Anarky, Pejuang Anarkisme di Dunia Komik



Anarky (kanan) saat bertarung melawan Batman. (Sumber)

Oke, satu lagi artikel dari pihak Republik yang membahas soal tokoh komik. Adapun tokoh komik yang akan dibahas kali ini masih ada hubungannya dengan Batman, karakter pahlawan super yang kerap berpenampilan seperti kelelawar. Dulu pihak Republik pernah membahas salah satu karakter musuh Batman yang bernama Bane. Kalau di artikel kali ini, tokoh komik sekaligus musuh dari Batman yang hendak dibahas adalah Anarky.

Anarky adalah nama dari karakter fiktif yang muncul dalam komik-komik superhero terbitan DC Comics. Nama "Anarky" pada karakter ini berasal dari ideologi anarkisme. Di dalam kisah komiknya sendiri, Anarky memang ditampilkan sebagai tokoh yang sangat memegang teguh nilai-nilai anarkisme. Pertama kali muncul di dunia komik pada tahun 1989 sebagai musuh dari Batman, dalam perkembangannya Anarky juga dipertemukan dengan tokoh-tokoh pahlawan super lain seperti Superman, Green Lantern, & lain-lain.

Anarky adalah salah satu karakter komik paling kompleks yang pernah ada. Tidak seperti musuh-musuh Batman lainnya yang karakterisasinya relatif simpel & obsesinya tidak jauh-jauh dari menguasai dunia atau membuat kekacauan, Anarky bermusuhan dengan Batman lebih karena mereka berdua memiliki idealisme yang berbeda kendati sama-sama terobsesi untuk memperbaiki dunia. Cerita komik yang menampilkan Anarky juga banyak menyinggung masalah sosial politik yang kerap ditemui di dunia nyata & gagasan-gagasan pemikiran dari para filsuf terkenal, khususnya yang berkaitan dengan paham anarkisme.



SEJARAH

Kreator dari Anarky adalah Alan Grant yang terinspirasi untuk membuat karakter dengan sifat pemberontak berdasarkan pengalaman pribadinya saat mempelajari politik. Maka dengan bantuan partnernya ilustrator Norm Breyfogle, terciptalah sosok dalam balutan jubah merah & topeng emas dengan nama "Anarky".

Secara singkat, Anarky bisa dideskripsikan sebagai remaja introvert namun serba bisa yang terobsesi untuk memperbaiki dunia dengan menghalalkan metode kekerasan & manipulasi. Saat hendak menampilkan Anarky ke dalam cerita komik pertamanya, awalnya Anarky ditampilkan tidak segan-segan membunuh korbannya. Namun dengan pertimbangan usianya yang masih sangat muda (14 tahun) & potensinya untuk menginspirasi pembaca remaja untuk menirunya, Anarky pun tidak lagi ditampilkan mau membunuh korbannya.

Alan Grant. (Sumber)

Anarky sendiri akhirnya memulai debutnya di dunia komik dalam komik seri Batman berjudul "Detective Comics" no. 608 yang diterbitkan pada bulan November 1989. Dalam cerita komik debutnya, Anarky ditampilkan terlibat konflik dengan Batman & Robin setelah Anarky melakukan tindakan-tindakan berbau vandalisme seperti menyerang bangunan konstruksi mal & menculik pemilik pabrik yang limbahnya mencemari lingkungan.

Pasca penampilan debut tersebut, awalnya Grant tidak memiliki rencana untuk menampilkan kembali Anarky di komik-komik Batman berikutnya. Namun membanjirnya tanggapan positif dari para pembaca & editor komiknya terhadap karakter Anarky membuat Grant mengubah pikirannya. Seiring berjalannya waktu, Anarky beberapa kali muncul dalam komik-komik Batman.

Kemunculan Anarky yang tidak terlalu sering membuat Anarky tidak sepopuler karakter-karakter rival Batman lainnya seperti Joker, Bane, & lainnya. Kendati demikian, perusahaan DC Comics toh merasa Anarky tetap cukup populer & memiliki basis fansnya sendiri sehingga mereka memberi izin bagi Grant untuk menulis seri komik tersendiri bagi Anarky. Maka di tahun 1997 & 1999, terbitlah 2 volume seri komik "Anarky".

Sampul komik "Anarky" volume pertama. (Sumber)

Kemunculan seri komik Anarky mengundang reaksi beragam dari para pembaca & kritikus komik. Sebagian mengkritik isi dari seri komik tersebut karena alih-alih menampilkan Anarky sebagai karakter pemberontak dengan perlengkapan seadanya, di seri komik terbarunya itu Anarky ditampilkan memiliki aneka perlengkapan futuristik & banyak terlibat konflik dengan karakter-karakter non-manusia sehingga kisahnya menjadi terkesan kurang membumi. Namun, ada juga yang memuji kisah tersebut sebagai evolusi dari kecerdasan & kematangan Anarky yang notabene aslinya masih remaja.

Ditinjau dari segi penjualan, seri komik Anarky tidak terlalu laris di AS, tapi sangat laris di Meksiko & Amerika Selatan. Karena DC hanya menargetkan angka penjualan dalam negeri sebagai tolak ukur kesuksesan seri komik Anarky, maka DC menghentikan penerbitkan seri komik Anarky pada bulan Desember 1999 walaupun cerita dalam seri komiknya sebenarnya masih belum tamat. Sesudah itu, Anarky tidak pernah muncul lagi dalam komik-komik terbitan DC sebelum kemudian sejak tahun 2001 Anarki sempat muncul kembali beberapa kali sebagai karakter minor.

Menurut Grant, seri komiknya tidak begitu sukses di dalam negeri karena mayoritas pembaca komik setempat hanya menyukai karakter komik berkekuatan super & berpenampilan keren, sementara Anarky tidak memenuhi kedua kriteria tadi. Grant menambahkan, seri komiknya justru bisa sukses di luar AS karena para pembaca komik setempat pernah merasakan langsung era kediktatoran & pergolakan politik di negaranya masing-masing, sehingga mereka bisa menangkap filosofi dari cerita Anarky yang banyak menyinggung masalah sosial politik.


Logo dari DC Comics, perusahaan penerbit komik Anarky. (Sumber)


ALUR CERITA (KOMIK)

Lonnie Machin adalah seorang remaja biasa yang hobi membaca buku-buku politik & filsafat seputar anarkisme sehingga ia menjadi sangat tertarik akan ideologi anarkisme. Seiring berjalanya waktu, Machin merasa semakin gerah dengan kondisi sosial masyarakat di sekitarnya sehingga ia kemudian memutuskan untuk menjadi sosok misterius dengan nama samaran "Anarky".

Beberapa aksi pertama dari Machin sebagai Anarky adalah melumpuhkan seorang pedagang narkoba & menculik pemilik pabrik yang limbahnya dianggap mencemari lingkungan. Aksi-aksi dari Anarky dengan cepat langsung menarik perhatian rakyat Gotham, tak terkecuali Batman selaku pahlawan pelindung Kota Gotham.

Keduanya akhirnya terlibat konflik satu sama lain setelah Batman berusaha menggagalkan upaya Anarky untuk menghancurkan bangunan konstruksi mal karena pembangunan mal tersebut dilakukan di atas tanah hasil penggusuran tempat tinggal orang-orang miskin Gotham.

Lonnie Machin, identitas asli dari Anarky.

Setelah melalui pertarungan yang alot karena Anarky mendapat bantuan dari para gelandangan Kota Gotham, Batman akhirnya berhasil mengalahkan Anarky. Ia lalu mengirim Anarky / Machin ke kompleks penjara khusus anak-anak.

Walaupun berhasil dikalahkan oleh Batman, semangat Machin sebagai pejuang anarkisme tidak lantas surut. Dengan memakai nama alias "MoneySpider" di dunia internet, Machin yang masih dipenjara secara diam-diam menembus situs-situs keuangan milik sejumlah perusahaan & mengambil uang yang tersimpan di sana untuk disalurkan kepada orang-orang miskin di negara-negara kurang berkembang.

Dalam kesempatan lain, Machin juga beberapa kali sukses melarikan diri dari kompleks penjara tempatnya ditahan untuk kembali beraksi sebagai Anarky & terlibat konflik dengan sosok-sosok seperti Batman, Scarecrow, alien Darkseid, serta iblis berjubah Etrigan.

Beberapa waktu pasca konflik terakhirnya dengan Batman, Gotham diguncang oleh gempa bumi dahsyat sehingga kota tersebut porak-poranda. Akibatnya, hampir seluruh penduduk kota tersebut - termasuk Lionnel Machin - terpaksa mengungsi keluar Gotham.

Usai meninggalkan Gotham, Machin lalu membangun markas rahasia di bawah Monumen Washington & membuat sebuah mesin komputer super cerdas bernama "MAX" (Multi-Augmented X-Program) sebagai asistennya. Machin juga membuat perlengkapan-perlengkapan baru seperti kostum bermesin untuk membantunya beraksi saat menjadi Anarky.

Kostum versi awal (kiri) & versi baru dari Anarky.

Dengan bantuan komputer asistennya & aneka perlengkapan barunya tersebut, Anarky pun terlibat konflik dengan sosok-sosok baru. Mulai dari kelompok pahlawan super Justice League (JL), monster misterius bernama Abbreviation yang tercipta dari kecelakaan ruang & waktu, hingga milyarder merangkap pemimpin kelompok misterius Ras Al-Ghul yang berencana memantik perang dunia dari kawasan Timur Tengah.

Di sela-sela perjuangannya tersebut, Machin alias Anarky juga mendapatkan fakta mengejutkan bahwa ayah biologisnya ternyata adalah Joker, musuh besar dari Batman yang kerap berpenampilan seperti badut.

Catatan :

Alan Grant selaku penulis komik Anarky sebenarnya memiliki rencana penulisan cerita sebagai berikut : Joker awalnya diperlihatkan sebagai ayah biologis dari Anarky & seiring berjalannya cerita, akhirnya Anarky tahu bahwa Joker bukanlah ayah biologisnya yang sebenarnya.

Namun sebelum Grant bisa mengembangkan cerita dari komik Anarky hingga ke tahapan tersebut, perusahaan DC Comics keburu menghentikan penerbitan seri komik Anarky. Sehingga kisah yang memperlihatkan bahwa Joker bukan ayah biologis dari Anarky tidak pernah muncul dalam seri komiknya.




KARAKTERISTIK

Penggambaran Umum

Jika dilihat, Anarky memiliki penampilan khas berupa adanya topeng emas, topi bundar yang tepinya lebar, kostum berjubah dengan warna merah tua, & simbol lingkaran dengan huruf kapital "A". Pemilihan kostum macam itu sendiri bukannya tanpa alasan. Warna merah dianggap menyimbolkan darah dari orang-orang tak berdosa yang tewas dalam perang, topeng emas menyimbulkan kemurnian serta spiritualitas, sementara simbol lingkaran dengan huruf kapital "A" adalah simbol populer dari gerakan anarkisme.

Di awal-awal kemunculannya, Anarky alias Machin memakai semacam penyangga kepala palsu yang ditutupi dengan topi serta topeng emas. Tujuannya agar dirinya terlihat lebih besar dari penampilan aslinya & musuhnya tidak akan mengira kalau sosok asli Anarky adalah seorang remaja belasan tahun.

Belakangan, Anarky tidak lagi memakai kepala palsu & menggantinya dengan masker berwarna emas yang dipakai langsung pada wajahnya. Menurut Grant selaku kreator dari Anarky, perubahan desain kostum di bagian wajah tersebut dimaksudkan agar para pembaca bisa lebih mudah melihat perubahan ekspresi wajah dari Anarky.

Anarky tidak memiliki kekuatan super apapun, namun ia diketahui menguasai aneka ilmu bela diri yang kemudian ia kombinasikan sendiri menjadi suatu teknik bela diri yang baru. Kendati demikian, keterbatasan fisik dari Anarky & sifatnya yang masih labil sebagai remaja membuat ia kerap menderita kekalahan saat harus berkelahi melawan musuh yang lebih kuat atau yang berjumlah lebih banyak. Sebagai akibatnya, saat beraksi Anarky cenderung menghindari pertarungan terbuka & lebih memilih metode serangan diam-diam secara mendadak.

Anarky saat menyetrum lawannya dengan senjata tongkatnya.

Seperti halnya pahlawan berkostum lain yang tidak memiliki kekuatan super, Anarky juga memiliki aneka peralatan untuk membantunya saat beraksi. Adapun senjata-senjata yang kerap digunakan oleh Anarky adalah tongkat berwarna emas yang bisa menyetrum sekaligus menembakkan tali harpun, bom asap, & panah serta cakram tajam (shuriken) dengan simbol lingkaran berhuruf kapital "A". Belakangan, Anarky juga memiliki kostum tempur sendiri di mana kostum tersebut dilengkapi dengan peralatan komputer mini & mesin roket sehingga Anarky bisa terbang saat memakai kostumnya.

Di luar faktor fisik & perlengkapannya, aspek yang paling menonjol dari Anarky adalah aspek kecerdasan & kecerdikannya. Untuk menggambarkan seberapa cerdasnya Anarky, ia diperlihatkan bisa membobol jaringan keamanan internet milik perusahaan-perusahaan besar & menciptakan komputer bernama "MAX" yang memiliki tingkat kecerdasan sangat tinggi.

Dengan modal kecerdikannya, Anarky selalu bisa membalikkan keadaan saat sedang terpojok oleh musuhnya. Sebagai contoh, saat Batman nyaris menangkap Anarky di markasnya, Anarky langsung mengaktifkan pemancar hologram yang menampilkan ilusi-ilusi menyerupai dirinya sehingga Batman menjadi kebingungan.


Sampul komik yang menampilkan Anarky & Batman berikut idealismenya masing-masing.


Filosofi & Cara Pandang

Sebelum kita membahas lebih jauh soal filosofi dari Anarky, maka ada baiknya kita membahas sedikit soal paham anarkisme itu sendiri. Anarkisme adalah pandangan politik yang menentang segala macam bentuk pemerintahan karena menganggap pemerintahan sebagai bentuk penindasan yang terselubung. Kata "anarki" (anarchy) berasal dari bahasa Yunani "a" (tidak ada) & "archos" (pemerintahan) sehingga secara singkat, anarki bisa didefinisikan sebagai "kondisi tanpa pemerintahan".

Oleh orang awam, anarkisme kerap diidentikkan dengan kekerasan. Pengidentikkan tersebut sebenarnya tidak tepat karena yang diinginkan oleh anarkisme adalah suatu komunitas masyarakat tanpa pemerintahan yang hidup dalam kesetaraan, bukannya komunitas yang dipenuhi kekerasan & kekacauan.

Walaupun dalam praktiknya ada simpatisan anarkisme yang memakai kekerasan sebagai metode untuk mencapai tujuannya, tidak sedikit pula simpatisan anarkisme yang menentang segala macam bentuk kekerasan. Termasuk kekerasan kepada lingkungan & makhluk hidup selain manusia.

Sekarang kembali ke soal Anarky. Jika dibandingkan dengan Batman, Anarky dianggap sebagai versi politis & versi lebih ekstrim dari Batman. Jika Batman menganggap bahwa hanya mereka yang jelas-jelas melakukan kejahatan yang seharusnya diberantas, Anarky menganggap bahwa sistem pemerintahan & elemen-elemen yang terlibat di dalamnya -  polisi, politikus, & pebisnis - adalah musuh yang harus diperangi. Tanpa peduli apakah orang-orang yang terlibat dalam sistem pemerintahan tersebut melakukan tindak kejahatan atau tidak.

Simbol gerakan anarkisme. (Sumber)

Cara pandang Anarky ini pada gilirannya membuat ia selalu dimusuhi oleh aparat hukum & pahlawan super lainnya. Saat beraksi, Anarky kerap meninggalkan simbol cat lingkaran dengan huruf kapital "A" di tembok & memakai benda-benda yang berbau simbol tersebut untuk menunjukkan simpatinya pada ideologi anarkisme.

Adapun selain ditampilkan sebagai penganut anarkisme, Anarky juga diperlihatkan sebagai anti-kapitalis, anti-negara, anti-kemapanan, & pendukung kelestarian lingkungan. Anarky juga menganut pola pikir rasionalisme menjurus ateisme karena ia menganggap sihir & fenomena gaib sebagai peristiwa alam biasa yang belum ada penjelasan ilmiahnya.

Di sejumlah cerita komik Anarky, Alan Grant banyak menyisipkan tema-tema berbau politis & filofis. Sebagai contoh, kisah dari seri komik Anarky yang berjudul "Metamorphosis" memakai ide neo-teknologi sebagai tema utamanya. Contoh lain, kisah saat Anarky berkonflik dengan Ras Al-Ghul & gerombolan mayat hidup "The Haunted Tank" menonjolkan tema anti-perang yang kentara. Kisah-kisah dari Anarky yang sarat akan muatan filosofis pada gilirannya membuat Anarky menjadi salah satu karakter komik yang khas & identik dengan tema-tema cerita yang "berat".  -  © Rep. Eusosialis Tawon



REFERENSI

George Mason University - Anarchist Theory FAQ
GoComics.com - Alan Grant Interview
Wikipedia - Anarky
Wikipedia - Anarky (comic book)
Komik-komik terbitan DC Comics yang menampilkan Anarky.

 




COBA JUGA HINGGAP KE SINI...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.