SEJARAH FAUNA HIBURAN Cari.Artikel..



Tawon Penyengat Raksasa, "Samurai Terbang" yang Tak Kenal Ampun


(Sumber)

Tawon penyengat raksasa Asia / tabuhan raksasa Asia (Asian giant hornet; Vespa mandarinia) adalah salah satu spesies tawon terbesar & terganas yang diketahui oleh manusia. Mereka bisa dikenali dengan melihat kepalanya yang berwarna jingga & ukurannya yang mencapai 5 cm - terbesar di antara spesies tawon lainnya. Tawon ini juga memiliki subspesies yang hanya ditemukan di wilayah Jepang & ukurannya sedikit lebih kecil : tawon penyengat raksasa Jepang (Vespa mandarinia japonica).

Provisional Irish Republican Army (PIRA), Teroris atau Pejuang Irlandia?



Sejak tahun 1969 hingga menjelang tahun 2000, Irlandia Utara diguncang oleh konflik sektarian (dikenal sebagai "The Troubles") antara kelompok loyalis keturunan imigran Inggris (mayoritasnya Protestan) melawan kelompok nasionalis Irlandia (mayoritasnya Katolik). Selama periode konflik tersebut, muncul beberapa kelompok bersenjata dari masing-masing kubu di mana yang terbesar dikenal dengan nama PIRA. Bila kita sering membaca berita soal aksi-aksi teror & pengeboman di tanah Inggris, nama PIRA (atau IRA) mestinya cukup akrab di telinga kita.

Skua, Burung Perompak dari Kutub Selatan


Burung skua dari spesies Catharacta maccormicki . (Sumber)

Tempat paling ujung di bumi, yaitu kutub, merupakan salah satu tempat yang paling keras di dunia. Tidak banyak makhluk hidup yang bisa tinggal di sini karena suhu di tempat ini selalu berada di bawah titik beku & tidak adanya tumbuhan produsen yang bisa tumbuh di daratannya. Meskipun begitu, ada sejumlah hewan yang sudah beradaptasi untuk bisa tinggal di tempat sekeras kutub. Salah satu dari sedikit hewan tersebut adalah burung skua.

UDA, Kelompok Ekstrimis Anti-IRA Terbesar di Inggris


Mural dari kelompok Ulster Defence Association (UDA). (Sumber)

Antara tahun 1969 hingga menjelang tahun 2000, Irlandia Utara diguncang oleh konflik sektarian (dikenal sebagai "The Troubles") antara komunitas loyalis keturunan imigran Inggris (mayoritasnya Protestan) melawan kelompok nasionalis Irlandia (mayoritasnya Katolik). Selama periode konflik berdarah tersebut, muncul sejumlah kelompok bersenjata dari masing-masing kubu.

Udang Pistol, Udang yang Jago "Pukulan Tenaga Dalam"


(Sumber)

Kalau kita pernah menonton acara-acara bela diri di TV atau bioskop, kita pasti pernah melihat salah satu tokohnya memakai jurus "pukulan tenaga dalam". Jadi intinya, sang jagoan bisa memukul musuhnya dari jauh tanpa berhadap-hadapan langsung dengan musuhnya. Atau dalam game populer "Street Fighter", karakter Ryu bisa mengeluarkan Hadouken, sejenis jurus yang mirip-mirip pukulan tenaga dalam.

Tawon Ikneumon, Ahlinya "Santet" & "Goyang Ngebor"


Tawon ikneumon betina dari spesies
Megarhyssa macrurus. (Sumber)

Baiklah, para pengunjung. Dalam artikel kali ini, pihak Republik akan membahas soal spesies tawon yang unik & lain daripada yang lain : tawon ikneumon (ichneumon wasp). Tawon yang populer karena kemampuannya untuk melakukan "santet" & "goyang ngebor" kepada serangga-serangga korbannya! Hmmm, penasaran? Kalau begitu, silakan dilanjut bacanya agar kita tahu lebih banyak soal tawon yang satu ini...

"Keong Racun" Kerucut, Pemanah Mematikan dari Lautan


Siput dengkek dari spesies Conus geographus. (Sumber)

Hehehe, karena semua orang bicara soal keong racun, saya pikir tidak ada salahnya membuat artikel yang ada hubungannya sedikit soal keong. Bukan, kita bukan mau bicara soal lagu dangdut "keong racun", tapi keong racun aslinya. Penasaran? Oke, silakan lanjut ke bagian berikutnya sambil bersama-sama menyanyikan lagu keong rac...  emm, lupakan saran yang terakhir. Supaya tidak kelamaan, langsung saja kita lanjut ke paragraf berikutnya.

Diberdayakan oleh Blogger.