30 Januari 2014


Laut Aral, Danau Raksasa yang Terancam Musnah



(Kiri-kanan) Foto satelit dari Laut Aral pada
tahun 1973, 1987, & 1999. (Sumber)


Laut Aral - tidak sesuai namanya - adalah danau yang terletak di Asia Tengah, tepatnya di perbatasan Kazakhstan & Uzbekistan. Hehehe, bingung ya? Well, perairan yang bersangkutan mendapatkan nama demikian karena ukurannya yang besar untuk ukuran danau & airnya yang terasa asin jika dicicipi akibat tingginya zat-zat terlarut dalam air sungai yang mengalir ke dalam danaunya. Nama "Aral" untuk danau ini sendiri berasal dari bahasa Kirgiz yang berarti "kepulauan" karena danau tersebut dulu pernah dipenuhi oleh pulau-pulau mini.

27 Januari 2014


RoboCop, Penegak Keadilan Hasil Reinkarnasi Teknologi



(Sumber)

Bagi para pengunjung yang suka mengkonsumsi film atau serial kartun keluaran dekade 80 hingga 90-an, maka nama "RoboCop" harusnya bukanlah nama yang asing. Ya, itu adalah nama dari robot polisi yang pertama kali menjadi konsumsi publik saat muncul dalam film berjudul serupa keluaran tahun 1987. Pasca kemunculan pertamanya tersebut, film, serial, & game yang bertema RoboCop pun terus bermunculan. Dan dalam waktu dekat, RoboCop akan kembali menyapa penggemarnya dalam film remake yang rencananya akan dirilis pada bulan Februari 2014 besok.

24 Januari 2014


Perang Musim Dingin, Kisah David versus Goliath di Eropa Utara



Pasukan ski Finlandia dalam Perang Musim Dingin. (Sumber)

Bagi yang pernah membaca kisah-kisah dalam agama Samawi, kisah David & Goliath (Daud & Jalut kalau dalam literatur Islam) pastinya bukanlah kisah yang asing. Dalam kisah tersebut, David yang bertubuh kecil berhasil mengalahkan Goliath yang bertubuh tinggi besar. Kisah itupun lalu melahirkan ungkapan kalau tidak selamanya sesuatu yang kecil pasti kalah dari sesuatu yang besar. Kalau dalam sejarah Perang Dunia II, kisah David & Goliath bisa digunakan untuk mengilustrasikan Perang Musim Dingin.

19 Januari 2014


Katak Panah Beracun, Si Kecil yang Mematikan



Beberapa spesies katak panah beracun dengan motif
pewarnaan yang berbeda-beda. (Sumber)

Katak adalah nama dari hewan amfibi yang mudah dikenali berkat kaki belakangnya yang panjang, kepalanya yang bermoncong serta bermata besar, & tidak adanya ekor di bagian belakang tubuhnya. Di alam liar, katak kerap menjadi mangsa dari hewan-hewan predator yang bertubuh lebih besar semisal burung bangau & ular. Untuk mempertahankan dirinya dari predator, sejumlah spesies katak pun menghasilkan racun yang mematikan bagi hewan-hewan yang memakannya.

15 Januari 2014


Perang Sipil Guatemala, Perang Saudara Terpanjang di Amerika Tengah



Tentara Guatemala yang sedang berdiri di samping
penduduk desa setempat. (Sumber)

Guatemala adalah nama dari sebuah negara di Amerika Tengah. Negara tersebut berbatasan dengan Meksiko di sebelah utara & barat; Belize, Honduras, & El Salvador di timur; serta Samudera Pasifik di selatan. Berabad-abad yang lalu, di atas Guatemala pernah berdiri peradaban Maya yang terkenal akan kemegahannya. Namun jika kita percepat perjalanan waktu kita hingga ratusan tahun kemudian, kita akan mendapati Guatemala sebagai lokasi terjadinya salah satu perang paling brutal & paling panjang di daratan Amerika : perang sipil Guatemala.

6 Januari 2014


Anaconda Hijau, Predator Tanpa Suara dari Rimba Amazon



(Sumber)

Jika membicarakan ular raksasa, maka salah satu nama yang cukup terkenal adalah anaconda / anakonda. Ular khas Amerika Selatan ini memang sangat terkenal. Bukan hanya karena ukurannya yang sangat besar, tapi juga karena ular yang bersangkutan sempat diangkat dalam film fiksi bertema horror keluaran tahun 1997 yang berjudul "Anaconda". Kombinasi dari kedua hal tadi lantas membuat orang merasa kagum sekaligus ngeri ketika melihat anaconda.

2 Januari 2014


Perang Teluk, Bentrokan Pertama Irak versus Pasukan Koalisi



Rombongan pesawat tempur AS saat terbang
di atas ladang minyak Kuwait. (Sumber)

Perang Teluk (Gulf War) atau lengkapnya Perang Teluk Persia (Persian Gulf War) adalah konflik bersenjata yang timbul antara pasukan Irak melawan pasukan koalisi 34 negara yang bertempur atas mandat PBB. Konflik bermula ketika pasukan Irak menyerang & menduduki Kuwait pada bulan Agustus 1990. Bulan Januari 1991, intensitas perang membesar setelah pasukan koalisi ikut terlibat peperangan melawan pasukan Irak di Kuwait. Perang baru berakhir setelah pasukan Irak menarik mundur seluruh pasukannya pada akhir Februari 1991.