatan (Monocirrhus polyacanthus).

20 Juli 2010


Kalajengking Biru Raksasa



(Sumber)

Kalajengking biru raksasa (Heterometrus spinifer) tidak sesuai namanya, tidak berukuran raksasa & tidak benar-benar berwarna biru. Lho? Hehehe, anda tidak salah baca kok. Alasan hewan ini diberi nama "raksasa" adalah karena ukurannya yang mencapai 15 cm, lebih besar dibandingkan dengan kalajengking kebanyakan. Nama "biru" sendiri diberikan padanya karena walaupun tubuhnya berwarna hitam, dalam kondisi pencahayaan tertentu - khususnya pencahayaan matahari - warna tubuhnya berubah menjadi biru legam. Kalajengking ini juga dikenal dengan nama kalajengking hutan Malaysia, kalajengking hutan Thailand, kalajengking hitam Thailand, & kalajengking Asia.

18 Juli 2010


Kepik Air Raksasa, Kapal Selamnya Dunia Serangga



Seekor kepik air raksasa di atas tangan manusia. (Sumber)

Perairan air tawar menjadi salah satu tempat hidup bagi banyak hewan, tak terkecuali serangga. Ada beberapa serangga yang diketahui hidup di perairan air tawar seperti kolam & sungai. Beberapa di antaranya semisal nyamuk & capung hanya hidup sementara di air sebagai larva. Sebagian lainnya seperti kepik perenang punggung & kumbang selam menghabiskan hampir seluruh hidupnya di perairan tersebut. Dari sekian banyak serangga air tersebut, salah satu yang terbesar & paling menarik adalah kepik air raksasa (giant water bug).


Kapibara, Hewan Pengerat Terbesar di Dunia



(Sumber)

Salah satu hewan unik dari hutan tropis Amerika Selatan adalah kapibara. Apa itu kapibara? Kapibara (Hydrochoerus hydrochaeris) adalah nama sejenis hewan yang mungkin bisa dibilang mirip babi hutan berkepala marmut. Namun sebenarnya, kapibara sama sekali bukanlah babi. Mereka termasuk sebagai hewan pengerat (rodentia) yang mencakup tikus, landak, & tupai. Lebih spesifik, kapibara adalah rodentia terbesar di dunia karena kapibara bisa tumbuh hingga sepanjang 1,3 m & seberat 65 kg. Nama "kapibara" berasal dari bahasa lokal Guarani "Kapiÿva" yang berarti "penguasa rumput" karena ia selalu terlihat di area yang dipenuhi rumput makanannya.

15 Juli 2010


Sepasang Penguin Gay



Sepasang pengun Afrika. (Sumber)

Bulan Maret 2002, Aquarium New York di Pulau Conley, Brooklyn, AS. Di antara aquarium-aquarium raksasa yang terdapat di dalam kompleks aquarium itu terdapat suatu ruangan besar yang dibatasi kaca dengan kondisi berbatu-batu serta air di dekatnya. Bukan tanpa alasan ruangan tersebut dibuat mirip seperti itu. Tempat tersebut merupakan kandang bagi penguin-penguin kecil yang berasal dari Afrika.


Relasi Irlandia-Palestina, "Kemesraan" yang Menyebalkan Israel



Mural solidaritas Palestina & Irlandia di kota
Belfast, Irlandia Utara. (Sumber)

Irlandia adalah negara pulau kecil yang terletak di ujung barat laut Eropa. Sekilas, jika dilihat Irlandia & Palestina tampaknya tidak memiliki kaitan apapun karena posisi kedua negara yang berjauhan & dipisahkan oleh Benua Eropa. Selain itu, secara historis & budaya kedua negara tersebut juga berbeda jauh. Namun faktanya, tidak banyak yang tahu bahwa Irlandia sebenarnya memiliki relasi yang spesial dengan Palestina.


Tupai Antelop Harris, Tupai dari Gurun Amerika



(Sumber)

Tupai antelop Harris (Harris' antelope squirrel; Ammospermophilus harrisii) adalah nama salah satu spesies tupai dari Amerika Utara. Nama "harris" pada tupai ini merupakan penghormatan untuk naturalis Edward Harris yang namanya juga diabadikan untuk 2 spesies burung Amerika Utara : elang Harris & pipit Harris. Tupai ini sendiri memiliki banyak nama, mulai dari spermatofil Harris (bukan sperma, spermatofil adalah nama latin dari "penyuka biji-bijian"), tupai marmut, tupai antelop berekor abu-abu, hingga tupai antelop Yuma.

12 Juli 2010


Keabadian Biologis, Mereka yang Tidak Bisa Mati



Keabadian biologis (biological immortality) adalah suatu fenomena dalam ilmu biologi di mana suatu organisme memiliki kemampuan untuk hidup "abadi". Yang dimaksud sebagai "abadi" secara biologis adalah organisme tersebut tidak bisa menua sehingga pada dasarnya tidak bisa mati akibat penuaan. Seperti kita ketahui bahwa semakin tua suatu organisme, maka fungsi organ tubuhnya semakin menurun & akhirnya mencapai batas maksimal di mana organ tersebut akhirnya tidak bisa berfungsi lagi. Dengan mengacu pada definisi tersebut, mati karena kecelakaan & tidak pernah makan tidak masuk dalam hitungan.

Jika dilogika, sebenarnya penuaan menyumbang faktor yang besar bagi tingkat kehidupan suatu organisme. Anggap aja, ketika menua, maka gerakannya akan semakin melambat. Sebagai akibatnya, dia jadi lebih kesulitan bergerak ke tempat baru yang penuh makanan maupun untuk menangkap makanan. Lebih lanjut, kurangnya makanan yang dia konsumsi menyebabkan dia lebih lemah sehingga lebih mudah terkena penyakit maupun membela diri ketika diserang pemangsa. Perumpamaan ini memang tidak bisa diterapkan pada setiap organisme, namun bisa menggambarkan betapa penuaan memberi dampak lumayan besar bagi kematian organisme.


Mengenal Pengasapan Daging & Sejarahnya



Daging ikan hasil pengasapan yang sedang digantung. (Sumber)

Metode pengawetan daging (smoking) dengan pengasapan adalah salah satu teknik pengawetan tertua yang dikenal manusia. Walaupun saat ini sudah banyak metode pengawetan moden, teknik pengasapan masih dipakai di banyak tempat. Seiring perkembangan zaman, metode pengasapan juga dimodifikasi sesuai kebutuhan manusia. Inti dari metode pengasapan adalah meniupkan asap pada daging sehingga daging menjadi tahan lama & memiliki rasa serta aroma yang khas.


Selada Laut, Sang Penghuni Lautan Dangkal Dunia



Selada laut dari spesies Ulva lactuca.

Ada berbagai macam makhluk hidup yang tinggal di laut. Salah satu dari makhluk hidup tersebut adalah alga. Apa itu alga? Alga merupakan kelompok tumbuhan berklorofil yang terdiri dari satu atau banyak sel & berbentuk koloni. Ada banyak jenis alga yang ada di dunia & semuanya hidup di air, namun pembahasan pada artikel ini akan difokuskan pada salah satu jenis alga yang paling populer, alga Ulva. Ulva merupakan salah satu jenis alga yang dalam bahasa orang awam disebut sebagai "selada laut". Nama itu diberikan karena penampilannya yang sepintas memang mirip selada.

9 Juli 2010


Perang Sepak Bola (1969), Ketika Sepak Bola Diikuti Perang



Peta lokasi dari Honduras & El Salvador. (Sumber)

Perang Sepak Bola (Football War; La Guerra del Futbol) atau Perang 100 Jam adalah sebutan untuk konflik bersenjata antara El Salvador dengan Honduras yang terjadi pada bulan Juli 1969. Sebutan "perang sepak bola" diberikan pada perang ini karena menjelang perang, dilangsungkan pertandingan kualifikasi Piala Dunia 1970 Meksiko di mana kedua negara saling mengalahkan dalam partai home & away yang diwarnai dengan kerusuhan besar di sekitar pertandingan. Namun jika ditelusuri, akar dari peperangan tersebut sebenarnya lebih kompleks dibandingkan hanya seputar sepak bola...


Siprus, Pulau Indah yang Penuh Prahara



Siprus (Cyprus) seperti yang terlihat pada peta. (Sumber)
 
Siprus adalah suatu pulau yang terletak di tengah-tengah Laut Mediterania bagian timur. Pulau tersebut berbatasan dengan lepas pantai Turki di utara, Afrika utara di selatan, serta pantai barat Timteng di sebelah timur. Karena letaknya yang berada di Eropa selatan & di tengah-tengah laut, Siprus memiliki iklim yang relatif hangat. Dikombinasikan dengan keindahan panorama & peninggalan bersejarahnya, Siprus menjadi salah satu tujuan wisata favorit para pelancong. Sayang, konflik berdarah antara etnis mayoritas Yunani dengan minoritas Turki di pulau tersebut telah membuat Siprus menjadi salah satu pulau paling membara pasca Perang Dunia Kedua...


The Troubles, Konflik yang Membakar Irlandia Utara



(Sumber)

Another head hangs lowly, child is slowly taken
And the violence caused such silence, who are we mistaken?


Itu adalah petikan dari lirik lagu The Cranberries yang berjudul "Zombie", salah satu lagu lawas favorit saya. Dasarnya saya polos, awalnya saya pikir lagu ini bercerita tentang sekelompok manusia pembasmi zombie seperti di film "Resident Evil", hehehe. Setelah melakukan penelusuran mengenai makna liriknya, saya baru tahu kalau lagu ini berkisah tentang masalah kemanusiaan di Irlandia Utara yang juga dikenal sebagai "The Troubles". Nah, The Troubles inilah yang akan dibahas dalam artikel ini


Sejarah Perkembangan Metode Pengalengan Makanan



Contoh produk-produk makanan hasil pengalengan. (Sumber)

Di era modern ini, manusia sudah mengembangkan berbagai macam metode untuk mengawetkan makanan agar tahan lama. Salah satu dari metode tersebut adalah pengalengan. Inti dari pengalengan adalah menyimpan bahan-bahan yang mudah rusak ke dalam kaleng yang tertutup rapat. Pengalengan bisa digunakan untuk berbagai produk konsumsi mudah rusak, termasuk ikan. Malahan ikan merupakan salah satu komoditas yang paling banyak digunakan dalam pengalengan.


Tes Bercak Tinta Rorschach



Contoh bercak tinta untuk tes Rorschach. (Sumber)

Ada beberapa tes psikologis untuk mengetahui berbagai hal mengenai mental seseorang, misalnya untuk mengetahui tingkat kecedasan, kepribadian yang dominan, & sebagainya. Salah satu dari contoh tes psikologis yang paling terkenal adalah tes bercak tinta (inkblot test) yang menggunakan bercak tinta sebagai benda pengujinya. Tes ini juga sering disebut sebagai “tes Rorschach” (baca: ror-shahk) karena orang yang dianggap paling berjasa dalam mengembangkan tes psikologi dengan metode ini adalah Hermann Rorschach, seorang psikolog kelahiran Zurich, Swiss.

8 Juli 2010


Kestrel, Sang "Layangan" yang Mematikan



Burung kestrel yang sedang terbang. (Sumber)

Kestrel adalah nama dari beberapa spesies burung yang masih termasuk dalam keluarga falcon (Falconidae). Dibandingkan burung-burung raptor lainnya semisal elang, rajawali, & harrier, kestrel adalah yang terkecil. Ciri paling mudah untuk membedakan kestrel dengan falcon lain adalah bunyinya yang khas seperti berdecit. Suaranya pula yang menyebabkan burung ini diberi nama "kestrel" di mana nama kestrel berasal dari bahasa Perancis "crécelle" yang berarti "berderik". Ciri lainnya yang membedakan kestrel dengan falcon adalah cara terbang & berburunya yang unik (yang ini bakal dibahas nanti). Kestrel tersebar di seluruh dunia, namun pembahasan kali ini akan difokuskan pada kestrel biasa (Falco tinnunculus). Di Indonesia sendiri, kestrel lebih dikenal dengan nama "alap-alap".


Petrel Salju, "Merpati" dari Kutub Selatan



Seekor petrel salju yang sedang mengapung. (Sumber)

Kutub selatan merupakan salah satu tempat yang paling dingin & paling keras di dunia. Tidak banyak hewan yang bisa hidup di tempat ini karena suhu lingkungan yang selalu berada di bawah titik beku & tidak ada tumbuhan hijau yang bisa hidup di sana sehingga populasi hewan-hewannya pun terbatas. Kebanyakan hewan yang telah teradaptasi untuk hidup di kutub selatan menggantungkan hidupnya dengan memakan hewan-hewan laut. Salah satu dari hewan yang teradaptasi itu adalah burung petrel salju Pagodroma nivea.


Sang Bidadari Lautan yang Mematikan (Glaucus atlanticus)



(Sumber)

Salah satu hewan paling unik yang belum banyak diketahui orang adalah siput samudra biru (blue ocean slug; Glaucus atlanticus). Ada sejumlah hal yang menyebabkan kenapa hewan yang masih termasuk sebagai anggota ordo Nudibrachia (siput laut tak bercangkang) ini bisa dikatakan unik. Hal pertama jelas bisa dilihat dari bentuknya yang tidak biasa. Hewan yang rata-rata berukuran antara 5-8 cm ini memiliki bentuk yang jika dilihat bisa dibilang mirip... kadal berkaki enam, mungkin. Bentuknya yang unik juga yang membuat hewan ini sempat dikira sebagai serangga laut & bahkan fase larva dari suatu spesies hiu.

5 Juli 2010


Eusosial, "Ideologi" Para Serangga



Koloni tawon Inggris. (Sumber)

Eusosial adalah paham... emm, sebenarnya bukan paham atau ideologi politik apapun & sama sekali tidak ada kaitannya dengan sosialisme atau semacamnya. Eusosial sebenarnya adalah kata yang digunakan oleh para ahli biologi untuk menyebut perilaku organisasi pada hewan - khususnya serangga - yang paling kompleks berdasarkan sistem hirarki & pembagian kastanya. Kata "eusosial" berasal dari bahasa Yunani "eu" yang berarti "baik" serta kata "socius" yang berarti "teman". Di bawah eusosial adalah sistem organisasi lain yang lebih sederhana : presosial, subsosial, & semisosial.