30 Juni 2015


Pertempuran Lepanto, Tenggelamnya Ambisi Ekspansi Ottoman



(Sumber)

Jika membicarakan sejarah Eropa Timur di awal era modern, maka rasanya tidak afdol kalau tidak membahas seputar Kesultanan Ottoman. Monarki yang berpusat di wilayah modern Turki ini di masa jayanya merupakan salah satu negara terkuat di dunia. Wilayah kekuasaannya sempat membentang hingga mencakup Benua Asia, Eropa, & Afrika. Prestasi yang bisa dicapai karena Ottoman di masa itu memiliki militer yang sangat tangguh. Namun tangguh bukan berarti tidak bisa dikalahkan karena nyatanya, militer Ottoman juga pernah mengalami kekalahan dalam Pertempuran Lepanto, salah satu pertempuran laut terbesar yang pernah terjadi di Laut Mediterania.

28 Juni 2015


Asal-Usul Nama-Nama Negara di Benua Amerika



Peta hitam putih yang menampilkan Benua Amerika. (Sumber)

Amerika. Itulah nama benua yang terletak di antara Samudera Pasifik & Samudera Atlantik. Berdasarkan posisinya, Benua Amerika bisa dibagi ke dalam 3 daerah utama : Amerika Utara, Amerika Tengah yang juga mencakup Kepulauan Karibia, & Amerika Selatan. Sementara kalau berdasarkan kulturnya, daerah Amerika Tengah & Selatan kerap juga dipanggil dengan sebutan "Amerika Latin" karena negara-negara yang terletak di daerah tersebut hampir semuanya menggunakan bahasa Spanyol & Portugis sebagai bahasa utamanya.

24 Juni 2015


Puma, Kucing Pemburu yang Serba Bisa



(Sumber)

Puma (Puma concolor) adalah nama dari spesies kucing besar yang hanya ditemukan di Benua Amerika. Selain dengan nama "puma", hewan yang sama juga dikenal dengan nama "cougar" serta "panther". Puma juga dikenal dengan nama lain "singa gunung" (mountain lion) walaupun nama ini kurang tepat karena puma bukanlah singa & habitat puma tidak cuma terbatas di kawasan pegunungan. Jika puma dalam tangga klasifikasi ilmiah termasuk dalam genus Puma, maka singa termasuk dalam genus Panthera. Perbedaan lain, singa habitat liarnya berada di luar Benua Amerika.

20 Juni 2015


Sejarah Berdirinya Kerajaan Arab Saudi



Arab Saudi seperti yang terlihat pada peta. (Sumber)

Arab Saudi. Itulah nama dari negara terbesar di Semenanjung / Jazirah Arab. Negara tersebut memiliki iklim yang panas akibat wilayahnya yang didominasi oleh padang pasir. Kendati demikian, penduduk Arab Saudi justru hidup dalam kemakmuran & kekayaan karena di balik hamparan padang pasir yang menyelimuti negara tersebut, tersimpan cadangan minyak bumi dalam jumlah yang sangat besar. Kalau dalam aspek agama, Arab Saudi terkenal karena di negara inilah terdapat kota Mekkah & Madinah, 2 kota yang sangat disucikan dalam agama Islam & menjadi destinasi impian umat Muslim seluruh dunia.

12 Juni 2015


Burung Hantu Salju, Sang Pembunuh Berbulu Dingin



Burung hantu salju yang hendak menangkap tikus. (Sumber)

Burung hantu salju (snowy owl; Bubo scandiacus) adalah spesies burung hantu yang memperoleh nama demikian sebagai akibat dari warna bulunya yang terlihat seputih salju. Hanya burung hantu jantan yang memiliki tubuh berwarna nyaris putih seutuhnya. Burung hantu betina juga memiliki bulu berwarna putih, namun dengan tambahan bercak-bercak berwarna hitam di bagian punggung, dada, & sayapnya. Sementara burung hantu salju yang masih muda bulunya berwarna dominan hitam.

9 Juni 2015


Makna Lirik Lagu Evanescence - Bring Me to Life



Cuplikan video klip "Bring Me to Life" yang menampilkan
vokalis Evanescence, Amy Lee (kanan).

Evanescene adalah nama dari grup musik (band) beraliran rock & metal yang berasal dari Amerika Serikat. Karena band ini sudah terbentuk sejak tahun 1995 & masih eksis hingga sekarang, adalah hal yang wajar kalau band ini sudah menelurkan banyak lagu. Salah satu lagu yang terkenal dari band ini adalah "Bring Me to Life" yang dirilis pada tahun 2003 dalam album "Fallen". Berkat lagu ini, Evanescence sukses menyabet penghargaan Grammy Awards di tahun berikutnya, sekaligus melambungkan popularitas band yang bersangkuran.

7 Juni 2015


Sejarah Negara Korea Selatan / Republik Korea



Bendera Korea Selatan. (Sumber)

Korea Selatan (Korsel) adalah nama dari negara yang - sesuai namanya - terletak di bagian selatan Semenanjung Korea. Di masa kini, Korsel dikenal sebagai salah satu negara Asia yang paling maju dengan iklim politik yang demokratis. Namun jika kita menengok beberapa dekade sebelumnya, kondisinya ternyata sama sekali berbeda karena Korsel pada dekade 60-an lebih dikenal sebagai negara miskin & korup dengan kondisi sosial politik yang tidak stabil. Bagaimana bisa Korsel yang awalnya memiliki kondisi demikian bisa berubah menjadi semaju sekarang? Artikel ini akan memaparkan lika-liku sejarah Korsel dari awal terbentuknya hingga bisa menjadi seperti sekarang.

6 Juni 2015


Bebek Mandarin, Burung Anggun dari Asia Timur



Bebek Mandarin jantan & betina. (Sumber)

Bebek Mandarin (Mandarin duck; Aix galericulata) adalah spesies unggas yang terkenal berkat warna bulunya yang unik & terkesan indah. Burung ini memiliki tubuh yang agak gempal dengan punggung berwarna hitam, pola berbentuk sabit putih di sekitar mata, paruh berwarna merah, warna kehijauan di bagian leher & sayap, serta tubuh bagian bawah yang berwarna putih. Bukan hanya itu, bebek Mandarin juga memiliki semacam tonjolan berbentuk mata kapak di bagian ujung sayapnya. Hanya bebek Mandarin jantan yang memiliki fisik macam itu. Bebek Mandarin betina memiliki warna dominan hitam dengan motif putih di bagian dada, sayap, & tubuh bagian bawah.

5 Juni 2015


Perang Utara Raya, Tukar Nasib Swedia & Rusia



Lukisan yang menampilkan pasukan Swedia & Rusia. (Sumber)

Swedia adalah nama dari negara yang terletak di Skandinavia, sebuah semenanjung besar di Eropa Utara. Selain Swedia, negara lain yang juga menempati Skandinavia adalah Norwegia & Finlandia. Di masa kini, Swedia lebih dikenal sebagai negara makmur yang lebih banyak mengambil sikap pasif dalam politik dunia internasional. Namun lain halnya jika kita mundur menuju beberapa abad sebelumnya. Di abad ke-17, Swedia memiliki politik luar negeri yang agresif dengan wilayah kekuasaan yang mencakup sebagian besar Skandinavia & pesisir Laut Baltik. Namun pasca terjadinya Perang Utara Raya di awal abad ke-18, Swedia mengalami kemerosotan kekuatan hingga akhirnya menjadi seperti sekarang