31 Oktober 2012


Serigala Ethiopia, Serigala Paling Langka di Dunia



(Sumber)

Serigala Ethiopia (Ethiopian wolf; Canis simensis) - sesuai namanya - adalah spesies serigala yang hanya ditemukan di Ethiopia, sebuah negara di Afrika timur. Hewan ini juga merupakan satu-satunya spesies serigala yang ditemukan di Benua Afrika. Di masa lalu saat para ahli masih belum yakin dengan penggolongan ilmiahnya, serigala Ethiopia juga dikenal dengan nama lain serigala Simien, rubah Ethiopia, & jackal Simien (Simien adalah nama sebuah pegunungan di Ethiopia). Nama yang kurang tepat karena rubah & jackal tidak sama dengan serigala.

24 Oktober 2012


Perang di Pasifik, Penyebab Hilangnya Wilayah Laut Bolivia



Lukisan dari pertempuran laut dalam Perang di Pasifik. (Sumber)

Bila kita melihat peta Amerika Selatan, maka kita akan mendapati Bolivia & Paraguay sebagai negara Amerika Selatan yang tidak memiliki wilayah laut. Namun jika ditelusuri hingga ke abad ke-19, sebenarnya Bolivia saat itu masih memiliki wilayah laut. Lantas, kenapa sekarang Bolivia tidak lagi memiliki wilayah laut? Jawabannya bisa didapat dari artikel ini yang akan membahas soal Perang di Pasifik, perang yang diikuti Bolivia & membuat negara pegunungan tersebut terkurung oleh daratan.

20 Oktober 2012


Kiwi, Burung Khas Selandia Baru



Seekor kiwi dari spesies Apteryx australis. (Sumber)

Pernah dengan hewan yang namanya kiwi? Itu adalah nama dari sejenis ratit (ratite), sebutan ilmiah untuk burung-burung yang tidak bisa terbang karena sayapnya yang kecil, tidak adanya otot untuk terbang, & bobot kerangkanya yang berat. Selain kiwi, jenis-jenis burung lain yang digolongkan sebagai ratit adalah burung unta, kasuari, emu, & rhea. Jika dibandingkan dengan burung-burung ratit lainnya, kiwi adalah jenis burung ratit yang paling kecil.

15 Oktober 2012


Perang Korea, Konflik Ideologi yang Membelah Semenanjung



Suasana dalam pertempuran di Perang Korea seperti yang
diilustrasikan dalam film "Tae Guk Gi." (Sumber)

Korea. Itulah nama dari sebuah semenanjung yang terletak di Asia Timur. Ada 2 negara yang saat ini menempati Semenanjung Korea : Korea Utara & Korea Selatan. Mungkin ada yang bertanya-tanya, kenapa Semenanjung Korea bisa ditempati oleh 2 negara walaupun dari segi komposisi etnis, penduduk dari kedua negara tersebut bisa dikatakan serumpun? Jawabannya bisa ditelusuri pada artikel ini yang - sesuai judulnya - akan membahas soal Perang Korea & sejarah terbelahnya Semenanjung Korea hingga bisa dihuni oleh 2 negara seperti sekarang.

11 Oktober 2012


Anarky, Pejuang Anarkisme di Dunia Komik



Anarky (kanan) saat bertarung melawan Batman. (Sumber)

Oke, satu lagi artikel dari pihak Republik yang membahas soal tokoh komik. Adapun tokoh komik yang akan dibahas kali ini masih ada hubungannya dengan Batman, karakter pahlawan super yang kerap berpenampilan seperti kelelawar. Dulu pihak Republik pernah membahas salah satu karakter musuh Batman yang bernama Bane. Kalau di artikel kali ini, tokoh komik sekaligus musuh dari Batman yang hendak dibahas adalah Anarky.

5 Oktober 2012


Lamprey, Vampirnya Para Ikan



Seekor lamprey yang sedang menempel pada ikan trout. (Sumber)

Lamprey atau lamprei (lamprey) adalah sebutan untuk sejenis ikan yang bentuknya panjang & tidak bersisik mirip belut. Walaupun penampilannya menyerupai belut, lamprey bukanlah belut karena keduanya memiliki banyak perbedaan fisik. Perbedaan fisik pertama bisa dilihat pada kepalanya di mana lamprey tidak memiliki rahang layaknya belut, namun memiliki mulut berbentuk seperti cakram. Lamprey juga memiliki 7 buah lubang insang di masing-masing sisi tubuhnya & kerangka dalam yang rawan, sementara belut tidak.