28 Desember 2015


Krisis Kongo, Denyut Kematian di Jantung Afrika



Pasukan PBB semasa berlangsungnya Krisis Kongo. (Sumber)

Kongo adalah nama dari salah 1 sungai terbesar di Afrika. Letaknya berada tepat di tengah-tengah Benua Afrika. Ada 2 negara di Afrika yang mengambil namanya dari sungai ini. Negara-negara tersebut adalah Republik Kongo yang beribukota di Brazzavile & Republik Demokratik (RD) Kongo yang beribukota di Kinshasa. Jika Republik Kongo dulunya merupakan bekas jajahan Perancis, maka RD Kongo merupakan bekas koloni Belgia. Ketika Belgia memberikan kemerdekaan pada RD Kongo di tahun 1960, timbul kekacauan berskala internasional yang dikenal dengan sebutan "Krisis Kongo".

26 Desember 2015


Udang Belalang Merak, Makhluk Penghancur dari Dasar Lautan



(Sumber)

Udang belalang / udang sentadu (mantis shrimp) adalah nama dari sejenis udang laut yang penampilannya sepintas tidak berbeda jauh dengan udang lobster dari famili Homaridae, ordo Decapoda. Tubuhnya besar & berbentuk memanjang dengan ruas-ruas sempit di bagian abdomennya. Adapun perbedaan utama antara udang belalang dengan udang lobster adalah udang belalang tidak memiliki capit. Sebagai gantinya, udang belalang memiliki sepasang anggota badan yang ujungnya berbentuk bulat seperti gada & bisa dilipat layaknya kaki depan belalang sembah.

8 Desember 2015


Suriname, Negara Mini dengan Keberagaman Tinggi



Bendera Suriname. (Sumber)

Suriname adalah nama dari sebuah negara kecil yang terletak di pantai utara Amerika Selatan. Negara yang beribukota di Paramaribo ini berbatasan dengan Samudera Atlantik di utara, Guyana Perancis di timur, Brazil di selatan, & Guyana di sebelah barat. Karena Suriname dulunya merupakan koloni Belanda, negara ini pun menggunakan bahasa Belanda sebagai bahasa resminya. Sementara kalau di ranah sepak bola, negara ini terkenal sebagai penyumbang pemain-pemain kulit gelap yang berbakat untuk timnas Belanda seperti Ruud Gulit, Edgar Davids, Patrick Kluivert, & Georginio Wijnaldum.

1 Desember 2015


Konflik Casamance, Pemberontakan di Senegal Selatan



Foto kelompok pemberontak MFDC di tahun 2012. (Sumber)

Senegal adalah nama dari sebuah negara yang terletak di Afrika Barat. Negara tersebut berbatasan dengan Mauritania di sebelah utara, Mali di sebelah timur, Guinea & Guinea-Bissau di sebelah selatan, serta Samudera Atlantik & Gambia di sebelah barat. Jika dilihat pada peta, Senegal memiliki wilayah yang bentuknya menyerupai wajah manusia di mana Gambia terlihat seperti mulut & ibukota Dakar berada di daerah yang bentuknya menyerupai ujung hidung. Sementara di bagian "dagu" Senegal, terdapat daerah Casamance yang akan menjadi fokus pembahasan dalam artikel kali ini.