28 Januari 2015


Tawon Bendera, Mimpi Buruk Para Induk Kecoa



Tawon bendera dari spesies Evania appendigaster. (Sumber)

Tawon bendera (ensign wasp) adalah sebutan untuk sejenis tawon yang penampilannya berbeda dari tawon-tawon pada umumnya. Bagaimana tidak, tawon ini memiliki abdomen yang kecil & sepasang kaki belakang yang panjang. Sepintas, penampilan fisiknya ini membuat tawon bendera terlihat seperti jangkrik & belalang. Nama "tawon bendera" sendiri diberikan karena bagian abdomen serangga ini bergerak naik turun dengan cepat & terlihat melamba-lambai seperti bendera.

20 Januari 2015


Perang Spanyol-Amerika, Duel Mantan Adidaya versus Calon Adidaya



Lukisan mengenai pertempuran di Teluk Manila, Filipina,
antara armada AS melawan armada Spanyol. (Sumber)

Jika ditanya mengenai siapa negara adidaya di dunia sekarang ini, maka orang-orang secara serempak akan menjawab Amerika Serikat (AS). AS sendiri baru menyandang predikatnya sebagai negara adidaya pasca keberhasilan memenangkan Perang Dunia II. Kalau di abad ke-16 hingga 18, salah satu negara yang kerap disebut sebagai negara adidaya pada masanya adalah Spanyol. Predikat yang muncul karena Spanyol pada masa itu merupakan salah satu negara terkaya & terluas di dunia. Bagaimana jadinya jika 2 negara adidaya dari 2 periode berbeda ini diadu ketika sama-sama sedang tidak berstatus sebagai negara adidaya? Perang Spanyol-Amerika adalah jawabannya.

18 Januari 2015


Makna Video Logo Klub Liga Rusia 2014/15



Logo resmi Liga Primer Rusia 2014/15.

Well, sebagai penyegaran, pihak Republik kali ini ingin membuat artikel yang sedikit berbeda dari artikel yang sudah-sudah. Artikel kali ini akan membahas soal Liga Rusia musim 2014/15. Bukan soal kompetisinya, tapi soal video pembukanya yang menampilkan logo klub-klub peserta. Pihak Republik merasa video tersebut menarik bukan hanya karena penyajiannya yang menganimasikan logo klub-klub peserta, tapi juga karena video yang bersangkutan menampilkan ciri khas dari masing-masing daerah asal klub secara implisit.

12 Januari 2015


Perang Sipil Somalia, Kekacauan Tanpa Akhir di Tanduk Afrika



Tank PBB di Mogadishu, ibukota Somalia. (Sumber)

Somalia. Itulah nama dari negara yang terletak di Tanduk Afrika (Horn of Africa). Sebutan untuk semenanjung yang terletak di Benua Afrika bagian timur. Negara ini berbatasan dengan Teluk Aden di sebelah utara, Samudra Hindia di sebelah timur & selatan, serta Ethiopia, Kenya, & Djibouti di sebelah barat. Sebagai akibat dari posisinya yang strategis, Somalia di masa lalu menjadi tempat singgah favorit para pedagang yang menggunakan jalur pelayaran Samudra Hindia bagian utara & barat. Namun di masa kini, Somalia lebih dikenal sebagai negara yang sedang dilanda perang saudara.