28 Januari 2013


Pantai Gading, Negeri Makmur yang Diremukkan Perang Saudara (bagian 2)



Pasukan FRCI yang sedang berpatroli. (Sumber)


Sambungan dari bagian 1.


PERIODE DAMAI SEMENTARA

Sesudah dicapainya perjanjian damai di Ougadougou, perwakilan dari pemerintah Pantai Gading & pihak-pihak oposisi - termasuk kelompok pemberontak FN - beberapa kali melakukan pertemuan, salah satunya untuk menentukan waktu pelaksanaan pemilu. Beberapa kali waktu pelaksanaan pemilu ditentukan, namun rencana-rencana pemilu tersebut tidak ada yang berhasil terealisasi karena beragam alasan. Baru pada tahun 2010, pemilu yang selama ini tertunda-tunda akhirnya bisa dilaksanakan.

26 Januari 2013


Pantai Gading, Negeri Makmur yang Diremukkan Perang Saudara (bagian 1)



Iring-iringan kendaraan pengangkut tentara
dalam perang sipil Pantai Gading. (Sumber)

Bagi para penggemar sepak bola dunia, nama-nama seperti Didier Drogba, Yaya Toure, Bakary Kone, & Gervinho tentu bukanlah nama-nama yang asing. Ya, itu adalah nama-nama dari pesepak bola tersohor yang berasal dari Pantai Gading. Pantai Gading sendiri adalah nama dari sebuah negara yang terletak di pantai barat Benua Afrika. Selama beberapa lama, Pantai Gading dikenal sebagai salah satu negara paling makmur & paling stabil di Afrika. Namun sayang, semua predikat itu lenyap akibat perang sipil yang meletus sejak permulaan abad ke-21.

16 Januari 2013


Gajah Afrika, Hewan Darat Terbesar di Dunia



(Sumber)

Siapa yang tidak kenal dengan gajah? Hewan tersebut sangat mudah dikenali oleh manusia karena ukurannya yang besar, hidung atau belalainya yang panjang, & adanya sepasang gading yang mencuat dari mulutnya. Berdasarkan habitat & karakteristk fisiknya, gajah dibedakan menjadi 2 macam : gajah Afrika & gajah Asia. Nah, artikel kali ini - sesuai judulnya - akan membahas soal gajah Afrika, jenis gajah yang juga terkenal dengan reputasinya sebagai hewan darat terbesar di dunia.

5 Januari 2013


Aum Shinrikyo, Gerakan Misterius di Balik Serangan Gas Tokyo



Poster mini yang menampilkan beberapa anggota Aum
Shinrikyo buronan serangan gas Tokyo. (Sumber)

Mendengar nama Jepang, orang akan membayangkan banyak hal. Mulai dari sejarahnya yang berdarah mulai dari era samurai hingga Perang Dunia II, kedisiplinan penduduknya, kemajuan teknologinya, hingga karya-karya seni modernnya yang didominasi oleh anime & manga. Dari aspek sosial, penduduk modern Jepang juga dikenal karena tidak memiliki tradisi agama yang kuat. Kendati demikian, nyatanya dari "negeri matahari terbit" itu pula sebuah gerakan agama misterius nan fenomenal bernama "Aum Shinrikyo" lahir.