29 Juli 2012


Jaguar, Sang Penguasa Rimba Amerika



(Sumber)

Jaguar (Panthera onca) adalah spesies kucing besar yang hanya ditemukan di kawasan hutan Amerika Tengah & Selatan. Selain di hutan, jaguar juga kerap ditemukan di sekitar sungai & rawa setempat. Nama "jaguar" berasal dari bahasa lokal Tupi-Guarani "yaguara" yang jika diterjemahkan berarti "makhluk buas yang membunuh dengan sekali terkaman". Nama yang tidak berlebihkan kalau melihat fisiknya yang terkesan gagah & kemampuannya dalam berburu. Mengenai cara berburunya akan dibahas di bagian lain artikel ini.

24 Juli 2012


Perang 5 Hari yang Membakar Ossetia Selatan



Kendaraan lapis baja Rusia yang sedang melintas di dekat
rumah milik etnis Georgia yang terbakar. (Sumber)

Kaukasus adalah nama untuk wilayah daratan kecil & bergunung-gunung yang diapit oleh Laut (Danau) Kaspia serta Laut Hitam. Karena letaknya yang strategis sebagai penghubung antara daratan Timur Tengah di selatan dengan Eropa di utara & etnis penduduknya yang beragam, wilayah Kaukasus pun dalam sejarahnya kerap diwarnai oleh aneka konflik. Kalau dulu pihak Republik pernah membahas soal konflik Nagorno-Karabakh yang mengambil tempat di Kaukasus, maka artikel kali ini akan membahas konflik lain yang juga berlokasi di Kaukasus : Perang 5 Hari.

19 Juli 2012


Merak Kongo, Burung Penuh Rahasia dari Jantung Afrika



Burung merak Kongo jantan (kiri) & betina. (Sumber)

Merak. Itulah nama dari salah satu burung yang terkenal akan keindahannya. Bila membicarakan burung merak, maka orang biasanya akan langsung membayangkan burung merak dari Asia yang tubuhnya berwarna cerah & memiliki bulu ekor panjang yang bisa dikembangkan seperti kipas. Namun, tahukah para pengunjung bahwa selain jenis burung merak di Asia, ada juga jenis burung merak dari Afrika? Kalau belum, jangan khawatir karena di artikel ini kita akan bicara soal burung merak Kongo yang hanya ditemukan di Afrika.

7 Juli 2012


Buaya Sungai Nil, Predator Raksasa dari Perairan Afrika



(Sumber)

Buaya. Itulah nama dari salah satu hewan yang sangat ditakuti oleh manusia. Bukan tanpa alasan kalau manusia takut pada buaya. Dilihat dari penampilannya saja, buaya memang menunjukkan penampilan yang terkesan ganas dengan ukuran tubuhnya yang besar & mulut yang dipenuhi gigi-gigi tajam. Jika hal-hal tadi masih belum cukup, sudah banyak kasus-kasus serangan buaya ke manusia yang tercatat di seluruh dunia. Dan salah satu spesies buaya yang cukup sering dilaporkan menyerang manusia adalah buaya sungai nil.

5 Juli 2012


Perang Sipil Rusia yang Melahirkan Raksasa Komunis Uni Soviet



Suasana di garis depan perang sipil Rusia seperti yang
diilustrasikan dalam film "Admiral". (Sumber)

Rusia. Itulah nama dari negara terbesar di dunia yang membentang dari ujung timur Benua Asia hingga Benua Eropa. Karena luas wilayahnya, maka bukan hal yang mengherankan kalau dalam sejarahnya Rusia menjadi salah satu kekuatan dominan dunia, tak terkecuali di masa kini. Namun, cerita mengenai Rusia tidak selalu mengenai kejayaan & kemegahan. Negara raksasa ini dulu juga pernah terpecah & porak poranda akibat perang saudara yang mengubah total sistem perpolitikan negara tersebut.