28 Mei 2012


Invasi Amerika Serikat ke Grenada



Pasukan AS saat diterjunkan di atas Grenada lewat parasut. (Sumber)

Grenada adalah nama dari sebuah negara pulau kecil yang terletak di Laut Karibia, Amerika Tengah. Sebagai negara pulau tropis, Grenada menjadi salah satu tujuan wisata favorit para pelancong karena cuacanya yang hangat & pemandangan pantainya yang indah. Tak hanya itu, Grenada juga terkenal sebagai pulau penghasil rempah-rempah, khususnya pala. Namun siapa yang menyangka, di luar aneka kelebihan tersebut, pulau tersebut di masa lalu pernah porak poranda akibat serangan pasukan AS & sekutunya.

27 Mei 2012


Belangkas, Si Pari Kepiting



(Sumber)

Belangkas / mimi adalah salah satu hewan laut paling aneh yang pernah dikenal oleh manusia. Keanehan pertama jelas bisa dilihat pada bentuknya yang lain daripada makhluk-makhluk laut lain. Sekilas, tubuhnya berbentuk seperti ikan pari dengan kulit yang kaku & keras. Bentuk dari tubuh bagian depannya juga dianggap mirip dengan bentuk tapal kuda sehingga di luar negeri, belangkas kerap dipanggil dengan nama "kepiting tapal kuda" (horseshoe crab).

19 Mei 2012


Sejarah Perang Sipil Spanyol



Tentara nasionalis Spanyol di ibukota Madrid. (Sumber)

Siapa sih yang tidak tahu Spanyol? Negara yang terletak di Semenanjung Iberia, Eropa barat, ini memang memiliki banyak hal yang membanggakan & membuatnya terkenal. Mulai dari bahasa nasionalnya yang mendunia, kehebatan tim nasional sepak bolanya, hingga budaya khasnya semisal budaya adu banteng matador. Ditinjau dari sejarahnya, Spanyol juga memiliki catatan emas sebagai negara yang pernah menguasai banyak wilayah seberang lautan. Namun selain catatan emas itu, Spanyol juga pernah memiliki sejarah kelam karena negara tersebut pernah dicabik oleh perang saudara.

4 Mei 2012


Lalat Tsetse, Sang Penyebar Penyakit Tidur



(Sumber)

Lalat tsetse (baca : set-se) adalah nama dari sejenis serangga yang cukup unik. Apa yang unik dari serangga ini? Well, jika jenis lalat lain seperti lalat rumah & lalat botol terkenal sebagai penyebar penyakit yang menyerang pencernaan, maka lalat tsetse bisa populer karena mereka adalah serangga penghisap darah yang menyebarkan penyakit tidur di kawasan Afrika sana. Walaupun nama penyakitnya terdengar aneh, namun sebenarnya bahaya yang ditimbulkan oleh penyakit tidur tidak kalah berbahayanya dibandingkan dengan penyakit-penyakit lain semisal malaria!