28 Juni 2012


Jenis-Jenis Penguin dalam Film "Happy Feet"



Salah satu cuplikan adegan dalam film "Happy Feet". (Sumber)

Bagi para pecinta film, nama "Happy Feet" pastinya bukanlah nama yang asing. Ya, itu adalah judul dari film animasi 3 dimensi yang bercerita mengenai penguin yang bisa menari. Sejak kemunculan perdananya di tahun 2006, film tersebut berhasil menarik perhatian para penggemar film sehingga sekuelnya pun dibuat & dirilis 5 tahun berikutnya. Total, sudah ada 2 film seri "Happy Feet" yang sudah diproduksi & diliris ke pasaran.

25 Juni 2012


Ikan Lepu Ayam, Ikan Anggun yang Bersirip Racun



Seekor ikan lepu ayam dari spesies Pterois volitans. (Sumber)

Salah satu ikan laut paling unik & paling indah yang pernah dikenal manusia adalah ikan lepu ayam. Ikan lepu ayam / ikan singa (lion fish) adalah sebutan untuk ikan laut yang mudah dikenali dengan melihat sirip dadanya yang besar seperti kipas, sirip punggungnya yang panjang, & tubuhnya yang bergaris-garis. Ada sekitar 9 spesies ikan lepu ayam yang diketahui manusia & semuanya termasuk ke dalam genus Pterois. Artikel ini sendiri akan fokus membahas Pterois volitans, spesies ikan lepu ayam yang paling populer.

19 Juni 2012


Bougainville, Pulau Indah yang Dibakar Konflik Tembaga



Milisi pemberontak Bougainville (BRA) yang sedang berdiri
di dekat tambang tembaga Bougainville. (Sumber)

Papua Nugini. Itulah nama dari negara tetangga Indonesia di sebelah timur yang berbatasan langsung dengan Provinsi Papua. Dan seperti halnya Provinsi Papua milik Indonesia, Papua Nugini juga dikaruniai oleh keindahan & kekayaan alam yang melimpah. Namun, tidak selamanya kekayaan alam yang dimiliki Papua Nugini membawa dampak positif bagi empunya. Kekayaan alam yang dikandungnya pula yang membuat salah satu daerah di Papua Nugini sempat dilanda pergolakan panjang...

9 Juni 2012


Simping, Kerang yang Pandai Berenang



(Sumber)

Pernah dengar yang namanya simping? Simping (scallop) adalah sebutan untuk sejenis kerang laut yang memiliki ciri khas berupa bentuk yang menyerupai kipas terkembang & adanya sepasang tonjolan mirip sirip di bagian belakang tubuhnya. Ada begitu banyak spesies simping yang sudah diketahui oleh manusia & semuanya termasuk ke dalam famili Pectenidae, namun pembahasan kali ini akan difokuskan pada spesies simping besar (great scallop; Pecten maximus).