27 Maret 2014


Salamander Raksasa Cina, Hewan Amfibi Terbesar di Dunia



(Sumber)

Salamander adalah sebutan untuk hewan yang berbentuk menyerupai kadal, namun sebenarnya bukan kadal. Bingung? Well, jika salamander dikategorikan sebagai hewan amfibi, maka kadal dikategorikan sebagai reptil. Dasar penggolongan salamander sebagai amfibi adalah karena salamander mengalami metamorfosis dalam siklus hidupnya, tidak memiliki sisik, & memiliki kulit yang lembab serta bisa digunakan untuk bernapas.

22 Maret 2014


Makna Bendera Negara-Negara Pecahan Yugoslavia



Peta dari Yugoslavia & negara-negara bagian penyusunnya.

Yugoslavia adalah negara yang dulu pernah berdiri di Eropa Tenggara. Awalnya dikenal berkat keberagaman penduduk & netralitasnya di dunia internasional, negara tersebut di akhir hayatnya lebih dikenal dengan perang yang diwarnai aksi saling bantai antar etnis. Dulu pihak Republik pernah membahas soal Yugoslavia dari awal berdiri hingga keruntuhannya. Silakan menengok kembali artikelnya di sini jika ada pengunjung yang penasaran dengan sejarah mantan negara terbesar di Semenanjung Balkan tersebut.

10 Maret 2014


Belut Listrik, Ikan Penyetrum dari Perairan Amerika



(Sumber)

Salah satu spesies ikan air tawar paling unik yang pernah dikenal oleh manusia adalah belut listrik. Sesuai namanya, belut / sidat listrik (electric eel; Electrophorus electricus) memiliki kemampuan menghasilkan listrik. Namun tidak sesuai namanya, belut listrik sebenarnya bukanlah belut walaupun bentuknya serupa. Dalam tangga klasifikasi ilmiah, belus listrik dikategorikan sebagai sejenis ikan belati (knifefish), ordo Gymnotiformes. Sebagai pembanding, belut termasuk dalam ordo Synbranchiformes, sementara sidat termasuk dalam ordo Anguilliformes.

4 Maret 2014


Gibraltar, Semenanjung Mini yang Diperebutkan Inggris & Spanyol



Foto udara dari Semenanjung Gibraltar. (Sumber)

Gibraltar adalah nama dari daerah seluas 6,8 km persegi yang terletak di selatan Semenanjung Iberia, Eropa Barat. Daerah tersebut berbatasan dengan Laut Mediterania di sebelah timur, Selat Gibraltar di sebelah selatan, Teluk Gibraltar di sebelah barat, & negara Spanyol di sebelah utara. Karena pada dasarnya merupakan daerah semenanjung, daratan Gibraltar pun didominasi oleh kawasan pantai dengan iklim yang hangat.