28 Maret 2013


Sejarah Perang Sipil Amerika Serikat



Lukisan dari pertempuran di Gettysburg, salah satu
pertempuran terpenting dalam perang sipil AS. (Sumber)

Amerika Serikat. Itulah nama dari sebuah negara besar yang terletak di Benua Amerika Utara. Ada banyak hal yang membuat negara tersebut bisa termahsyur di hampir setiap penjuru dunia. Mulai dari kemajuan teknologinya, budaya pop modernnya, popularitas para tokohnya, keberagaman penduduknya, pengaruh pentingnya dalam sejarah dunia, & lain-lain. Namun di luar semua kehebatannya tersebut, Amerika Serikat ternyata juga punya sisi gelap dalam sejarahnya karena di masa lalu, penduduknya pernah saling bunuh dalam peristiwa yang dikenal sebagai "perang sipil Amerika Serikat".

21 Maret 2013


Tawon Ara, "Belahan Jiwa" bagi Pohon Ara



(Sumber)

Tawon ara (fig wasp) adalah nama dari sejenis tawon soliter (penyendiri) yang berukuran sangat kecil - kurang lebih hanya sekitar 1,5 mm. Akibat ukurannya yang kecil, tawon ini pun jarang terlihat oleh manusia. Walaupun kecil, bukan berarti tawon ini tidak memiliki manfaat sama sekali bagi manusia. Karena bisa dibilang bila tidak ada tawon ini, maka tidak akan ada buah ara yang bisa dinikmati oleh manusia. Ingin tahu kenapa bisa demikian? Silakan cari tahu jawabannya dengan membaca lanjutan dari artikel ini.

12 Maret 2013


Rwanda, Negara Mini yang Menjadi Arena Genosida



Tentara pemerintah Rwanda yang sedang berdiri di dekat
timbunan tengkorak korban genosida. (Sumber)

Rwanda. Itulah nama dari sebuah negara mini yang terletak di Afrika bagian timur. Negara tersebut berbatasan dengan Uganda di utara, Tanzania di sebelah timur, Burundi di selatan, & Republik Demokratik Kongo (RD Kongo) di sebelah barat. Pada era 90-an, negara kecil ini pernah menyita perhatian dunia internasional karena perang sipil & pembantaian etnis yang merenggut nyawa ratusan ribu penduduknya. Nah, artikel kali ini akan membahas mengenai bagaimana perang sipil & genosida tersebut bisa berlangsung.

5 Maret 2013


Entomologi Forensik, Memecahkan Kasus dengan Bantuan Serangga



Tim entomologi forensik yang sedang mengumpulkan
bukti-bukti di tempat kejadian perkara. (Sumber)

Pernah mendengar yang namanya entomologi forensik? Entomologi forensik (forensic entomology) adalah ilmu terapan yang merupakan gabungan dari 2 bidang ilmu : entomologi & forensik. Entomologi adalah ilmu yang mempelajari tentang serangga, sementara forensik adalah penerapan ilmu sains untuk menangani masalah kriminal & penegakan hukum. Jadi, entomologi forensik bisa didefiniskan sebagai ilmu yang mempelajari serangga untuk digunakan dalam keperluan penanganan masalah-masalah kriminal, khususnya yang melibatkan mayat.