29 November 2013


Makna Lirik Lagu Foster the People - Pumped Up Kicks



Cuplikan dari video klip "Pumped Up Kicks".

Foster the People (FtP) adalah nama dari sebuah band indie yang berasal dari California, Amerika Serikat (AS). Band tersebut beranggotakan 3 orang dengan komposisi sebagai berikut : Mark Foster sebagai vokalis & pemegang semua instrumen melodisnya (keyboard, gitar), Cubbie Fink sebagai vokalis pendukung & pemain gitar bassnya, serta Mark Pontius sebagai pemain drumnya. Pertama kali terbentuk pada tahun 2009, band ini mulai menjadi pusat perhatian pecinta musik dunia setelah mereka merilis lagu yang berjudul "Pumped Up Kicks" pada tahun 2010 lalu.

24 November 2013


Yugoslavia, Negeri Multirasial yang Tinggal Kenangan



Bendera Yugoslavia di era republik sosialis. (Sumber)

Membicarakan sejarah Eropa Timur, rasanya tidak afdol kalau tidak membahas soal Yugoslavia. Saat Yugoslavia masih berdiri, negara tersebut memang memiliki banyak hal yang membuatnya menarik untuk dibahas. Mulai dari komposisi agama & suku bangsa penduduknya yang beragam, keberanian negara tersebut untuk mengambil posisi netral dalam panggung politik internasional, kehebatan tim nasionalnya di arena olah raga, hingga sosok pemimpinnya (Josip Broz Tito) yang kharismatik & dikenal dekat dengan Sukarno. Saat Yugoslavia akhirnya runtuh, negara tersebut kembali jadi sorotan dunia karena proses keruntuhannya yang dipenuhi oleh aksi-aksi pembantaian antar etnis.

19 November 2013


Unta Dromedari, Sahabat Manusia di Gurun Pasir



(Sumber)

Gurun pasir adalah sebutan untuk daratan kering yang permukaannya dipenuhi oleh pasir & hanya memiliki sedikit tumbuhan. Sebagai akibat dari karakteristik gurun pasir yang gersang, tidak banyak hewan yang bisa bertahan hidup di kawasan tersebut. Adapun 1 dari sedikit hewan yang sukses bertahan hidup di gurun pasir adalah unta dromedari (dromedary camel; Camelus dromedarius). Nama "dromedari" pada hewan ini berasal dari bahasa Yunani "dromas" yang berarti pelari. Selain dengan nama unta dromedari, unta ini juga dikenal dengan nama "unta Arab" (Arabian camel) karena mereka memang banyak ditemukan di Jazirah Arab.

14 November 2013


Perang Ogaden, Meledaknya Permusuhan Ethiopia & Somalia



Tentara Somalia yang sedang memeriksa bangkai
pesawat tempur Ethiopia. (Sumber)

Ogaden adalah nama dari suatu daerah di Ethiopia bagian timur yang berbatasan langsung dengan negara Somalia. Walaupun berlokasi di Ethiopia, hampir seluruh penduduk Ogaden berasal dari etnis Somali yang menganut agama Islam & berprofesi sebagai penggembala tradisional. Sebagai akibat dari kondisi sosial politiknya yang unik, daerah Ogaden pun menjadi ajang sengketa antara Ethiopia & Somalia. Persengketaan antara kedua negara akhirnya memuncak menjadi konflik terbuka yang dikenal dengan sebutan "Perang Ogaden".

10 November 2013


Kepik Aligator, Serangga Misterius Berkepala Reptil



(Sumber)

Kepik aligator (alligator bug; Fulgora laternaria) adalah nama dari serangga yang mendapatkan nama demikian karena bentuk kepalanya mirip dengan bentuk kepala aligator atau buaya. Selain dengan nama kepik aligator, serangga berukuran 8 cm ini juga dikenal dengan nama kepik kepala kacang, serangga machaca, & lalat lentera. Kepik aligator bisa ditemukan di seluruh hutan tropis Amerika Tengah & Selatan. Walaupun bentuk kepalanya terkesan aneh & menakutkan, kepik aligator bukanlah serangga yang berbahaya & hanya hidup dari menghisap sari-sari tanaman.

7 November 2013


Shuma-Gorath, Tokoh Komik yang Dipopulerkan Video Game



(Sumber)

Marvel adalah nama dari sebuah perusahaan komik yang berbasis di AS & merupakan salah satu produsen komik terbesar di dunia yang hasil-hasil karyanya bahkan sudah menjangkau media hiburan yang lain seperti film, video game, & serial kartun. Sebagai akibat dari begitu banyaknya judul komik yang sudah diproduksi oleh Marvel, sudah barang tentu ada banyak tokoh penjahat super (supervillain) yang menjadi bagian dari jagad komik Marvel. Salah satu contoh karakter penjahat super yang termasuk dalam jagad Marvel adalah karakter iblis berwujud aneh yang bernama Shuma-Gorath.

4 November 2013


Sejarah Jerman di Masa Pemerintahan Nazi



(Sumber)

Jerman adalah nama dari sebuah negara yang terletak di Eropa Tengah. Di masa kini, negara berbendera 3 warna tersebut disegani oleh penduduk dunia yang lain berkat pencapaiannya di bidang teknologi, ekonomi, & olah raga. Kalau di masa lalu, negara-negara yang pernah menempati wilayah modern Jerman disegani berkat kekuatan militer yang dimilikinya. Pada Abad Pertengahan contohnya, wilayah Jerman pernah ditempati oleh Kekaisaran Romawi Suci. Sementara kalau di paruh awal abad ke-20, Jerman begitu ditakuti oleh negara-negara rivalnya ketika masih diperintah oleh Nazi.