30 September 2014


Bison Amerika, Raksasa Bertanduk yang Hampir Punah



(Sumber)

Bison. Itulah nama dari salah satu jenis lembu yang paling terkenal di Amerika & juga dunia. Jika dibandingkan dengan jenis lembu lainnya, bison bisa dibedakan dengan melihat perawakannya yang kekar & berpunuk, kepalanya yang besar dengan sepasang tanduk pendek yang melengkung, & rambut lebat berwarna gelap yang menyelubungi tubuhnya. Ada 2 spesies bison yang sudah diketahui manusia, yaitu bison Amerika (Bison bison) yang berukuran besar & bison Eropa (Bison bonasus) yang berperawakan lebih kecil.

23 September 2014


Belgia, Negara yang Dibelah Perbedaan Bahasa



Istana Kerajaan Belgia di kota Brussels. (Sumber)

Belgia. Itulah nama dari negara kerajaan di pesisir utara Eropa yang berbatasan langsung dengan Belanda, Jerman, & Luxemburg di sebelah timur, Perancis di sebelah selatan & barat, serta Laut Utara di sebelah utara. Sebagai akibat dari kondisi geografisnya yang diapit banyak negara, Belgia pun memiliki komposisi kependudukan yang beragam. Ditinjau dari aspek sosial bahasanya, negara beribukota Brussels tersebut bisa dibagi ke dalam 2 zona utama : zona yang mayoritas penduduknya berbahasa Perancis & zona yang mayoritas penduduknya berbahasa Belanda.

15 September 2014


Semut Beludru Merah, Si Kecil "Pembunuh Sapi"



Semut beludru merah betina. (Sumber)

Semut beludru merah (red velvet ant; Dasymutilla occidentalis) adalah sebutan untuk serangga dengan nama yang "menipu". Kenapa disebut menipu, karena hewan yang bersangkutan sebenarnya bukanlah semut, melainkan tawon betina yang tidak bersayap. Semut beludru merah juga bukanlah hewan yang sepenuhnya berwarna merah, karena kaki & tubuh bagian bawah dari serangga ini memiliki perwarnaan hitam. Selebihnya, serangga ini diberi nama "beludru merah" karena tubuh dari serangga ini memang diselimuti rambut tebal yang berwarna kemerahan.

11 September 2014


Makna Lirik Lagu Linkin Park - What I've Done



Para personil Linkin Park seperti yang terlihat
dalam video klip What I've Done.

Bagi para penggemar musik rock luar negeri, nama "Linkin Park" (LP) tentunya bukanlah nama yang asing. Ya, itu adalah nama dari grup band asal Amerika Serikat (AS) yang pertama kali terbentuk pada tahun 1996. Bukan tanpa alasan LP bisa menjadi band yang terkenal & digandrungi banyak orang. Band ini memang terkenal amat produktif dalam menelurkan lagu-lagu yang digandrungi oleh khalayak musik dunia. Adapun dalam kesempatan kali ini, pihak Republik ingin membahas makna dari salah satu lagunya yang berjudul "What I've Done" (WID; Apa yang Telah Kulakukan).

3 September 2014


Al-Qaeda, Kelompok Militan Paling Fenomenal di Abad ke-21



Foto dari Jabhat Al-Nusra, kelompok cabang Al-Qaeda
yang terlibat dalam perang saudara Suriah. (Sumber)

Al-Qaeda. Itulah nama yang semenjak tahun 2001 mendadak menjadi buah bibir. Ya, itu adalah nama dari kelompok yang dianggap bertanggung jawab atas runtuhnya gedung kembar World Trade Center (WTC) di New York, AS. Melambungnya popularitas Al-Qaeda (AQ) lantas berujung pada meningkatnya rasa penasaran masyarakat awam mengenai kelompok yang bersangkutan & munculnya beragam teori konspirasi mengenai mereka. Jadi, dalam artikel kali ini pihak Republik akan mencoba mengupas soal AQ.