24 Agustus 2015


Punggung Berlian Timur, Ular Derik Terbesar di Dunia



(Sumber)

Derik (rattle) adalah sebutan untuk sejenis organ luar berbentuk panjang yang terbuat dari zat tanduk & bisa mengeluarkan bunyi gemerincing jika digoyangkan. Organ derik hanya ditemukan pada ular, tepatnya ular dari genus Crotalus & Sisturus di mana semua ular yang memiliki organ derika dikenal dengan nama "ular derik" (rattlesnake). Fungsi utama derik sendiri adalah untuk menakut-nakuti musuhnya supaya tidak mendekat jika tidak ingin digigit. Ada banyak spesies ular derik yang sudah diketahui manusia di mana yang terbesar dikenal dengan nama "punggung berlian timur".

18 Agustus 2015


Makna Bendera Negara-Negara Eropa Utara



Peta Eropa Utara.

Eropa Utara adalah sebutan untuk daerah Eropa yang terletak paling utara. Sebagai akibat dari letak geografisnya, daerah Eropa Utara terkenal sebagai daerah beriklim dingin. Di sisi lain, Eropa Utara juga terkenal sebagai salah satu daerah termakmur di dunia berkat kekayaan alamnya yang melimpah & pengelolaan ekonominya yang efisien. Ada 5 negara merdeka yang terletak di tanah asal Bangsa Viking tersebut, yaitu Denmark, Swedia, Norwegia, Finlandia, & Islandia. Selain kelima negara tadi, ada pula Greenland & Kepulauan Faroe yang berstatus sebagai daerah bawahan Denmark dengan kemandirian memerintah yang cukup luas.

12 Agustus 2015


Bagheera kiplingi, Laba-Laba yang Memakan Tumbuhan



(Sumber)

Laba-laba. Itulah nama dari hewan yang terkenal dengan kemampuannya menghasilkan jaring. Walaupun penampilannya menyerupai serangga, laba-laba aslinya bukanlah serangga. Jika serangga memiliki 3 pasang kaki, maka laba-laba memiliki 4 pasang kaki. Selama ini manusia mengenal laba-laba sebagai hewan karnivora alias pemakan daging. Namun percaya atau tidak, ternyata ada juga laba-laba yang makanan utamanya bukan daging. Bagheera kiplingi adalah nama ilmiah dari spesies laba-laba unik tersebut.

10 Agustus 2015


Perang Vietnam, Kemenangan Blok Timur di Asia Tenggara



Tentara AS sedang berlari di depan bangunan yang
terbakar di Saigon, Vietnam Selatan. (Sumber)

Membicarakan perang yang berlangsung sesudah Perang Dunia II, maka salah satu perang yang terkenal dari periode ini adalah Perang Vietnam. Perang Vietnam memang terkenal sebagai akibat dari seringnya perang ini diangkat dalam media-media hiburan (salah satunya film "Rambo" pertama) & efek yang ditimbulkannya bagi negara-negara yang terlibat. Dalam perang yang berlangsung dari tahun 1955 hingga 1975 ini, kubu komunis yang terdiri dari Vietnam Utara, Cina, Uni Soviet, Korea Utara, & milisi-milisi komunis Kamboja serta Laos terlibat perang melawan kubu non-komunis yang terdiri dari Vietnam Selatan, Amerika Serikat (AS), Kamboja, Laos, Thailand, Korea Selatan, Australia, & Selandia Baru.

1 Agustus 2015


Garis Maginot, Simbol Kemubaziran dalam Perang Dunia II



Peta lokasi dari Garis Maginot (warna merah). (Sumber)

Garis Maginot (Ligne Maginot; Maginot Line) adalah nama dari kompleks perbentengan yang terletak di sepanjang perbatasan Jerman & Perancis. Bermula dari pengalaman pahit Perancis seusai terlibat konflik dengan Jerman dalam Perang Dunia I, Perancis kemudian membangun garis pertahanan di sepanjang perbatasan negaranya dengan perbatasan Jerman pada tahun 1930. Nama "Maginot" pada kompleks bangunan ini sendiri diambil dari nama Andre Maginot, veteran Perang Dunia I yang menjabat sebagai Menteri Perang Perancis.