30 April 2015


Perang Sipil Kosta Rika, Lenyapnya Militer "Negeri Pantai Kaya"



Patung pemimpin ELN, Jose Figueres, dengan
bendera Kosta Rika di dekatnya. (Sumber)


Kosta Rika (Costa Rica) adalah nama dari suatu negara kecil di Amerika Tengah yang namanya merupakan Bahasa Spanyol dari "Pantai Kaya". Bagi para penggemar sepak bola, Kosta Rika harusnya bukanlah nama yang terlalu asing karena pada Piala Dunia 2014 lalu, tim nasional mereka secara mengejutkan sukses mengalahkan tim-tim kuat seperti Italia & Uruguay. Kalau untuk bidang hankam, Kosta Rika dikenal sebagai satu dari sedikit negara yang tidak memiliki militer.

29 April 2015


Gagak Besar (Raven), Burung Hitam Pemakan Segala



(Sumber)

Gagak adalah burung yang pastinya familiar bagi siapapun. Unggas yang satu ini memang mudah dikenali dengan melihat warnanya yang hitam legam. Di negara-negara berbahasa Inggris, gagak dikenal dengan 2 nama, yaitu "crow" & "raven". Jika merujuk pada taksonomi alias klasifikasi ilmiahnya, raven sudah pasti crow, tapi crow belum tentu raven. Hehehe, bingung ya? Tenang, mari kita terbang dulu ke paragraf berikutnya supaya pengunjung bisa mendapatkan pencerahan.

28 April 2015


Asal-Usul Nama-Nama Negara di Afrika



Cuplikan peta dunia yang menampilkan Benua Afrika. (Sumber)

Afrika. Itulah nama dari benua terbesar ke-2 di dunia sesudah Asia. Benua yang memiliki bentuk menyerupai kepala gajah tersebut dikelilingi oleh lautan di mana satu-satunya jalur darat yang menghubungkan Afrika dengan benua lainnya adalah daratan Sinai yang sekarang merupakan bagian dari wilayah negara Mesir. Sebagai akibat dari kondisi pedalamannya yang masih asing & misterius, Afrika lantas menyandang julukan sebagai "Benua Hitam".

26 April 2015


Black Bullet, Ketika Manusia Nyaris Dipunahkan Wabah Monster



(Sumber)

Black Bullet (BB) adalah judul dari serial animasi Jepang (anime) yang pertama kali tayang pada tahun 2014. Anime bergenre fiksi ilmiah tersebut bercerita tentang perang di masa depan antara umat manusia melawan wabah monster Gastrea. Namun BB bukan hanya mengangkat tema soal perang. BB juga mengangkat tema- teman kemanusiaan semisal bagaimana sebuah situasi yang penuh ketidakpastian bisa mengubah masyarakat menjadi sekelompok manusia yang tega mengorbankan & mengucilkan manusia lainnya.

25 April 2015


Kelinci Bukanlah Hewan Pengerat



Hamster & kelinci. (Sumber)

Rasanya tidak ada orang yang tidak tahu kelinci. Hewan yang satu ini memang sangat mudah dikenali dengan melihat daun telinganya yang panjang & ekornya yang berbentuk bulat. Karena penampilannya yang terkesan lucu, kelinci pun banyak dijadikan hewan peliharaan oleh manusia. Bukan hanya itu, kelinci juga menjadi sumber inspirasi utama dari karakter-karakter fiktif yang terkenal semisal Bugs Bunny. Namun hubungan manusia dengan kelinci tidak selalu merupakan hubungan yang baik. Di sejumlah negara, kelinci dianggap sebagai hama karena kebiasaannya memakan sayuran & membuat lubang-lubang di tanah.

24 April 2015


Daftar Delegasi Konferensi Asia-Afrika 1955



Gedung Merdeka, tempat dilangsungkannya
Konferensi Asia-Afrika I. (Sumber)

Jika para pengunjung kerap mengikuti berita-berita terkini, maka para pengunjung & loyalis Republik sekalian tentunya tahu kalau Indonesia sedang menjadi tuan rumah dari Konferensi Asia-Afrika (KAA). KAA yang diselenggarakan tahun ini sekaligus menjadi KAA edisi ke-3 sepanjang sejarahnya. Dua KAA sebelumnya diselenggarakan pada tahun 1955 & 2005. KAA di tahun 1955 merupakan yang paling penting karena selain statusnya sebagai KAA edisi pertama, KAA 1955 dilangsungkan di tengah-tengah memanasnya peta politik dunia akibat Perang Dingin.

19 April 2015


Perang Imjin, Kisah Invasi Jepang ke Semenanjung Korea



Lukisan yang menampilkan kapal kura-kura Joseon
(paling kanan) dalam Perang Imjin. (Sumber)

Korea adalah nama dari semenanjung yang terletak di Asia bagian timur & sekarang ditempati oleh negara Korea Utara beserta Korea Selatan. Di sebelah timur Semenanjung Korea, terdapat negara kepulauan yang tidak lain adalah Jepang. Sebagai akibat dari lokasinya yang berdekatan, bukan hal yang aneh kalau di masa lalu kedua daerah yang lokasinya berdekatan tersebut pernah terlibat konflik. Salah satu konflik yang pernah melibatkan keduanya adalah Perang Imjin yang berlangsung pada abad ke-16.

16 April 2015


Singa, Penguasa Rantai Makanan yang Terancam Punah



(Sumber)

Singa (lion; Panthera leo) adalah hewan yang pastinya tidak asing bagi siapapun. Ya, itu adalah nama dari sejenis kucing besar yang memperoleh julukan "si raja rimba" (king of the jungle) berkat penampilannya yang terkesan gagah & buas. Dibandingkan dengan spesies kucing besar lainnya, singa dapat dikenali dengan melihat bulunya yang berwarna polos kekuningan & ujung ekornya yang dilengkapi dengan bulu hitam berbentuk kuas. Singa juga memiliki ciri khas berupa adanya surai / rambut lebat di sekeliling lehernya, namun hanya singa jantan yang memiliki ciri fisik demikian.

14 April 2015


Sejarah Runtuhnya Ottoman & Berdirinya Republik Turki



Spanduk raksasa yang menampilkan gambar bendera
Republik Turki & sosok Ataturk. (Sumber)

Ottoman / Usmani adalah nama yang pastinya tidak asing bagi anda yang pernah membaca sejarah dinasti-dinasti Islam. Benar, itu adalah nama dari sebuah negara kekaisaran yang terkenal karena berhasil menaklukkan Konstantinopel & mengakhiri riwayat Kekaisaran Romawi Timur / Byzantium. Ottoman juga terkenal karena dari negara ini pulalah, terdapat pasukan Janissary yang terkenal sebagai salah satu pasukan terkuat di Abad Pertengahan. Namun, kita tidak bisa lagi melihat Ottoman di masa kini karena negara monarki tersebut kini sudah runtuh & digantikan oleh Republik Turki.

11 April 2015


Perbedaan antara Kelabang & Kaki Seribu



Kelabang raksasa Peru. (Sumber)

Myriapoda / Myriapod adalah nama dari suatu subfilum dalam klasifikasi ilmiah di mana hewan-hewan yang termasuk dalam subfilum ini memiliki ciri-ciri berupa tubuhnya yang panjang & kaki yang berjumlah banyak. Karena Myriapoda tidak bisa menutup spirakel / lubang pernapasannya, Myriapoda sangat mudah kehilangan cairan tubuh bila suhu lingkungannya sedang tinggi. Untuk mengatasinya, Myriapoda baru keluar beraktivitas di malam hari, atau memilih tempat yang lembab sebagai habitat hidupnya.

8 April 2015


Makna Lirik Lagu P.O.D. - Youth of the Nation



Cuplikan dari video klip "Youth of the Nation".

Bagi para pengunjung yang gemar mendengarkan lagu-lagu Barat bergenre rock & metal, harusnya P.O.D. bukanlah nama yang asing. Benar, itu adalah nama dari sebuah grup band yang berasal dari AS. Nama "P.O.D." pada grup band ini sendiri merupakan singkatan dari "Payable on Death" (Dapat Dibayar saat Meninggal). Pertama kali berdiri pada tahun 1992, band ini sudah mengeluarkan banyak album yang pada gilirannya sukses melambungkan reputasi & popularitas dari band yang bersangkutan. Dari sekian banyak lagu yang pernah dirilis P.O.D., salah satu lagu yang cukup terkenal adalah "Youth of the Nation" (YotN; Anak-Anak Muda Bangsa).

4 April 2015


Perang Belukar Rhodesia yang Melahirkan Negara Zimbabwe



Tentara Rhodesia yang sedang terjun dari helikopter. (Sumber)

Pernah mendengar negara bernama Rhodesia? Belum? Kalau begitu, apakah pengunjung pernah mendengar negara yang namanya Zimbabwe? Benar, itu adalah nama dari sebuah negara di Afrika yang sekarang lebih dikenal dengan kemiskinan & inflasi ekonominya. Saking parahnya inflasi yang menimpa Zimbabwe, penduduk Zimbabwe sampai harus membawa sekeranjang uang setiap kali hendak membeli kebutuhan pokok. Sebelum tahun 1980, negara yang kita kenal sebagai Zimbabwe dulunya menyandang nama Rhodesia. Artikel ini sendiri akan membahas tentang Perang Belukar Rhodesia, perang yang salah satu efek sampingnya adalah berubahnya nama Rhodesia menjadi Zimbabwe.

2 April 2015


Bandicoot Hidung Panjang, Hewan Berkantung yang Mirip Tikus



(Sumber)

Bandicoot (baca : bandikut) adalah nama dari sejenis hewan yang memiliki penampilan menyerupai tikus.  Tubuhnya diselubungi oleh bulu / rambut dengan pewarnaan yang bervariasi antar spesies. Ekornya berbentuk seperti kabel & mengerucut di bagian ujungnya. Kepalanya berbentuk panjang dengan sepasang daun telinga berbentuk segitiga. Ada sekitar 22 spesies hewan yang dikategorikan sebagai bandicoot & semuanya termasuk dalam famili Peramelidae. Dan sesuai dengan judulnya, artikel kali ini akan fokus membahas spesies bandicoot hidung panjang (long nosed bandicoot; Perameles nasuta).